Ketika datang ke Negara Palestina, pastinya anda tidak hanya pergi mengunjungi destinasi wisata menarik, tapi juga perlu mencoba berbagai makanan khasnya. Makanannya tidak hanya enak, tetapi juga sehat. Palestina adalah negara dengan mayoritas penduduk muslim, jadi anda tidak akan kesulitan dalam mencari berbagai jenis makanan yang halal

Negara yang berkonflik dengan Israel ini memiliki banyak keunikan dan keistimewaan yang menarik, salah satunya adalah makanan khasnya, kecuali tempat wisata dan sejarah negara ini. Kamu harus tahu. Di bawah ini adalah beberapa makanan khas yang harus Anda coba saat berkunjung ke Palestina.

1. Frikeh

Frikeh
Image Credit: Facebook Revista Vila Nova Conceição & Itaim

Jenis Makanan lezat Palestina perama yang bisa dibeli dan dicoba adalah Frileh yang merupakan sebuah makanan berbentuk biji-bijian yang terbuat dari gandum hijau durum atau merupakan salah satu jenis gandum terbaik dan biasanya dimanfaatkan untuk menyiapkan berbagai pasta termasuk spageti, makaroni, dan berbagai jenis produk pasta lainnya.

Gandum durum sendiri memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga terasa kenyang dan kurang lapar saat disantap, sehingga cocok untuk yang sedang diet atau sedang mencari diet yang sehat. Makanan ini juga bisa ditemukan di beberapa negara Timur Tengah selain Palestina seperti diantaranya di kawasan Mesir, Yordania, Aljazair dan Tunisia.

2. Hummus

Hummus
Image Credit: Twitter Embajada de Palestina en Nicaragua

Selanjutnya anda juga bisa mencoba Hummus yang dikenal sebagai makanan paling legendaris Palestina, karena telah ada di Timur Tengah selama ratusan tahun. Jadi jika Anda berada di area tersebut, akan sangat memalukan untuk melewatkan makanan yang satu ini. Hummus yang dimiliki negara ini tentu sangat berbeda dengan hummus negara lain.

Kuliner khas Palestina ini memiliki tekstur yang lembut dan lumer saat dimasukkan ke dalam mulut, sama seperti tekstur oatmeal biasa. Makanan ini merupakan suatu hidangan yang terbuat dari beberapa bahan seperti biji wijen, buncis, zaitun, garam dan bawang putih. Selain itu, anda juga bisa menjadikannya sebagai roti, bola ayam, atau saus daging.

3. Sahlab

Sahlab
Image Credit: Instagram Farah Abu Maizar | Food Lover

Hidangan berikutnya yang tidak boleh dilewatkan yaitu Sahlab. Menu kali ini sebenarnya merupakan minuman tradisional dan biasanya hanya disajikan saat bulan Ramadhan. Ketika anda datang berlibur atau berkunjung di bulan lain kemungkinan akan sangat sulit menemukannya. Jadi jika anda berhasil menemukannya maka jangan pernah ragu mencoba

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Palestina yang Paling Diburu Wisatawan

Minuman ini disajikan dalam bentuk creamy custard, dibumbui dengan kayu manis dan kacang, setelah dipermanis susu panas yang dicampur dengan tepung sirlak. Tentu saja minuman ini terasa creamy. Minuman ini bisa disajikan dalam kondisi panas atau dingin. Dan tentu saja, itu sama lezatnya dan layak untuk dijadikan pilihan wisata kuliner anda

4. Maqluba

Maqluba
Image Credit: Twitter Wend

Kalau di Indonesia ada Nasi uduk, anda bisa menemukan Maqluba di Palestina. Nah, Maqluba sendiri merupakan makanan berbentuk nasi yang dicampur dengan bumbu khas, dan tentunya makanan ini sangat populer di kalangan wisatawan di seluruh dunia. Bahan utama masakan khas palestina ini sendiri adalah nasi, bumbu, daging ayam atau kambing, disertai sayuran.

Menariknya, makanan ini disajikan dengan cara memutar panci yang digunakan untuk memasak lalu disajikan langsung di atas piring. Makanan ini biasanya ditaburi kacang almond, kacang tanah, daun seledri dan kismis. Tak hanya makannya saja yang menarik, tapi anda juga bisa berkesempatan menyaksikan proses pembuatannya yang sangat unik

Jika anda datang berkunjung ke Palestina dan merasa kangen dengan masakan nasi uduk khas Indonesia maka bisa mencoba hidangan nasi uduk khas yang satu ini. Anda bisa rasakan sensasi nasi uduk yang berbeda. Makanan ini menjadi salah satu jenis makanan yang terkenal dan sangat wajib untuk dicoba ketika anda datang berkunjung ke Palestina

5. Baklava

Baklava
Image Credit: Twitter Embajada del Estado de Palestina en Colombia

Hidangan Palestina berikutnya yang bisa dicoba ketika datang berkunjung adalah baklava. Makanan ini merupakan makanan yang menggunakan adonan berlapis dan dimasak di atas hot plate, kemudian disajikan dengan sirup atau tetesan madu yang berfungsi sebagai perekat kedua lapisan sehingga memberikan rasa yang renyah, lezat dan manis.

