Armenia merupakan negara pedalaman yang terletak di Asia Barat, berbatasan langsung dengan Georgia di sebelah Utara, Turki di sebelah Barat, Iran di sebelah Selatan, dan Azerbaijan di sebelah Timur. Uniknya, Armenia secara politik budaya, sosial, dan ekonomi ternyata lebih condong ke Eropa meskipun secara geografis berada di Benua Asia.

Bukan hanya itu saja yang membuat Armenia menjadi unik dan menarik. Namun bentangan alamnya dikenal punya pemandangan yang mampu membuat banyak orang terpukau. Dimana negara ini dilengkapi taman nasional, danau, hingga gunung yang mempesona dan cocok dijadikan tujuan wisata. Berikut beberapa tempat wisata menarik di Armenia yang patut dipertimbangkan sebagai tujuan liburan.

1. Taman Nasional Dilijan

Taman Nasional Dilijan
Image Credit: Google Maps Оля Изварина

Armenia punya beberapa taman nasional yang sangat menarik dikunjungi untuk menghabiskan waktu liburan. Namun Taman Nasional Dilijan ini disebut sebut mempunyai pemandangan terindah di negara tersebut. Karena di sana terdapat lembah sungai dari Getik dan Agestev yang begitu menawan, juga sangat sempurna untuk bersantai melihat panorama yang ada.

Apalagi taman nasional yang didirikan pada tahun 2002 tersebut terdiri dari mata air mineral kuratif, membuatnya menjadi sangat terkenal bahkan sampai internasional. Selama berkunjung ke taman, anda bisa menjumpai beragam jenis flora dan fauna seperti kuda, rusa, kijang, dan ular. Ada juga Biara Matosavank, Biara Haghartsin, dan Gereja Akhnabat yang masuk ke dalam kawasan taman nasional.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mount, Haghartsin, Armenia.

2. Danau Sevan

Danau Sevan
Image Credit: Google Maps Levon Avakimyan

Tempat menarik di Armenia selanjutnya yaitu Danau Sevan. Danau ini punya suasana yang damai dengan panorama yang sangat memukau, sehingga cocok bagi anda yang sedang mencari ketenangan serta jauh dari hiruk pikuk kota serta berbagai masalah kehidupan sehari hari.

Danau Sevan sendiri merupakan danau terbesar yang berada di pusat negara Armenia. Panoramanya yang menakjubkan semakin disempurnakan dengan hadirnya beberapa biara menawan di sekitar danau. Adapun salah satu yang paling mencuri perhatian yaitu Biara Sevanavank. Sebab biara tersebut langsung menyuguhkan pemandangan berupa latar belakang danau.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Armenia.
BACA:  10 Tempat Wisata Menarik di Yerevan Buat Liburan

3. Mount Aragats

Mount Aragats
Image Credit: Google Maps Ruzanna Avetisyan Photography

Jikaanda mencari tempat wisata yang populer, maka pastikan Mount Aragats masuk ke dalam daftar. Karena gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi ini punya popularitas yang besar di kalangan wisatawan internasional. Puncaknya adalah yang tertinggi negara Armenia, dengan banyak panorama seni cadas yang begitu memukau.

Apabila ingin menikmati seni cadas tersebut anda pun tidak perlu sampai mendaki ke puncak, karena di bagian kaki gunung sudah ada banyak. Berupa lukisan manusia dan figur hewan yang berasal dari berabad abad lalu. Waktu terbaik untuk mengunjungi Mount Aragats yaitu di antara bulan Juli, Agustus, dan September. Pada waktu waktu tersebut biasanya banyak orang yang akan mendaki.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Armenia.

4. Danau Arpi

Danau Arpi
Image Credit: Google Maps Seda Papoyan

Selain Danau Sevan, danau lainnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi di Armenia yaitu Danau Arpi. Pasalnya danau yang menjadi sumber dari Sungai Akhuria tersebut terkenal akan panoramanya yang sukses menyejukkan mata. Bahkan danau ini punya manfaat yang besar bagi masyarakat sekitar karena digunakan untuk irigasi dan pembangkit listrik.

