Destinasi wisata yang ada di belahan dunia memang tidak ada habisnya, alias sangat banyak. Masing-masing kota sampai negara akan siap memberikan hal yang unik dan berbeda. Wisata di Turki menjadi salah satu negara yang belakangan ini dilirik untuk dijadikan tujuan liburan. Ada banyak tujuan yang bisa dipilih, termasuk deretan museum keren di Turki.

Turki memang kental akan sejarah masa lalu selain wisata alamnya yang juga menawan. Bahkan hingga kini anda masih bisa menemukan beberapa bangunan yang berdiri kokoh. Dan beberapa juga dijadikan sebagai museum dengan berbagai koleksi di dalamnya. Jika anda memang suka wisata sejarah, anda bisa mengunjungi beberapa museum di Turki berikut ini.

1. Hagia Sophia Museum

Hagia Sophia Museum
Image Credit: Google Maps المتجر الرابح في ثواب العمل الصالح

Jika membahas tujuan wisata di Turki, maka jangan sampai melewatkan Hagia Sophia Museum. Termasuk situs Warisan Dunia UNESCO, sejarah yang dimilikinya begitu panjang. Berada di Istanbul, bangunan cantik ini memang selalu berhasil menarik perhatian. Mengalami renovasi juga perluasan beberapa kali dalam waktu berabad abad.

Sebelum menjadi museum, Hagia Shopia merupakan bangunan yang dahulunya menajdi basilika juga masjid. Dari gereja kemudian menjadi masjid dan saat ini menjadi museum dan sampai saat ini masih menjadi masjid. Jika anda singgah di sini, anda bisa menikmati arsitekturnya yang begitu cantik. Konstruksinya mistik bisa dilihat dari ciri Byzantium dan Ottoman.

Dibangun oleh Kaisar Byzantium di tahun 537 Masehi dan dikenal sebagai benteng pertahanan yang besar. Di Hagia Sophia Museum, anda bisa melihat kerukunan antar umat beragama yang begitu kental. Di dalamnya anda bisa menemukan koleksi yang berasal dari dua keyakinan agama, dari aksen mosaik juga lukisan kaligrafi raksasa yang begitu memukau.

Harga Tiket: 60 Lira; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sultan Ahmet, Ayasofya Meydanı, Fatih/Istanbul, Turki.

2. Museum Peradaban Anatolian

Museum Peradaban Anatolian
Image Credit: Google Maps Brian M

Museum terbaik yang juga harus anda kunjungi berikutnya yakni Museum Peradaban Anatolian. Berada di kawasan Ankara dan dibangun dalam dua bangunan Ottoman yang berada dekat dengan Kastil Ankara. Pada tahun 1997 museum cantik ini mendapatkan penghargaan berupa Museum of The Year. Sampai saat ini tentu tetap menarik untuk dikunjungi.

BACA:  11 Tempat Wisata Menarik di Istanbul Buat Liburan

Museum sejarah dan arkeologi ini awalnya hanya menampilkan karya dari Zaman Het. Hingga kemudian hadir karya dari peradaban lain yang membuat koleksinya semakin bertambah. Di museum terbaik di Turki ini anda bisa menemukan arkeologi Anatolia dari Zaman Paleolitik. Inilah yang menjadikan Museum Anatolian termasuk yang memiliki koleksi unik.

Museum Anatolian juga memiliki sejarah yang mengakar dalam struktur yang ikonik. Koleksinya dari abad ke 7 sampai saat ini, menjadikan museum di Turki ini surga bagi penggemar sejarah. Anda juga bisa menemukan berbagai koleksi perhiasan kuno di sini. Singgah di sini, anda seakan dibawa untuk memasuki gerbang waktu yang tidak membosankan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kale, Gözcü Sk,Ulus/Altındağ/Ankara, Turki.

