Palestina pernah menjadi tempat berdirinya kiblat umat Islam yang pertama dan merupakan salah satu negara Timur Tengah yang memiliki banyak sejarah seputar peradaban Islam. Pada titik ini, Palestina masih diganggu oleh konflik yang sedang berlangsung dan berada di belakang kekuasaan Israel. Tetapi hal tersebut tidak membuatnya kehilangan daya tarik.

Negara ini masih menjadi pusat perhatian sebagai tujuan ziarah Islam dari berbagai belahan dunia. Secara umum, tempat favoritnya adalah Masjid Al-Aqsa, Kubah Batu dan Kota Tua Yerusalem. Namun selain ketiga tempat istimewa tersebut, masih banyak lagi tempat wisata menarik di Palestina. Yuk simak pembahasan berikut untuk informasi lebih lanjutnya.

1. Kota Tua Akka

Kota Tua Akka
Image Credit: Google Maps Itay Roitman Aerial Production

Salah satu tempat menarik yang bisa dikunjungi bersama dengan keluarga ketika berada di Palestina adalah Kota Tua Akka. Kota Tua ini merupakan suatu wilayah atau kawasan perbatasan antara Palestina dengan Israel. Namun anda masih beresemoatan menemukan sejumalh warga Palesntina yang masih mempertahankan nilai nilai kultur dan budayanya.

Di Kawasan ini, anda bisa datang dan menikmati indahnya pesona laut Mediterania yang dikenal sebagai salah satu situs ota tertua yang dihuni oleh manusia di seluruh dunia. Jika dilihat dari nilai sejarah, lokasi ini dulunya merupakan suatu benteng pertahanan dari para pasukan Kerajaan Salib yang akhirnya direbut oleh kaisar Perancis atau Napoleon Bonaparte.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: wilayah perbatasan Israel-Palestina.

2. King David’s Tomb

King David’s Tomb
Image Credit: Google Maps Rafoel D. Davis

Tempat selanjutnya yang juga tidak kalah menarik yaitu kawasan King David’ Tomb. Wilayah atau kawasan ini lebih dikenal sebagai tempat peristirahatan terakhir dari Nabi Daud. Banyak hal yang bisa dilakukan ketika anda datang e King David’s Tomb ini, dimana salah satunya yaitu dengan mempelajari dan mengetahui berbagai lokasi bersejarah di negara ini.

Selain itu, ketika anda datang ke lokasi ini, anda juga bisa berziarah ke makam Nabi Daud dan memanjatkan doa. Hal ini banyak dilakukan oleh para wisatawan terutama yang beragama Islam. Tidak hanya umat Islam, tempat wisata ini juga bisa dikunjungi oleh siapapun tanpa terhalang ras, suku, agama, maupun lainnya.

BACA:  10 Makanan Khas Palestina yang Terkenal & Wajib Dicoba
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jerusalem, Israel.

3. Pantai Gaza

Pantai Gaza
Image Credit: Twitter M|Taufik|Hidayat

Untuk tempat selanjutnya, anda bisa mendatangi pantai Gaza yang berada di kawasan sekitaran jalur Gaza tepatnya. Di pantai ini, anda akan dapat menyaksikan pemandangan yang sangat indah dan biasanya dikenal sebagai salah satu destinasi wisata favorit di perbatasan Israel dan Palestina. Jangan lewatkan kesempatan untuk datang ke Pantai Favorit Gaza ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gaza, Palestina.

4. Bukit Zaitun

Bukit Zaitun
Image Credit: Google Maps Gert Brussaard

Bukit Palestina yang dikenal dengan sebutan bukit Zaitun ini merupakan kawasan pegunungan yang berada di bagian Timur dari Kota Yerusalem. Bukit ini memiliki 3 puncak yang tersebar dari wilayah utara sampai dengan selatan. Diberi julukan sebagai bukit zaitun dilatarbelakangi karena sebelumnya kawasan ini pernah menjadi pekarangan atau kebun zaitun.

