Sejak serial Layangan Putus booming di tanah air, belakangan nama Cappadocia memang sedang viral di kalangan masyarakat. Bahkan salah satu tempat yang berada di Turki, atau lebih tepatnya di daerah Anatolia, tersebut kemudian berbondong bondong disambangi oleh turis asal Indonesia.

Namun selain Cappadocia, sebenarnya ada banyak sekali destinasi wisata cantik di Turki yang bisa anda kunjungi. Jika sudah bosan dengan viralnya Cappadocia, anda bisa memilih berlibur ke deretan pantai cantik yang ada di negara setengah Eropa dan setengah Asia ini. Berikut daftar pantai cantik di Turki yang terkenal, patut anda masukkan ke dalam list.

1. Pantai Solar

Pantai Solar
Image Credit: Google Maps Perlaki Tamas

Pantai Solar yang dibuka sejak tahun 2002 untuk khalayak umum, merupakan pantai terbesar di daerah Kylos pantai Laut Hitam. Bahkan pantai cantik yang memiliki luas sekitar 60.000 meter persegi tersebut menjadi pantai terbesar di Istanbul. Tidak heran apabila Solar Beach pun menjadi tujuan destinasi yang begitu populer untuk menghabiskan hari libur.

Bahkan warga Istanbul sendiri terlihat sering menikmati waktu rekreasi ke sana. Apalagi terdapat berbagai acara diselenggarakan di titik lokasi. Seperti klub pantai, konser, berbagai festival, pesta dan organisasi lain. Menjadi pusat dari banyak aktivitas warga, Solar Beach pun didukung oleh fasilitas yang mumpuni.

Di kawasan pantai sudah disediakan klinik medis, kru penjaga pantai, sampai helikopter ambulans. Sehingga para pengunjung dijamin merasa nyaman dan aman selama menghabiskan waktu di pantai. Adapun beberapa aktivitas populer dilakukan di sini antara lain voli pantai, sepak bola, surfing angin, go-carting, jet ski, layang layang boarding, dan berenang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kumköy, Kilyos Cd., Sarıyer/İstanbul, Turki.

2. Pantai Dalia

Pantai Dalia
Image Credit: Google Maps Onur Odabas

Pantai cantik di Turki lainnya yakni Pantai Dalia. Pantai yang juga berada di Kota Istanbul ini menawarkan suasana Mediterania di Laut Hitam. Dimana anda akan menemukan suasana langit yang biru dengan kehangatan sinar matahari. Namun tidak perlu khawatir akan merasa kepanasan saat berada di lokasi.

Sebab Pantai Dalia mempunyai area hijau yang luas, sehingga area pantai masih terasa cukup sejuk untuk bersantai bahkan di siang hari. Untuk para pecinta alam pun sudah tersedia beragam aktivitas fisik yang dapat dinikmati. Karena di sini ada daerah untuk trekker, perahu dayung dan kano, surfing, sampai voli pantai.

BACA:  11 Tempat Wisata Menarik di Ankara Buat Liburan

Dan untuk fasilitasnya, Dalia Beach tidak hanya memiliki area hijau. Namun sudah disediakan restoran, bar, keamanan pribadi, serta tempat parkir yang mampu menampung kapasitas hingga seribu mobil. Menariknya, Restoran Dalia Beach Club punya banyak hidangan laut terkenal dengan rasa khas. Jadi jangan sampai terlewat mencicipinya saat anda berkunjung.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Demirci, Kilyos Yolu, Sarıyer/İstanbul, Turki.

3. Pantai Yoruk Ali

Pantai Yoruk Ali
Image Credit: Google Maps Bulent Altikat

Yoruk Ali Beach merupakan salah satu pantai yang terkenal untuk liburan keluarga. Ketika berkunjung ke sini, anda pasti bisa melihat banyak keluarga dengan anak anak sedang bermain. Sebab suasana yang ditawarkan memang sangat cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta.