3. Istanbul Archaeology Museum

Istanbul Archaeology Museum
Image Credit: Google Maps Лъчезар Стоилов

Untuk anda yang senang dengan dunia arkeolog, maka jangan sampai melewatkan Istanbul Archaeology Museum. Di dalam museum ini, anda bisa menemukan berbagai koleksi yang usianya bahkan mencapai ribuan tahun. Termasuk museum yang paling besar di dunia, dan di dalamnya terdapat lebih satu juta artefak dengan sejarah yang pekat.

Didirikan pada tahun 1891 sebagai Museum Imperial dan memiliki koleksi yang berasal dari banyak wilayah kekuasaan Utsmani. Mulai dari Anatolia, Balkan, Afrika Utara, Mesopotamia hingga Arab. Mengunjungi museum cantik ini, anda seperti sedang terapi spiritual. Bangunannya yang ikonik membuatnya mudah untuk ditemukan.

Harga Tiket: 100 Lira; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cankurtaran, Fatih/Istanbul, Turki.

4. Istanbul Toy Museum

Istanbul Toy Museum
Image Credit: Google Maps Fatma Açık

Melanjutkan perjalanan anda, Museum Mainan di Asia Barat ini bisa menjadi tujuan yang menarik. Yang menarik perhatian begitu melihatnya yakni bangunannya yang begitu cantik. Istanbul Toy Museum memiliki bentuk layaknya rumah boneka dengan cat putih yang khas. Begitu tiba, anda akan disambut dengan dua mainan tentara yang ukurannya besar.

Mainan tentara tersebut dibuat dari besi dan seakan penjaga di depan pintu. Di museum ini, anda juga bisa menemukan berbagai koleksi mainan dari zaman kuno sampai modern. Mulai dari mainan seperti boneka, kereta api sampai mobil mobilan bisa ditemukan. Singgah di sini, anda akan mengetahui sejarah mainan dari masa ke masa.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ömerpaşa Cad, Dr. Zeki Zeren Sk, Kadıköy, Turki.
BACA:  15 Tempat Wisata Menarik di Turki Buat Liburan

5. Museum Istana Topkapi

Museum Istana Topkapi
Image Credit: Google Maps Sina Rezaei

Museum yang paling terkenal di Turki dan juga harus dikunjungi yakni Museum Istana Topkapi. Sebelum menjadi museum, bangunan megah ini berfungsi sebagai istana Sultan Turki Usmani atau Turki Ottoman lebih dari 600 tahun. Di dalamnya menyimpan berbagai peninggalan yang berkaitan dengan Nabi Muhammad SAW.

Inilah juga yang menjadi alasan mengapa museum yang berada di Istanbul ini tidak pernah sepi pengunjung. Pengunjung tentu penasaran dengan koleksi yang ada di dalam bangunan bekas istana ini. Istana Topkapi sendiri dibangun dari tahun 1459 karena perintah dari sultan Muhammad Al Fatih, yang merupakan penakluk konstantinopel.

Hingga berubah menjadi museum di tahun 1924. Terdapat empat lapangan juga beberapa bangunan kecil di sekitar istana. Koleksinya beragam, mulai dari Manuskrip Al Quran pertama, koleksi pakaian sultan, perangkat makanan dari perak sampai dengan lukisan sultan. Anda akan mendapatkan pengalaman tidak terlupakan di sini.

Harga Tiket: 15 Lira; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cankurtaran, Fatih/Istanbul, Turki.

6. The Museum of Innocence

The Museum of Innocence
Image Credit: Google Maps Fatma Açık

Menjelajah banyak museum di Turki tidak akan membuat liburan anda membosankan. Karena museum yang disuguhkan banyak yang keren dan memiliki koleksi yang unik. Seperti halnya dengan The Museum of Innocence yang sempat dinobatkan sebagai museum terbaik di Eropa tahun 2014. Sebenarnya merupakan museum pribadi milik novelis asal Turki.

Orhan Pamuk pemilik dari The Museum of Innocence sudah banyak memenangkan nobel penghargaan. Di dalamnya menarasikan kisah cinta yang ada dalam sebuah novelnya. Sehingga pengunjung bisa melihat ribuan benda yang digunakan dalam novel tersebut. Tidak hanya itu, anda juga bisa menemukan berbagai koleksi buku sastra menarik.

