Armenia merupakan suatu kawasan yang masih sedikit diketahui oleh para wisatawan. Ketika datang ke negara ini, anda akan dapat menemukan berbagai jenis hidangan yang sangat menarik dan untuk dicoba. Beberapa jenis makanan khas dari kawasan tersebut diantaranya menggunakan bahan dasar yang terbuat dari kacang, kulit babi, nasi dan bahkan jagung.

Semua jenis makanan yang bisa ditemukan di Armenia dapat dirasakan dengan nikmat ketika disuguhkan bersamaan dengan menggunakan kopi Kolombia. Berbagai jenis hidangan atau makanan khas Armenia yang bisa ditemukan masih terbawa oleh budaya Timur Tengah sehingga masih sangat akrab bagi masyarakat Brazil. Yuk simak berbagai jenis pilihan kuliner lezatnya.

1. Dolma

Dolma
Image Credit: Twitter ArtsakhPress Agency

Hidangan pertama yang bisa dirasakan dan dinikmati adalah Dolma yang merupakan jenis hidangan yang menggunakan daging cincang dan dicampur menggunakan beras serta dilengkapi dengan berbagai jenis rasa. Ciri khas dari makanan yang satu ini adalah dibungkus dengan menggunakan kubis, daun anggur, raspberry, tomat, terong dan juga paprika.

Kuliner khas Armenia ini merupakan suatu hidangan khas yang hanya disajikan ketika memasuki musim panas. Ketika anda memutuskan berkunjung, makanan satu ini merupakan salah satu hidangan yang perlu ada dalam daftar wisata kuliner anda. makanan musim panas lainnya yang bisa ditemukan diantaranya Lahmandzo atau pizza Armenia.

Makanan khas tersebut merupakan suatu biskuit yang dilapisi dengan menggunakan lapisan daging domba yang pedas. Untuk bisa mendapatkan kedua jenis makanan khas musim panas ini anda hanya perlu datang mengunjungi restoran yang ada di Armenia atau sekitarnya. Di Lokasi ini anda bahkan bisa menemukan banyak sekali makanan tradisional.

2. Sup Buttermilk atau Yogurt

Sup Buttermilk atau Yogurt
Image Credit: Twitter David Kitai

Jenis makanan kedua yang bisa dinikmati bagi para vegetarian dan juga non vegetarian yaitu berupa sup yogurt atau buttermilk. Anda bisa mendapatkan hidangan yang satu ini ketika datang ke kafe dan restoran di kawasan Armenia pada waktu jam makan siang. Sup satu ini dibuat dengan bahan dasar berupa oatmeal dan yogurt serta diberi taburan rempah.

BACA:  10 Tempat Wisata Menarik di Yerevan Buat Liburan

Selain itu, anda juga bisa menyajikannya dengan menggunakan tambahan putih telur atau tepung di dalamnya. Sup yang ringan satu ini bisa dicoba setelah anda menghabiskan hidangan utama atau dijadikan sebagai desert. Hal tersebut karena sup buttermilk ini bisa membantu proses pencernaan makanan berat dan bisa disajikan dingin maupun panas.

3. Tray Paisa

Tray Paisa
Image Credit: Twitter Dyandi34

Jenis makanan yang satu ini merupakan suatu hidangan tradisional yang terdiri dari kacang, daging, sosis babi dan juga telur. Anda bisa mencobanya dan mendapatkannya dari berbagai wilayah yang ada di Armenia. Hidangan satu ini merupakan suatu makanan yang terdaftar sebagai simbol daerah namun sudah terkenal hampir di seluruh bagian dunia.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa menikmatinya. Anda bisa menambahkan Mazamorra atau dengan menggunakan bubur jagung yang disajikan dengan menggunakan susu atau gula merah yang dihaluskan atau dihancurkan. Untuk makanan yang satu ini bisa dinikmati dalam kondisi panas maupun dingin sesuai dengan selera dan juga keinginan.

4. Khash

Khash
Image Credit: Twitter Jeremy Bearimy

Hidangan satu ini merupakan suatu sup tradisional yang banyak digemari ketika memasuki akhir pekan atau dipagi hari untuk sarapan. Hidangan ini merupakan olahan daging sapi dan juga air serta kemudian dimasak dalam durasi waktu yang cukup lama. Makan satu ini juga sangat cocok jika dikonsumsi ketika memasuk cuaca atau musim dingin di kawasan Armenia.

5. Ghapama

Ghapama
Image Credit: Twitter David Moran

Makanan atau hidangan yang satu ini juga cukup populer di Negara Armenia dan sangat cocok dikonsumsi bagi yang vegetarian maupun non vegetarian. Hidangan satu ini memiliki tampilan yang terlihat begitu mahal namun tetap dapat ditemukan dimana saja dengan mudah. Ghampama ini merupakan makanan dengan bahan dasar labu yang diisi dengan buah.

Buah buahan tersebut perlu melalui tahapan pengeringan terlebih dahulu. Jenis buah yang umum digunakan adalah Plum, Kurma, Aprikot dan kismis. Selain itu, anda juga dapat menemukan irisan buah yang dicampur dengan kayu manis dan juga kacang kenari yang ditumbuk hancur. Anda tidak hanya bisa menikmati rasanya saja tetapi juga prosesnya.

