Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sionggang Utara, Kec. Lumban Julu, Kab. Toba Samosir, Sumatera Utara; Map: Cek Lokasi

Salah satu pulau di Indonesia yang mampu menyuguhkan keindahan alam begitu elok dan cantik yaitu Pulau Sumatera. Di pulau tersebut ditawarkan banyak sekali wisata-wisata alam yang tidak boleh Anda lewatkan, terlebih lagi Anda yang memang mencari tempat untuk berlibur.

Salah satu tempat wisata yang sangat terkenal dan pastinya Anda pun sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata tersebut yaitu Danau Toba. Tapi tahukah Anda selain Danau Toba, Pulau Sumatera juga memiliki tempat-tempat lain yang juga tidak kalah eksotik. Salah satu tempat tersebut yaitu berupa wisata Bukit Gibeon.

Di tempat tersebutlah nantinya Anda bisa menemukan panorama air terjun yang begitu memukau. Air terjun yang begitu indah serta terdapat kolam yang sangat menyegarkan merupakan salah satu alasan mengapa wisatawan mengunjungi tempat tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Gibeon

Daya Tarik Bukit Gibeon
Image Credit: Facebook Travellink Indonesia

1. Wisata Alam Rohani

Bukit Gibeon adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Sibisa. Desa tersebut terletak di kabupaten Toba, Sumatera Utara. Disanalah nantinya Anda akan menemukan beberapa bangunan yang dipakai untuk melakukan wisata rohani bagi Umat Kristiani.

Di tempat tersebut terdapat kolam pemandian yang mempunyai desain begitu menarik serta unik dan juga suguhan airnya terasa begitu segar dan juga sejuk. Namun sekalipun di tempat tersebut terdapat tulisan kawasan wisata alam rohani Kristiani, bukan berarti tempat tersebut tidak diperkenankan untuk dikunjungi oleh wisatawan selain Agama Kristen.

Anda yang beragama non Kristen pun bebas untuk mendatangi Bukit Gibeon. Pada awalnya bukit ini memang sengaja dibangun sebagai tempat sekolah pendeta karena di bukit tersebut memang terdapat banyak sekali fasilitas berupa gereja, ruang doa, ruang belajar, menara doa, ruang makan, ruang terbuka, serta ruang penginapan.

Di daerah bukit ini juga tersedia beberapa bangunan yang memang dikhususkan bagi tempat wisata rohani atau agenda seminari. Wisata rohani Bukit tersebut adalah salah satu spot wisata religi yang mana bersifat wisata alam.

2. Keindahan Air Terjun

Daya tarik selanjutnya yang dimiliki yaitu keindahan air terjun Bukit Gibeon. Di sana Anda akan menemukan air terjun yang begitu menawan sebagai daya tarik utama. Tidak hanya air terjun saja, kolam renang yang terdapat di bawah air terjun tersebut juga menjadi spot favorit bagi para wisatawan yang datang.

Beberapa pengunjung kolam ini bisa dijadikan sebagai tempat terapi bagi kesehatan. Airnya yang begitu segar akan membuat Anda merasakan sensasi yang sangat luar biasa dari air kolam yang berasal langsung dari air terjun.

Karena itulah, tidak sedikit wisatawan yang datang menyempatkan diri untuk mandi kolam dan air terjun. Karena memang tempat tersebut sangatlah menyegarkan jika Anda datang saat siang hari.

3. Dekat dengan Wisata Parapat

Perlu untuk Anda ketahui, bahwasannya Bukit Gibeon ini berada tidak jauh dari Parapat. Hal itu juga menjadi daya tarik lain mengapa banyak para pengunjung yang berdatangan, terlebih ketika hari libur. Selain itu juga kolam renang serta bangunan ibadah yang memiliki arsitektur unik juga menjadi daya tarik lainnya.

Daya tarik wisata air terjun yang memang berada dekat dengan wisata Parapat terletak pada topografi alam yang sangat memukau secara segi visual. Selain itu destinasi yang memiliki luasan area mencapai 20 hektar ini memang cocok untuk dijadikan sebagai salah satu tempat untuk berlibur keluarga.

Bukit Gibeon yang berada di lingkar pesona Danau Toba tersebut memiliki jarak kurang lebih 30 menit saja jika Anda menempuhnya dari pusat Kota Parapat. Bagi Anda yang berkunjung ke tempat tersebut, maka pastikan juga untuk mampir di wisata Parapat.

