Beberapa waktu belakangan, diketahui bahwa banyak orang Indonesia yang pergi berlibur ke Turki. Bukan tanpa alasan, pasalnya biaya wisata di Turki termasuk cukup terjangkau bila dibandingkan budget yang perlu disiapkan untuk berlubur ke negara lainnya. Apalagi mengajukan Visa untuk mengunjungi Turki ternyata cukup mudah.

Ditambah negara yang dikatakan setengah Eropa dan setengah Asia ini memiliki banyak sekali objek wisata menarik untuk dikunjungi. Seperti di Ankara, yang merupakan ibu kotanya. Meskipun bukan kota terluas di Turki, Ankara menyimpan beragam tempat wisata yang sangat mempesona. Berikut beberapa objek wisata yang menarik buat liburan yang patut dipertimbangkan.

1. Masjid Kocatepe

Masjid Kocatepe
Image Credit: Facebook Bambang Haryanta

Sejak zaman Kesultanan Utsmaniyah menguasai Turki pada tahun 1400-an, jumlah muslim di Turki semakin banyak dan menjadikan Islam sebagai agama terbesar di sana. Tidak heran jika anda bisa menemukan banyak masjid di negara ini. Bahkan beberapa dijadikan sebagai tempat wisata religi bagi para pelancong. Salah satunya yaitu Masjid Kocatepe yang ada di Kota Ankara.

Masjid Kocatepe berada tepat di pusat kota, membuatnya sangat mudah dijangkau ketika anda tengah berjalan jalan di kota tersebut. Masjid ini sendiri bisa dibilang sebagai masjid terbesar yang ada di Turki. Bahkan jumlah jamaah yang mampu ditampung mencapai 24.000, di dalam bangunan yang terlihat sangat megah dan indah tersebut.

Menurut catatan, Masjid Kocatepe sudah dibangun antara tahun 1967 hingga 1987. Meski begitu, sebenarnya ide pembangunan masjid sudah ada sejak tahun 1944 dengan model bangunan yang menyerupai arsitektur zaman Romawi Kuno. Tidak hanya tampak megah dari luar, bagian dalamnya juga penuh ukiran yang menjadikan interior masjid begitu memukau.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kültür, Dr. Mediha Eldem Sk, Çankaya/Ankara, Turki.

2. Anitkabir

Anitkabir
Image Credit: Google Maps Alper Samsunlu

Tempat wisata selanjutnya yaitu Anitkabir, atau ada juga yang menyebutnya dengan nama Mausoleum Attaturk. Bagi bangsa Turki, bangunan tersebut mempunyai arti tersendiri. Sebab di sinilah tempat disemayamkannya Mustafa Kemal Attaturk yang merupakan presiden pertama sekaligus pendiri Turki Modern.

Mustafa Kemal Attaturk sendiri diketahui telah meninggal pada tahun 1938. Akan tetapi jasadnya baru dipindahkan ke bangunan tersebut setelah 15 tahun sepeninggalannya. Selain menyimpan jasad sang presiden, di sana juga ada banyak sekali barang barang yang berkaitannya dengannya semasa hidup.

BACA:  10 Pantai Cantik di Turki yang Terkenal Buat Liburan

Semuanya diatur sedemikian rupa di dalam bangunan yang megah dengan arsitektur zaman Yunani dan Romawi Kuno. Hingga membuat Anitkabir mampu menggambarkan sejarah kehidupan Bapak Bangsa Turki ini, sekaligus menjadi salah satu tempat bersejarah di dunia. Jadi jangan sampai anda melewatkan datang ke sini ketika sedang berada di Ankara.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Yücetepe, Akdeniz Cd, Çankaya/Ankara, Turki.

3. Masjid Haci Bayram

Masjid Haci Bayram
Image Credit: Google Maps Alper Samsunlu

Masjid lainnya yang menjadi tempat wisata di Ankara yakni Haci Bayram. Pada awalnya bangunan tersebut merupakan sebuah kuil yang dibangun sejak masa pemerintahan Romawi Kuno. Namun pada tahun 1477 kemudian dibangun kembali dan diubah fungsinya menjadi sebuah masjid.

