Iran termasuk daerah konflik di Timur Tengah, tetapi terlepas dari image tersebut Iran juga menjadi pusat peradaban manusia. Hal inilah yang akhirnya membuat ada banyak lokasi yang bersejarah. Bahkan lokasi tersebut berasal dari masa sebelum masehi. Tempat wisata di Iran memang lebih banyak yang berhubungan dengan wisata sejarah.

Negara yang diapit oleh Laut Kaspia dan juga Teluk Persia ini sebenarnya memiliki wisata yang menjanjikan. Anda bisa menemukan beberapa bangunan indah saat sedang singgah di negara ini. Bukan hanya itu, anda juga akan dimanjakan dengan keindahan alamnya. Anda yang ingin liburan tidak terlupakan bisa menjadikan Iran sebagai tujuan wisata yang seru.

1. Istana Golestan Teheran

Istana Golestan Teheran
Image Credit:  Google Maps Majid Alavi

Anda yang sedang singgah di kota Teheran, jangan sampai untuk melewatkan singgah di Istana Golestan Teheran. Menjadi tujuan yang pas bagi anda yang gemar dengan wisata sejarah. Istana yang dikelilingi oleh benteng ini dibangun di tahun 1524. Menjadi bukti akan kejayaan dinasti Qajar dengan bangunan yang indah sekaligus megah.

Bahkan hingga kini anda masih bisa merasakan kemegahan yang ada pada tempat wisata ini. Anda bisa menemukan kolam kolam yang memperindah bangunan. Gaya bangunannya sendiri khas Timur Tengah abad ke 19. Memang sudah mengalami beberapa renovasi dengan memadukan dekorasi Victoria Eropa tanpa menghilangkan nilai sejarah kekhalifahannya.

Harga Tiket: 150.000 Rial; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tehran District 12 Panzdah-e-Khordad St Fifth Khordad Avenue Arg Sqr،, Iran.

2. Masjid Nasir Al- Mulk

Masjid Nasir Al- Mulk
Image Credit: Google Maps Peter Pang

Meskipun menjadi tempat beribadah, tidak ada salahnya untuk anda kunjungi sebagai tujuan wisata. Mengingat masjid yang memiliki bangunan cantik ini usianya sudah lebih dari 150 tahun. Bangunan lama ini bahkan tidak kehilangan pesonanya hingga saat ini. Masjid yang menjadi ikon dari kota Shiraz ini juga dikenal dengan Pink Mosque.

Anda akan dibuat takjub dan kagum dengan bangunannya yang unik. Mozaik pada dindingnya dibuat berwarna warni yang jika terkena pantulan matahari begitu indah. Hasil pantulannya dari tempat ini berwarna merah muda yang membuatnya dikenal dengan Pink Mosque. Berbagai sudut dengan tambahan beberapa ceruk membuatnya terkesan luas.

BACA:  15 Makanan Khas Iran yang Terkenal & Wajib Dicoba
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Shiraz, Provinsi Fars, Iran.

3. Makam Saadi

Makam Saadi
Image Credit: Google Maps Hamid Morady

Jika anda singgah di kota Shiraz, maka anda harus mampir di Makam Saadi. Bisa dikatakan jika Shiraz merupakan kota yang paling padat nomor enam di Iran. Di kota ini, ada tokoh terkenal yang dikenal dengan abu Muhammad Muslih Al Bin Abdullah Shirazi atau Saadi. Beliau juga merupakan seorang sastrawan yang dihormati di sana.

Makam Saadi begitu unik karena memiliki kubah yang membuatnya bergaya paviliun. Pada setiap dindingnya juga atapnya dipenuhi dengan puisi sastra karya Saadi. Objek wisata di Iran ini anda juga akan menemukan karya terkenalnya dengan judul Golestan. Tujuan wisata ini sangat cocok untuk anda yang gemar dengan dunia seni.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Shiraz, Iran.