Akses yang bisa digunakan dari tempat wisata Parapat untuk menuju ke wisata bukit ini bisa Anda tempuh baik itu menggunakan kendaraan roda dua, maupun kendaraan roda empat. Bagi Anda yang ingin menggunakan angkutan umum, maka di tempat ini juga tersedia angkutan umum berupa bis DAMRI.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Bukit Gibeon
Image Credit: Google Maps Hans T.M

Bagi Anda yang berencana untuk berlibur ke tempat wisata Bukit Gibeon ini, maka Anda perlu segera meluncur ke Kabupaten Toba Samosir Provinsi Sumatera Utara. Tempat ini berada dekat dengan Danau Toba, yaitu jaraknya sendiri kurang lebih sejauh 3 km. Lokasi wisata tersebut tepatnya yaitu berada di Sionggang Utara, Lumban Julu.

Nantinya rute yang bisa Anda gunakan yaitu dari Parapat Anda tinggal lurus menuju ke arah Balige. Selanjutnya Anda bisa melanjutkan perjalanan kira-kira sejauh 10 km. Setelah tiba di sebelah kanan jalan, Anda akan menemukan sebuah gapura yang bertuliskan tempat wisata.

Dari gapura ini ada tinggal masuk kurang lebih sejauh 1 km. Setelah itu, di area sebelah kiri jalan terdapat pintu masuk dan Anda tinggal melewati pintu masuk tersebut serta mengikuti jalur hingga tiba di lokasi wisata Bukit.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Bukit Gibeon
Image Credit: Google Maps Cukat Liang

Bukit Gibeon merupakan salah satu tempat wisata yang memiliki banyak peminat. Untuk bisa memasuki area tempat wisata ini, maka Anda akan dikenakan biaya tiket masuk. Tiket masuknya sendiri tergolong cukup murah, yaitu hanya sebesar Rp 10.000 saja untuk tiap orangnya.

Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, maka nantinya akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000. Pemandian air terjun bukit yang terdapat di Toba Samosir ini dibuka setiap hari.

Anda bisa mengunjunginya ketika pukul 8 pagi dan akan ditutup saat menjelang pukul 8 malam. Pada saat pagi hari, umumnya wisatawan akan ramai mendatangi Rumah Doa. Sedangkan area wisata berupa kolam akan ramai saat menjelang siang hari yang terik.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Bukit Gibeon

Aktivitas di Bukit Gibeon
Image Credit: Google Maps Cukat Liang

1. Menikmati Keindahan Air Terjun

Ada banyak sekali aktivitas menarik yang bisa dilakukan ketika Anda mengunjungi Bukit Gibeon tersebut. Salah satu aktivitas menarik itu adalah menikmati keindahan air terjun. Air terjun Gibeon adalah air terjun alami yang mana airnya langsung menuju ke kolam renang. Pemandangan di tempat ini memang begitu luas, menawan dan juga indah.

Nantinya Anda perlu menuruni anak tangga supaya bisa menikmati langsung keindahan dari air terjun di bukit tersebut. Airnya memiliki warna biru dan begitu bersih. Sehingga Anda yang melihatnya akan langsung tergoda untuk segera berendam dan mandi di sana.

Di dalam air kolam ini tidak tercampur oleh kaporit, selain itu juga air terus mengalami sirkulasi, sehingga kebersihan benar-benar terjaga. Ketinggian dari air terjun kurang lebih 7 m dan jatuhnya air akan langsung menuju ke area kolam. Pemandangan indah yang terdapat di tempat ini akan membuat berlibur Anda terasa begitu menyenangkan.

Perlu untuk Anda ketahui, kolam yang terdapat di Bukit Gibeon memang mempunyai suhu air yang terbilang sangat dingin. Bahkan sekalipun Anda berendam di kolam saat siang hari yang terik, dijamin akan tetap dibuat menggigil karena kedinginan.

Banyak kalangan wisatawan yang sengaja mengunjungi tempat wisata alam cantik ini untuk menikmati keindahan air terjun dan juga segarnya dari air kolam. Karena itu, ketika Anda berencana mengunjungi tempat tersebut, maka sebaiknya menyiapkan baju ganti.

