Tehran yang merupakan ibukota Iran menjadi kunjungan yang menarik ketika liburan tiba. Mengingat negara Iran yang berada diantara Laut Kaspia dan Teluk Persia memiliki pemandangan yang indah. Setiap tahunnya, wisatawan di negara ini sampai dengan 5 juta orang yang berasal dari berbagai negara. Dan tempat wisata di Tehran menjadi yang tidak boleh diabaikan.

Sebagai Ibukota, Teheran memang menjadi tujuan wisata yang tidak pernah sepi. Anda akan disuguhkan bangunan dengan sejarah yang kental. Selain itu anda juga bisa mengunjungi wisata religi ataupun tujuan lainnya yang tidak kalah terkenal. Dan berikut beberapa rekomendasi tujuan wisata di Teheran yang tidak boleh anda lewatkan.

1. Museum Nasional Iran

Museum Nasional Iran
Image Credit: Twitter jakarta.icro.ir

Mengunjungi museum memang terdengar begitu membosankan bagi sebagian orang. Padahal museum menjadi tempat liburan sekaligus mendapatkan informasi yang baru. Di Iran, anda bisa mengunjungi Museum Nasional Iran. Lokasinya yang berada di tengah kota Tehran menjadikannya mudah dijangkau dan alternatif untuk anda singgahi ketika liburan.

Di dalam bangunan bersejarah ini, anda bisa menemukan banyak koleksi dari masa Iran kuno sampai abad pertengahan. Diantaranya seperti benda logam, kapal tembikar, sisa tekstil sampai dengan koin langka. Selain koleksinya, bangunannya juga ikonik yang merupakan rancangan dari Andr Godard yang merupakan arsitek asal Perancis.

Gerbang pintu masuknya berbentuk cupola dengan gaya Sasanid yakni dinasti di tahun 224 sampai 651. Terdiri dari 3 aula dengan koleksi yang beragam, dari peninggalan masa Paleolitikum sampai Sasanid. Terdapat juga koleksi saat agama Islam masuk ke Persia. Semuanya akan mengajak anda seakan memasuki gerbang waktu.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tehran Province, Tehran, Iran.

2. Green House atau Shahvand House

Green House atau Shahvand House
Image Credit: Twitter Reza Pars

Green House termasuk bangunan yang berada di komplek Saadabad yang juga kerap menjadi jujugan. Objek wisata ini merupakan istana pertama yang dibangun saat Dinasti Pahlevi. Memiliki dua lantai yang sebelumnya digunakan sebagai tempat tinggal Mohammad Shah Reza. Nama Green House diambil dari warna tembok bagian luarnya.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Iran yang Paling Diburu Wisatawan

Memang warna hijau tembok diambil dari baju hijau Zanjan dan Esfahan di Irak. Bangunannya terlihat lebih klasik lengkap dengan pekarangan yang memiliki kolam dan air mancur. Menjadi ciri khas bangunan khas arsitektur Persia dan di dalamnya banyak ditampilkan karya seni Iran. Anda tidak diizinkan mengambil foto di dalam gedung yang dibangun pada 1922 ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokai
Alamat: Tehran Province, Tehran, Iran.

3. Mellat Museum

Mellat Museum
Image Credit: Google Maps Ehsantheguide

Mellat Museum atau yang disebut dengan White House juga masih berada di kompleks Sa’adabad. Lagi lagi nama White House diambil dari cat tembok yang ada pada bangunan dua lain ini. Memasuki tempat wisata di Tehran ini, anda akan melihat patung raksasa Reza Pahlavi yang merupakan raja pertama di masa Dinasti Pahlavi.

Bangunan istana sendiri masih berdiri kokoh sekalipun pembangunannya di tahun 1931 sampai 1937. Setelah putra dari Reza Shah Pahlavi, yakni Mohammad Reza Pahlavi naik tahta pada 1941 menjadikan istana cantik ini sebagai tempat tinggal. Mengelilingi dalam istana, anda akan sediki mengetahui kehidupan istana yang penuh kemewahan dan juga kemegahannya.

Harga Tiket: -; Map: Ck Lokasi
Alamat: Tehran Province, Tehran, District 1, Iran.

4. Jembatan Tabiat

Jembatan Tabiat
Image Credit: Google Maps mahdi akhgari

Melanjutkan perjalanan di kota Tehran, anda bisa mengunjungi Jembatan Tabiat. Jembatan ikonik ini menghubungkan dua taman yang keduanya dipisahkan jalan raya. Yang membuatnya unik, jembatan ini berkelok dan menjadi karya Leila Araghian arsitek iran di usianya ke 26 tahun. Diresmikan pada tahun 2014 sampai saat ini masih menjadi tujuan yang hits.

Kebanyakan pengunjung akan datang saat sore atau malam hari, dan termasuk kawasan aman bagi turis perempuan. Saat sore hari, anda bisa menanti keindahan matahari tenggelam yang membuat siapapun jatuh hati. Sementara saat malam hari, anda akan disuguhkan gemerlap lampu lampu yang membuat kota Tehran semakin menawan.

Jembatan Tabiat sendiri memiliki tiga tingkat yang memiliki fungsi berbeda. Pada tingkat pertama anda bisa menemukan banyak cafe yang bisa dijadikan tempat nongkrong. Sementara pada tingkat kedua ditujukan untuk pejalan kaki, pesepeda ataupun lari. Dan di tingkat ketiga berupa jalan raya, tempat menarik di Tehran ini memiliki panjang 270 meter.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tehran, Iran.
BACA:  15 Tempat Wisata Menarik di Iran Buat Liburan

5. Menara Milad

Menara Milad
Image Credit: Google Maps Wiesław Chmielewski

Menara Milad merupakan tujuan yang pas bagi anda yang ingin menikmati Tehran dari atas ketinggian. Menjadi ikon wisata kota Tehran yang selalu jadi tujuan wisatawan. Apalagi menara megah ini juga menjadi bagian dari enam menara yang paling tinggi di dunia. ketinggiannya mencapai 435 meter yang membuat pemandangan dari atas begitu memukau.

