Ketika liburan anda tidak hanya harus mengetahui tujuan wisata, melainkan juga harus mengetahui hal unik yang ada di kota atau negara tersebut. Mengingat liburan tanpa berburu oleh oleh akan terasa tidak lengkap. Jika anda liburan ke Turki, anda tidak perlu khawatir akan buah tangan. Karena oleh-oleh khas Turki banyak pilihan dan juga unik.

Di Turki anda bisa belanja sepuasnya karena memang ada banyak barang yang menggoda mata. Justru besar kemungkinan jika anda akan bingung untuk menentukan buah tangan apa yang bisa dibawa pulang. Untuk memudahkan anda, berikut beberapa buah tangan khas yang terkenal dan wajib diburu saat sedang melancong ke Turki.

1. Teh Apel

Teh Apel
Image Credit: Twitter Dufte_parfume

Penduduk Turki memiliki kebiasaan untuk mengkonsumsi teh,dan menjadikan teh sebagai minuman paling digemari. Maka dari itu anda akan menemukan produk produk teh yang berbeda dari biasanya. Anda bisa menjadikan teh apel sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah nantinya. Sebenarnya teh apel memiliki banyak variasi rasa yang bermacam macam.

Tetapi nama Teh Apel tetap tidak bisa lepas begitu saja. Yang membuatnya berbeda yakni aromanya yang manis tetapi ada asamnya. Memberikan rasa unik yang membuatnya banyak diburu oleh wisatawan. Apalagi juga bisa merilekskan tubuh juga pikiran karena rasa dan aromanya. Oleh-oleh khas ini biasanya akan dinikmati saat musim dingin untuk membuat badan hangat.

Untuk menemukannya anda juga tidak akan sulit, ada banyak penjual yang menawarkan berbagai merek teh apel. Anda hanya perlu mengunjungi Spice Market ataupun supermarket sekitar. Harga yang ditawarkan juga terbilang ramah untuk kantong, mulai dari Rp 20 ribu. Teh Apel pilihan buah tangan yang mudah disimpan dan bisa bertahan lama.

2. Baklava

Baklava
Image Credit: Twitter El #PalestineWillBeFree

Baklava merupakan makanan khas Turki yang juga bisa anda jadikan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Makanan tradisional ini layaknya pastry yang diolah dari telur, terigu juga berbagai macam isian. Isiannya yang paling banyak ditemukan yakni coklat dan kacang. Meskipun termasuk kue, tetapi bisa bertahan dalam jangka waktu yang panjang.

BACA:  15 Makanan Khas Turki yang Terkenal & Wajib Dicoba

Anda bisa menyimpannya selama dua minggu, sehingga cukup aman jika dibawa ke tanah air. Memang harganya cukup mahal, tetapi setara dengan rasa yang ditawarkan. Toko Sekeroglu menjadi tempat pembelian Baklava yang paling kondang dan berada di Istanbul. Dimana anda bisa membeli 24 potong oleh-oleh ini dengan harga sekitar Rp 300 ribuan.

3. Turkish Delight

Turkish Delight
Image Credit: Twitter BangNaz

Kuliner tradisional yang memiliki rasa manis ini juga bisa dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Turkish Delight memiliki rasa manis dengan varian rasa yang beragam. Pada bagian luarnya dilapisi dengan gula halus dan mirip dengan permen. Cocok untuk dijadikan sebagai camilan saat sedang santai atau untuk suguhan tamu.

Umumnya wisatawan bisa menemukan camilan manis di Spice Bazaar. Selain banyak yang menjualnya, anda juga bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Varian rasa yang bisa anda pilih mulai dari kacang, mint, kayu manis dan juga rasa mawar. Termasuk buah tangan yang juga bisa bertahan dalam jangka waktu panjang, sehingga aman di bawa pulang.

4. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun
Image Credit: Twitter Al-Futuwwah

Minyak zaitun termasuk minyak yang memiliki banyak manfaat. Dan jika anda berada di Asia Barat, jangan sampai lupa membawa oleh-oleh ini. Mengingat Minyak Zaitun yang diproduksi di negara ini memiliki kualitas yang sangat baik. Sehingga anda juga bisa menjadikannya sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

Seperti namanya, minyak zaitun dibuat dari bahan dasar buah zaitun. Minyak ini tidak hanya bisa digunakan untuk memasak, tetapi juga untuk tujuan kecantikan atau kesehatan. di Turki sendiri anda tidak hanya bisa membeli minyak nya saja, beberapa juga sudah diolah menjadi produk lainnya dari ekstraknya.

Untuk anda yang ingin berburu minyak zaitun, anda bisa mengunjungi Grand Bazaar Turki. Karena disini anda bisa menemukan harga olahan minyak zaitun dengan lebih murah. dalam satu kemasan 250 ml anda bisa membelinya dengan harga mulai Rp 50 ribuan. Namun anda harus hati hati ketika membawa oleh-oleh ini karena biasanya botolnya kaca.

BACA:  11 Tempat Wisata Menarik di Ankara Buat Liburan

5. Peci Merah

Peci Merah
Image Credit: Twitter At_Khairunnisa

Tidak hanya makanan, anda juga bisa membawa buah tangan dalam bentuk barang. Turki memiliki beberapa souvenir yang bisa anda pilih, seperti Peci Merah misalnya. Fashion muslim satu ini memang begitu terkenal dan banyak diburu. Bentuknya yang unik dan juga memiliki filosofi membuatnya banyak menarik perhatian para pelancong.

