Setiap negara pasti akan memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya berbeda dengan negara lain. Turki termasuk salah satu tujuan wisata yang kondang dengan banyak tujuan wisata. Dari wisata alam, wisata sejarah, wisata belanja sampai wisata kuliner bisa anda temukan. Dan makanan khas Turki juga ada banyak yang terkenal dan wajib untuk anda cicipi.

Negara Turki terkenal dengan kulinernya yang memiliki banyak ragam dan cita rasa pada kulinernya. Masing masing daerah juga memiliki ciri khas rasa tersendiri. Umumnya cita rasanya lebih pedas dibandingkan daerah Timur dan Selatan. Sementara di bagian barat hidangan laut dan sayuran lebih banyak ditemukan. Berikut rekomendasi kuliner untuk anda.

1. Simit

Simit
Image Credit: Twitter El #PalestineWillBeFree

Ketika anda berlibur ke Turki, anda harus mencicipi kulinernya yang dikenal dengan Simit. Simit termasuk kuliner yang begitu populer, bahkan kerap kali muncul dalam acara berita. Simit sendiri merupakan kuliner yang bentuknya lingkaran dengan taburan wijen. Jika melihat bentuknya mungkin akan mengingatkan anda dengan bentuk donat.

Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan makanan khas yang satu ini. Karena memang ada banyak pedagang kaki lima yang menawarkannya, dan menjualnya dengan gerobak. Tidak sedikit juga yang menawarkannya roti simit dengan berkeliling dan menumpuknya di atas kepala. anda mungkin berpikir jika rasanya akan mirip donat karena bentuknya sama.

Padahal rasanya sangat berbeda dengan kue donat, donat memiliki tekstur yang lembut sementara Simin lebih renyah dan kering. Ketika mencicipi rasanya, mungkin akan mengingatkan dengan roti bagel. Di Turki sendiri pembuatan simit memiliki banyak variasi tergantung daerahnya. Akan sangat nikmat disantap dengan segelas teh atau cay.

2. Kebab

Kebab
Image Credit: Instagram Лучший Донер Кебаб в Москве

Makanan khas Turki yang satu ini sudah tidak asing lagi, karena memang begitu terkenal sampai di berbagai negara di dunia. Sama halnya dengan di Indonesia, di negara ini anda juga akan sangat mudah untuk menemukan panganan ini. Ada banyak kedai pinggir jalan sampai dengan restoran yang menawarkan kebab dengan rasa original yang tentu berbeda.

BACA:  10 Pantai Cantik di Turki yang Terkenal Buat Liburan

Anda tidak boleh melewatkan menikmati kebab asli yang rasanya lebih kaya. Apalagi dagingnya tidak hanya daging sapi, terkadang juga daging kambing. Kemudian ditambahkan dengan bahan lain seperti jamur, selada, bawang bombay, tomat dan saus sambal. Semua bahan akan dibungkus dengan roti pita dan dimasak di atas pemanggang hingga matang.

3. Borek

Borek
Image Credit: Twitter TITA

Jika anda suka dengan makanan manis, maka anda bisa menikmati Borek yang juga merupakan makanan khas negara ini. Borek dari segi tampilan milik baklava tetapi isinya menggunakan kentang, keju, bayam dan juga daging cincang. Menjadikan teksturnya lebih renyah dengan rasa gurih yang akan membuat perut anda kenyang.

Di Turki sendiri, Borek dimasak dengan cara direbus dahulu barulah di panggang. Dan ada dua penyajian yang bisa anda temukan di sana, yakni borek basah dan goreng kering. Keduanya sama sama memiliki rasa nikmat yang akan membuat anda ketagihan. Jangan lupakan taburan wijen di atasnya yang semakin menambah cita rasanya.

4. Lahmacun

Lahmacun
Image Credit: Twitter 이카 (ika mayang)

Melanjutkan perjalanan kuliner anda, anda bisa mencicipi Lahmacun. Makanan khas Turki ini bentuknya mirip dengan pizza yang juga dibuat dari adonan tepung. Adonan tersebut kemudian dipanggang dan ditambahkan dengan berbagai bahan isian. Isiannya mulai dari daging cincang, bawang bombay, peterseli dan juga tomat.

Agar rasanya semakin nikmat, biasanya akan ditambahkan dengan topping di bagian tengah dari Lahmacun. Topping ini bisa berupa terong bakar, bawang bombay, daun seledri, acar sampai dengan tomat. Rasanya akan semakin unik dengan perasan lemon dan ayran. Untuk anda yang suka pedas, bisa menambahkan bubuk cabai di bagian atasnya.

5. Kumpir

Kumpir
Image Credit: Twitter Aviatour

Aslah Kumpir menjadi kudapan khas Turki berikutnya yang juga sayang untuk diabaikan. Kuliner nikmat ini dibuat dari bahan dasar kentang yang dipanggang, kemudian ditambahkan dengan berbagai topping. Toppingnya bisa berupa sayuran, sosis juga saus yang membuat rasanya makin gurih. Anda bisa menemukan makanan unik ini di pasar malam atau tepi jalan.

6. Manti

Manti
Image Credit: Twitter Shuhada Holidays

Berbicara tentang makanan kondang di Turki, anda tidak bisa melewatkan Manti. Manti dibuat dari daging yang kemudian dibungkus menggunakan adonan layaknya pangsit. Kemudian dimasak dengan cara direbus ataupun digoreng. Rasanya semakin membuat penasaran dengan saus dari yogurt yang disiram di bagian atasnya, rasanya begitu unik.

