Hanoi merupakan salah satu tujuan wisata yang sangat menarik. Ibukota Vietnam ini memang memiliki keistimewaannya sehingga membuat para pelancong betah mengeksplorasi setiap sudut kota dengan segala keunikannya. Meskipun termasuk kota besar dan sudah modern, namun suasana pedesaan dapat dirasakan dengan orang-orang yang ramah terhadap turis asing.

Peradaban Hanoi juga sudah ada sejak 1000 tahun silam, semenjak zaman Benteng Than Long. Karena itulah kota ini menjadi pusat kebudayaan terbesar di Vietnam. Dengan perpaduan empat budaya yang berbeda, yaitu budaya Buddhisme, suasana pedesaan, arsitektur Prancis, serta adat istiadat yang masih kental membuat Hanoi menjadi kota yang sangat unik.

Kebudayaan dan keunikan kota ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri, selain itu Hanoi juga memiliki beragam tempat menarik yang dapat dikunjungi untuk berlibur. Selain destinasi yang kental dengan budayanya, juga banyak destinasi wisata alam, wisata kuliner, pusat perbelanjaan, dan lainnya. Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata hits di Hanoi yang menarik dikunjungi.

1. Imperial Enclosure

Imperial Enclosure
Image Credit: Google Maps min

Imperial Enclosure merupakan sebuah bangunan benteng, sebelumnya merupakan perumahan sebagai tempat tinggal kaisar Vietnam. Terdapat kuil, istana, juga bangunan utama. Beberapa di antaranya sudah rusak akibat perang Prancis dan Amerika. Hanya ada 20 bangunan saja di dalam benteng ini yang dapat diselamatkan.

Destinasi wisata yang juga terkenal dengan sebutan Hoang Thanh ini sendiri tidak hanya menarik dari segi sejarahnya saja, namun juga bentuk bangunannya terutama pada pintu gerbang. Memiliki empat buah gerbang yaitu Hoa Binh, Ngo Mon, Hien Nhon, dan Chuong Duc. Dari keempat gerbang ini, Ngo Mon menjadi pintu utama yang bisa dilalui oleh raja-raja.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hoang Dieu, Dien Ban, Ba Dinh, Ha Noi, Vietnam.

2. Temple of Literature

Temple of Literature
Image Credit: Google Maps 林心纯

Temple of Literature juga dikenal dengan nama Imperial College, saat ini juga menjadi universitas paling tua dan yang pertama berdiri di Vietnam. Pada awal pembangunannya, Temple of Literature ini merupakan tempat belajar bagi putra mahkota serta menjadi tempat ibadah Konfucu. Kuil ini memiliki arsitektur tradisional dari Vietnam juga menyimpan sastra lama yang langka.

Arsitektur dari kuil yang berada di dalam universitas ini mendapat apresiasi dan penghormatan dari tokoh-tokoh sastra dunia. Selain bangunan kuil, sastrawan juga dapat menikmati kolam yang disebut kolam surgawi. Destinasi wisata yang berada di Jl. Van Mieu Street ini dibangun pada tahun 1076, di dalamnya juga terdapat patung-patung yang menjadi daya tarik tersendiri.

Harga Tiket: VDN 48,43; Map: Cek Lokasi
Alamat: 58 Quoc Tu Giam, Ven Mieu, Dong Da, Ha Noi, Vietnam.

3. Hoa Lo Prison

Hoa Lo Prison
Image Credit: Google Maps Khanh Bui

Hoa Lo Prison juga menjadi penjara yang dikenal dengan sebutan Hanoi Hilton. Dibangun oleh kolonial Prancis pada tahun 1896, dahulunya tempat ini dimanfaatkan sebagai tempat tahanan politik hingga kemudian diambil alih oleh Vietnam dan menjadi tempat untuk tahanan perang. Penjara ini seharusnya menampung 450 tahanan, namun kenyataannya ada 2.000 orang tahanan yang ada di dalamnya.

Saat ini, Hoa Lo Prison menjadi museum yang menunjukkan penderitaan dan kesengsaraan tahanan di dalamnya. Banyak tahanan yang kakinya dipasung, juga tidur di atas dipan yang keras. Meskipun mengerikan, namun museum ini cukup menarik untuk dikunjungi. Wisatawan dapat mendapatkan wawasan bagaimana kejamnya hukuman di masa lalu.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hoả Lò, Trần Hưng Đạo, Hoàn Kiếm, Hà Nội, Vietnam.