Masjid Haci Bayram tersebut didedikasikan untuk Haji Bayram Veli, seorang sufi ternama yang mendirikan tarekat Bayramiah. Karena sudah berdiri cukup lama bahkan bangunannya memiliki nuansa abad ke-17 dan ke-18, UNESCO telah menetapkannya sebagai salah satu situs warisan dunia. Tidak heran jika banyak yang penasaran ingin melihat keunikan dan keindahan arsitekturnya dari dekat.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hacı Bayram, Sarıbağ Sk, Altındağ/Ankara, Turki.

4. Museum Peradaban Anatolia

Museum Peradaban Anatolia
Image Credit: Google Maps Alper Samsunlu

Bagi anda yang tertarik dan menyukai sejarah peradaban, sebaiknya sempatkan diri berkunjung ke Museum Peradaban Anatolia saat sedang berada di Ankara. Bukan tanpa alasan kenapa museum tersebut dibangun di ibu kota Turki ini. Pasalnya Ankara memang menjadi salah satu wilayah yang berperan sebagai pusat peradaban di negara tersebut sejak berbagai massa.

Dan peradaban Turki sendiri adalah satu peradaban tertua yang ada di dunia. Jadi anda kemungkinan besar dapat menemukan berbagai jenis artefak di sini. Mulai dari masa Romawi Kuno sampai Hittite telah tersimpan rapi di dalam museum. Adapun koleksi tertuanya bahkan telah berumur kurang lebih 7.000 tahun. Sehingga amat disayangkan jika anda lewatkan begitu saja.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kale, Gözcü Sk, Ulus/Altındağ/Ankara, Turki.

5. Danau Eymir

Danau Eymir
Image Credit: Google Maps Avukat-Emin Kutluca

Danau Eymir boleh saja memiliki ukuran yang kecil. Namun jangan salah, karena danau ini menjadi salah satu tempat wisata di Ankara yang digemari oleh wisatawan. Jaraknya kurang lebih 20 kilometer saja dari pusat kota, namun sudah tidak bersinggungan dengan kebisingan kota, bisnis, maupun lalu lintas.

BACA:  15 Makanan Khas Turki yang Terkenal & Wajib Dicoba

Sehingga banyak yang memilih mencari ketenangan dan kedamaian di Danau Eymir tersebut. Apalagi pemandangan yang ditawarkan sangat sejuk, asri, dan sangat memukau. Beberapa kegiatan populer yang dilakukan di sini antara lain berjalan jalan mengitari danau, joging, bersepeda, hingga piknik di taman. Bahkan sudah tersedia penyewaan sepeda di pintu masuk untuk memudahkan pengunjung.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Oran, Çankaya/Ankara, Turki.

6. Danau Mogan

Danau Mogan
Image Credit: Google Maps Avukat-Emin Kutluca

Danau kecil lainnya yang tidak kalah cantik di Ankara yakni Danau Mogan. Jika kebetulan Eymir dirasa terlalu banyak pengunjung, anda bisa menjadikan Danau Mogan sebagai alternatif. Danau yang berada samping taman dengan luas 601.879 meter persegi tersebut adalah tempat piknik favorit di wilayah ibu kota.

Taman Mogan sendiri dibuat sejak tahun 2001 di sebelah barat danau sebagai area rekreasi. Sekitar 203.650 meter persegi dari taman tersebut disediakan untuk unggas air yang terancam punah. Sehingga berkunjung ke sini memungkinkan anda untuk melihat fauna tersebut dari jarak dekat.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gölbaşı/Ankara, Turki.

7. Aqua Vega Aquarium

Aqua Vega Aquarium
Image Credit: Google Maps Bilal Tuncay

Aqua Vega Aquarium yang ada di pusat kota Ankara menjadi objek wisata Asia Barat yang tidak boleh dilewatkan. Apalagi akuarium terowongan ini merupakan yang terbesar di wilayah Turki dan Eropa. Dimana panjangnya mencapai 98 meter dengan total kapasitas 4,5 juta liter perairan.

Di dalam tempat wisata, anda bisa menemukan akuarium besar dan kecil yang terdiri dari air garam serta air tawar dengan karakteristik berbeda. Sehingga anda bisa melihat sekaligus pesona dari berbagai makhluk laut dan sungai yang ada di dunia. Atmosfer yang begitu tenang akan menemani anda melihat lihat fauna air tersebut.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Akşemsettin, Mamak/Ankara, Turki.