Terlebih pada tahun 2009 sudah dibangun sebuah taman di sekitar danau untuk membantu menjaga lingkungan alam, membuat sejauh mata memandang anda akan dimanjakan dengan panorama nan cantik. Di sana terdapat sekitar 100 spesies burung dan beragam fauna dan flora lain yang menambah keindahan danau.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Armenia.

5. Shikahogh State Reserve

Shikahogh State Reserve
Image Credit: Google Maps Ara Harutyunyan

Shikahogh State Reserve menjadi tempat menarik di Armenia selanjutnya yang patut dipertimbangkan. Cagar alam ini merupakan yang terbesar kedua di negara ini. Sangat cocok bagi para pecinta alam karena dijadikan sebagai habitat bag berbagai macam flora dan fauna.

Ketika berkunjung ke Shikahogh State Reserve, anda berkesempatan untuk menyaksikan banyak hal mengesankan. Seperti kambing liar, beruang, ular beludak, macan tutul, dan lebih dari 1.100 spesies tumbuhan. Ada juga atraksi beberapa air terjun yang dapat membuat otak menjadi lebih fresh ketika menyaksikannya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Armenia.

6. Yerevan

Yerevan
Image Credit: Google Maps Себастьян Пирейро

Yerevan adalah kota terbesar di Armenia dan merupakan ibu kotanya. Kota ini adalah tempat yang bagus untuk memulai bagi anda yang ingin menjelajahi. Sebab Yerevan merupakan rumah bagi Grand Republic Square dan kota yang sangat bersejarah. Anda bisa mendaki Cascade untuk melihat monumen kemenangan Soviet dalam Perang Dunia.

BACA:  10 Makanan Khas Armenia yang Terkenal & Wajib Dicoba

Atau bisa juga mengunjungi Memorial Genosida Armenia untuk mempelajari lebih lanjut mengenai masa lalu bangsa. Bisa dibilang bahwa berbagai hal yang ditawarkan oleh Armenia bisa anda eksplorasi selama perjalanan sehari di Yerevan. Itulah kenapa Yerevan menjadi salah satu tempat menarik yang layak dikunjungi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Armenia.

7. Vagharshapat

Vagharshapat
Image Credit: Google Maps Hamlet Sahakyan

Tidak hanya Yerevan, kota besar lainnya yang tidak boleh dilewatkan ketika hendak berkunjung ke negara Armenia yaitu Vagharshapat. Apalagi Vagharshapat juga hanya berjarak sekitar 18 meter saja dari Kota Yerevan. Sehingga dalam sehari kemungkinan anda bisa melihat berbagai ikon terkenal di dua kota besar tersebut.

Adapun salah satu ikon terkenal yang ada di Vagharshapat yaitu kompleks Mother See of Holy Etchmiadzin. Kompleks tersebut bahkan sudah dimasukkan ke dalam warisan dunia oleh UNESCO. Kompleks ini punya desain bangunan yang artistik dan kaya akan nilai seni serta sejarah. Dimana ada banyak sekali katedral yang masih berdiri kokoh di tempat tersebut.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Armenia.

8. Garni

Garni, Geghart, Armenia
Image Credit: Google Maps Senik Topuzyan

Garni merupakan sebuah kota kecil yang ada di Armenia. Meskipun tidak sebesar Vagharshapat atau Yerevan, Garni mampu menawarkan berbagai hal menarik. Seperti temple yang sangat beragam dan artistik. Dimana yang paling terkenal tidak lain adalah Garni Temple yang sudah sangat ikonik dari kota tersebut. Selain Garni Temple, ada juga sungai kecil bernama Goght yang sangat jernih.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Armenia.

