Sulawesi Utara menyimpan beragam pesona wisata alam yang menarik. Air Terjun Tunan Talawaan menjadi salah satu rekomendasi wisata alam favorit yang bisa Anda kunjungi di Minahasa Utara.

Harga Tiket: Rp 2.500, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Wasian, Kec. Dimembe, Kab. Minahasa Utara, Sulawesi Utara; Map: Cek Lokasi

Air Terjun Tunan Talawaan menjadi primadona destinasi wisata yang ada di Minahasa Utara. Tempat ini hampir tak pernah sepi oleh pengunjung. Setiap harinya terdapat ratusan wisatawan yang berwisata di wisata alam ini. Apalagi jika memasuki waktu liburan, wisatawan yang berkunjung bisa meningkat drastis, yakni mencapai hingga 1.000 orang lebih dalam satu hari.

Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini tidak hanya dari wilayah setempat maupun wilayah lain di Indonesia, turis yang sedang melancong ke Indonesia juga tertarik untuk mengunjungi wisata Air Terjun Tunan ini. Minat wisatawan yang tinggi ini disebabkan karena keindahan alami dari tempat tersebut yang memang dapat menjadi liburan yang menyenangkan dan menyegarkan.

Di samping itu, akses jalan menuju lokasi wisata juga cukup mudah dilalui, baik kendaraan roda dua maupun roda empat tetap dapat melintasi rute menuju tempat wisata. Fasilitas yang telah tersedia di sini juga sudah cukup memadai, sehingga wisatawan tidak akan kebingungan ketika akan membutuhkan suatu hal di tempat wisata ini dan mereka bisa dengan nyaman berwisata di tempat tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Tunan Talawaan

Daya Tarik Air Terjun Tunan Talawaan
Image Credit: Google Maps (Aivy Umboh)

Wisata air terjun menjadi salah satu tempat yang paling cocok untuk dikunjungi bagi Anda yang ingin melakukan wisata alam dengan biaya yang cukup terjangkau. Sebab, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk masuk dan parkir saja. Selain itu, Anda hanya perlu mempersiapkan budget yang cukup untuk perbekalan. Bahkan, Anda juga bisa membawa bekal sendiri dari rumah.

1. Air Terjun Paling Tinggi di Sulawesi Utara

Perlu Anda ketahui, wisata Air Terjun Tunan Talawaan ini merupakan wisata air terjun yang paling tinggi di wilayah Sulawesi Utara. Walaupun tempat ini belum terlalu terkenal seperti destinasi wisata yang lain, pesona yang dimiliki tempat ini tak kalah menarik dari wisata yang lain. Sulawesi memang dikenal memiliki beragam destinasi wisata alam yang sangat menakjubkan, air terjun inilah salah satunya.

Ketinggiannya yang mencapai 86 meter menjadikan aliran air pada air terjun ini cukup deras. Ketika Anda berkunjung kemari, Anda akan merasakan asrinya alam yang masih terbilang alami. Aliran air ini berasal dari sungai yang ada di daerah pegunungan yang kemudian melalui tebing yang cukup terjal. Sebagian besar lingkungan di sekitar lokasi wisata masih dipenuhi dengan pepohonan yang hijau.

Pemandangan di tempat ini sangat sejuk dipandang mata. Apalagi ditambah dengan suara-suara gemercik dari air terjun. Suasana tersebut sangat sesuai untuk Anda yang ingin merefresh pikiran Anda setelah sibuk atas segala urusan yang menguras banyak tenaga dan pikiran.

2. Pemandangan Sekitar Lokasi yang Asri

Di sepanjang perjalanan menuju lokasi wisata air terjun, Anda dapat menikmati indahnya pemandangan alam yang masih asri, diantaranya perkebunan kelapa, duku, dan rambutan, hamparan ladang yang subur, dan hutan yang begitu rindang. Anda juga akan melewati pemukiman masyarakat. Sehingga Anda harus bersikap ramah ketika bertemu dengan mereka, bisa memulainya dengan melemparkan senyum.

Masyarakat Manado dikenal dengan keramahannya dan senang bercakap-cakap seperti layaknya masyarakat Indonesia. Sesampainya di lokasi wisata Anda akan melihat air terjun yang begitu memikat, dengan latar belakang berupa bukit yang menjulang tinggi yang ditumbuhi tanaman perdu serta tanaman langka yang lain.

3. Air yang Jernih dan Tidak Pernah Kering

Salah satu keunikan dari Air Terjun Tunan Talawaan ini adalah air di tempat tersebut sangat jernih dan tidak pernah sekalipun kering ketika memasuki musim kemarau yang panjang. Di samping itu, destinasi wisata yang satu ini juga menawarkan pemandangan indahnya pantulan sinar matahari pada air terjun sehingga membentuk warna-warna pelangi.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Air Terjun Tunan

Alamat Air Terjun Tunan
Image Credit: Google Maps (Muhammadsaddam Hayeemasae)

Jika Anda melakukan perjalanan dari Kota Manado, Anda akan sampai di tempat wisata Air Terjun Tunan Talawaan dalam waktu 40 menit sampai 1 jam yang terhitung dari Bandara Sam Ratulangi. Ini jika Anda menggunakan transportasi sepeda motor. Jika Anda tidak membawa kendaraan sendiri, Anda masih bisa menggunakan ojek dari arah pertigaan Rumah Sakit Angkatan Udara Republik Indonesia.

Ketika Anda melakukan perjalanan dari Desa Talawaan, Anda hanya akan menempuh jarak sekitar 5 kilometer dengan memakan waktu kurang lebih 15 menit. Dari Desa Talawaan Anda hanya perlu menuju ke utara dan akan melalui perkebunan kelapa serta buah-buahan yang ada di sepanjang jalan menuju lokasi wisata.

