Istanbul yang merupakan Ibukota Turki tentu menjadi tujuan yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Mengingat kota ini termasuk kota kondang, terutama di kalangan umat muslim. Populasi umat muslim di kota cantik ini juga terbilang banyak. Bukan hanya itu, tempat wisata di Istanbul juga cocok untuk dijadikan sebagai tujuan untuk liburan.

Belakangan Turki memang menjadi kondang dijadikan sebagai destinasi liburan, baik bersama keluarga maupun honeymoon. Kota Istanbul menjadi tujuan yang tidak boleh anda lewatkan karena ada banyak tempat wisata. Apalagi kota ini juga tertenal dengan kebersihan serta kemanusiannya yang tinggi. Berikut rekomendasi destinasi wisata untuk anda saat berada di Istanbul, Turki.

1. Camlica Hill

Camlica Hill
Image Credit: Google Maps jafar

Perjalanan anda menjelajah keindahan Istanbul bisa dimulai dengan mengunjungi Camlica Hill. Bukit yang memiliki ketinggian 268 mdpl ini menawarkan pemandangan dari ketinggian yang mengagumkan. Disini anda akan disuguhkan keindahan taman dengan kebun serta Bosphorus yang indah. Daya tarik utama yang disuguhkan memang berupa panorama alamnya.

Anda juga bisa menikmati panoramanya dengan teropong canggih di puncak Camlica Hill dengan membayar 1 koin lyra. Selain bisa menikmatinya di siang hari, tempat wisata ini juga sangat menarik dikunjungi saat malam hari. Apalagi pengunjung juga akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas lengkap yang sudah bagus serta unik.

Jika anda membawa anak anak, anda bisa mengajaknya untuk bermain di Taman bermain yang ada. Selain itu terdapat juga cafe atau resto yang menawarkan banyak menu. Menikmati teh atau kopi dengan pemandangan indah menjadi pilihan yang tepat. Anda juga bisa sekalian berburu foto foto kekinian saat berada di Camlica Hill.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kısıklı, Çamlıca Tepesi yl, Üsküdar/İstanbul, Turki.

2. Hagia Sophia

Hagia Sophia
Image Credit: Google Maps المتجر الرابح في ثواب العمل الصالح

Setelah menikmati wisata alamnya, kini saatnya untuk singgah di wisata sejarahnya. Istanbul memiliki Hagia Sophia yang termasuk tujuan populer di Turki. Destinasi wisata ini merupakan bangunan yang memiliki sejarah panjang. Bangunan ikonik dengan kubah ini kembali difungsikan sebagai masjid yang bisa anda jadikan tempat ibadah.

Pada masa lalu bangunan cantik ini merupakan sebuah gereja, yang kemudian berubah menjadi masjid pada masa kekhalifahan Utsmani. Dan di era modern diubah menjadi museum dengan mozaik dan peninggalan yang bersejarah. Hingga akhirnya kembali lagi dijadikan sebagai tempat ibadah muslim dengan lantai dua yang masih menyimpan sejarah gereja.

BACA:  15 Makanan Khas Turki yang Terkenal & Wajib Dicoba
Harga Tiket: 60 Lira; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sultan Ahmet, Ayasofya Meydanı, Fatih/İstanbul, Turki.

3. Hipodrom Konstantinopel

Hipodrom Konstantinopel
Image Credit: Google Maps Global Explorer

Istanbul memang terkenal dengan bangunan bangunan bersejarahnya. Seperti Hipodrom Konstantinopel misalnya yang juga termasuk tempat wisata di Istanbul yang hits. Merupakan alun alun publik yang tidak pernah sepi pengunjung. Bangunannya yang unik menjadi daya tarik tersendiri untuk lebih mengenal Turki lengkap dengan sejarah yang panjang.