Perkebunan tersebut berada tepat di lereng pegunungan. Dari beberapa puncak yang bisa ditemukan, anda akan dapat menuliskan sebuah puncak bukit yang tertinggi dengan nama At-Tur. Puncak ini berada pada ketinggian 818 meter dari permukaan laut. Selain itu, puncak bukit yang satu ini juga memiliki nilai sejarah yang berkaitan dengan agama islam, kristen dan Yahudi.

Seperti yang diketahui bahwa buah zaitun dan buah tin merupakan suatu tanaman yang disebutkan secara khusus di dalam Al-Qur’an. Buah tin dipercaya sebagai buah yang banyak memberikan manfaat bagi para umat muslim. Bahkan karena sangat istimewa nya, sampai dimasukan dalam bagian Al-Qur’an yaitu surah At-Tin yang didalamnya terdapat makna bahwa buah tin dan juga buah zaitun di sandingan untuk saling memberikan manfaat.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Yerusalem, Israel.

5. Kota Deir Ghassana

Kota Deir Ghassana
Image Credit: Google Maps Sara Sayej

Terletak di bagian utara Ramallah di tepi barat Sungai Yordan, Deir Ghassana adalah salah satu tujuan wisata yang menarik di Palestina. Di lokasi ini, wisatawan dapat menemukan rumah-rumah batu tua yang dibangun setelah abad ke-18. Setiap sudut rumah memiliki sumur kuno yang berfungsi sebagai reservoir air, minyak zaitun dan benih jika terjadi kelaparan dan perang.

Saat berkunjung ke tempat ini, wisatawan bisa menikmati kuliner khas negeri Islam ini. Jangan pernah lewatkan kesempatan untuk datang ke tempat wisata yang satu ini. Anda bisa datang bersama teman ataupun keluarga dan bisa berkeliling kota sembari menikmati berbagai jenis makanan khas Negeri Islam ini atau dikenal Palestina.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Palestina yang Paling Diburu Wisatawan
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dayr Ghasana, Palestina.

6. Masjid Al Aqsa

Masjid Al Aqsa
Image Credit: Google Maps Vengeful Guard of Navy Realm

Destinasi atau tempat wisata Asia Barat berikutnya yang tidak bisa dilewatkan yaitu dengan datang berkunjung ke Masjid Al-Aqsa.masjid ini merupakan suatu tempat suci agama islam yang digunakan untuk beribadah dan terletak di kawasan kompleks bangunana suci yang ada di Kota Lama Yerusalem. Kondisinya mungkin banyak mengalami perubahan.

Masjid ini dijadikan sebagai salah satu tempat wisata religi yang wajib untuk dikunjungi. Berdasarkan sejarah yang ada, masjid ini telah dibangun mulai dari tahun 705 Masehi dan merupakan suatu tempat yang juga dikenal sebagai lokasi terjadinya peristiwa Isra’ Mi’raj yang dialami oleh Rasulullah SAW untuk menerima perintah menjalankan Sholat dari Allah.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jerusalem, Israel.

7. Kota Tua Yerusalem

Kota Tua Yerusalem
Image Credit: Instagram Holyland Murah

Kota Tua Yerusalem adalah kota bersejarah yang menyimpan banyak bangunan bersejarah, museum sejarah, buku-buku tentang agama surgawi atau samawi Yerusalem. Keindahan kota paling baik dinikmati dengan berjalan kaki. Jika Anda belum pernah mengunjungi Kota Tua Yerusalem, Anda tidak dapat mengatakan bahwa Anda sedang mengunjungi Yerusalem.

Kota ini juga disebut Kota Suci, khususnya bagi agama Kristen dan Yudaisme atau Yahudi. Kota kuno ini juga dikatakan penting bagi Islam. Kota Yerusalem sering menyentuh hati umat Islam, Kristen dan Yahudi. Meski berbagai jenis perselisihan dan konflik membahas kota ini menurut agamanya, Islam, Kristen, dan Yahudi menghormati kota suci ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Yerusalem, Israel.

