Bhutan yang berada dalam kawasan Himalaya terkenal sebagai negara yang paling bahagia. Dikelilingi dengan Himalaya juga pegunungan tinggi lain serta dataran. Negara yang berbatasan langsung dengan India juga Cina ini ternyata menyimpan banyak wisata. anda bisa mengunjungi tempat wisata di Bhutan yang sangat cantik.

Berbagai destinasi tersebut akan memberikan pengalaman liburan yang tidak terlupakan begitu saja. Terutama untuk anda yang memang suka dengan destinasi yang memacu adrenalin. Mengingat medan yang dimilikinya terjal dengan pemandangan alam yang mengagumkan. Bhutan juga menawarkan tempat-tempat romantis yang bisa jadi tujuan wisata.

1. Museum Nasional Bhutan

Museum Nasional Bhutan
Image Credit: Google Maps Sanjay Kamath

Untuk anda yang ingin mendapatkan pengalaman serta pengetahuan, maka museum bisa jadi tujuan. Bhutan memiliki Museum Nasional yang sudah dibangun dari tahun 1968. Pembangunan museum sendiri difungsikan untuk memamerkan seni dari Bhutan. Bangunannya begitu ikonik dan sangat instagramable.

Setelah anda masuk ke dalam, anda bisa menemukan sekitar 3000 mahakarya dari patung kuno sampai dengan lukisan kontemporer. Museum indah di Bhutan juga menawarkan lebih dari 1500 tahun warisan budaya. Tidak jarang di tempat wisata ini juga diadakan upacara trian. Ketika malam hari anda akan mendapatkan foto yang cantik.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Paro, Bhutan.

2. Tashichho Dzong

Tashichho Dzong
Image Credit: Google Maps Atikur Rahman

Dari tahun 1952, Tashichho Dzong merupakan pusat politing yang begitu penting di Bhutan. Untuk wisatanya sendiri berupa biara juga benteng Buddha yang begitu unik. Menjelajah bangunan yang unik ini, anda akan mengetahui ruang singgasana juga kantor raja. Walaupun sudah mengalami renovasi arena terjadi kebakaran bangunannya tetap unik.

Lokasinya yang juga strategis dikelilingi dengan halaman rumput yang luas. Anda juga akan menemukan taman yang dipenuhi berbagai jenis bunga berwarna warni. Bangunan Tashichho Dzong juga memiliki rancangan kertas ketika restorasi yang terakhir. Pesonanya membuat wisata andalan Bhutan ini tidak boleh anda lewatkan begitu saja.

Harga Tiket: NU 300; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tashichho Dzong, Chhagchhen Lam, Thimphu, Bhutan.

3. Dochula Pass

Dochula Pass
Image Credit: Google Maps Thegchog Dorje

Jika anda ingin berkeliling dengan sepeda motor, maka destinasi hits di Bhutan ini adalah yang paling pas. Karena lokasinya berada di ketinggian 3100 meter dan butuh perjalanan yang cukup panjang. Namun selama perjalanan anda akan dibuat terpesona. Belum lagi saat ini fasilitas untuk pelancong seperti cafe juga restoran sudah memadai.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dochula, Bhutan.

4. Museum Pos Bhutan

Museum Pos Bhutan
Image Credit: Google Maps Ramakrishnan Ramanathan

Selain Museum Nasional, anda juga harus singgah di Museum Pos Bhutan. Seperti namanya, anda akan bertemu dengan berbagai artefak juga perangko yang unik. Anda akan diajak untuk mengenal lebih dalam sejarah Bhutan juga perjalanan pos yang ada di negara cantik ini. Museum ini lebih menekankan pada tradisi juga budaya Bhutan.

Sehingga pengunjung akan lebih mengenal negara yang penduduknya panjang umur ini. Semuanya tergambar pada gambar juga cetakan prangko. Banyak yang bisa dipelajari oleh wisatawan, mulai dari teknologi pos, cara berkomunikasi sampai informasi tentang raja-raja Bhutan. Yang jelas, Museum Pos Bhutan adalah surga bagi para filatelis.

Harga Tiket: NU 250; Map: Cek Lokasi
Alamat: Thimphu, Bhutan.

