Berlibur memang menjadi hal yang sangat menyenangkan. Apalagi saat Anda berada di Langkawi yang letaknya berdekatan dengan selat Malaka. Selain sebagai tempat wisata, disana juga menyuguhkan beberapa tempat makan yang dapat dinikmati oleh para pelancong.

Menu yang ditawarkan di tiap restonya sangat beragam dengan harga ramah di kantong. Makanan yang sering ditemui di daerah Langkawi yaitu olahan seafood yang diambil langsung dari air laut. Cita rasa yang unik mampu memanjakan perut pengunjung.

Lokasinya pun mudah dijangkau, karena banyak yang berada di pusat kota. Tak hanya itu, beberapa tempatnya juga menyediakan spot menarik untuk berfoto. Tidak heran jika banyak traveller dari berbagai penjuru dunia yang mengunjungi cafe dengan membawa kamera. Berikut daftar tempat makan enak di Langkawi yang wajib Anda kunjungi.

1. Restaurant Wan Thai

Restaurant Wan Thai
Image Credit: Google Maps Srila Supaporn

Berkunjung ke restaurant wan thai memang sangat menyenangkan. Makanan yang dihidangkan ada beragam yaitu tomyam, otak-otak, serta lompang. Rasanya sangat khas karena dibuat langsung oleh chef. Harganya bervariasi mulai dari Rp 50.000 untuk 1 porsi piring besar.

Menu andalan yang paling disukai di rumah makan ini adalah pulut durian dan mangga. Pada hari libur terlihat banyak pengunjung dari berbagai daerah menikmati kuliner disini. Tempatnya yang luas bisa menampung hingga 300 tamu. Tidak heran jika restaurant tersebut dijadikan sebagai kuliner keluarga.

Lokasi: Langkawi Mall Dundung Langkawi, Kuah, Malaysia.

2. Laksa Power

Laksa Power
Image Credit: Google Maps Abdul Muizz Zulkifli

Laksa power terletak di daerah Jalan Kuala Muda, Langkawi. Di dalamnya menyuguhkan pemandangan pantai yang elok dan menghadap ke arah bandara. Banyak menu yang ditawarkan disini, ada bihun sup, char kuey teow, laksa, dan rojak. Makanan yang terkenal di restaurant tentunya adalah laksa karena cita rasanya yang unik.

Diketahui laksa terbuat dari kaldu ikan yang disajikan dengan isian telur. Sedangkan rojak mahsuri terbuat dari bumbu kacang yang rasanya tidak kalah lezat. Semuanya dibrandol dengan harga ramah di kantong. Tempat makan ini biasanya juga digunakan sebagai spot melihat matahari terbenam atau sunset.

Lokasi: Jl. Kuala Muda, Langkawi, Kedah, Malaysia.

3. Restaurant Padang Pasir

Restaurant Padang Pasir
Image Credit: Google Maps Syed Arabi Mohamed Haja Mydin

Jika Anda ingin mencari restoran yang buka 24 jam di daerah Langkawi bisa datang ke restaurant padang pasir. Letaknya berada di pusat kota sehingga mudah untuk dicari. Tersedia tempat outdoor dan indoor sehingga dapat menampung banyak pembeli. Karyawannya pun lebih dari 1 orang karena memang warung makan tersebut begitu ramai.

Menu yang disediakan mulai dari chapati, roti canai, roti paratha, serta aneka minuman. Biasanya yang sering datang kesini adalah orang India. Menu yang paling diincar oleh para pelancong yaitu apom dan nasi kandar. Apalagi saat dihidangkan masih panas, akan terasa begitu lezat.

Lokasi: Jl. Padang Matsirat Kuah, Langkawi, Kedah, Malaysia.

4. Unkaizan Japanese Restaurant Langkawi

Unkaizan Japanese Restaurant Langkawi
Image Credit: Google Maps Joe Soh

Kedai makan Jepang Unkaizan menghidangkan menu yang kebanyakan berbahan dasar ikan. Kualitas ikan yang dipilih berkualitas tinggi dan masih segar. Saat hari biasa maupun hari libur tampak dipadati oleh traveller dari berbagai daerah. Terdapat makanan sushi, sup miso, dan tiram bakar yang harganya lumayan murah.

Restaurantnya dikelilingi dengan pemandangan yang masih alami berupa pohon hijau. Tempat duduknya terbuat dari kayu berwarna cokelat yang menambah keestetikan kedainya. Udaranya begiu sejuk cocok digunakan untuk bersantai melepas penat.

