Yerevan adalah nama dari ibu kota Armenia. Kota ini menyimpan banyak cerita sejarah yang menarik. Perkembangan kota Yerevan ini tak lepas dari peran Alexander Tamanyan yang menjadi tokoh modernisasi pada tahun 1878-1936. Alexander Tamanyan yang juga seorang arsitek kelahiran Rusia tersebut, merubah kota menjadi kawasan yang indah.

Tak banyak yang tahu bahwa kota cantik ini mempunyai objek wisata yang menakjubkan. Berbagai objek wisata tersebut dijamin akan membuat anda jatuh cinta saat mengunjunginya. Apa saja tempat wisata yang menarik dikunjungi di Yerevan?

1. Republic Square

Republic Square
Image Credit: Google Maps Fabian

Salah satu daya tarik utama sebuah kota akan terletak pada alun alunnya. Bila ingin mengunjungi kota tertentu maka alun alun akan menjadi pertimbangan utama. Tak hanya itu, namun alun alun kota juga akan seringkali dijadikan sebagai acuan lokasi wisata lainnya sehingga akan mudah dimengerti wisatawan asing yang berkunjung.

Hal ini juga berlaku di Kota Yerevan, ibukota Armenia ini. Alun-alun kota di Yerevan juga disebut juga dengan Hraparak. Alun-alun ini sangat menarik dan menjadi salah satu tujuan wisata turis lokal maupun turis asing. Salah satu daya tarik alun alun ini adalah dikelilingi oleh lima bangunan indah yang bergaya neo klasik dengan sentuhan khas Armenia.

Hal ini akan menjadikan taman kota menjadi tampak megah dan elegan. Jajaran bangunan estetik disekitarnya juga akan membuatnya tampak semakin cantik untuk dikunjungi. Beberapa bangunan tersebut antara lain Museum Sejarah, Gedung Pemerintahan, Galeri Nasional, Hotel, dan gedung milik Kementrian Armenia.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Yerevan, Armenia.

2. Matenadaran

Matenadaran
Image Credit: Google Maps Grigory Sapunov

Salah satu bangunan bersejarah yang menarik dikunjung di Yerevan adalah Matenadaran. Tempat ini juga dikenal dengan nama Mesrop Mashtots Institute of Ancient Manuscripts. Lokasi ini adalah sebuah museum yang menyimpan manuskrip terbesar di Dunia. Museum ini dibangun pada tahun 1959. Museum tidak pernah sepi pengunjung.

Bahkan setiap tahunnya tercatat lebih dari 100.000 wisatawan lokal maupun asing datang berkunjung. Salah satu ikon yang menjadi daya tarik wisatawan adalah patung yang berdiri di bagian depan gedung. Patung tersebut adalah patung seorang negarawan yaitu Mesrop Mashtots yang menjadi tokoh suci dan paling dihormati di Armenia.

BACA:  10 Makanan Khas Armenia yang Terkenal & Wajib Dicoba
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: 53 Mesrop Mashtots Ave, Yerevan. Armenia.

3. Tsitsernakaberd

Tsitsernakaberd
Image Credit: Google Maps Vahe Melkonyan

Lokasi ini memang salah satu lokasi bersejarah di Armenia. Bahkan pada tanggal 24 April setiap tahunnya akan diperingati kejadian pembunuhan masal yang terjadi di Armenia pada 1915. Kompleks Tsitsernakaberd ini memang sengaja dibangun monumen yang didedikasikan untuk tragedi tersebut dan akan dihadiri ribuan orang setiap tahunnya.

Area monumen ini juga terdapat menara setinggi 44 meter yang menjadi lambang kejayaan rakyat Armenia. Tak hanya itu, namun ada juga 12 lempengan yang melingkar dan membentuk seperti gunung. Jumlahnya ini mewakili jumlah provinsi di Armenia yang hilang. Monumen yang dibangun pada 1967 ini diarsiteki oleh Arthur Tarkhanyan, dan rekan rekannya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: 8, 8 Tsitsernakaberd Hwy, Yerevan, Armenia.

4. History Museum of Armenia

History Museum of Armenia
Image Credit: Google Maps 박경희

Destinasi sejarah selanjutnya adalah History museum of armenia. Lokasi museum ini mempunyai kurang lebih memiliki 400 ribu koleksi benda bersejarah. Museum ini juga terdapat benda-benda kuno serta dokumen-dokumen yang bersejarah untuk Armenia.

Beberapa koleksi museum ini juga menjadi daya tarik pengunjung adalah seperti benda yang terbuat dari bahan perunggu.Benda ini dibuat pada sekitar abad ke-3 hingga ke-2 sebelum Masehi. Museum yang disebut juga sebagai Museum Nasional ini juga mempunyai berbagai program pendidikan tentang sejarah dan budaya negara Armenia.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: 4 Republic Square, Armenia.

5. Cascade Complex

Cascade Complex
Image Credit: Google Maps Harutyun Khachatryan

Objek wisata yang megah di Yerevan yaitu Cascade complex. Tempat ini berupa sebuah tangga yang terbuat dari batu kapur, yang akan menghubungkan antara distrik pusat kentron dan monumen Alexander Tamanyan. Kawasan ini menjadi ikon landmark dari kota Yerevan karena menyuguhkan arsitektur yang sangat cantik.