5. Ngang Lakhang

Ngang Lakhang
Image Credit: Google Maps Bjoern M

Tidak hanya populer, tempat wisata Ngang Lakhang juga menjadi tempat suci yang begitu memukau. Berada dalam kawasan kota Bhumtang, anda sebaiknya tidak melewatkan saat sedang di Bhutan. Pemandangan yang disuguhkan akan memanjakan penglihatan anda. Apalagi lokasinya juga berdekatan dengan beberapa destinasi lainnya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Naspe, Bhutan.

6. Biara Takstang

Biara Takstang
Image Credit: Google Maps bookingMentor

Menginjakkan kaki di Bhutan tidak lengkap rasanya jika tidak singgah di Paro Taktsang. Merupakan biara dari Guru Rinpoche, menjadikan wisata indah ini adalah tempat yang suci. Panorama sekitarnya juga tidak akan membuat anda kecewa. Anda bisa menikmati panorama lembah indah dan juga bisa menantang adrenalin karena treknya.

Ketika menuju biara, anda akan menaiki pegunungan yang diibaratkan sebagai punggung harimau untuk menghalau iblis. Inilah mengapa banyak yang percaya jika Guru Rinpoche merupakan Buddha yang kedua. Destinasi wisata yang paling religius ini berada di tebing dengan hutan yang rimbun. Jika ingin datang harus menggunakan pemandu.

Harga Tiket: NU 500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Taktsang trail BT, Taktsang trail, Paro, Bhutan.

7. Lhuentse

Lhuentse
Image Credit: Google Maps Deam Deul

Jika anda ingin merasakan suasana pedesaan yang kental, maka anda harus singgah di Lhuenstse. Destinasi kondang satu ini merupakan tempat yang tidak tersentuh akan perkotaan. Sehingga keindahan ataupun budayanya masih sangat murni. Bagi keluarga kerajaan, Lhuenste merupakan tempat yang begitu penting dan memiliki sejarah tersendiri.

Karena menjadi rumah leluhur dari keluarga kerajaan. Ketika singgah di Lhuenste anda bisa menikmati udara yang begitu sejuk dengan pemandangan pegunungan hijau menawan. Yang paling menjadi highlight adalah distrik Lhuentse Zhong yang lokasinya di tepi Sungai Kuri. Wisatawan harus melewati jembatan gantung yang menghubungkan Dzongs dan Chortens.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lhuntshi, Distrik Lhuntse eponymous, Bhutan.

8. Chele La Pass

Chele La Pass
Image Credit: Google Maps Sourav Das

Objek wisata yang berikutnya adalah Chele Le Pass. Terletak di ketinggian sekitar 3989 mdpl, wisata hits Bhutan ini menjadi jalur paling tinggi. Tetapi masih bisa diakses oleh kendaraan, inilah yang membuatnya tidak pernah sepi pengunjung. Rasanya anda sedang berada di atas hutan perawan Lembah Haa.

Dari atas ketinggian, anda bisa menikmati panorama hutan yang lebar, air terjun juga lembah pegunungan yang membuat anda terpesona. Sepanjang perjalanan anda akan melewati sungai berkelok, hutan lebat juga air terjun. Begitu tiba, anda juga akan menemukan ratusan tiang dengan bendera doa yang dipercaya untuk menakuti roh jahat dan setan.

Harga Tiket: NU 300; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bhutan.

9. Lembah Haa

Lembah Haa
Image Credit: Google Maps Ashish Kumar Tiwari

Dikenal dengan distrik paling di Bhutan, tempat wisata di Bhutan ini tidak akan membuat anda kecewa. Dikenal juga dengan nama Dzongkhag yang menjadi lembah paling indah. Anda bisa berjalan kaki ditemani dengan pesona hutan dan sungai yang indah. Menariknya di Lembah Haa juga bisa menemukan bunga Poppy Biru yang warnanya krem.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Distrik Paro, Chhukha, Samtse, Bhutan.

10. Thimphu

Thimphu
Image Credit: Google Maps Abhinav Gogia

Ketika berada di Bhutan jangan sampai anda melewatkan Thimphu. Kota di Bhutan ini termasuk kota ternama yang juga menjadi ibu kota negara. Anda bisa menemukan banyak bangunan kuno dengan sejarah serta dikelilingi bukit hijau. Salah satu spot yang paling terkenal adalah Memorial Chorten, stupa yang sudah berdiri sejak tahun 1974.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Distrik Thimphu, Bhutan.