4. Hanou Military Museum

Hanou Military Museum
Image Credit: Google Maps Nelly Nguyen

Museum ini menjadi destinasi bersejarah yang cukup menarik untuk dikunjungi. Koleksi dalam museum tidak terlalu jauh peralatan militer seperti peralatan dan juga senjata perang. Transportasi perang yang digunakan termasuk pesawat tempur dan helikopter. Museum yang dibangun dari 1805 hingga 1812 ini juga menyimpan berbagai koleksi masa-masa perjuangan kemerdekaan Vietnam.

Harga Tiket: VND 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Điện Biên Phủ, Điện Bàn, Ba Đình, Hà Nội, Vietnam.

5. Ho Chi Minh Mausoleum

Ho Chi Minh Mausoleum
Image Credit: Google Maps Thomas Murphy

Destinasi ini merupakan museum yang dibangun untuk menghormati Presiden Ho Chi Minh yang berhasil memperjuangkan kemerdekaan Vietnam dan terkenal sangat ramah. Bahan dari bangunan ini juga berasal dari masyarakat. Meski wisatawan dapat masuk secara gratis, namun peraturan cukup ketat seperti pakaian yang harus sopan, tidak boleh asal mengambil foto, atau asal menunjuk jari.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ngọc Hà, Đội Cấn, Ba Đình, Hà Nội, Vietnam.

6. Forbidden Purple City

Forbidden Purple City
Image Credit: Google Maps Stang CK.

Forbidden Purple City atau Tu Cam Thanh merupakan sebuah benteng unik yang cukup terisolasi dari dunia luar. Bangunan ini sendiri sebelumnya merupakan tempat kepentingan para raja dan beberapa selir. Terdapat parit dengan panjang 10 kilometer yang menjadi keunikan dari bangunan ini, juga sejumlah benteng dengan fungsi yang berbeda.

Fungsi benteng pertama untuk dihuni rakyat tanpa darah biru, benteng selanjutnya untuk upacara penting. Forbidden Purple City ini sendiri berada di benteng terakhir. Tempat ini sangat suci sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang dapat memasukinya. Selain para keluarga kerajaan dan royalti, yang boleh memasuki kawasan ini adalah kasim yang biasa melayani keluarga serta selir kaisar.

Harga Tiket: VND 150.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Thành pố Huế, Thừa Thiên Huế, Vietnam.

7. Pagoda Tran Quoc

Pagoda Tran Quoc
Image Credit: Google Maps buixuan tuong

Pagoda Tran Quoc merupakan kuil Buddha yang tertua di Hanoi. Lokasinya berada di pulau kecil yang ada di sebelah selatan Danau Ho Tay. Terdapat jalan kecil yang menghubungkan daratan utama Honai menuju kuil ini. Arsitekturnya juga sangat indah dan tampak megah. Karena itulah, kuil ini tidak hanya menjadi tempat ibadah, namun juga menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Đ. Thanh Niên, Yên Phụ, Tây Hồ, Hà Nội, Vietnam.

8. Hanoi Opera House

Hanoi Opera House
Image Credit: Google Maps Savoir Aimer

Gedung teater ini sangat terkenal di Hanoi sehingga menjadi destinasi yang cukup banyak dikunjungi. Ada banyak pertunjukkan yang dapat disaksikan, salah satunya pemutaran film-film kisah klasik Eropa. Gedung terater yang dibangun sejak 1911 ini terinspirasi Paris Opera House di Prancis. Dengan dominan warna putih dan emas, bangunan ini sangat megah dan tampak klasik.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tràng Tiền, Hoàn Kiếm, Hà Nội, Vietnam.

9. Saigon Central Mosque

Saigon Central Mosque
Image Credit: Instagram hadya

Saigon Central Mosque juga disebut dengan Dong Du. Masjid yang didirikan sejak tahun 1935 oleh Muslim dari India Selatan. Destinasi wisata religi ini cukup banyak dikunjungi oleh umat Muslim dari negara-negara lainnya. Kawasan ini merupakan pusat agama Islam di Vietnam. Tidak jauh dari masjid juga tersedia restoran yang menyediakan menu-menu makanan halal.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Đông Du, Bến Nghé, Quận, Thành phố Hồ Chí Minh, Vietnam.

10. Hanoi’s Old Quarter

Hanoi’s Old Quarter
Image Credit: Google Maps Teru Yama

Destinasi ini sebenarnya merupakan jalan dengan 36 ruas yang dapat dilewati oleh para wisatawan. Di kawasan ini, wisatawan juga dapat melihat keindahan Kota Hanoi sambil berwisata belanja barang-barang yang unik dan juga oleh-oleh khas Vietnam. Kawasan ini juga sangat cocok sebagai destinasi malam dengan keindahan lampu-lampu yang menghiasi sepanjang ruas jalan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hàng Ngang, Hàng Đào, Hoàn Kiếm, Hà Nội, Vietnam.