4. Seribu Taman

Seribu Taman
Image Credit: Google Maps masood wh

Teheran yang merupakan ibukota dari Iran memang memiliki banyak tujuan wisata. Ibukota ini mendapatkan julukan sebagai seribu taman. Karena anda memang akan menemukan banyak sekali taman yang cantik. Apalagi masing masing taman juga menawarkan ciri khas tersendiri. Anda bisa mampir di Taman Sa’ee yang menjadi taman paling tua di Teheran.

Anda akan disambut dengan rimbun pepohonan dari banyak varietas. Terdapat juga beberapa kandang yang dilengkapi dengan spesies hewan. Anda bisa bersantai dengan nyaman karena ada banyak tempat duduk untuk melepas lelah. Bisa juga anda singgah di taman yang dikenal dengan Iranian Garden yang dipenuhi dengan banyak bunga bunga indah.

Apabila masih belum puas untuk singgah di kedua tanaman tersebut, anda juga bisa singgah di Mellat Park atau Laleh. Keduanya menawarkan suasana alami yang siap membuat pengunjung merasa betah. Ada banyak spot foto kekinian yang bisa anda abadikan dengan kamera Anda. Jangan sampai melewatkan untuk mengambil foto sebagai kenang kenangan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tehran, Provinsi Tehran, Iran.

5. Museum Karpet

Museum Karpet
Image Credit: Google Maps Vladimir Barać

Destinasi wisata di Iran ini terbilang unik berupa Museum Karpet. Sudah ada sejak 1976 dengan banyak buku yang membahas tentang karpet, sekitar 7000 buku. Inilah yang menjadi alasan mengapa banyak peneliti yang menyempatkan untuk datang ke museum Karpet. Tentu saja anda juga akan menemukan ratusan karpet orisinil khas Timur Tengah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tehran,Provinsi Tehran, Iran.
BACA:  10 Tempat Wisata Menarik di Tehran Buat Liburan

6. Eram Gardens

Eram Gardens
Image Credit: Google Maps Luiz Paulo

Di Shiraz anda juga bisa singgah di taman cantik Asia Barat ini, yang bernama Eram Gardens. Dibangun dari pertengahan abad ke 13, taman di kota Shiraz ini termasuk situs warisan dunia UNESCO. Nuansa sejarahnya memang begitu kental di sini. Taman Eram sendiri berfungsi sebagai taman nasional yang menjadi rumah untuk banyak flora yang langka dan unik.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Shiraz, Provinsi Fars, Iran.

7. Danau Asin

Danau Asin
Image Credit: Google Maps fatemeh yousefian

Melanjutkan perjalanan anda di Istanbul, anda bisa singgah di Danau Asin. Danau Asin ini berada di Gurun Maranjan yang terbentuk lantaran salju dan curah hujan tinggi. Uniknya danaunya akan kering saat musim panas. Namun ketika musim panas justru akan membentuk gurun yang memiliki pola garam mengering dengan bentuk heksagonal,

Anda bisa singgah di sini ketika berada di daerah Kashan. Terbentang 1800 km, menjadi tambang garam bagi penduduk. Di sini anda akan menemukan tepi danau yang berupa pasir berpaya, sehingga saat berjalan kaki akan meledak. Agar tidak kesulitan, ada baiknya jika anda datang bersama tour guide. Maranjab akan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gurun Maranjan, Iran.

8. Shemshak Ski Resort

Shemshak Ski Resort
Image Credit: Google Maps Mohammad tayeb Rabiei

Untuk anda yang ingin merasakan liburan seru di Iran, anda bisa singgah di Shemshak Ski Resort. Seperti namanya, wisata kebanggan Iran merupakan tujuan bermain ski yang kondang. Lokasinya berada di Pegunungan Alborz, kota Teheran dengan hamparan salju yang indah. Bentangan salju luas dengan suasana alami serta rute ski yang begitu unik.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Shemshak, Provinsi Tehran, Iran.

