Meskipun terkenal sebagai negara konflik, bukan berarti Iran tidak menarik untuk dijadikan sebagai tujuan wisata. Menjadi salah satu pusat peradaban, negara ini menawarkan banyak tujuan wisata sejarah dan arsitektur yang cantik. Selain itu, anda juga bisa mencicipi aneka makanan khas Iran yang populer di kalangan turis dan begitu menggugah selera untuk dicicipi.

Seperti halnya negara Timur Tengah lainnya, Iran memiliki kuliner yang kaya akan bumbu serta aromanya yang khas. Bahkan beberapa makanan justru menarik perhatian para wisatawan lantaran cara penyajiannya. Bagi anda yang berniat untuk kulineran, berikut beberapa kuliner khas dari Iran yang wajib untuk anda cicipi saat berkunjung.

1. Kuku

Kuku iran
Image Credit: Twitter ES

Meskipun memiliki kata yang sama, tetapi makanan khas satu ini tentu memiliki artian yang berbeda. Kuku jika menurut istilah umumnya adalah hidangan yang dibuat dari telur dadar tebal. Layaknya dengan telur dadar Indonesia, Kuku juga dimasak dengan cara digoreng. Tetapi yang membuatnya berbeda yakni menggunakan banyak variasi sayuran.

Beberapa juga menambahkan daging sehingga rasanya menjadi lebih kaya. Varian yang paling terkenal yakni Kuku Sabzi yang dibuat dari telur, kentang dan juga berbagai bumbu cincang. Karena termasuk makanan pokok, tidak sulit bagi anda untuk menemukan Kuku di Iran. Makanan ini juga bisa hadir pada acara khusus dan bisa dibuat sesuai selera pembuatnya.

2. Kebab Chelo

Kebab Chelo
Image Credit: Twitter iranzamin

Tidak afdol rasanya jika jalan jalan ke Timur Tengah tetapi tidak mencicipi olahan kebabnya. Chelo sendiri merupakan nasi dan kebab biasa, menjadi makanan yang wajib anda cicipi saat sedang di Persia. Tidak hanya itu, anda juga bisa bebas memilih jenis chelo apa yang ingin dinikmati. Koobedeh misalnya yang merupakan daging giling dengan tambahan bawang merah cincang.

Atau bisa juga mencicipi bargh atau fillet dari daging domba yang diiris tipis. Rasanya sangat unik karena sebelumnya daging akan direndam dengan jus lemon dan bawang semalaman. Anda juga bisa mencicipi chenjeh fillet dari daging domba yang kemudian dimarinasi, dipotong dadu barulah dimasak dengan dipanggang, sehingga ada aroma khas nantinya.

BACA:  15 Tempat Wisata Menarik di Iran Buat Liburan

Kebab Chelo juga bisa dinikmati dalam bentuk joojeh, dibuat dari bahan dasar ayam yang dimarinasi. Joojeh kemudian diolesi dengan kunyit dan mentega sehingga rasanya lebih unik. Makanan unik dari Iran ini biasanya dimasak dengan dipanggang hingga empuk. Ditambahkan juga dengan tomat panggang serta sumac atau bumbu merah dari buah beri kering.

3. Tahdig

Tahdig
Image Credit: Twitter Ifilm

Olahan tradisional yang berupa nasi khas ini dikenal dengan nama Tahdig. Tahdig sendiri memiliki arti nama bagian bawah dari panci, karena memang merujuk pada lapisan renyah nasi kering di bagian bawah. Umumnya menggunakan nasi basmati, ditambahkan dengan minyak dan garam. Agar warnanya menjadi lebih cantik, bisa ditambahkan dengan kunyit atau safron.

Yang membuat rasa makanan ini berbeda yakni tambahan ghee atau minyaknya pada wajan. Sehingga lapisan bawahnya digoreng, sementara pada bagian atasnya dikukus. Ada juga tahdig yang menggunakan roti lavash ditambahkan yogurt dan irisan kentang pada bagian bawah wajan. Tidak hanya disajikan begitu saja tetapi bisa juga dijadikan sebagai lauk pendamping.

4. Dizi atau Abgoosht

Dizi atau Abgoosht
Image Credit: Twitter VitaminSea

Untuk mencicipi kuliner khas Iran, anda juga bisa menjadikan Dizi atau Abgoosht sebagai pilihan. Kuliner tradisional ini sampai saat ini masih mempertahankan proses pembuatan dari ratusan tahun yang lalu. Merupakan hidangan kaldu yang ditambahkan dengan daging juga buncis sebagai bahan dasarnya. Anda juga bisa menemukan bahan lainnya di dalam masakannya.

Bahan tersebut terdiri dari kentang, kacang kacangan, tomat dan juga bawang. Semua bahan akan dimasukkan pada panci kemudian ditambahkan sedikit air. Makanan ini disajikan dengan dua dua tahap, pertama kuahnya disaring dan dihidangkan sebagai sup kemudian ditambahkan roti disebut tilit. Yang kedua sisa bahan ditumbuk kemudian dimakan dengan acar.

5. Laboo

Laboo iran
Image Credit: Facebook Detta är Iran

Laboo merupakan penganan yang dibuat dari buah bit, banyak dikonsumsi oleh masyarakat Iran saat musim dingin. Jika anda sedang berada di kawasan Teheran, jangan sampai melewatkan makanan Laboo ini, Buah bit ini akan direbus atau dikukus kemudian dijual dalam kondisi masih hangat. Untuk menemukan para penjual Laboo juga sangat mudah.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Iran yang Paling Diburu Wisatawan

6. Ash Reshteh

Ash Reshteh
Image Credit: Twitter Farsi books

Bagi anda yang suka olahan mie, anda bisa mencicipi nikmatnya Ash Reshteh. Sup ini memang dibuat dari bahan dasar mie, kemudian ditambahkan banyak sayuran herbal kemudian ditambahkan dengan kacang kacangan. Pada bagian topping ditambahkan bawang merah, bawang putih goreng dan daun mint. Ash Reshteh menjadi makanan khas Iran yang pas saat musim dingin.