Tak hanya itu, namun ada juga banyak jajaran kafe atau restoran di kedua sisi tangga tersebut yang bisa anda gunakan untuk tempat bersantai. Bila anda datang saat musim semi, anda akan disuguhi dengan adanya konser musik klasik dan jazz. Anda bisa menikmatinya dengan duduk memenuhi tangga ini. Romantis kan?

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: 10 Tamanyan St, Yerevan, Armenia.
BACA:  10 Makanan Khas Armenia yang Terkenal & Wajib Dicoba

6. Swan Lake

Swan Lake
Image Credit: Google Maps Spartak Avetisyan

Tempat menarik lainnya adalah Swan Lake. Terdapat satu kolam renang outdoor besar di Yerevan yang akan seru bila dikunjungi pada musim dingin. Area Water World diubah menjadi lokasi kolam es dengan luas 500 meter persegi. Lokasi ini akan sangat seru untuk dikujungi terlebih bersama keluarga.

Lokasi wisata ini terletak di dekat Gedung Opera bahkan tepat di depannya. Sehingga lokasi wisata ini akan lebih mudah anda temukan. Sembari berseluncur anda juga bisa menghirup udara segar yang akan menenangkan. Tak perlu khawatir bila tidak punya perlengkapan skate, anda bisa menyewanya langsung di lokasi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Yerevan, Armenia.

7. Kond

Kond
Image Credit: Google Maps Siarzhuk

Kond adalah salah satu lokasi wisata yang harus anda kunjungi di Yerevan. Daerah ini dikenal dengan tempat tertua di kota ini. Pembangunannya berawal pada abad ke-17. Daerah ini terletak di sepanjang bukit yang akan menghadap ke pusat kota. Terbayang bukan keindahan daerah ini bila anda berjalan menyusurinya.

Daerah ini adalah pemukiman bagi banyak etnis seperti Ottoman, Persia dan Muslim. Daerah ini mempunyai dinding degan tinggi 1,5 meter yang terbuat dari tanah liat ditambah dengan batu-batu kecil. Uniknya, Rumah-rumah disini terletak di sepanjang jalan sempit yang lebarnya tidak lebih dari 90 sampai 120 sentimeter.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Yerevan, Armenia.

8. Yerevan Vernissage

Yerevan Vernissage
Image Credit: Google Maps Mahmoud AlAli

Ingin berbelanja barang unik, Anda wajib berkunjung ke Yerevan Vernissage. Tempat ini adalah pasar terbuka yang cukup besar. Pasar ini terletak di sepanjang jalan Aram dan Buzand, dan berada dekat metro Republic Square. Pasar ini sudah dibuka sejak 1980-an oleh sekelompok seniman lokal.

Sehingga bila anda berkunjung ke pasar ini, akan ada banyak karya seni yang dijual disini. Bagi anda penyuka karya seni, maka pasa ini wajib masuk ke list perjalanan anda. Banyak karya seni tradisional Armenia yang bisa anda temukan seperti permadani, lukisan, alat musik, ukiran kayu, dan perhiasan.

BACA:  15 Tempat Wisata Menarik di Armenia Buat Liburan
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: 1, 3 Buzand St, Yerevan, Armenia.

9. Ararat

Ararat
Image Credit: Google Maps Савченко Евгений

Ararat adalah perusahaan brendi yang tertua di Armenia. Lokasi ini juga akan menarik untuk anda kunjungi. Perusahaan brendi ini bahkan menjadi pemasok istana Yang Mulia Kaisar dan sudah dibuke sejak 1887 oleh seorang pedagang Nerses Tairyants. Banyak orang penting jaman dahulu yang juga menjadi penggemar minuman ini.

Beberapa tokoh tersebut antara lain seperti Agatha Christie, Frank Sinatra, dan Winston Churchill. Pengelola Ararat menyediakan tur terbuka untuk wisatawan seperti proses penyulingan hingga proses pencicipan. Tur ini akan berlangsung di museum in-house.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: 74/5 Nairi Zaryan St, Yerevan, Armenia.

10. Biara Geghard

Biara Geghard
Image Credit: Google Maps mr Breizhou

Salah satu situs yang bahkan diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia adalah Biara Geghard. Bangunan yang dibangun pada abad pertengahan Geghard ini adalah salah satu bangunan spektakuler yang wajib masuk dalam list perjalanan anda. Biara Geghard ini berada di dekat gunung dan juga dikelilingi oleh banyak pepohonan dan tebing.

Kapel utama bangunan Biara Geghard ini dibangun pada tahun 1215. Terdapat juga tebing-tebing indah yang mengelilingi kompleks megah ini dan membentang di sekitar Sungai Azat. Bentuk biara ini juga unik karena dibangun dengan cara digali dan bentuknya akan menyerupai gua. Bangunan ini cukup unik untuk anda kujungi.

Situs bersejarah ini wajib masuk dalam list perjalanan anda bila berkunjung ke Yerevan. Anda bisa menemukan lokasi ini dengan mudah walaupun terletak di pinggira kota. Banyak agen wisata yang menjadikan objek wisata ini tujuan. Anda juga bisa mengunjunginya sendiri dengan bantuan maps.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mets Gilanlar, Armenia.

Itulah rekomendasi objek wisata yang wajib dijelajahi di Yerevan, Armenia. Banyak objek wisata diatas akan membuat liburan anda menjadi lebih menyenangkan dan tak terlupakan. Tak hanya objek wisatanya yang seru, namun anda juga bisa mencoba berbagai macam pilihan kulinernya yang khas. Yuk, segera rencanakan tujuan liburan anda.