Lokasinya yang berada di pusat kota membuatnya mudah untuk dijangkau oleh turis. Tentu saja anda akan dikenakan biaya tiket masuk yang memang terbilang cukup mahal. Tetapi akan sepadan dengan keindahan yang disuguhkan di puncak. Apalagi di destinasi wisata ini terdapat restoran yang sangat cocok untuk mengadakan fine dining dengan orang spesial.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tehran, Tehran Province, Iran.

6. Menara Azadi

Menara Azadi
Image Credit: Google Maps Ali Norouzi Varankeshi

Tehran mendapatkan julukan sebagai seribu taman, karena memang ada banyak taman cantik yang bisa ditemui. Jika anda singgah di Menara Azadi, anda tidak hanya akan disambut dengan menara yang ikonik tetapi juga taman yang cantik. Lokasinya yang dekat dengan Bandara Internasional Mehrabad menjadikan bangunan ini sebagai ikon selamat datang di Iran.

Menara Azadi menggabungkan arsitektur pra dan juga pasca islam yang begitu megah. Tamannya di bawah menara memiliki bunga bunga hidup yang cantik. Tidak ketinggalan dengan indahnya air mancur yang saat malam bermandi cahaya. Anda bisa beristirahat sejenak begitu tiba di tempat ini sebelum menjelajah tujuan lainnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tehran Province, Tehran, District 10, Azadi Square, Iran.

7. Istana Golestan

Istana Golestan
Image Credit: Google Maps Saeed Hediyeh

Jika masih belum puas mengagumi bangunan bangunan cantik di Tehran, anda bisa mengunjungi Istana Golestan. Termasuk bangunan yang didalamnya saat ini difungsikan sebagai museum. Bangunan arsitekturnya yang indah menjadi daya tarik utama yang bisa didapatkan di Istana Golestan. Hiasan mozaik di dalam bangunan membuat ciri khas Irannya begitu kental.

Menjadi warisan dunia UNESCO, Istana Golestan merupakan bukti dari Kerajaan Dinasti Qajar. Kompleksnya terdiri dari taman juga bangunan bangunan yang menjadi monumen bersejarah di Teheran. Mengunjungi tempat wisata ini, anda akan diajak untuk melihat koleksi di dalamnya. Takhta Marmer menjadi salah satunya yang langsung menyambut pengunjung.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tehran District 12 Panzdah-e-Khordad St Fifth Khordad Avenue Arg Sqr, Iran.
BACA:  15 Makanan Khas Iran yang Terkenal & Wajib Dicoba

8. Museum Karpet Iran

Museum Karpet Iran
Image Credit: Google Maps Abbas Puya

Pecinta sejarah juga bisa mengunjungi Museum Karpet Iran yang begitu kondang. Seperti namanya, anda akan menemukan banyak karpet di dalamnya. Berbagai corak hingga warna memberikan ciri khas tersendiri pada karpet khas Timur Tengah. Tentu saja karpet ini didapatkan dari seluruh penjuru Iran. Di dalam anda juga bisa menemukan banyak buku pendukung perihal karpet.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tehran Province, Tehran, Dr Fatemi St, Iran.

9. Valiasr Street

Valiasr Street
Image Credit: Google Maps کاوه صفری۱

Rasanya tidak lengkap jika berkunjung ke suatu negara tetapi tidak mencicipi kulinernya. Valiasr Street bisa anda jadikan alternatif tempat wisata di Tehran. Karena sepanjang jalan Valiasr ini merupakan pusat perbelanjaan sekaligus letak banyak cafe yang berderet. Banyak wisatawan yang melepas lelah sekalian wisata belanja saat di sini.

Cafe cafe inilah yang akan memanjakan anda dengan makanannya. Sebelum melanjutkan belanja di Pasar Tajrih yang lokasinya tidak jauh dari Valiasr Street. Meskipun tidak terlalu luas tetapi yang ditawarkan terbilang lengkap. Jalanan yang cukup ramai ini menjadi berkumpulnya penduduk asli sekaligus wisatawan saat di Iran.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Teheran, Iran.

10. Grand Bazaar

Grand Bazaar
Image Credit: Google Maps David Dancey

Grand Bazaar menjadi surga bagi siapapun yang memiliki hobi berbelanja. Menjadi pasar tradisional yang paling besar dan menawarkan banyak barang. Bangunannya sendiri dibangun pada abad ke 11 dan semua kebutuhan bisa didapatkan. Dan yang paling membuat senang harganya terbilang lebih miring, cocok untuk berburu buah tangan keluarga di rumah.

Mulai dari pakaian, karpet, makanan sampai kebutuhan rumah tangga bisa didapatkan di tempat ini. Menjadi pusat perekonomian membuat kawasannya tidak pernah sepi, sehingga harus tetap berhati hati. Apalagi memasuki lorongnya, bagian langit langitnya begitu cantik dengan jendela kaca khas Persia.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tehran Province, Tehran, District 12, Iran.

Menghabiskan waktu liburan di Tehran akan membuat anda tidak ingat waktu. Selain itu, mendapatkan pengalaman sekaligus informasi baru. Mengingat ada banyak bangunan bersejarah yang bisa anda kunjungi di kota ini. Belum lagi wisata belanjanya yang juga harus dikunjungi dan menyiapkan budget lebih untuk memanjakan keinginan belanja anda.