Makanan khas Armenia ini juga umumnya disajikan dengan menggunakan roti kering, garam, saus bawang putih, dan beberapa lauk yang wajib ada di meja diantaranya lobak, acar serta rempah lainnya. Anda bisa menambahkan roti kering yang dihancurkan pada bagian atasnya dan ditaburi dengan menggunakan saus bawang putih bagi siapapun yang menyukainya.

BACA:  10 Tempat Wisata Menarik di Yerevan Buat Liburan

6. Kufteh

Kufteh
Image Credit: Twitter Dr. George Reid

Makanan jenis satu ini merupakan suatu hidangan yang terbuat dari sereal atau bulgur dan dicampur dengan menggunakan sayuran dan rempah yang diiris halus dengan dihidangkan bersama daging domba. Anda bisa menemukan berbagai jenis varian dari makan satu ini dan biasanya kan berbeda sesuai dengan keadaan atau musim yang sedang berjalan di Armenia.

Untuk varian yang menjadi favorit dna pilihan masyarakat ataupun wisatawan adalah yang menggunakan daging domba pedas dan dicampur menggunakan bawang, mentega, rempah segar dan juga biji pinus. Hidangan yang unik satu ini juga cocok jika dihidangkan dengan menggunakan salda sayuran yang dilengkapi dengan berbagai jenis sayuran segar.

7. Makanan Pembuka

Makanan Pembuka
Image Credit: Facebook Royal Yerevan

Berbagai makanan ringan juga tersedia sebelum hidangan utama. Keju pedas yang dibungkus terong goreng dan diisi dengan irisan tomat, paprika, atau sayuran rebus. Ini juga bisa berupa burger dan salad bit parut, atau keju domba asap. Keju lembut bawang putih dan kenari juga merupakan hidangan pembuka yang enak dan patut untuk dicoba.

Piring bawang hijau dan rempah segar juga biasanya ada di atas meja. Berbagai keju, termasuk keju domba, juga ditawarkan di sebagian besar makanan pembuka. Cemilan terkenal lainnya adalah Berek atau makanan pembuka yang diisi dengan keju dan bayam. Anda bisa mendapatkan kuliner khas Armenia ini di berbagai restoran ataupun kafe.

8. Harisa

Harisa
Image Credit: Twitter Hay Dzayn Armenia

Harisa juga merupakan hidangan khas yang bisa dinikmati di Armenia. Hidangan ini dibuat dengan merebus gandum dan ayam dalam air dan diaduk perlahan hingga mengental. Harees dulu dimasak dalam pot tanah liat, tetapi metode ini sekarang sudah usang. Selama Armenia berada di bawah kendali Kekaisaran Ottoman sebelum diselamatkan oleh Angkatan Laut Perancis.

9. Makanan Penutup

Makanan Penutup
Image Credit: Facebook Yeraz Projects

Di Armenia, makanan penutup sering memiliki rasa yang unik seperti apel, pir, anggur, ceri, persik, prem, marshmello, ara, semangka, melon, delima, blackberry, stroberi, raspberry, cranberry, dan duri laut Roti dan buah-buahan manis. Namun, yang paling populer adalah buah prem, buah kering, dan buah hijau. Ini biasanya apel, plum, dan tentu saja aprikot.

BACA:  15 Tempat Wisata Menarik di Armenia Buat Liburan

Makanan penutup dapat terdiri dari buah-buahan matang yang diisi dengan kacang dan almond. Baklava adalah hidangan khas berupa kue lezat yang diisi dengan kacang, apel, keju, dan krim. Gulung dan panggang baklava dan nikmati dengan madu cair atau sirup rasa lemon. Rasakan berbagai sensasi dari makanan penutup yang ada di Armenia.

10. Khorovats

Khorovats
Image Credit: Twitter Michael Atwood Mason

Makanan ini sebenarnya daging sapi panggang. Khorovats juga dikenal sebagai barbekyu tradisional Armenia. Khorovats dimasak dengan tusuk sate dan terkadang dengan kentang dan sayuran. Hidangan ini terdiri dari berbagai jenis daging seperti daging sapi, ikan, babi, domba, atau ayam yang diasinkan dan dipanggang diatas arang, serta terong, tomat, paprika, dan sayuran lainnya.

Dan sering ditawarkan pada acara-acara khusus. Hidangan terkenal lainnya adalah Dzash. Rebusan daging dan sayuran dengan berbagai bumbu. Di Armenia, daging dianggap sebagai simbol keberuntungan dan makanan berlimpah. Hidangan daging seperti Khorovats sering disajikan untuk tamu kelas menengah ke atas dan sangat jarang ditemukan di Armenia.

Semakin banyak tamu yang dilayani, semakin banyak kehormatan yang bisa didapat tuan rumah. Domba adalah hidangan tradisional dari masa lalu dan telah menjadi subjek pemujaan dan ritual. Pada zaman kuno, orang Armenia mengorbankan sapi untuk perayaan dan perjamuan acara tertentu. Makanan ini memiliki makna yang spesial.

Itulah deretam makan khas Armenia yang dapat menambah pengalaman petualangan rasa Anda. Anda bisa memasukkan setiap jenis hidangan yang telah disebutkan diatas sebagai daftar wisata kuliner yang perlu dicoba. Anda bisa menemukan kuliner dengan cita rasa manis maupun asin dan bahkan bisa cocok dikonsumsi vegetarian dan non vegetarian.