8. Atatürk Forest Farm and Zoo

Atatürk Forest Farm and Zoo
Image Credit: Google Maps Tuğra Demir

Atatürk Forest Farm and Zoo adalah area pertanian rekreasi yang begitu luas. Hingga dapat menampung beberapa pertanian kecil, kebun binatang, peternakan sapi perah, rumah kaca, dan tempat pembuatan bir sekaligus. Yang mana kebun binatangnya sendiri berada di bawah administrasi Kementerian Pertanian dan Urusan Desa Ankara.

Melihat dari namanya, anda mungkin sudah tahu bagaimana asal usul objek wisata ini. Forest Farm dibangun oleh Mustafa Kemal Atatürk, pendiri Republik Turki, pada tahun 1925. Dan Atatürk kemudian menyumbangkan pertanian tersebut ke negara Turki pada tahun 1937. Di sini anda bisa menikmati berbagai keseruan, mulai dari mencicipi produk pertanian sampai melihat aneka fauna.

BACA:  11 Tempat Wisata Menarik di Istanbul Buat Liburan
Harga Tiket: –; Map: Cek Lokasi
Alamat: Yeni Çiftlik caddesi, Cumhurbaşkanlığı Blv, Yenimahalle/Ankara, Turki.

9. Ankara Castle

Ankara Castle
Image Credit: Google Maps gezici gürme

Terletak di Altindag, Distrik Ankara, Ankara Castle merupakan sebuah bangunan dari Era Kuno yang menghadap ke seluruh kota. Meski belum diketahui secara pasti kapan kastil tersebut dibangun, namun banyak yang berspekulasi bahwa orang Het dengan garnisun militer yang telah membangunnya jika dilihat dari struktur besar bangunan.

Ankara Castle sendiri sejak dahulu sampai sekarang telah menjadi tuan rumah dari banyak peradaban berbeda. Meliputi Het, Frigia, Persia, Arab, Bizantium, serta Ottoman. Dan setiap suku tersebut meninggalkan jejak yang mencerminkan budaya, tradisi, serta arsitektur mereka. Dimana arsitektur Ankara Castle terlihat dari suku Het, namun sekarang digunakan untuk memamerkan berbagai karya seni dan musik.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kale, Altındağ/Ankara, Turki.

10. Museum of Anatolian Civilizations

Museum of Anatolian Civilizations
Image Credit: Google Maps Brian M

Jika ingin menelisik lebih jauh rumitnya masa lalu kuno Turki, Museum of Anatolian Civilizations adalah tempat yang tepat. Karena museum yang terletak di sisi selatan Bentang Ankara ini memamerkan artefak artefak perumahan, yang telah dipilih dari hampir setiap situs arkeologi penting di Anatolia.

Adapun aula utamanya berisikan patung patung dan rumah relief, sedangkan ruangan di sekitarnya menampilkan perjalanan sejarah dari berbagai periode. Mulai dari Paleolitik, Neolitik, Chalcolithic, Bronze Age, Hittite, Assyrian, Urartian, Phrygian, dan Lydian. Lalu pada lantai bawah terdapat koleksi artefak Romawi yang diperoleh dari penggalian di sekitar Ankara.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kale, Gözcü Sk. No:2, Ulus/Altındağ/Ankara, Turki.

11. The Temple of Augustus and Rome

The Temple of Augustus and Rome
Image Credit: Google Maps İmmigrant Mimo

Tempat menarik selanjutnya yakni The Temple of Augustus and Rome yang dibangun antara tahun 20 dan 25 SM. Menurut catatan, kuil ini pernah diubah menjadi gereja pada abad ke-5. Kemudian pada abad ke-15 diubah lagi fungsinya menjadi madrasah atau sekolah agama. Hingga digunakan sebagai masjid untuk aliran Sufi Bayrami.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hacı Bayram, Altındağ/Ankara, Turki.

Itulah deretan destinasi wisata di Ankara Turki yang bisa anda kunjungi jika berkesempatan berlibur ke negara yang mendapat julukan The Sick Man of Europe tersebut. Khususnya jika anda datang ke Ankara yang merupakan ibu kotanya, ada banyak yang bisa anda sambangi. Tertarik?