Anda bisa menikmati air laut dingin, pantai berpasir lembut, dan berbagai layanan berkualitas di Pantai Yoruk Ali. Bahkan anda dapat bermalam di lokasi untuk menikmati cantiknya pantai lebih lama. Dimana sudah tersedia bungalow tipe kamar dengan balkon, TV, air panas, dan minibar di dalamnya. Jika ingin berkunjung, pantai buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 20.00 waktu setempat.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Adalar/İstanbul, Turki.

4. Pantai Florya

Pantai Florya
Image Credit: Google Maps amin qudaih

Pantai Florya adalah salah satu pantai tertua yang ada di Istanbul. Sehingga kawasan tersebut menjadi destinasi populer yang dikunjungi oleh para turis. Bahkan masyarakat sekitar pun banyak yang memilih menghabiskan waktu liburan mereka di sana. Sebab Florya Beach adalah pilihan sempurna jika mereka tidak memiliki banyak waktu berkunjung ke pantai lainnya.

Pasalnya Pantai Florya ini memang memiliki jarak yang sangat dekat dengan pusat kota. Sehingga tidak membutuhkan banyak waktu di perjalanan untuk mencapai lokasi. Tentu ini membuat pantai cantik tersebut sangat cocok sebagai tempat bersantai tanpa harus menempuh perjalanan jauh. Apalagi Florya Beach juga mempunyai nilai historis yang terkenal oleh hosting Atatürk.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Şenlikköy, Florya Sahil Parkı, Bakırköy/İstanbul, Turki.

5. Pantai Kisirkaya

Pantai Kisirkaya
Image Credit: Google Maps serkan kurt

Pantai selanjutnya yaitu Pantai Kisirkaya. Wisata Asia Barat ini merupakan sebuah pantai gratis yang ada di Istanbul Utara Laut Hitam. Biasanya masyarakat Istanbul akan berbondong bondong mengunjungi pantai pada musim panas. Karena area ini adalah tempat yang ideal untuk berenang dan menghitamkan kulit.

BACA:  10 Museum Keren di Turki yang Wajib Dikunjungi

Pantainya sendiri punya pasir yang begitu lembut meskipun tidak seputih deretan pantai lainnya. Apalagi wilayah pantai sangat bersih, sehingga anda tidak perlu khawatir apabila ingin menyusuri garis pantai dengan bertelanjang kaki. Untuk sampai ke tujuan, anda bisa melalui M2 baris dari Taksim atau Yenikapi ke Haciosman. Kemudian naik 152 bus ke Kisirkaya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kısırkaya, 3 Sarıyer/Provinsi İstanbul, Turki

6. Pantai NakiBey

Pantai NakiBey
Image Credit: Google Maps IIgar Gadirov

Menurut catatannya, Pantai Nakibey sudah aktif dikunjungi oleh wisatawan sejak tahun 1984. Dan sampai sekarang pantai cantik tersebut terus membenahi layanan yang diberikan. Hingga membuat wisatawan dari luar negeri pun banyak yang penasaran dan tertarik menghabiskan waktu liburan di sana.

Adapun fasilitas yang ditawarkan di Pantai Nakibey antara lain tersedia bungalow dengan AC, TV, dan air panas. Bahkan sudah ada beberapa dokter yang tersedia apabila terjadi keadaan darurat tidak terduga. Selain fasilitas, panorama alam yang ditawarkan di sekitar dijamin membuat siapapun betah berlama lama.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Maden, Nakibey Çikmazi, Adalar/İstanbul, Turki.

7. Pantai Babylon

Pantai Babylon
Image Credit: Google Maps ilhan Rua

Jika mencari wisata bahari yang cocok dijadikan tujuan untuk berlibur bersama anak, maka Pantai Babylon adalah pilihan ideal. Pantai yang dikelilingi oleh pepohonan hijau dan pegunungan ini menawarkan suasana yang sejuk, sehingga dapat menambah kesempurnaan pantai. Jadi pada siang hari pun tidak akan terasa terlalu panas saat bermain di pantai.