11. Sa Pa Terraces

Pedesaan Sa Pa Terraces Lao Cai
Image Credit: Google Maps Tiến Dũng

Destinasi wisata satu ini merupakan sebuah kota yang lokasinya tidak jauh dari perbatasan China. Keunikannya terlihat dari sawah berundak yang berada di Lembah Muong Hoa di antara Gunung Fasipan dan Kota Pa Sa. Banyak warga yang menanam padi, jagung, juga sayur-sayuran. Di sekelilingnya juga terdapat hutan bambu.

Pemandangan yang tersaji sangat indah. Warna sawah yang terbentang juga tergantung dengan musim. Jika saat musim tanam, maka wisatawan dapat melihat pemandangan hijau yang seperti permadani. Sementara saat musim panen, pemandangan akan berwarna kekuningan. Ada baiknya jika tidak datang setelah masa panen, karena yang terlihat hanya seperti tanah kosong.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tt. Sa Pa, Provinsi Lao Cai, Vietnam.

12. Halong Bay

Halong Bay
Image Credit: Instagram Travel, Explore, Experience

Halong Bay merupakan destinasi wisata yang sangat terkenal dan paling banyak dikunjungi wisatawan asing yang berkunjung ke Vietnam. Bahkan Halong Bay menjadi salah satu warisan dunia sehingga wajib dikunjungi. Didominasi dengan laut, ada banyak pulau di kanan kirinya dengan ukuran yang beragam. Sebagian besar pulau-pulau ini tidak bernama.

Daya tarik dari Halong Bay tidak hanya keindahan alamnya saja. Terdapat juga banyak flora dan fauna endemik yang dapat ditemukan. Untuk menikmati keindahannya, wisatawan dapat menggunakan sebuah kapal kecil untuk berkeliling, termasuk juga memasuki beberapa goa yang telah dipasangi dengan lampu-lampu berbagai warna.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hàng Bạc, Street, Hoàn Kiếm, Hà Nội, Vietnam.

13. Danau Ho Tay

Danau Ho Tay
Image Credit: Google Maps GRAB

Memiliki luas hingga 400 hektar, danau ini menjadi yang paling luas di Hanoi. Danau ini tidak terlalu jauh dari Istana Kepresidenan. Hanya berjarak 300 meter saja. Danau ini merupakan salah satu tempat yang sangat indah untuk menikmati matahari terbenam. Warna keemasan matahari akan berpadu dengan air danau sehingga tampak menakjubkan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tây Hồ, Hanoi, Vietnam.

14. Danau Hoan Kiem

Danau Ho Guom atau Danau Hoan Kiem
Image Credit: Google Maps Diễm Minh

Danau ini sangat menarik dengan legenda di dalamnya. Namanya sendiri jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti Danau Pedang yang Dikembalikan. Konon, di tempat ini pedang Thuan Thien dipulangkan oleh Kaisar Le Loi kepada Raja Naga dengan kura-kura raksasa. Selain legenda tersebut, danau ini menjadi tempat yang cocok untuk bersantai bersama keluarga.

Harga Tiket: VND 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hang Trong, Hoàn Kiếm, Hanoi, Vietnam.

15. Pantai Nha Trang

Pantai Nha Trang
Image Credit: Google Maps Bruce Aleo

Destinasi wisata ini menjadi kebanggaan bagi masyarakat Vietnam dan sangat populer sebagai tempat yang banyak dikunjungi oleh banyak wisatawan dari mancanegara. Pantai dengan pasir putih yang sangat bersih ini juga masih sangat alami dan eksotis. Pantai ini juga menjadi tempat yang cocok untuk melihat keindahan matahari terbenam.

Harga Tiket: VDN 249.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Trần Phú, Thành phố Nha Trang, Khánh Hòa, Vietnam.

Berlibur ke Vietnam, maka akan terasa kurang jika belum mengunjungi Hanoi. Dengan beragam budaya, alam yang indah, serta banyaknya destinasi yang dapat dikunjungi membuat kota ini sangat tepat sebagai tempat untuk menghabiskan waktu liburan. Tidak mengherankan jika saat ini Hanoi sedang gencar untuk mempromosikan pariwisatanya ke para turis mancanegara.