9. Tsaghkadzor

Tsaghkadzor
Image Credit: Google Maps Aramayis Avagyan

Selain Garni, kota kecil lainnya yang menjadi tempat wisata di Armenia yaitu Tsaghkadzor. Kota kecil tersebut dianggap sebagai kawasan elit yang cukup ternama, sebab di sana ada banyak penginapan dan hotel mewah. Namun yang membuat Tsaghkadzor dijadikan favorit oleh wisatawan adalah karena kota ini dikelilingi oleh gunung gunung yang indah untuk melakukan ski.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Armenia.

10. Goris

Goris
Image Credit: Google Maps Oleg Pogorelik

Kota kuno Goris di atas Pegunungan Syunik, Armenia, masih mempunyai peradaban yang cukup besar di tengah perkembangan zaman dan teknologi yang sangat pesat di seluruh dunia. Dimana masyarakat Goris masih memilih cara hidup tradisional, sehingga banyak wisatawan tertarik melihat kehidupan masyarakat di sana secara langsung.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Armenia.

11. Noravank

Noravank
Image Credit: Google Maps Инокентий Иванов

Negara Armenia memang identik dengan biara dan katedral yang bisa ditemukan di berbagai kawasannya. Salah satu biara yang sangat terkenal di Armenia yaitu Noravank. Biara ini populer karena keindahannya yang memadukan batu bata merah pada bangunan vihara dengan alam hijau di atas ketinggian. Terlebih Noravank tercatat sudah berdiri sejak abad ke-13 dengan nama Astvatsatsin.

BACA:  10 Tempat Wisata Menarik di Yerevan Buat Liburan
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Armenia.

12. The Debed Canyon

The Debed Canyon
Image Credit: Google Maps Hasmik Gevorkian

The Debed Canyon menjadi destinasi wisata lainnya yang harus anda masukkan ke dalam list kunjungan. Sebab bangunan kuno gereja katedral yang bergaya retro tersebut punya nilai sejarah sangat kental. Letaknya pun di kawasan tebing yang mampu menawarkan view sangat memukau.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sadakhlo, Georgia, Armenia.

13. Gyumri

Gyumri
Image Credit: Google Maps Spartak Avetisyan

Gyumri adalah kota terbesar kedua di Armenia, cocok dikunjungi jika ini merupakan perjalanan pertama anda ke negara tersebut. Untuk menikmati keindahan Gyumri, anda bisa mengarahkan kaki ke Benteng Hitam yang ada di atas bukit. Karena benteng tersebut langsung menghadap ke kota. Bahkan patung Ibu Armenia yang sangat terkenal juga bisa dilihat di dekatnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Armenia.

14. Vanadzor

Vanadzor
Image Credit: Google Maps Manvel Baghramyn

Satu lagi kota besar yang layak anda tuju, yaitu Vanadzor. Kota yang terletak di bagian utara Armenia ini adalah lokasi yang ideal untuk menjelajahi wilayah lori yang indah. Anda bisa datang ke Kebun Raya Vanadzor, Teater Kamar Bohem, dan Teater Boneka Vanadzor yang terkenal saat berkunjung ke kota ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Armenia.

15. Benteng Amberd

Benteng Amberd
Image Credit: Google Maps Елена Пикатова

Wisata sejarah lainnya di Armenia yaitu Benteng Amberd. Benteng ini sudah ada sejak abad ke-7, dan menjadi salah satu tempat paling menakjubkan di negara ini. Daya tarik utamanya terletak pada pemandangan dari atas benteng yang sangat mempesona. Dulunya untuk mencapai benteng membutuhkan waktu sekitar satu jam dari ibu kota Yerevan, di antara titik titik pertahanan militer utama kerajaan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Amberd Road, Armenia.

Itulah beberapa tempat wisata di Armenia yang cocok dikunjungi untuk menghabiskan waktu liburan anda. Dimana anda bisa menikmati berbagai pesona wisata sekaligus, mulai dari wisata alam sampai wisata sejarah. Sehingga bukan hanya pengalaman berkesan yang anda dapatkan, namun anda sekaligus bisa menambah wawasan selama perjalanan wisata.