Setiap kali akan mengunjungi kota atau negara, tujuan wisata tentu menjadi perhatian. Selain itu, anda juga tidak boleh melewatkan buah tangan untuk teman ataupun keluarga di rumah. Seperti halnya ketika anda menghabiskan liburan di Iran. Oleh-oleh khas Iran sendiri cukup banyak, dari makanan sampai dengan souvenir bisa anda buru untuk keluarga di rumah.

Beberapa diantaranya bahkan tidak mudah untuk ditemukan di negara lainnya. Apalagi Iran juga memiliki beberapa pasar tradisional yang sangat cocok untuk berburu buah tangan. Selain keunikannya, saat membeli buah tangan anda juga harus memperhatikan apakah bisa tahan di bawa sampai tanah air. Berikut rekomendasi cinderamata yang bisa anda bawa pulang.

1. Camilan Buah Kering

Camilan Buah Kering
Image Credit: Twitter Delidried

Jika anda lebih suka membawakan buah tangan berupa makanan, maka camilan buah kering bisa anda jadikan alternatif. Buah kering yang bisa ditemukan di Iran ada yang asin ada juga yang tawar. Ada banyak buah yang bisa dikeringkan, seperti kurma, almond biji melon serta kacang kacangan. Tersedia dalam banyak ukuran serta bentuk yang bisa dijadikan buah tangan.

Di Iran sendiri buah kering kerap dijadikan sebagai camilan pada berbagai ritual ataupun tradisi. Misalnya pada saat Tahun Iran Baru atau Norooz, pesta pernikahan, Festival Yalda dan juga pemakaman. Anda tidak akan kesulitan menemukan Oleh-oleh khas Iran ini, karena banyak dijual. Selain itu juga bisa bertahan lama, sehingga aman sampai di tanah air.

2. Chai

Chai
Image Credit: Twitter Jasmin Tours

Chai atau teh juga wajib anda buru saat anda liburan di Iran. Chai ini terkenal dengan nama teh hitam Persia yang aroma, warna dan rasanya begitu kondang. Di Iran Utara tepatnya di provinsi Gilan, chai diproduksi bahkan di seluruh provinsi. Ada banyak merek yang bisa anda jadikan pilihan untuk anda bawa sebagai oleh oleh di rumah.

Kawasan Gilan sendiri memiliki udara yang lembab tetapi subur. Sehingga sangat cocok untuk menghasilkan teh teh yang berkualitas. Jika anda ingin membawa yang paling baik, chai vizhei sargol bisa dipilih. Termasuk teh yang paling mahal dengan kualitas yang tidak main main. Apabila ingin lebih otentik akan rasanya anda bisa membeli Set Samovar.

BACA:  10 Tempat Wisata Menarik di Tehran Buat Liburan

Oleh-oleh ini sangat nikmat jika dinikmati dengan air mawar dan kapulaga. Perpaduannya akan membuat anda ketagihan dengan rasanya. Masyarakat Iran sendiri sangat menyukai teh, tidak hanya dikonsumsi malam hari tetapi juga sepanjang hari. Anda bisa menemukannya di supermarket atau pasar akan berbagai merek Chai yang ada.

3. Safran

Safran
Image Credit: Twitter Rowhani Saffron Co.

Jika membahas Iran, maka Safran menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan. Karena memang menjadi negara penghasil Safran paling besar di dunia. Safran merupakan tanaman bumbu dengan harga yang mahal. Sehingga jika anda sedang di Iran, tidak ada salahnya untuk membelinya dan menjadikan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

Dalam masakan Timur Tengah juga Mediterania, Safran menjadi bumbu yang tidak bisa diabaikan. Tidak hanya digunakan sebagai bumbu masakan, secara tradisional Saffron juga bisa diolah menjadi obat obatan maupun parfum. Zaman dahulu oleh-oleh ini digunakan untuk dupa, mewarnai tekstil ataupun surat surat penting maupun doa.

Meskipun harganya terbilang mahal, anda bisa membelinya dalam kemasan gram yang kecil. Para pedagang juga banyak yang mempercantik kemasannya untuk menarik perhatian. Namun anda juga harus jeli untuk bisa membeli yang asli atau yang palsu. Salah satu cara mendeteksinya dengan memilih yang ujungnya putih dengan warna merah layaknya cabe.

4. Kacang Kacangan

kacang pistachio
Image Credit: Facebook Su Peanut Barley Candy, Dried Fruit etc

Selain membeli buah kering, anda juga bisa membeli kacang kacangan untuk dijadikan buah tangan. Kacang dari Iran yang paling kondang dijadikan buah tangan yakni kacang pistachio. Inilah mengapa anda tidak akan kesulitan menemukan para pedagang pistachio. Anda bisa membeli kacang yang masih dengan kulit maupun yang sudah dikupas nantinya.

Pistachio yang masih memiliki kulit dikenal dengan nama peste khandan. Ada banyak jenis kacang yang bisa anda bawa pulang sebagai Oleh-oleh khas Iran, jenis ahmed aqaee, akabri dan kale qoochi yang paling banyak diburu. Para penjual ada yang menjualnya dengan berbagai rasa, yang mentah ataupun yang sudah disangrai, sehingga anda bisa memilih sesuai selera.

