Bhutan adalah salah satu negara yang ada di wilayah Asia Selatan. Negara yang kecil ini memang dikenal mampu memberikan kesejahteraan hidup bagi masyarakatnya. Tidak hanya itu saja, alam yang ada di negara ini pun masih terjaga kelestariannya. Untuk itu, tidak mengherankan dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang.

Bagi anda yang ingin berjalan jalan kesini, bisa diawali dengan ibukotanya. Thimphu yang merupakan ibu kota dari negara Bhutan memang memiliki destinasi yang tak kalah indahnya. Mulai dari museum hingga destinasi menarik lainnya bisa anda kunjungi. Berikut rekomendasi tempat wisata populer di Thimphu Bhutan yang bisa anda jelajahi.

1. National Institute for Zorig Chusum

National Institute for Zorig Chusum
Image Credit: Google Maps P KUMAR

Destinasi pertama yang bisa dikunjungi adalah National Institute for Zorig Chusum. Berada disini, anda pun akan bisa mengikuti berbagai macam kelas yang tersedia. Sekitar 13 jenis kursus yang berkaitan dengan seni tradisional Bhutan diselenggarakan di museum tersebut.

Jika anda merupakan salah satu orang yang tertarik dengan karya seni dan ingin mempelajarinya, maka liburan ke Bhutan akan menyenangkan jika menghabiskannya di National Institute for Zorig Chusum. Anda akan diajarkan membuat karya seni khas Bhutan secara langsung dari ahlinya.

Ada beberapa kerajinan yang bisa anda lakukan dan pelajari sewaktu berada di Museum. Diantaranya adalah kursus membuat patung, menyulam, mengukir kayu, membuat lukisan furniture hingga membuat lukisan religious bisa anda lakukan. Bahkan karya para siswa yang mengikuti kursus pun akan bisa dijual di museum yang ada di ibukota Bhutan ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Thimphu, Bhutan.

2. National Library of Bhutan

National Library of Bhutan
Image Credit: Google Maps Guruprasad S

Tempat menarik di Thimphu selanjutnya adalah National Library of Bhutan. Berada disini, anda pun akan disuguhkan dengan arsitektur bangunannya yang khas dan terlihat ikonik. Hal yang membuat museum ini terlihat unik adalah jendelanya yang berwarna coklat dengan bentuk yang berbeda. Didominasi dengan warna putih, ketika berkunjung kesini anda pun bisa berfoto di depan museum.

Hal menarik yang ada di perpustakaan nasional ini adalah semua koleksi buku yang ada di National Library of Bhutan ini terbuat dari kertas buatan. Dimana untuk proses pembuatannya sendiri memang telah diawetkan dengan cara yaitu diletakkan di antara potongan kayu ataupun dibungkus dengan menggunakan kain sutra.

BACA:  15 Tempat Wisata Menarik di Bhutan Buat Liburan

Tujuan didirikannya perpustakaan nasional yang ada di Bhutan ini adalah untuk melestarikan teks teks kuno yang ada di negara ini. Untuk itu, jika anda penasaran akan koleksi buku buku yang tersimpan di perpustakaan ini, maka National Library of Bhutan bisa menjadi agenda berikutnya yang bisa anda kunjungi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: PO Box, Pedzoe Lam, Thimphu, Bhutan.

3. Dechen Phodrang

Dechen Phodrang
Image Credit: Google Maps Thegchog Dorje

Berikutnya, anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Dechen Phodrang. Memasuki kawasan Asia Selatan anda pun akan disuguhkan dengan bangunan khas Bhutan lengkap dengan latar belakang berupa pegunungan yang indah. Lokasinya yang masih sangat asri ini membuat anda betah untuk berjalan jalan di kawasan yang menakjubkan ini.

Sebelum dijadikan untuk sekolah negeri, dulunya Dechen Phodrang adalah salah satu situs Thimpu Dzong yang asli. Dimana di kapel ini, anda pun akan bisa menemukan mural dan juga lukisan yang telah berusia lebih dari 800 tahun. Namun, anda pun sekarang juga masih bisa melihat bangunannya dan mengabadikan momen di sekitar wisata ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Thimphu, Bhutan.

4. Motithang Takin Preserve

Motithang Takin Preserve
Image Credit: Google Maps Abinesh Sreenivasan

Motithang Takin Preserve menjadi tempat wisata populer yang juga menarik Anda kunjungi. Apabila anda ingin berwisata di destinasi alam terbuka dengan panorama yang hijau dan suasana yang sejuk, anda bisa saja untuk langsung taman ke tempat ini. Disini, anda pun akan disuguhkan dengan hewan nasional khas Bhutan.

Tidak perlu khawatir, sebab hewan yang ada di Motithang Takin Preserve ini telah dijinakkan. Namun, jika anda berkunjung kesini akankah lebih baik jika tetap didampingi oleh pengelola atau pihak yang berwenang. Anda pun bisa merasakan healing sejenak di tempat terbuka sembari melihat hewan hewan yang berlarian.

Harga Tiket: NU 300; Map: Cek Lokasi
Alamat: Thimpu, Motithang, Bhutan.

6. National Memorial Chorten

National Memorial Chorten
Image Credit: Google Maps Bellal Hossen

Apabila anda tertarik dengan budaya dan religi, ketika mengunjungi Thimphu wajib mampir ke National Memorial Chorten. Salah satu objek wisata di Thimphu yang merupakan tempat ibadah yang digunakan sehari hari oleh masyarakat setempat.

Sesampainya disini, anda pun akan disuguhkan dengan bangunan arsitektur yang bergaya khas Tibet. Hal tersebut ditandai dengan dinding yang memiliki cat putih serta atap yang berjenjang berwarna keemasan. Dengan arsitektur yang apik dan sangat khas tersebut, tidak heran banyak pengunjung yang mengabadikan foot disini.