9. Menara Azadi

Menara Azadi
Image Credit: Google Maps Bahman Aghajani

Menara Azadi menjadi tempat wisata hits di Iran yang tidak boleh dilewatkan. Lokasinya dekat dengan Bandara Internasional Aryamehr yang membuatnya mudah ditempuh. Menara yang berdiri gagah ini menjadi simbol akan Iran Modern yakni memperingati 2500 kekaisaran Persia. Anda bisa menemukan banyak ruang di dalamnya, dari perpustakaan sampai museum.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Teheran, Provinsi Teheran, Iran.

10. Pulau Kish

Pulau Kish
Image Credit: Google Maps Kaveh Ghobadi

Pulau Kish merupakan destinasi bahari Iran yang berada di teluk Persia. Suasana yang lebih damai membuat anda bisa mendapatkan ketenangan dalam bersantai. Di Pulau Kish anda tidak hanya bisa menikmati laut indah, tetapi juga ada banyak tujuan yang menarik seperti Maryam Beach ataupun Kish Dolphin Park.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Iran yang Paling Diburu Wisatawan
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kish, Iran.

11. Tower of Silence

Tower of Silence
Image Credit: Google Maps P. J.

Kota Yazd juga kerap kali menjadi jujugan bagi wisatawan menghabiskan waktu di Iran. Objek wisata satu ini berupa hamparan gurun pasir yang terdapat kubah dan menara di atas bukit. Di tempat wisata ini, menara yang ada dibuat dari pasir. Pada masa lampau, menjadi penguburan pemuja api zoroaster.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kota Yazd, Iran

12. Old Town

Old Town
Image Credit: Google Maps Travis Hydzik

Anda juga bisa sekalian mampir ke Old Town saat di Yazd. Kota tua ini menyimpan banyak sejarah yang bisa dilihat dari sisa bangunan yang ada. Pemandangan yang disuguhkan unik, karena hampir seluruh bangunan dibuat dari tanah merah. Dengan arsitektur masa lampau lengkap dengan labirin sederhana dan juga banyak lorong.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Yazd, Provinsi Yazd, Iran.

13. Museum Musik

Museum Musik
Image Credit: Google Maps Milad Tayebi

Untuk anda yang suka dengan musik, tidak ada salahnya untuk singgah di Museum Musik Iran. Tepatnya berada di Kota Isfahan yang sudah ada sejak tahun 201. Terdiri dari tujuh ruangan yang berbeda dan memiliki ciri khas tersendiri. Anda bisa mengenal lebih banyak alat musik nasional Iran sampai alunan suara khasnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tehran, Provinsi Tehran, Iran.

14. Saadat And Craft Kota Qom

Saadat And Craft Kota Qom
Image Credit: Instagram صنایع دستی سعادتمند

Jika anda ingin berburu buah tangan untuk keluarga di rumah, anda bisa menjadikan Saadat And Craft Kota Qom sebagai pilihan. Saadat And Craft menjadi kawasan yang menawarkan banyak souvenir khas Iran. Anda bisa menemukan bebatuan unik yang bisa dijadikan gelang, cincin hingga kalung.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Iran.

15. Vakil Bazaar

Vakil Bazaar
Image Credit: Google Maps 민경창

Agar perjalanan anda semakin terasa lengkap, anda harus singgah di Vikal Bazaar. Objek wisata di Iran ini menjadi pusat wisata kuliner yang menawarkan banyak menu khas. Mulai dari kebab sampai kuliner lainnya yang bisa anda coba. Bukan hanya itu, Vakil Bazaar juga tujuan untuk berburu spot yang instagramable.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Shiraz, Provinsi Fars, Iran.

Liburan di Iran tidak akan membuat anda bosan, karena ada banyak tujuan. Sangat cocok untuk anda yang suka berpetualang mengunjungi wisata sejarah sampai dengan wisata alam. Anda juga akan dimanjakan dengan kuliner serta wisata belanjanya. Namun pastikan untuk membuat rencana yang matang saat kemari.