Turki banyak dijadikan tujuan untuk menghabiskan liburan bersama keluarga. Menjadi negara yang unik karena terdapat perpaduan Eropa dan Asia yang bisa anda temukan di sana. Tidak hanya bisa menikmati berbagai tempat wisata di Turki, anda juga bisa mempelajari banyak hal. Mulai dari bahasanya, budaya, makanan hingga festivalnya.

Menginjakkan kaki di Turki, anda bisa disuguhkan banyak tempat indah dan juga tempat bersejarah. Anda bisa menikmati wisata alamnya yang bisa membuat jatuh hati hingga bangunan bersejarah yang masih berdiri kokoh hingga kini. Jika Turki masuk dalam daftar list liburan anda, berikut beberapa destinasi wisata yang bisa anda jadikan sebagai tujuan.

1. Selat Bosporus

Selat Bosporus
Image Credit: Google Maps Mavi Yeşil

Untuk memulai perjalanan di Turki, anda bisa menyusuri Selat Bosphorus yang juga menjadi jujugan bagi wisatawan. Selat Bosporus sendiri merupakan selat yang memisahkan antara Turki bagian Asia dan Bagian Utara. Hanya dalam hitungan langkah anda sudah akan berada di dua benua yang berbeda. Hal ini berhasil membuat banyak orang penasaran akan sensasinya.

Kegiatan yang paling banyak dilakukan oleh turus yakni menaiki kapal atau cruise. Menyusuri area Selat anda bisa melihat keindahan kota juga bangunan bersejarah di Istanbul. Menariknya anda juga bisa menikmati pesona matahari terbenam saat singgah di objek wisata ini. Sangat cocok untuk dihabiskan bersama orang yang spesial.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Istanbul, Turki.

2. Blue Mosque

Blue Mosque
Image Credit: Google Maps Tausif shaikh

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, Turki memiliki beberapa bangunan yang cantik termasuk wisata religinya. Blue Mosque menjadi salah satunya yang sangat sayang untuk anda lewatkan begitu saja. Keindahan bangunan masjid ini bahkan sudah bisa terlihat dari kejauhan, karena menaranya yang tinggi menjulang.

Blue Mosque sendiri berada di kota tua Istanbul dan dikenal juga dengan masjid Sultan Ahmed. Mendapatkan julukan sebagai masjid biru karena bagian interiornya memang menggunakan keramik warna biru. Setidaknya ada lebih 20 ribu keping keramik yang merupakan kerajinan dari Iznik Turki. Ada banyak motif keramik, juga kaca pada jendela yang memperindahnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sultan Ahmet, Atmeydanı, Istanbul, Turki.
BACA:  10 Pantai Cantik di Turki yang Terkenal Buat Liburan

3. Gunung Nemrut

Gunung Nemrut
Image Credit: Google Maps Oleksiy Prots

Melanjutkan perjalanan menjelajah tempat wisata di Turki, anda bisa mengunjungi Gunung Nemrut. View alam pegunungan yang dihadirkan akan membuat anda terpesona. Gunung Nemrut juga menjadi spot terbaik untuk menikmati sunrise dari teras bagian timurnya. Berada di ketinggian 2150 meter, anda juga bisa melihat sisa peninggalan kerajaan Commagene.

Dimana kerajaan tersebut tersebut dimulai dari 1 SM. Raja Antiochus yang merupakan pemimpin dari kerajaan sengaja membangun kuburan untuk dirinya sendiri di atas gunung Nemrut. Kuburan ini juga dikelilingi patung patung raksa seperti dewa dewi masa itu, patung singa hingga patung elang. Saat ini patung patung tersebut hanya tersisa beberapa bagian saja.

Harga Tiket: 100 Lira; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nemrut Dağı Yolu, Kayadibi, Kâhta, Adıyaman, Turki.

4. Kolam Air Panas Pamukkale

Kolam Air Panas Pamukkale
Image Credit: Google Maps Musleh Uddin Khan

Wisata alam yang ada di Turki juga siap membuat liburan makin menyenangkan. Anda bisa mengunjungi tempat wisata yang dikenal dengan nama Kolam Air Panas Pamukkale. Wisata air panas ini berada di daerah Denizli dan termasuk salah satu keajaiban alam. Air hangat yang muncul dari puncak gunung ke lereng ini memiliki suhu sekitar 35 derajat.