Harga Tiket: 15 Lira; Map: Cek Lokasi
Alamat: Firuzağa, Çukurcuma Caddesi, Dalgıç Çk, Beyoğlu/Istanbul, Turki.

7. Dolmabahce Palace Museum

Dolmabahce Palace Museum
Image Credit: Google Maps mostafa mosavi

Tidak lengkap rasanya jika anda menjelajah museum di Turki, tetapi tidak singgah di Dolmabahce Palace Museum. Mengingat museum dengan bangunan cantik ini menjadi jujugan wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Seperti namanya, Dolmabahce Palace Museum ini berbentuk istana megah juga besar yang menyimpan banyak koleksi.

Setidaknya anda bisa menemukan 50 ibu koleksi barang antik dengan nilai sejarah tinggi. Bukan hal mengherankan jika banyak pecinta sejarah dan seiman yang singgah di sini. Gaya arsitektur pada Museum hits di Turki ini dominan khas Eropa. Sehingga menjadi spot yang menarik untuk anda mengambil gambar gambar yang instagramable.

BACA:  15 Makanan Khas Turki yang Terkenal & Wajib Dicoba
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Vişnezade, Dolmabahçe Cd., Beşiktaş/Istanbul, Turki.

8. Museum Mevlana

Museum Mevlana
Image Credit: Google Maps Omair Najmi

Gaya arsitektur yang dimiliki Museum Mevlana juga berhasil menarik perhatian. Karena memang dikenal sebagai arsitektur indah oleh Bedrettin. Bangunan nya memiliki kubah dan juga ubin hijau yang khas. Lokasinya berada di kawasan Konya yang sebelumnya adalah rumah penyair, filsuf dan pemimpin agama terkenal layaknya Jalaludin Rumi,

Kehadirannya untuk melestarikan semua jenis elemen yang berkaitan dengan Ordo Mevlana. Termasuk di dalamnya seperti karya seni logam dan kayu. Al Quran yang tidak ternilai, buku, karpet dan barang lainnya. Bangunannya yang megah juga menjadi nilai plus dari Museum Mevlana. Apalagi ada banyak ruangan yang juga bisa anda jelajahi.

Harga Tiket: 10 Lira; Map: Cek Lokasi
Alamat: Aziziye Mah, Mevlana Cd. No:1, Karatay/Konya, Turki.

9. Museum Seni Turki dan Islam

Museum Seni Turki dan Islam
Image Credit: Google Maps Mehmet M

Museum pertama yang mengumpulkan secara bersamaan tentang seni dan Islam di Turki pada tahun 1913. Semua barang tersebut kemudian dibawa ke dalam bangunan istana megah Ottoman ini di tahun 1983 oleh Ibrahim Pasha. Sehingga di dalamnya anda bisa menemukan berbagai koleksi dari manuskrip, benda kaca sampai barang tekstil yang usianya lebih dari 800 tahun.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Binbirdirek, Atmeydanı Cd. No:12, Fatih/Istanbul, Turki.

10. Museum Chora

Museum Chora
Image Credit: Google Maps Muhammed Altın

Untuk membuat perjalanan anda semakin lengkap, anda juga bisa singgah di Museum Chora. Museum yang memiliki bangunan dari dinding batu ini memang sederhana. Tetapi ada banyak koleksi di dalam Museum Chora ini. Sebelum menjadi museum difungsikan sebagai gereja, masjid barulah museum. Koleksinya dari lukisan, mozaik dan lainnya yang bersejarah.

Harga Tiket: 15 Lira; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dervişali, Kariye Cami Sk. No:18, Fatih/Istanbul, Turki.

Menghabiskan waktu di Turki anda tidak perlu bingung akan melakukan aktivitas apa. Karena ada banyak tujuan wisata yang bisa anda singgahi. Jika anda suka dengan bangunan bersejarah dan koleksi benda antik, museum menjadi tujuan tepat. Dan museum yang telah disebutkan termasuk museum terbaik di Turki yang tidak boleh anda abaikan.