Ketika Anda sudah sampai di tempat parkir, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki. Jadi, sebelum sampai di lokasi wisata, Anda akan melewati jalan setapak yang telah didesain dengan menggunakan paving block, sehingga jalanan menjadi tidak becek. Jalan ini memiliki panjang kurang lebih 400 meter terhitung dari pintu masuk sampai lokasi air terjun.

Akan tetapi, sebelum Anda melalui jalan tersebut, Anda harus menyeberangi jembatan bambu yang di bawahnya terdapat sungai kecil. Bahkan jika Anda ingin melalui sungai tersebut, Anda bisa melaluinya, sebab airnya hanya seukuran lutut seorang anak.

Ketika berjalan kaki, Anda dapat sembari menikmati segarnya mini forest. Bahkan, jika Anda beruntung, Anda bisa melihat burung Elang yang beterbangan mencari makan. Selain itu, masih terdapat jenis burung yang lain dengan kicauan yang terdengar nyaman di telinga.

Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun Tunan Talawaan

Harga Tiket Wisata Air Terjun Tunan Talawaan
Image Credit: Google Maps (Pudjo Bintoro)

Setiap wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini akan dikenakan tarif sebesar Rp 2.500 untuk setiap orangnya. Diadakannya tarif tersebut dikarenakan pengelolaan tempat wisata yang sudah cukup baik. Bahkan yang turun tangan langsung untuk mengelola wisata alam tersebut adalah masyarakat setempat. Mereka menyadari bahwa wisata tersebut bisa menjadi ikon yang terkenal dari wilayahnya.

Akan tetapi, tarif tersebut belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan yang Anda bawa. Jika Anda menggunakan sepeda motor, ongkos parkir yang harus Anda bayarkan adalah Rp 5.000. Sedangkan jika Anda menggunakan mobil, Anda wajib membayar ongkos parkir sejumlah Rp 10.000. Biaya tersebut akan dialokasikan ke dalam biaya kebersihan serta perawatan fasilitas wisata air terjun.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Tunan

Kegiatan di Air Terjun Tunan
Image Credit: Google Maps (STY channel)

1. Berenang

Anda dapat merasakan segarnya air dengan berenang di kolam, di mana air terjun ini bermuara. Kolam tersebut memiliki kedalaman air hingga 1,5 meter. Pada sekitar kolam tersebut terdapat bebatuan yang cukup licin, sehingga Anda harus tetap berhati-hati ketika sedang bermain air. Apalagi jika Anda membawa serta anak-anak Anda yang masih di bawah umur.

2. Melakukan Pesta Barbeque

Ketika Anda berwisata di Air Terjun Tunan Talawaan, Anda juga bisa sembari melakukan pesta barbeque di sekitar saung yang ada. Bahan yang biasa digunakan yaitu ikan mujair dan ikan mas. Tempat-tempat yang dapat digunakan untuk melakukan kegiatan ini juga cukup memadai, sehingga Anda tak perlu khawatir tidak kebagian tempat.

3. Mengambil Foto

Di manapun destinasi wisata yang dikunjungi, tidak akan terlepas dari kegiatan pengambilan foto, baik selfie maupun mengambil gambar pemandangan sekitar lokasi wisata. Di wisata air terjun ini, wisatawan bisa menambah koleksi foto liburan mereka dengan pemandangan alam yang masih sangat alami. Mereka dapat mengunggahnya di media sosial atau disimpan untuk pribadi.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Tunan Talawaan

Fasilitas di Air Terjun Tunan Talawaan
Image Credit: Google Maps (Indaditya Marsedyanto)

1. Lahan Parkir

Tempat wisata sudah cukup teroganisir dengan baik. Hal ini didukung dengan adanya fasilitas lahan parkir yang terbilang luas. Sehingga cukup memadai bagi kendaraan yang dibawa oleh wisatawan. Di samping itu, wisatawan juga tidak perlu risau ketika kendaraan mereka ditinggal, sebab sudah ada pihak yang bertanggung jawab untuk menjaga kendaraan mereka.

2. Saung

Di sekitar tempat wisata juga disediakan saung yang memiliki ukuran yang cukup besar. Saung ini berfungsi sebagai tempat untuk beristirahat para wisatawan yang berkunjung. Terdapat beberapa saung yang ada di sekitar lokasi wisata, sehingga Anda tetap bisa mendapat tempat untuk sejenak beristirahat sembari menikmati perbekalan Anda.

3. Kantin

Bagi Anda yang berwisata ke tempat ini tak perlu risau jika Anda lupa tidak membawa bekal ataupun perbekalan Anda telah habis. Di sini telah disediakan beberapa kantin yang menyediakan berbagai makanan dan minuman, sehingga dapat mengisi tenaga Anda untuk melakukan perjalanan menuju lokasi wisata ataupun ketika akan kembali.

4. Toilet Umum

Di manapun Anda berada, toilet termasuk salah satu fasilitas yang sangat Anda butuhkan, termasuk di tempat wisata. Apalagi wisata ini akan membuat Anda bersentuhan dengan air dengan temperatur yang cukup dingin, sehingga bisa menimbulkan keinginan untuk buang air. Anda juga tidak perlu khawatir akan ketersediaan toilet di sini, karena terdapat lebih dari 1 toilet.

Masyarakat setempat berharap bahwa dengan adanya wisata Air Terjun Tunan Talawaan tersebut dapat membantu meningkatkan keadaan perekonomian penduduk setempat. Hal tersebut bisa diperoleh dari tarif parkir yang ditarik ataupun beberapa kantin yang ada di sekitar lokasi wisata. Sehingga masyarakat bisa berjualan beberapa makanan dan minuman di sini sebagai sumber penghasilan mereka sehari-hari.