Beberapa aktivitas yang digemari pengunjung saat berada di Babylon Beach antara lain berenang, berjemur di pasir yang lembut, olahraga voli, dan bulu tangkis. Meski banyak kegiatan yang dapat dilakukan, Pantai Babylon tetap memiliki suasana yang damai karena jauh dari keramaian kota. Sehingga pantai ini sangat cocok dijadikan lokasi untuk mencari ketenangan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Demirciköy Mevki Kilyos Yolu, Sarıyer/İstanbul, Turki

8. Pantai Konyaalti

Pantai Konyaalti
Image Credit: Google Maps Сергей Воробьев

Satu jam perjalanan dengan pesawat dari Istanbul, anda akan menemukan Pantai Konyaalti di Kota Antalya. Baik wisatawan mancanegara maupun warga lokal banyak yang datang ke sini untuk sekadar piknik atau berjemur. Airnya yang jernih dengan ombak tenang bahkan sangat cocok jika anda ingin berenang.

BACA:  15 Tempat Wisata Menarik di Turki Buat Liburan

Makin elok, pantai di sisi laut Mediterania tersebut bersanding dengan tebing Pegunungan Bey Daglari yang membuatnya terlihat begitu mempesona. Pantai cantik ini sendiri membentang sekitar 7 kilometer. Membuat anda bisa menghabiskan waktu menyusuri garis pantai apabila tidak ingin berbasah basahan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Meltem Mh., Muratpaşa/Konyaaltı/Anatolia, Turki.

9. Pantai Nonstop

Pantai Nonstop
Image Credit: Google Maps Soa Soa

Nama pantai ini rasanya dapat menggambarkan bagaimana situasi di sana. Karena Nonstop Beach memang terus dikunjungi wisatawan sepanjang tahun. Pasalnya ada banyak pesona yang dapat ditemukan di lokasi. Terlebih jika anda menyukai olahraga air dan berpesta, Pantai Nonstop adalah lokasi yang ideal.

Biasanya pengunjung akan melakukan olahraga seperti pilates, yoga, dan aerobik di pusat kesehatan yang berada di sekitar pantai. Sedangkan olahraga air yang bisa dinikmati seperti berlayar, kiteboarding, dan selancar angin. Ditambah fasilitas yang ditawarkan di sini terbilang sangat memadai.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kumköy, Plaj Yolu Cd. No:28, 34450 Sarıyer/İstanbul, Turki.

10. Pantai Uzunkum

Pantai Uzunkum
Image Credit: Google Maps Uğur ARSLAN

Pantai Uzunkum sering dijadikan sebagai pilihan oleh wisatawan ketika ingin menikmati berenang di pantai. Pasalnya pantai di Turki tersebut memang tergolong sangat aman dan bersih. Tidak heran jika banyak yang senang menghabiskan waktu berlama lama di lokasi.

Apalagi pantai mempunyai pemandangan yang begitu memukau, dengan angin sepi sepoi sebagai ciri khasnya. Selain itu sudah tersedia klub bernama Aqua Beach Club yang menawarkan lounge. Dimana pengunjung bisa melakukan pesta pantai serta berbagai kegiatan seru lainnya di sana. Dan masih banyak fasilitas lainnya yang akan membuat anda enggan beranjak dari Pantai Uzunkum.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Balibey,  Şile/Provinsi İstanbul, Turki.

Jadi bukan hanya Cappadocia, Turki juga memiliki banyak sekali destinasi menarik buat liburan. Seperti deretan pantai di Turki yang telah disebutkan di atas. Bahkan pantai pantai tersebut telah dilengkapi dengan beragam fasilitas yang akan membuat anda betah berlama lama. Jadi pantai mana yang membuat anda tertarik mengunjungi negara dua benua tersebut?