11. Druk Path

Druk Path
Image Credit: Google Maps Manoj Manghnani

Druk Path adalah salah satu objek wisata di negara ini yang paling cocok untuk anda yang suka mendaki. Jalur pendakian legendaris ini memang menawarkan pesona yang membuat siapapun jatuh hati. Anda juga akan melihat megahnya jalur Snowman dan pegunungan tinggi menjulang. Tidak ketinggalan, Danau Alpen yang jernih juga bisa anda lalui.

Harga Tiket: NU 18.423; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dechhen Lam, Thimphu, Bhutan.

12. Mount Jomolhari

Mount Jomolhari
Image Credit: Google Maps JEEVAANANTHAM S P

Gunung megah dengan ketinggian sekitar 7326 mdpl ini memang berada di Tibet, tetapi juga bisa didaki dari Bhutan. Surga para pendaki ini puncaknya memiliki salju putih yang akan membuat siapapun jatuh hati. Untuk sampai di puncak butuh waktu panjang sekitar 1 minggu. Namun semua kerja keras akan terbayar lunas dengan panorama yang disuguhkan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jangothang, Bhutan.

13. Jembatan Gantung Punakha

Jembatan Gantung Punakha
Image Credit: Google Maps Sumaya Sharveen

Objek wisata populer yang juga sayang dilewatkan adalah Jembatan Gantung Punakha, Jembatan gantung yang membentang di atas Sungai Po Chhu ini adalah jembatan paling panjang di Bhutan. Panjangnya sekitar 160 meter yang akan menghubungkan antara Punakha Dzong dan juga Kota Punakha. Pemandangan sekitarnya akan siap memanjakan anda.

Banyak wisatawan yang sengaja menantang adrenalin dengan cara menyeberanginya. Di bawahnya sungai Po Chu terlihat begitu jernih dengan warna air kebiru biruan. Tempat ini adalah tujuan paling populer bagi fotografer. Berjalan kaki menyeberangi jembatan gantung ini juga akan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Punakha, Bhutan.

14. Taman Nasional Jigme Dorji

Taman Nasional Jigme Dorji
Image Credit: Google Maps Alex Scherz

Perjalanan anda menjelajah Bhutan masih belum akan berakhir. Taman Nasional Jigme Dorji harus anda kunjungi karena menawarkan pesona luar biasa. Hutan belantara yang tidak terjamah ini melindungi berbagai hewan langka Bhutan. Setidaknya ada lebih dari 37 spesies dengan luas area lebih 4300 km persegi. Berada di daerah yang tinggi beberapa diselimuti salju.

Ketinggiannya berkisar anatara 1400 mdpl dan 7000 mdpl. Taman Nasional yang kaya akan berbagai flora dan fauna menjadi tempat wisata menarik yang sayang jika diabaikan. Bukan hanya itu pengunjung juga akan merasakan pengalam spirutual yang kental. Jika beruntung anda bisa bertemu dengan spesies spesies langka di sini.

Harga Tiket: NU 150; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gasa, Bhutan.

15. Trongsa

Trongsa
Image Credit: Google Maps Yatara Adventure

Trongsa mungkin akan menjadi penutup perjalanan yang luar biasa. Perlu menempuh jarak sekitar 200 km dari ibu kota Bhutan dan anda akan disuguhkan dengan warisan sejarah yang melimpah. Di kota ini anda akan dimanjakan dengan ornamen dan gaya arsitektur yang menawan. Destinasi wisata ini juga begitu hijau juga asri.

Harga Tiket: NU 150; Map: Cek Lokasi
Alamat: Trongsa, Distrik Trongsa, Bhutan tengah.

Mengelilingi Bhutan mungkin akan membuat anda ingin kembali lagi suatu hari nanti. Mengingat ada banyak pesona alam yang siap membuat anda jatuh hati. Pegunungan tinggi dengan salju, panorama hijau serta udara yang sejuk pasti membuat liburan menyenangkan. Belum lagi Bhutan juga menawarkan wisata kuliner yang memanjakan indera perasa.