7. Kufteh Tabriz

Kufteh Tabriz
Image Credit: Twitter Land of Turquoise Domes

Melihat tampilan Kufteh Tabriz, akan mengingatkan anda dengan bakso karena memang bentuknya bola bola daging. Bola bola daging ini memiliki isian buah buahan kering dan kacang kacangan. Daging yang digunakan daging domba, kacang polong kuning, nasi dan rempah segar. barulah semua bahan tersebut dibentuk bulat kemudian disajikan dengan saus khusus.

8. Tahchin

Tahchin
Image Credit: Twitter Land of Turquoise Domes

Melanjutkan perjalanan kuliner anda, Tahchin menjadi kudapan yang wajib anda coba. Tahchin berbentuk kue atau casserole yang ternyata dibuat dari nasi yangs udah dimasak sebelumnya. Ditambahkan dengan bumbu, safron dan disusun berlapis baru dipanggang. Agar rasanya makin kaya kuliner khas Iran ini juga ditambahkan dengan daging ataupun sayuran berlapis.

9. Fesenjen

Fesenjen iran
Image Credit: Facebook Latitudes Catering

Makanan unik yang berikutnya yakni Fesenjen dibuat dari jus delima ditambahkan dengan kenari serta daging yang dihancurkan. Daging yang paling banyak dijadikan pilihan yakni daging ayam. Masing masing daerah akan memiliki resep khusus tetapi secara umum rasanya manis dan asam bersamaan. Membutuhkan waktu memasak lama, membuat Fesenjen disajikan di acara khusus.

10. Gheimeh

Gheimeh
Image Credit: Twitter Fig & Quince

Biasanya makanan khas Iran dibuat dari daging yang potongannya besar, sementara Gheimah justru potongannya kecil dari daging domba. Tidak hanya daging domba, beberapa juga menggunakan daging sapi. Stew nikmat ini akan ditambahkan dengan saus tomat, rempah seperti kayu manis dan saffron serta buncis. Masing-masing daerah di negara ini memiliki variasi sendiri.

11. Baghali

Baghali
Image Credit: Twitter Land of Turquoise Domes

Tidak hanya berupa makanan berat, di Iran anda juga bisa menemukan makanan ringan seperti Baghali. Baghali merupakan kacang fava yang ditambahkan dengan cuka kemudian dilengkapi bumbu goalpara serta biji angelica yang ditumbuk. Menikmatinya dengan meremas bagian bawahnya sehingga bagian tengahnya bisa dinikmati, kulitnya dibuang.

BACA:  10 Tempat Wisata Menarik di Tehran Buat Liburan

12. Jigar

Jigar iran
Image Credit: Facebook Detta är Iran

Jiga termasuk kuliner yang tidak boleh anda abaikan ketika sedang berada di Iran. Kebab hati yang penyajiannya dengan dipotong dan ditambahkan bumbu khas. Bisa dikatakan jika tampilannya mirip dengan sate khas Iran yang rasanya begitu lezat. Jigar juga bisa dinikmati dengan roti segar, menariknya anda juga bebas memilih jeroan yang mana.

13. Kashke Bademjan

Kashke Bademjan
Image Credit: Twitter tripindow

Menjadi menu appetizer, makanan khas Iran satu ini juga sayang untuk dilewatkan. Dibuat dari bahan terong yang digrilled dengan oven juga kashk. Kashk sendiri produk yang difermentasi dan bisa dibuat dari yogurt whey. Ditambahkan dengan berbagai bumbu an agar makin cantik diberikan hiasan berupa kenari cincang, bawang karamel dan juga daun mint.

14. Sabzi Khordan

Sabzi Khordan
Image Credit: Facebook Kevin Thomas

Rasanya tidak akan lengkap jika ke Iran tanpa mencicipi menu Sabzi Khordan yang berarti tanaman herbal yang bisa dikonsumsi. Sehingga anda akan menemukan basil, ketumbar, mint serta tanaman lainnya. Kemudian untuk menyantapnya dengan roti pipih, bagian atasnya ditambahkan keju dan bumbu. Selain memiliki rasa yang nikmat, hidangan ini juga sehat.

15. Zoolbia Bamieh

Zoolbia Bamieh
Image Credit: Twitter Monica J, Ph.D.

Biasanya anda akan menemukan kuliner khas Iran ini ketika bulan ramadhan. Karena Zoolbia disantap sebagai hidangan buka puasa dengan bentuk bulat. Bahan untuk membuatnya terdiri dari tepung, butter, telur dan lainnya. Dibalur dengan sirup manis yang dibuat dari air mawar dan gula. Melihat tampilannya akan mengingatkan anda dengan donat.

Liburan di Iran tidak akan lengkap tanpa menikmati makanan khasnya. Dari semua yang disebutkan, anda bisa memilih yang paling anda ingin cicipi. Dan belum tentu anda bisa menemukannya di negara lainnya. Kulineran di Iran pasti akan membuat liburan di negara yang kental dengan peradaban ini semakin lengkap. Dari makanan berat sampai camilan menarik dicicipi.