Hal yang tidak bisa dipungkiri lainnya yaitu hidangan ini bisa diisi dengan pistachio cincang, almond, atau kenari dan ditaburkan di atasnya. Dari sini dapat menyimpulkan bahwa makanan ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai makanan manis. Jadi pastikan anda mencoba jenis makanan ini sebagai suatu hidangan cemilan atau dessert setelah makan

BACA:  11 Tempat Wisata Menarik di Palestina Buat Liburan

6. Halloumi

Halloumi
Image Credit: Twitter Tara’s MC Table

Halloumi merupakan makanan berjenis keju dengan tekstur yang lembut. Hidangan ini juga enak dipanggang dan digoreng. Halloumi terbuat dari campuran susu kambing, domba, dan sapi, atau campuran susu di antaranya. Halloumi memiliki rasa asin karena diasinkan sebagai pengawet. Oleh karena itu anda perlu mencoba hidangan yang rasanya gurih dan asin ini

Makanan khas Palestina ini juga dilengkapi dengan daun mentha dan sering ditambahkan ke keju jenis ini. Daun mint sendiri juga bertindak atau dimanfaatkan sebagai pengawet keju. Hal ini menandakan bahwa Halloumi aman untuk dikonsumsi karena mengandung bahan pengawet alami. Maka tidak heran jika keju jenis ini sangat populer di Timur Tengah.

Bagi anda pecinta makan asin terutama berbagai jenis keju maka perlu mencoba menikmati keju khas Timur Tengah ini. Anda akan menemukan sebuah citarasa baru dari keju khas Palestina ini. Selain dimakan secara langsung, anda juga dapat menyajikannya sebagai topping roti atau berbagai jenis makanan lainnya ketika sedang berada di sini.

7. Sup Lentil

Sup Lentil
Image Credit: Twitter MAZQ Tour

Sup lentil adalah makanan favorit orang Palestina dan merupakan cara yang baik untuk menghangatkan tubuh Anda. Sup ini cocok untuk Anda yang vegetarian dan pecinta daging. Sup ini terbuat dari lentil, yaitu kacang-kacangan yang komponen utamanya adalah serat. Oleh karena itu, sup ini terbuat dari ental berwarna-warni seperti hijau, merah, coklat, kuning dan hitam.

Beberapa di antaranya yang bisa ditemukan bahkan tidak berwarna dan tanpa kulit, tergantung pada jenis lentil yang digunakan. Dapat ditambahkan dengan daging untuk menikmati hidangan ini. Sup lentil juga terkenal di beberapa negara selain Palestina, seperti Lebanon dan Suriah. Jadi jangan lewatkan kesempatan untuk bisa mencicipi hidangan ini.

8. Basbousa

Basbousa
Image Credit: Twitter MasWiet

Setelah mengetahui berbagai jenis makan berat, anda juga bisa mulai beralih dengan mencari hidangan yang bernama basbousa. Basbousa adalah makanan khas Palestina berupa kue manis yang dimasak dengan bahan utama tepung Semolina atau Farina. Untuk membuat hidangan ini maka hal yang perlu dilakukan pertama yaitu rendam tepung dalam larutan sirup.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Palestina yang Paling Diburu Wisatawan

Makanan ini juga mengandung bahan tambahan seperti kelapa. Jika tidak ada sirup bisa diganti dengan menggunakan air bunga jeruk atau air mawar. Selain hidangan asin, anda juga bisa mencoba berbagai hidangan manis disini. Salah satu yang bisa di coba adalah basbousa yang banyak ditemukan di berbagai kios yang ada di Palestina

9. Shish Kebab

Shish Kebab
Image Credit: Facebook Turcos_baq

Shashlik adalah salah satu kebab paling populer di Palestina. Hidangan ini adalah hidangan populer yang disajikan dalam bentuk potongan daging yang ditusuk dan kemudian dipanggang. Bahan utama shish kebab adalah ayam, kambing dan sapi yang bisa dimasak dengan menggunakan tusuk sate dan kemudian dipanggang hingga matang dengan merata.

Terkadang makanan ini juga dilengkapi atau diselingi dengan beberapa jenis sayuran. Makanan tunggal ini mirip dengan makanan khas shish kebab yang biasa ditemukan di wilayah Kaukasus. Bahan anda juga dapat dengan mudah menemukan makanan satu ini di kawasan Lebanon yang banyak mengangkat berbagai makanan khas Timur Tengah

10. Tahini

Tahini Palestina
Image Credit: Twitter Diego Pino Navarro

Makanan terakhir yang bisa dicoba disebut sebagai Tahini. Hidangan ini memiliki rasa yang pedas dan tekstur seperti saus atau selai kacang. Tahini terbuat dari wijen panggang dan kulit jagung. Hidangan ini dapat disajikan sebagai saus atau sebagai saus untuk menemani beberapa hidangan utama seperti hummus, baba ghanoush dan halva.

Oleh karena itu, makanan pedas ini juga digunakan dalam masakan Mediterania seperti Yunani, Israel, Turki, Armenia, Afrika Utara, Siprus, Lebanon dan Levanto. Keunggulan makanan Tahini sendiri adalah kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang tinggi. Kandungan tersebut pastinya akan memberikan dampak yang baik bagi kesehatan

Jangan pernah khawatir jika datang ke Palestina karena anda tidak hanya bisa melakukan wisata religi atau sejarah tetapi juga dapat berwisata kuliner. Terdapat berbagai jenis makanan khas yang sangat lebat dan perlu dicoba bagi siapapun yang datang berkunjung kesana. Masukkan daftar makanan khas tersebut dalam list hidangan yang perlu dicoba di Palestina.