BACA:  10 Makanan Khas Bhutan yang Terkenal & Wajib Dicoba

Selain itu, pemandangan yang menjadi latar belakang wisata tersebut sangat lah apik. Sejauh mata memandang, anda pun akan disuguhkan dengan bukit yang berwarna hijau. Perpaduan bangunan arsitektur yang khas dengan latar belakang alam yang indah, tentu saja akan bagus apabila diunggah di sosial media. Di dalam tempat tersebut, anda akan bisa menemukan mural dan mandala yang indah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Chhoten Lam, Thimphu, Bhutan.

7. Tango Goemba

Tango Goemba
Image Credit: Google Maps Dream Traveler

Tango Goemba adalah salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Untuk bisa sampai ke kuil ini, anda pun diharuskan mendaki bukit yakni dengan waktu sekitar empat puluh lima menit. Tidak perlu khawatir akan rasa lelah yang anda alami. Sebab, semuanya akan bisa terbayarkan sesampainya di destinasi ini.

Kuil yang didirikan oleh Phajo Drugom Shigpo ini telah mengalami renovasi yang lebih besar di tahun 1688. Anda pun akan bisa menemukan bangunan yang indah dan sangat khas lengkap dengan arsitektur khas Bhutan sewaktu melihat Tango Goemba. Bangunan ini merupakan pusat studi agama Budha yang ada di Thimphu.

Berada disini, anda akan menemukan gua untuk bermeditasi, kapel dan juga kristal yang berasal dari Tibet, yang mana digunakan untuk meditasi. Selain itu, anda pun akan dibuat takjub dengan pemandangan yang ada di kuil ini sendiri. Sebab, bangunan tersebut terletak di tepi sungai yang jernih.

Anda pun akan bisa melihat bukit yang berwarna hijau sebagai latar belakang kuil. Apabila anda melihat dari sisi sebrang, maka anda pun akan mendapatkan pemandangan berupa kuil dengan arsitektur yang khas, bukit yang megah dan sungai yang jernih menjadi satu dalam bingkai yang tidak boleh anda lewatkan begitu saja.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dotanang, Bhutan.

8. Changangkha Lhakhang

Changangkha Lhakhang
Image Credit: Google Maps Nidup Dorji

Destinasi wisata yang hits di Thimphu berikutnya adalah Changangkha Lhakhang. Destinasi religi berupa kuil agama Budha ini memang kerap kali dikunjungi bagi orang tua yang ingin mendapatkan berkah atas kelahiran anak mereka. Sehingga, kuil ini masih digunakan dan aktif dipakai sebagai tempat untuk berdoa.

Jika anda melihat dari dekat, interior pada bangunan kuil ini anda pun akan mendapati adanya hiasan berupa mural yang unik. Mural tersebut menggambarkan kisah yang berbeda beda. Sehingga menjadi objek yang menarik bagi wisatawan yang datang berkunjung. Untuk anda yang berada di Thimphu, tidak ada salahnya mengunjungi Changangkha Lhakhang.

BACA:  15 Tempat Wisata Menarik di Bhutan Buat Liburan
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Changangkha Lhakhang Footpath, Thimphu, Bhutan.

9. Trashi Chho Dzong

Trashi Chho Dzong
Image Credit: Google Maps Pem Tshering

Trashi Chho Dzong menjadi tempat menarik berikutnya yang bisa anda sambangi. Destinasi wisata ini memang memiliki kemegahan tersendiri. Mengingat Trashi Chho Dzong adalah sebuah benteng yang cukup terkenal di kawasan negara Bhutan. Disini, anda pun akan bisa menemukan benteng dengan kombinasi warna yakni merah, emas dan putih yang berdiri dengan megah.

Keunikan dari bangunan ini juga terlihat dari atapnya yang sangat khas yakni berjenjang. Anda pun bisa berfoto dengan latar belakang bangunan tersebut. Area depannya yang cukup luas, memang menjadi lokasi yang pas untuk digunakan mengambil gambar secara beramai ramai. Di benteng ini, biasanya diadakan festival tahunan yakni Tsechu yang terbesar.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tashichho Dzong, Chhagchhen Lam, Thimphu, Bhutan.

10. Jomolhari

Mount Jomolhari
Image Credit: Google Maps Jeevaanantham S P

Destinasi alam berikutnya yang bisa anda jelajahi adalah Jomolhari. Bagi anda yang ingin melihat indahnya pemandangan berupa pegunungan yang puncaknya tertutup dengan salju, wisata ini memang bisa menjadi alternatif pilihan. Anda juga akan melihat desa desa tradisional mengelilingi kawasan yang indah dan masih sangat asri ini.

Selain itu, bukan hanya jenis flora dan fauna yang menakjubkan yang Anda temukan, tetapi makanan khas Bhutan juga bisa dengan mudah untuk anda temukan di Jomolhari. Destinasi alam yang indah ini bisa menjadi penutup dari rangkaian jalan-jalan anda selama berada di Thimphu. Sebab, keindahan yang ada di Jomolhari akan membuat anda rileks dan betah. Suasananya yang juga sangat sejuk menjadi nilai tambah dari tempat wisata alam ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jangothang, Bhutan.

Itulah beberapa tempat wisata yang bisa anda kunjungi sewaktu berlibur di Thimphu yang merupakan ibukota dari Bhutan. Wisata yang ada di ibukota tersebut memang identik dengan kuil, museum dan bangunan bangunan arsitektur khas Bhutan yang indah. Anda pun bisa menjelajah kawasan ibukota tersebut dengan keluarga, dan jangan lupa abadikan dengan mengambil foto di lokasi yang memang sangat mengagumkan ini.