Tidak hanya wisatawan dari area Sumatera saja, melainkan Anda pun juga akan menemukan wisatawan luar pulau di tempat tersebut Bahkan tidak jarang juga wisatawan mancanegara menyempatkan waktu mereka untuk bisa menikmati kesegaran dari kolam yang ada di tempat wisata.

2. One Day Trip

Sebagai salah satu tempat yang populer, wisata Bukit Gibeon ini memang cocok sekali bagi Anda yang ingin melakukan kegiatan one day trip bersama dengan teman-teman. Selain itu juga Anda bisa melakukan retret bareng ke gereja. Di malam hari nuansa yang begitu tentang dari tempat tersebut akan membuat suasana menjadi terasa begitu tenang.

Melakukan one day trip di tempat wisata ini memang akan sangat menyenangkan sekali. Bukit tersebut merupakan salah satu area wisata yang sangatlah unik. Di kawasan bukit nantinya Anda bisa memilih 5 dari kolam renang yang terdapat di sana. Air kolam yang berasal langsung dari air terjun membuat kesegarannya membuat siapapun merasa rileks.

Anda tidak perlu khawatir jika mengajak buah hati Anda untuk mandi di Bukit Gibeon. Karena memang kolam renang di tempat tersebut telah dibedakan berdasarkan usia. Ada kolam yang dikhususkan bagi anak-anak, orang dewasa dan terdapat juga kolam yang khusus disediakan bagi para atlet.

3. Menikmati Wahana

Di tempat wisata bukit ini juga tersedia wahana yang bisa Anda manfaatkan. Salah satu wahana yang cukup diminati oleh wisatawan, yaitu kolam bebek-bebekan. Dengan adanya wahana tersebut, tentu akan membuat anak-anak Anda akan merasa semakin betah berada di tempat ini.

Aktivitas Menarik di Bukit Gibeon
Image Credit: Google Maps Yoga Asmara

4. Hunting Foto

Aktivitas yang tak kalah menarik yaitu berkeliling melihat spot wisata rohani di area Bukit Gibeon. Seperti contohnya mengunjungi gedung bercat putih yang memiliki atap dengan warna cat ungu. Gedung tersebut memiliki nama Menara Doa Segala Bangsa.

Tak jarang pengunjung yang datang menggunakan gedung ini sebagai latar belakang untuk mereka mengabadikan momen. Seluruh area yang menyatu dengan kompleks memang menyuguhkan pemandangan yang begitu luar biasa dan tentunya sangat instagenic. Karena itu, Anda tidak boleh melewatkan aktivitas hunting foto selama berada di tempat wisata.

5. Menikmati Aneka Buah

Di bukit ini nantinya Anda juga bisa menemukan kebun buah-buahan. Mendatangi area kebun buah-buahan tersebut Anda bisa membawa pulang beberapa buah setelah Anda membelinya. Membawa oleh-oleh buah-buahan yang langsung dipetik dari pohonnya tentu merupakan sesuatu yang sangat mengesankan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Bukit Gibeon
Image Credit: Instagram Travelling Sumatera Utara

Fasilitas yang tersedia di Bukit Gibeon memang terbilang cukup memadai. Hal itu tentu saja tidak terlepas dari pihak pengelola yang selalu melakukan pengembangan tempat wisata agar pengunjung yang datang semakin betah.

Di tempat ini nantinya Anda akan menemukan fasilitas kerohanian, seperti menara doa, rumah doa, gereja, ruang belajar, ruang penginapan, aula sekretariat, fasilitas api unggun, fasilitas ibadah Padang, ruang terbuka, dapur serta kolam renang halaman parkir yang aman dan luas.

Selain itu, Anda tidak akan kesusahan ketika harus mencari toilet ataupun ruang ganti. Pastinya selama berada di tempat wisata ini segala sesuatu sudah terfasilitasi dengan sangat baik. Bahkan Anda tidak perlu repot-repot membawa bekal, karena sudah terdapat warung yang menawarkan berbagai macam menu.

Bukit Gibeon merupakan salah satu tempat wisata yang sangat recommended untuk Anda kunjungi. Tempat ini dibuka sejak bulan Juli tahun 2016 lalu. Keindahan serta keseruan yang ditawarkan membuat tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi. Karena itu, Anda tidak perlu ragu lagi untuk segera meluncur ke wisata bukit tersebut.