7. Kokoretsi

Kokoretsi
Image Credit: Twitter L A R Y

Ketika anda liburan di Asia Barat, anda tidak perlu khawatir perihal kuliner. Karena ada banyak makanan yang cocok dengan lidah orang Indonesia, seperti Kokoretsi misalnya. Kokoretsi juga bisa dikenal dengan kokorec yang dibuat dari usus kambing atau domba. Makanan tradisional Turki yang berisikan organ dalam yang dililit usus dan dibakar untuk memasak.

BACA:  11 Tempat Wisata Menarik di Ankara Buat Liburan

Tetapi perlu anda tahu jika usus yang digunakan tidak sembarangan. Melainkan usus domba yang masih menyusui, dan jeroan yang digunakan berupa hati, jantung, pankreas dan ginjal. Bumbu tambahan seperti garam, minyak zaitun, lada, jeruk lemon dan oregano membuatnya tidak amis. Cara membakarnya ditusuk, sehingga sekilas bentuknya mirip dengan sate.

8. Baklava

Baklava
Image Credit: Twitter El #PalestineWillBeFree

Baklava juga kuliner khas Turki yang wajib untuk anda cicipi. Kudapan manis ini berisikan kacang dan biasa dihidangkan dengan sirup atau madu. Jika melihat tampilan Baklava, anda mungkin akan mengingat kue Bolen Pisang. Untuk menemukan Baklava tidaklah sulit, anda hanya perlu mengunjungi toko kue terdekat, harga yang ditawarkan juga masih ramah kantong.

9. Dolma

Dolma
Image Credit: Twitter 이카 (ika mayang)

Makanan khas yang bisa dikatakan banyak yang mirip dengan kuliner di Indonesia. Seperti halnya dolma yang mirip lemper karena dibungkus dengan daun. Hanya saja daunnya daun yang bisa dimakan seperti daun anggur atau kol. Isiannya bisa berupa daging cincang dan nasi. Untuk menghidangkannya, dolma akan dikukus lebih dahulu hingga matang.

10. Kofte

Kofte
Image Credit: Twitter Keluargapanda

Selama anda liburan di Turki, anda juga tidak boleh melewatkan nikmatnya Kofte. Kofte ini menggunakan daging sapi atau daging kambing sebagai bahan dasarnya. Beberapa juga menggunakan daging ayam, tergantung tempatnya. Melihat tampilannya mirip dengan streak kecil yang memiliki rasa gurih. Disajikannya dengan sepiring nasi hangat, salad segar dan siraman saus.

11. Sup Mercimek

Sup Mercimek
Image Credit: Facebook Warung Turki

Anda juga jangan sampai melewatkan nikmatnya sup khas Turki. Sup Mercimek yang dibuat dari kacang lenting ini salah satunya. Biasanya Sup Mercimek akan disajikan sebagai makanan pembuka dengan rasa nikmat dan kandungan gizi baik. Untuk menikmati makanan unik ini bisa dengan roti dan perasan air jeruk nipis agar rasanya lebih segar.

12. Kanafeh

Kanafeh
Image Credit: Twitter rita

Selain makanan utama, Turki juga memiliki hidangan penutup yang menggoyang lidah. Knafeh misalnya yang merupakan hidangan pastry dan dijadikan sebagai sajian penutup. Adonannya berbentuk helaian dan disajikan berlapis dengan banyak isian. Kemudian disajikan dengan siraman madu atau sirup. Cocok untuk anda yang gemar konsumsi makanan manis.

BACA:  11 Tempat Wisata Menarik di Istanbul Buat Liburan

13. Pilav

Pilav
Image Credit: Twitter W.O.R.P

Selain mengkonsumsi roti, masyarakat Turki juga mengkonsumsi nasi. Pilav merupakan nasi khas Turki yang wajib untuk anda cicipi saat bertandang ke sana. Anda akan menemukan cita rasa nasi yang begitu gurih. Hal ini dikarenakan pengolahannya ditambahkan dengan butter,aneka rempah, kacang polong dan juga garam untuk menambah cita rasanya.

14. Menemen

Menemen
Image Credit: Twitter El #PalestineWillBeFree

Menemen merupakan makanan khas Turki yang disajikan saat sarapan. Menemen sendiri sejenis telur orak arik yang ditambahkan dengan tumisan bombay dan juga tomat. Rasanya yang segar membuatnya cocok untuk dinikmati di pagi hari. Bisa dinikmati dengan roti agar lebih kenyang, menjadi kuliner yang begitu kondang dan banyak dipilih saat pagi hari.

15. Hummus

Hummus
Image Credit: Twitter Lee Saerom

Seperti yang anda ketahui, Turki memiliki rasa khas pada setiap makanannya. Dan untuk menambah rasanya agar makin nikmat bisa dengan Hummus. Hummus adalah saus khas Turki yang dibuat dari kacang Arab dengan tambahan minyak zaitun, air perasan lemon serta bumbu tambahan. Rasanya sangat nikmat jika disantap dengan roti pita.

Ada banyak kuliner yang bisa anda coba ketika sedang liburan di Turki. Beberapa juga dirasa masih akan cocok dengan lidah masyarakat Indonesia. Makanan khas Turki bisa dikatakan banyak menggunakan daging sebagai bahan utamanya Beberapa juga lebih mirip pastry. Anda bisa mencicipi aneka kuliner dengan berkunjung ke pasar pasar malam atau tradisionalnya.