Bisa dikatakan jika Fez atau Peci Merah merupakan ikon yang merupakan warisan khas Yunani Kuno. Asal mulanya dari Kekaisaran Turki Utsmani yang dijadikan sebagai simbol untuk memulaikan kepala orang yang mengenakannya. Kendati memiliki historis yang sakral, oleh-oleh ini masih menjadi primadona di kalangan wisatawan.

Untuk membelinya, anda bisa mengunjungi Grand Bazaar maupun gerai buah tangan lainnya. Satu peci merah dibanderol mulai dari Rp 20 ribu sampai dengan Rp 50 ribu. Fez sendiri terdiri dari yang memiliki rumbai dan juga yang tanpa rumbai. Peci dengan rumbai merupakan model awal, dan untuk yang lebih modern tidak menggunakan rumbai.

6. Pashmina

Pashmina
Image Credit: Twitter racundaily

Selain fez, banyak yang juga memburu pashmina ketika berada di Turki. Negara ini memang termasuk negara yang memiliki umat muslim cukup banyak. Selera fashionnya terkenal bagus dan pashmina menjadi andalannya. Pashmina ini memiliki kualitas andalan dengan motif yang beragam. Anda bisa mendapatkan oleh-oleh khas Turki di daerah Masjid Boru dengan harga mulai Rp 50 ribuan.

7. Turkish Blue Eyes

Turkish Blue Eyes
Image Credit: Twitter  yeolcha61

Saat anda berlibur ke Turki dan sedang mencari buah tangan, maka jangan melewatkan Turkish Blue Eyes. Cinderamata ikonik ini memang begitu menarik perhatian dan diburu oleh pelancong. Bisa dijadikan sebagai gantungan di atas pintu atapun hiasan dinding. Seperti namanya, cinderamata ini memiliki warna biru dengan motif mirip dengan mata.

Penduduk sekitar percaya jika Turkish Blue Eyes ini bisa menolak hal yang buruk. Inilah yang menjadi alasan mengapa penduduk menggantungnya benda ini di rumah. Saat ini Turkish Blue Eyes hadir dalam produk yang semakin bervariasi. Mulai perhiasan sampai dengan tasbih dan dijual dengan harga yang ramah kantong. Cocok untuk dijadikan buah tangan untuk keluarga di rumah.

BACA:  15 Tempat Wisata Menarik di Turki Buat Liburan

8. Lampu Gantung

Lampu Gantung
Image Credit: Facebook Wheignyoo profil beton

Anda juga bisa menemukan kerajinan lampu gantung yang memiliki banyak motif dan unik. Ornamen khas ini akan memberikan kesan yang glamor pada hunian anda. Selain bisa membawakan untuk orang lain, anda juga bisa memajangnya di kamar sendiri. Tidak sulit bagi anda untuk membeli Lampu Gantung khas Turki yang unik dan menawan ini.

9. Magnet Kulkas

Magnet Kulkas
Image Credit: Twitter Archa Bella

Buah tangan untuk keluarga atau kerabat yang berikutnya yakni Magnet Kulkas. Mungkin terdengar sederhana, tetapi buah tangan ini mudah untuk anda bawa pulang. Ada banyak karakter dan bentuk yang bisa anda jadikan pilihan. Beberapa diantaranya dibentuk dengan bangunan bangunan terkenal di Turki, seperti Hagia Sophia yang berada di Istanbul.

Jika anda membeli buah tangan ini, maka anda tidak akan kesulitan untuk membawanya. Mengingat bentuknya kecil dan bisa muat banyak di dalam koper nanti. Grand Bazaar lagi lagi menjadi tujuan untuk berburu magnet kulkas yang kondang ini dengan harga lebih terjangkau.

10. Batu Oltu

Batu Oltu
Image Credit: Facebook Terokai TURKI

Untuk anda yang gemar mengoleksi pernak pernik, anda bisa menjadikan Batu Oltu sebagai buah tangan. Batu cantik ini berada di kawasan distrik Oltu bagian timur Erzurum. Batu semi logam mulia ini memiliki tekstur yang ringan sehingga bisa disulap menjadi berbagai bentuk perhiasan atau benda yang cantik.

11. Permen Kastanye

Permen Kastanye
Image Credit: Facebook Lapak Turki

Permen Kastanye juga bisa anda jadikan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Seperti permen kebanyakan, rasa yang dihadirkan rasa manis dibuat dari Chestnut Gunung Uludag yang kemudian direbus dengan sirup gula. Ada banyak aneka rasa yang bisa anda pilih, dan oleh-oleh khas Turki juga mudah untuk anda temukan.

Liburan tanpa berbelanja oleh-oleh memang terasa lengkap. Di Turki, anda bisa menemukan banyak buah tangan untuk anda bawa ke tanah air. Mulai dari makanan sampai dengan souvenir yang unik dan belum tentu ditemukan di daerah lainnya. Pastikan anda memastikan bagasi saat membeli oleh oleh nantinya.