Anda bisa menyewa pemandu wisata untuk mengulik sejarah sampai budaya di alun alun publik ini. Banyak fasilitas yang juga akan memanjakan anda disini, seperti pusat kuliner dan juga souvenir. Sehingga selain berjalan jalan, anda bisa sekalian berburu oleh oleh. Dan perlu anda tahu jika alun alun publik yang unik ini juga memiliki banyak spot untuk berfoto.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Binbirdirek, Sultan Ahmet Parkı No:2, Fatih/İstanbul, Turki.

4. Bosphorus Cruise Istanbul

Bosphorus Cruise Istanbul
Image Credit: Google Maps Mohammed Al Chlaihawi

Perjalanan anda menjelajah Istanbul tidak akan lengkap jika tidak singgah di Bosphorus Cruise Istanbul. Tempat ini akan memberikan anda gambaran tata kota yang indah. Belum lagi anda juga bisa sekalian menikmati keindahan Eropa juga Asia Barat sekaligus. Ada banyak kegiatan dan aktivitas yang bisa anda lakukan ketika berada di sini.

Seperti istana abad lama juga rumah rumah mewah yang berjajar cantik di selat cantik ini. Kegiatan berkeliling dengan kapal juga menjadi yang paling diburu oleh wisatawan. Suasananya semakin romantis ketika matahari terbenam terutama pada musim panas. Memberikan pengalaman yang tidak terlupakan sekaligus membuat anda terpesona.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cankurtaran, Keresteci Hakkı Sk, Fatih/İstanbul, Turki.

5. Dolmabahce Palace

Dolmabahce Palace
Image Credit: Google Maps mostafa mosavi

Untuk anda yang gemar mengagumi arsitektur cantik, anda wajib singgah di Dolmabahce Palace. Istana yang dibangun oleh Sultan Abdul Mencit di tahun 1856 ini memiliki ukuran yang cukup besar. besarnya sekitar 45.000meter dengan 285 kamar dan juga 43 salon di dalamnya. Destinasi bersejarah ini menjadi saksi kekaisaran Ottoman.

Saat ini difungsikan sebagai museum dengan berbagai koleksi di dalamnya. Yang menarik perhatian yakni dekorasi langit langitnya yang menggunakan sekitar 14 ton emas. Menggunakan karpet sutra yang dibuat tangan dari kota yang bernama Herneke. Anda juga akan menemukan lukisan dan karya seni yang merupakan karya seni pelukis ternama di Turki maupun di dunia.

BACA:  10 Pantai Cantik di Turki yang Terkenal Buat Liburan

Menghabiskan waktu di Dolmabahce Palace, anda harus memenuhi beberapa aturan. Yang diperbolehkan untuk masuk hanyalah rombongan tour maupun keluarga besar. Selama di dalam istana, anda tidak diijinkan untuk memotret apapun di dalam. Pastikan juga untuk menjaga keamanan serta kebersihan selama anda berada di dalam tempat wisata ini.

Harga Tiket: 90 Lira; Map: Cek Lokasi
Alamat: Vişnezade, Dolmabahçe Cd, Beşiktaş/İstanbul, Turki.

6. Rumeli Hisari

Rumeli Hisari
Image Credit: Google Maps Bülent Candan

Benteng kokoh dan cantik bisa anda jadikan sebagai tujuan wisata berikutnya. Benteng yang berada di puncak bukit ini dibangun di abad ke 15 dengan banyak menara, jalan setapak dan juga pemandangan sungai serta laut yang indah. Dibangun oleh Sultan Mehmed yang akan membuat anda terpesona dengan kemegahan sekaligus pemandangannya.

Untuk bisa masuk ke dalam benteng Rumeli Hisari, anda harus memiliki kartu museum. Tetapi jika tidak memiliki kartunya, anda tetap bisa masuk dengan membayar biaya tertentu. Selain bisa mengagumi bangunannya, anda juga bisa menikmati pemandangan yang begitu indah. Apalagi ketika matahari terbenam, semakin menawan dan cantik.

Harga Tiket: 20 Lira; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rumeli Hisarı, Yahya Kemal Cd., Sarıyer/İstanbul, Turki.