Lokasi: Jl.Pantai Tengah, Langkawi, Kedah, Malaysia.

5. Kaki Gunung Cafe

Kaki Gunung Cafe
Image Credit: Google Maps Ahmad Sufian Abdul Rahman

Kaki gunung cafe biasa dikenal dengan makanan Arab. Hal ini karena disana menyediakan nasi kabuli khas Arab yang sangat lezat. Lokasinya berdekatan dengan lafarge Langkawi plant yang berjarak hanya 10 menit. Dahulu tempat makan ini hanya sebuah gerai kecil di pinggir jalan, namun lambat laun usahanya berkembang sehingga menjadi cafe.

Tarif harganya bervariasi tergantung dari pilihan menu yang dipesan. Porsi makanan yang ditawarkan sangat besar mampu dinikmati oleh 3-4 orang. Sebagai pencuci mulut, wisatawan dapat mencoba shake kelapa yang begitu segar.

Lokasi: Jl. Ulu Melaka, Langkawi, Kedah, Malaysia.

6. HBL Food Corner

HBL Food Corner
Image Credit: Google Maps Abdul Hamid AHA

Restaurant HBL food corner menawarkan masakan yang tidak kalah enaknya dengan warung makan lainnya. Meskipun tempatnya tidak begitu luas, namun dijamin makanannya enak. Ada bermacam-macam masakan mulai dari ikan bakar, plecing sayur, kari ayam, dan masih banyak lagi. Sembari menikmati kuliner, pengunjung juga dapat melihat gunung raya yang menghadap ke arah warung ini.

Jam bukanya sendiri mulai dari pagi, sehingga Anda yang ingin mencari sarapan bisa datang kesini. Saat pagi hari tempatnya nampak dipadati oleh pembeli dari berbagai daerah. Maka dari itu disarankan Anda datang mulai awal agar tidak kehabisan menunya.

Lokasi: Kampung Lubok Dalam, Langkawi, Kedah, Malaysia.

7. Pia’s The Padi

Pia’s The Padi
Image Credit: Google Maps Bill Huffman

Di warung makan ini para pelancong akan dibuat nyaman dengan suasananya. Dari depan arsitekturnya terlihat unik dengan perpaduan desain klasik dan modern. Selain itu banyak hidangan yang dapat Anda coba untuk memanjakan perut. Tempatnya tidak hanya menyediakan masakan melayu saja, tetapi juga ada masakan barat dan India.

Menu yang ditawarkan yaitu ayam masak kurma, steak ikan, pasta, dan ayam keju. Rasanya sendiri begitu khas dengan bumbu yang pekat. Dagingnya sangat empuk karena dimasak beberapa jam. Traveller yang ada di daerah Langkawi jangan lupa mampir untuk mencicipi kuliner di pia’s the padi.

Lokasi: Jl. Ulu Melaka, Kampung Padang Gaong, Langkawi, Kedah, Malaysia.

8. Restaurant Orkid Ria

Restaurant Orkid Ria
Image Credit: Google Maps p takashi

Restaurant orkid ria yang menghadap ke arah pantai cenang memang menjadi incaran banyak orang. Disana menyuguhkan masakan seafood yang diambil langsung dari air laut. Terdapat udang goreng, gurame asam manis, kepiting, dan ikan bakar. Seafood ini diolah sedemikian rupa untuk menghasilkan rasa yang enak.

Dari depan tampak lampion serta tulisan Cina yang bercorak warna merah. Tempat duduknya juga sangat luas, ada yang di dalam dan luar ruangan. Selain mencicipi makanannya, Anda bisa pula berfoto di sekitar areanya karena banyak spot menarik.

Lokasi: Pantai Cenang, Mukim Kedawang, Langkawi, Kedah, Malaysia.

9. The Kasbah

The Kasbah
Image Credit: Google Maps Adrian Smith

Lokasi the kasbah diketahui lumayan jauh dari pusat kota karena terletak di daerah tersembunyi. Meskipun demikian, hal tersebut tidak menyurutkan minat wisatawan untuk datang ke restaurant ini. Arsitekturnya begitu unik karena desainnya dari kayu yang terlihat tradisional.

Selain itu terdapat pula pohon palem yang melengkapi resto the kasbah. Salah satu makanan yang wajib dicicipi saat kesini yaitu phat boy cheese atau burger keju. Saat jam tertentu biasanya akan ada live musik yang akan menemani pengunjung.