Dari aliran air tersebut menghasilkan kontur yang begitu eksotis. Sepanjang mata memandang seperti hamparan salju putih. Kemudian kolam kolam air panas ini berwarna biru yang sangat kontras. Padahal Pamukkale sebenarnya tersusun atas bebatuan warna putih. Tidak sedikit juga yang mengatakan jika permukaannya selembut kapas.

Harga Tiket: 60 Lira; Map: Cek Lokasi
Alamat: Merkez, Pamukkale/Denizli, Turki.

5. Cappadocia

Cappadocia
Image Credit: Google Maps Simo

Destinasi wisata hits berikutnya yang begitu kondang yakni Cappadocia. Situs bebatuan unik ini memiliki bangunan yang masih begitu kental dengan gaya kuno Turki. Tujuan di kota cantik ini juga sangat banyak, dan yang paling tidak boleh dilewatkan yakni menginap di bangunan batu kunonya. Anda juga bisa mengunjungi kota bawah tanah.

Aktivitas menyenangkan yang kerap menjadi jujugan wisatawan berikutnya yakni naik balon udara. Balon udara memang menjadi salah satu ikon dari Cappadocia. Dari atas balon udara anda bisa menikmati pemandangan yang membuat takjub. Tidak heran jika banyak yang menjadikannya sebagai tujuan utama, pesonanya akan berkali lipat saat matahari terbenam.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nevşehir, Turki.

6. Topkapi Palace

Topkapi Palace
Image Credit: Google Maps Gursewak singh nathupur

Topkapi Palace juga menarik untuk dikunjungi dan menjadi pusat pemerintahan Turki yang juga istana peninggalan Turki Utsmani. Sejarah yang ada di bangunan cantik ini memang tidak bisa disepelekan. Objek wisata Asia Barat ini dikelilingi tembok besar dengan banyak ruang di dalamnya. Bangunannya yang unik juga dilengkapi dengan taman serta pepohonan rindang.

BACA:  10 Museum Keren di Turki yang Wajib Dikunjungi
Harga Tiket: 30 Lira; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cankurtaran, Fatih/İstanbul, Turki.

7. Oludeniz

Oludeniz
Image Credit: Google Maps Buğra Karslıoğlu

Anda juga bisa menikmati pantai indah saat berada di Turki. Silahkan kunjungi Oludeniz yang merupakan Blue Lagoon di Turki. Resor pantai yang berada di distrik Fethiye ini menghubungkan antara Mediterania dan juga Laut Aegean. Air lautnya berwarna pirus dan aquamarine dengan pantai berkerikil. Laguna masih dalam cagar alam sementara pantainya bernama Blue Flag Beach.

Fethiye sendiri sebenarnya menjadi tujuan yang paling kondang ketika memasuki musim panas. Karena ada pantai yang begitu menawan dan menawarkan banyak aktivitas. Anda bisa berenang, bermain kano sampai dengan kegiatan paralayang dan paragliding. Tempat wisata ini menjadi surga bagi anda yang suka dengan olahraga ekstrim.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Fethiye/Muğla, Turki.

8. Library of Celcus

Library of Celcus
Image Credit: Google Maps Saeid Zare

Menjelajah wisata sejarah tidak hanya menambah pengetahuan tetapi juga bisa menghempas penat. Di Turki, anda bisa mengunjungi Library of Celsus yang juga menjadi bangunan indah di Ephesus. Dibangun di tahun 114 sampai 117 M dan merupakan rancangan arsitek Romawi. Ruang perpustakaan yang berada di atas bangunan bawah berkubah dua lantai.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Acarlar, Meryem Ana Yolu, Selçuk/İzmir, Turki.