7. Taman Gulhane

Taman Gulhane
Image Credit: Google Maps Osman Tatlı

Tempat wisata di Istanbul tidak hanya berupa wisata sejarah, tetapi anda juga bisa menemukan taman yang indah. Taman Gulhane termasuk taman hutan yang kondang lengkap dengan jalan setapak, kebun, anak sungai serta museum sains. Suasananya yang asri akan membuat anda ingin menghabiskan waktu lebih lama di sini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cankurtaran, Kennedy Cd., Fatih/İstanbul, Turki.

8. Taman Emirgan

Emirgan Tulip Gardens
Image Credit: Google Maps Leo Academicus

Istanbul juga memiliki taman bunga yang akan membuat anda terpesona. Area terbuka ini memiliki banyak pohon rimbun dengan banyak tanaman. Jangan lupakan dua kolam serta jogging track lengkap bermain untuk anak anak. Anda akan merasa nyaman karena taman cantik ini memang sangat bersih, cocok untuk refreshing. Anda bisa berburu foto kekinian saat di sini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Reşitpaşa, Emirgan Sk., Sarıyer/İstanbul, Turki.
BACA:  11 Tempat Wisata Menarik di Ankara Buat Liburan

9. Istana Topkapi

Museum Istana Topkapi
Image Credit: Google Maps Sina Rezaei

Melanjutkan perjalanan anda menjelajah Istanbul, kini saatnya anda mengunjungi Istana Topkapi. Bangunan istana abad ke 15 ini masih berdiri dengan kokoh dan megah. Sudah ditinggal lebih dari 400 tahun digunakan sebagai tempat penyimpanan harta Ottoman. Tempat wisata ini memiliki nilai sejarah yang akan membuat penasaran.

Dibangun oleh Sultan Mehmed II pada tahun 1453, bangunan ini terdiri dari lapangan besar berjumlah empat dan juga ratusan bangunan di dalamnya. Ketika masuk, anda akan disambut dengan gerbang lengkap dengan dua menaranya. Di dalam kompleksnya anda juga bisa mengunjungi kios dan juga paviliun yang masih sangat terawat.

Harga Tiket: 15 Lira; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cankurtaran, Fatih/Istanbul, Turki.

10. Galata Bridge

Galata Bridge
Image Credit: Google Maps Hasan Bozok

Jembatan di Istanbul Turki ini juga kerap menjadi jujugan bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan lain. Menghubungkan kota lama dan kota baru serta melintasi Teluk Golden Horn. Pemandangan lautnya yang indah menjadi daya tarik utama wisatawan untuk bersantai atau bercengkrama. Banyak juga cafe atau restaurant yang bisa dikunjungi.

Tepatnya berada di lantai bawah jembatan hits di Istanbul ini. Anda bisa menikmati berbagai kudapan khas Turki saat singgah di cafe atau restaurant. Bisa juga menikmati kopi atau teh sembari menunggu indahnya senja di Galata Bridge. Pemandangan yang indah, sajian kuliner lezat lengkap dengan udara sejuk akan berhasil membuat anda terkesan.

Harga Tiket: 25 Lira; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kemankeş Karamustafa Paşa, Galata Köprüsü, Beyoğlu/İstanbul, Turki.

11. Grand Bazaar

Grand Bazaar
Image Credit: Google Maps Nico Grobler

Grand Bazaar merupakan surga belanja yang usianya sudah lebih dari 500 tahun. Ada banyak toko yang menawarkan pernak pernik dan souvenir khas Turki. Anda bisa sekalian berburu oleh-oleh khas Turki saat singgah di tempat ini. Apalagi harga yang ditawarkan cenderung lebih terjangkau dibandingkan tempat lainnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Beyazıt, Kalpakçılar Cd, Fatih/İstanbul, Turki.

Istanbul yang merupakan pusat dari hiruk pikuk Turki sayang untuk dilewatkan. Apalagi anda bisa mengunjungi banyak tempat ketika singgah di kota Istanbul. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah sampai wisata belanja bisa anda temukan di sini. Tidak sedikit juga tujuan wisata yang gratis alias tidak harus membayar untuk tiket masuknya.