Lokasi: Lorong HJ Salleh Lot, Kampung Bohor Tempoyak, Langkawi, Kedah, Malaysia.

10. Kak Yan Nasi Campur Langkawi

Kak Yan Nasi Campur Langkawi
Image Credit: Google Maps László J

Bagi traveller yang ingin mencoba makanan kaki lima dengan rasa lezat dapat mengunjungi kak yan nasi campur Langkawi. Tarif harganya sangat murah mulai dari Rp 15.000 saja. Menu yang disajikan sangat banyak, kurang lebih ada 50 makanan.

Anda yang ingin kesini bisa langsung ke arah Jalan Ulu Melaka, Kampung Padang Gaong. Jam bukanya sendiri mulai pukul 10 pagi hingga malam. Tempatnya yang sangat luas cocok untuk dijadikan kuliner bersama keluarga.

Lokasi: Jl. Ulu Melaka, Kampung Padang Gaong, Langkawi, Kedah, Malaysia.

11. Selera Lubuk Buaya

Selera Lubuk Buaya
Image Credit: Google Maps reira gress

Kedai makan yang berada di dekat pantai cenang salah satunya adalah selera lubuk buaya. Warung makan ini dikenal dengan harganya yang ramah di kantong. Menunya ada mie, mujaer bakar, cumi-cumi, serta aneka jus buah.

Saat malam hari tempatnya begitu ramai dipadati konsumen. Terlihat banyak orang yang mengajak kerabat saat makan di resto ini. Usai menikmati kuliner, Anda dapat langsung menuju pantai cenang untuk melihat keelokannya.

Lokasi: Kg Padang Puteh, Langkawi, Kedah, Malaysia.

12. Jai Island Cafe

Jai Island Cafe
Image Credit: Google Maps Azrol Ridzuan

Berkunjung ke jay island cafe menjadi hal yang tidak boleh terlewatkan saat ke Langkawi. Jam bukanya mulai dari sore hingga petang. Disini menyediakan masakan kampung, western, dan thai. Biasanya kalangan anak muda banyak yang sekedar nongkrong di cafe tersebut sambil menikmati kuliner saat malam hari.

Lokasi: Jl. Padang Matsirat, Kampung Pokok Asam, Langkawi, Kedah, Malaysia.

13. Nasi Dagang Pak Malau

Nasi Dagang Pak Malau
Image Credit: Google Maps Road2Rod

Wisatawan yang ingin mencoba masakan nasi dagang khas Terengganu dapat mampir ke rumah makan Pak Malau. Alamatnya ada di Jalan Makam Mahsuri, Kampung Mawar, Langkawi. Disarankan datang saat hari rabu sampai senin, karena pada hari selasa warungnya tutup. Kalau soal harga dijamin tidak menguras kantong.

Lokasi: Jl. Makam Mahsuri, Kampung Mawar, Langkawi, Kedah, Malaysia.

14. Yellow Café

Yellow Café
Image Credit: Google Maps Siew Ying Chong

Cafe ini terlihat unik karena tempatnya bernuansa kuning di setiap sudutnya. Letaknya tidak jauh dari pantai cenang hanya berjak beberapa menit saja. Kebanyakan makanan yang dijual adalah masakan barat yang disajikan dengan cita rasa khas.

Tempatnya yang luas menjadi incaran kalangan muda untuk menikmati suasana pantai dengan mencicipi hidangan. Tak hanya itu, banyak spot yang dijadikan background foto. Maka dari itu jangan lupa untuk membawa kamera atau smartphone saat berkunjung ke yellow cafe.

Lokasi: Jl. Pantai Tengah, Langkawi, Kedah, Malaysia.

15. Desa Permata Ikan Bakar

Desa Permata Ikan Bakar
Image Credit: Google Maps Mazlan

Seperti nama kedainya, menu andalan di tempat ini yaitu ikan bakarnya. Selain itu ada pula seafood bakar seperti kepiting, lobster, dan udang yang disajikan dengan saos. Harganya mulai dari Rp 30.000 untuk 1 porsi makan. Semua seafood yang dijual masih fresh yang menjadikannya sangat lezat saat dilahap.

Lokasi: Gerai Taman Desa Permata, Langkawi, Kuah, Kedah, Malaysia.

Demikian beberapa daftar tempat makan di Langkawi, Malaysia yang dapat Anda kunjungi. Harganya yang ramah di kantong dan cita rasanya yang enak akan membuat pengunjung merasa senang. Ajak keluarga atau kerabat untuk berkunjung ke salah satu restaurant yang ada.