Anda bisa mengunjungi Grand Bazaar untuk mendapatkan kacang yang berkualitas. Sebaiknya tidak terlalu pelit saat akan membeli, biasanya harga murah akan mengorbankan kualitas. Selain itu anda juga bisa menggoyangkan di telinga, jika kacang bergerak bisa jadi kualitasnya jelek. Dan pastikan untuk membeli kacang yang masih baru agar anda tidak kecewa.

BACA:  15 Tempat Wisata Menarik di Iran Buat Liburan

5. Kaviar

Kaviar iran
Image Credit: Twitter ifilm English

Kaviar yang berasal dari Iran terkenal sebagai kaviar yang paling baik di dunia. Selain saffron, kaviar juga menjadi barang ekspor yang menguntungkan bagi Iran. Anda juga bisa menjadikan kaviar sebagai oleh-oleh. Meskipun anda mungkin harus merogoh dalam kocek anda. Tetapi tidak ada salahnya memberikan kaviar pada orang orang tersayang.

Kaviar memiliki warna hitam yang paling banyak dikumpulkan dari Bandar e Torkaman, di bagian Utara Iran. Penulis Perancis yang bernama Roberst Courtine mengatakan jika kaviar di Persia memiliki rasa yang mirip dengan permen laut yang kemudian diisi dengan yodium serta bubuk misteri. Inilah yang membuat rasanya nikmat dan berkualitas tinggi.

6. Karpet Persia

Karpet Persia
Image Credit: Twitter IranDestination | Iran Tour and Travel Agency

Selain makanan, anda juga bisa memberikan buah tangan dalam bentuk barang. Karpet Persia bisa menjadi pilihan karena memang terkenal dengan kualitasnya. Apalagi di Iran juga ada banyak versi motif karpet yang dibuat sendiri. Karpet dari negara ini memiliki kualitas yang tidak kalah bagus, dan jenis yang paling banyak dipilih yakni jenis kashan.

Tidak hanya dibuat dengan pabrik, oleh-oleh khas Iran juga ada yang dibuat secara manual. Menjadikannya banyak diburu oleh pecinta barang antik maupun turis mancanegara. Anda tidak perlu khawatir, ada banyak ukuran yang bisa anda beli. Jika ingin lebih kecil, anda bisa membeli bentuk permadi seukuran sajadah. Anda sangat mudah menemukan cinderamata andalan Iran ini.

7. Termeh

Termeh
Image Credit: Twitter Ardavân

Termeh merupakan souvenir khas Iran yang sangat unik, sejenis kerajinan tangan yang dibuat dari bahan wol dan sutra. Kemudian akan diwarnai dengan pewarna alami yang membuatnya begitu indah. Souvenir tradisional ini berasal dari kota Yazd, di masa lalu banyak digunakan hiasan pada rumah bangsawan atau aristokrat.

Beberapa juga menggunakannya sebagai pakaian yang membuat begitu cantik. Saat ini Termeh sangat mudah didapatkan dan juga memiliki harga yang lebih terjangkau. Termeh juga hadir dalam barang pakai seperti dompet, tas, gorden, sajadah, sepatu sampai sarung bantal. Jika ingin kualitas terbaik, anda bisa datang langsung ke Yazd.

BACA:  15 Makanan Khas Iran yang Terkenal & Wajib Dicoba

8. Ghalamzani

Ghalamzani
Image Credit: Twitter Dirt Road

Melanjutkan perjalanan belanja anda, anda bisa menjadikan Ghalamzani sebagai buah tangan. Seni Ghalamzani sendiri adalah kerajinan dari perak, tembaga, perunggu hingga emas. Kemudian dibuat menjadi vas bunga, peralatan rumah tangga dan lainnya dengan desain rumit. Souvenir ini juga bisa diukir dengan nama anda, anda tinggal meminta pada senimannya.

9. Perhiasan dan Batu Mulia

Perhiasan dan Batu Mulia
Image Credit: Twitter Gencar Batu Mulia

Oleh-oleh khas Iran yang juga bisa dijadikan pilihan yakni perhiasan dan batu mulia. Anda bisa dengan mudah menemukannya, karena hampir semua pasar tradisional menjualnya. Anda bisa memilih batu pra atau yang akan dibuat kepada pengrajin, sehingga bisa dibentuk perhiasan sesuai keinginan. Batu Turquoise menjadi yang paling favorit di antara lainnya.

10. Air Mawar

Air Mawar
Image Credit: Twitter Taj Agro Products

Selain saffron, Iran juga memiliki buah tangan berupa Air mawar atau disebut Golab. Yang membuatnya unik, air mawar ini diambil dari bunga mawar yang ditanam lebih dari 7000 tahun. sehingga kualitas air mawarnya sudah tidak bisa diragukan lagi. Anda bisa membelinya di Kashan Isfahan, tepatnya di Qamsar dan Niasar yang kondang dengan air mawar paling murninya.

Liburan ke Iran, anda akan banyak disuguhkan bangunan yang menyimpan sejarah panjang. Kendati demikian, anda juga bisa sekalian berburu buah tangan di Persia ini. Ada banyak hal menarik yang bisa anda bawa pulang sebagai oleh-oleh nantinya. Jika ingin mendapatkan harga yang lebih miring, anda bisa datang ke pasar pasar tradisional seperti Grand Bazaar.