8. Dome Of The Rock

Dome Of The Rock
Image Credit: Google Maps Gezgindir

Berikutnya adalah kubah batu. Pembangunan masjid ini dilakukan oleh bin abd al-Malik atas nama ayahnya. Bangunan ini berada di tengah halaman Masjid Al-Aqsha. Pembangunannya memakan waktu sekitar empat tahun dan dikerjakan oleh arsitek dan arsitek dengan keahlian di bidangnya masing-masing. Anda bisa menemukan fakta tentang kubah batu.

Kubah batu dibangun menurut agama Islam. keberadaannya tersebut juga terkait dengan kasus isra mi’raj Nabi Muhammad SAW. Menurut Yudaisme, Kubah Batu percaya bahwa Nabi Ibrahim mengorbankan putranya Ishak. Rock Dome bukanlah sebuah masjid, melainkan sebuah batu karang yang membuktikan bahwa Nabi Muhammad isra’ mi’raj.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Palestina yang Paling Diburu Wisatawan
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jerusalem, Israel.

9. Kota Kuno Sebastian

Kota Kuno Sebastian
Image Credit: Google Maps Amira Alma-Quds

Sekali lagi, wisatawan dapat mengunjungi salah satu kota kuno terkenal Palestina lainnya yang disebut sebagai kota kuno Bastian dan terletak sekitar 12 km barat laut kota Nervus di tepi barat Sungai Yordan. Populasi kota ini adalah sekitar 4.500 dan itu adalah kota ini. Kota Ini adalah salah satu bukti peradaban dunia melalui sisa reruntuhan bangunan kuno.

Keindahan kota kuno Sebastian yang berdekatan dengan dua menara Yunani, reruntuhan Istana Samaria dan reruntuhan Gereja Bizantium, menjadikan kota ini sebagai pusat tujuan wisata sejarah yang sangat menarik. Di kota ini, wisatawan bisa mengunjungi Olive Garden yang menawarkan panorama indah. Datangi tempat ini untuk mengetahui berbagai bukti sejarah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sebastia, Palestina.

10. Masjid Abraham

Masjid Abraham
Image Credit: Google Maps Ariel Pollak

Selanjutnya anda bisa datang berkunjung ke Masjid Abraham. Sebagian orang pastinya belum pernah mendengar nama masjid ini sebelumnya. Meskipun begitu, masjid ini merupakan salah satu tempat yang menjadi favorit bagi para wisatawan terutama umat muslim. Berdasarkan sejarahnya, masjid Bawah ini merupakan masjid islam paling suci ke-4.

Berdasarkan cerita atau sejarahnya juga disebutkan bahwa banguan dari masjed ini dindingny dibangun tanpa menggunakan semen dan merupakan bangunan ibadah yang dibangun berkat bantuan dari jin. Terlepas dari benar atau tidaknya, anda tetap perlu melihat megahnya masjid satu ini yang dipenuhi dengan desain arsitektur klasik.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hebron, Palestina.

11. Istana Hisyam

Istana Hisyam
Image Credit: Google Maps Patrick Leung

Untuk objek wisata yang terakhir yang bisa dikunjungi yaitu Istana Hisyam. Kawasan wisata ini bisa dimanfaat sebagai spot untuk bisa mengabadikan momen jika anda pernah datang ke Palestina. Bangunan yang terdapat di Istana Hisyam ini sangat estetik dan dilengkapi dengan desain interior yang cantik serta eksterior kece di gurun pasir.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Palestina.

Itulah deretan destinasi wisata yang bisa anda kunjungi ketika datang ke Palestina. Banyak tempat menarik yang menyimpan sejarah sejak zaman Rasulullah SAW yang bisa ditemukan. Dengan melakukan wisata ke kawasan ini anda tidak hanya bisa bersenang-senang saja, tetapi juga bisa mendapatkan ilmu tambahan dan berbagai peninggalan sejarah.