9. Hagia Sophia

Hagia Sophia
Image Credit: Google Maps Fay

Liburan ke Turki jangan sampai melewatkan Hagia Sophia yang merupakan wisata religi bersejarah di negara ini. Menyimpan sejuta cerita dan merupakan bekas masjid yang sebelumnya adalah gereja. Bangunan ini masih kokoh dengan gaya arsitektur Bizantium yang khas. Saat ini Hagia Sophia difungsikan sebagai masjid yang begitu indah.

Harga Tiket: 60 Lira; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sultan Ahmet, Ayasofya Meydanı, Fatih/İstanbul, Turki.

10. Kastil Bodrum

Kastil Bodrum
Image Credit: Google Maps Michał pietruszka

Masih belum puas menjelajah wisata sejarahnya? Kini saatnya anda singgah di tempat wisata di Turki yang bernama Kastil Bodrum. Di bangun di tahun 1402 dan dijadikan sebagai Petronium. Saat ini bangunan cantik ini menjadi museum dengan koleksi kapal karang di laut. Ada banyak koleksi yang bisa anda temukan di Museum of Underwater Archeology Turki ini.

BACA:  11 Tempat Wisata Menarik di Istanbul Buat Liburan
Harga Tiket: 25 Lira; Map: Cek Lokasi
Alamat: Çarşı, Kale Cd, Bodrum/Muğla, Turki

11. Emirgan Tulip Gardens

Emirgan Tulip Gardens
Image Credit: Google Maps Leo Academicus

Ketika anda liburan di Musim Semi, anda bisa mengunjungi Emirgan Tulip Gardens. Pada saat itu diadakan Festival Tulip Istanbul yang akan memanjakan mata anda. Bagaimana tidak, anda bisa menikmati hamparan bunga tulip warna warni yang cantik. Berbagai fasilitas lainnya juga bisa anda nikmati, jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen di sini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Emirgan, Emirgan Korusu Içi Yolu, Sarıyer/Istanbul, Turki.

12. Salt Lake

Salt Lake
Image Credit: Google Maps Ekrem Sahin

Seperti namanya, tempat wisata ini memang menjadi danau garam yang paling asin di dunia dan menjadi penghasil garam terbesar. Anda akan dibuat takjub dengan hamparan garam putih layaknya tanah. Anda juga bisa membeli oleh oleh kosmetik yang dibuat dari bahan dasar garam.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Anatolia, Turki.

13. Istiklal Street

Istiklal Street
Image Credit: Google Maps bynyalcin

Rasanya tidak lengkap jika ke Turki tidak sekalian belanja. Istiklal Street menjadi tujuan wisata belanja kondang yang wajib anda kunjungi. Sepanjang jalan yang terbentang 1,4 km ini, anda akan menemukan banyak pedagang dan pusat hiburan. Setiap harinya Istiklal Street tidak pernah sepi pengunjung.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Beyoğlu/Istanbul, Turki.

14. Grand Bazaar

Grand Bazaar
Image Credit: Google Maps Nico Grobler

Jika anda sedang di Turki, anda juga jangan sampai tidak mampir di Grand Bazaar. Grand Bazaar merupakan tempat belanja tradisional yang paling tua di dunia. di sini anda bisa berburu buah tangan khas Turki. Tempat ini juga menawarkan barang dengan harga yang lebih terjangkau.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Beyazıt, Kalpakçılar Cd, Fatih/Istanbul, Turki.

15. Bursa

Bursa
Image Credit: Google Maps  ضياء شوا

Bursa akan menjadi pelabuhan terakhir yang siap memanjakan lidah dan perut anda. Di Bursa anda bisa mencicipi banyak kuliner, terutama kebab yang pertama kali ada. Kebab fenomenal inilah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk singgah di Bursa. Ada banyak tempat lainnya yang juga bisa anda jelajahi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bursa, Turki.

Liburan ke Turki tidak akan membuat anda bosan, karena ada banyak tujuan yang bisa disinggahi. Tempat wisata di Turki juga terbilang lengkap, dari bangunan sejarah, wisata religi, wisata alam sampai dengan wisata belanja juga wisata kuliner. Menghabiskan dengan orang tersayang pasti akan menjadi pengalaman tidak terlupakan.