Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 08.00-22.00 WIB, Alamat: Mangunharjo, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Gembok Cinta tidak begitu populer dibandingkan Gunung Bromo yang berada di kawasan Probolinggo. Akan tetapi, destinasi wisata ini tidak bisa dipandang sebelah mata, khususnya bagi para pemuda yang sedang jatuh cinta, atau para jomblo yang semangat mencari cinta. Selain itu, ada juga keluarga yang sedang merawat cinta agar hubungan tetap harmonis.

Hal itu bisa di lihat dari begitu banyak wisatawan yang berkunjung ke area ini dari berbagai usia, ada anak kecil, para pemuda, orang dewasa, baik pria maupun wanita selalu memadati area ini. Lokasi wisata ini begitu cantik, unik, menarik dan memiliki berbagai daya tarik untuk dikunjungi. Gembok cinta hanya bisa di buka oleh mereka yang punya cinta dalam hatinya. Begitulah kiranya istilah yang tepat untuk tempat ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Gembok Cinta

Daya Tarik Gembok Cinta
Image Credit: Google Maps Muhamat Cahyo

Tidak perlu keahlian khusus untuk berkunjung ke Gembok Cinta, sebagaimana berlibur ke gunung atau tempat lain yang ekstrem. Hanya modal cinta dalam jiwa, anda akan menemukan beragam pemikat yang ada di area ini. Bagi wisatawan yang pensaran dengan berbagai daya tarik yang ada di kawasan tersebut.

1. Patung Kuda Troya Raksasa

Ketika para pengunjung tiba di zona wisata ini, hal utama yang terlihat jelas dan gagah adalah patung kuda troya raksasa. Meski jaraknya cukup jauh sekitar 700 meter dari loket pembayaran, dan harus berjalan di atas jembatan kayu. Namun keberadaan patung tersebut tampak jelas, sebab ketinggiannya mencapai hampir 12 meter, sedangkan panjangnya berkisar 12 meter.

Uniknya, patung ini di desain dari bahan besi dan lapisan luarnya terbuat dari kulit kelapa yang sudah tidak terpakai. Menariknya benda tersebut tercatat sebagai patung kuda tertinggi se Asia, dan nomor dua tertinggi di dunia, setelah patung kuda yang ada di Turki. Oleh karena itu, bagi wisatawan yang berkunjung ke lokasi ini, dan menyaksikannya, maka anda termasuk bagian dari orang yang bersejarah.

2. Lampu Hias Bentuk Satwa Laut

Selain patung kuda troya raksasa, daya tarik lain di Gembok Cinta Probolinggo yaitu lampu hias bentuk satwa laut. Di sinilah kreativitas pengelola bisa di lihat dan cukup cerdas, sebab destinasi wisata alam dengan konsep hutan bakau, lampu hias yang ada di lokasi tidak lepas dari unsur hewan laut. Adapun berbagai desain tersebut seperti kepiting, ikan, gurita dan hewan laut lainnya.

Pada kawasan lampu hias yang ada, selalu digunakan wisatawan untuk mengambil gambar sambil foto selfie dan foto bersama rombongan. Hal itu sering di lakukan saat pagi maupun siang hari. Akan tetapi, tidak sedikit para pelancong yang berfoto saat malam hari. Karena ketika langit mulai gelap, lampu yang di desain hewan laut tersebut menyala indah dengan lampu aneka warna.

3. Spot Foto Instagramable

Daya Tarik di Gembok Cinta
Image Credit: Google Maps Lea Fecteau

Era digital menjadi ajang para pemuda milenial untuk senantiasa berfoto dimana saja, kapan pun, selama ada spot foto instagramable. Bagi wisatawan yang berlibur ke Gembok Cinta, akan banyak mendapati spot foto yang menarik dan pasti membuat mereka tertarik. Beberapa spot foto diantaranya adalah lampu aneka warna berdesain biota laut, bentuk dua sayap, dan lampu cinta.

4. Area Gembok Cinta

Di awal kunjungan maupun di akhir sebelum pulang, banyak pengunjung yang mendatangi area gembok cinta. Tempat inilah yang menjadi ikon destinasi wisata ini dan menjadi daya tarik yang kuat bagi wisatawan, khususnya bagi mereka yang sedang jatuh cinta. Karena dalam setiap gembok yang terpasang di zona tersebut, selalu ada nama pria dan wanita yang menjadi pasangannya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Gembok Cinta
Image Credit: Google Maps hendra sidharta

Gembok Cinta berada di Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Tempat wisata tersebut tidak jauh dari perkotaan, bagi pengunjung yang memulai perjalanan dari Jalan Hos Cokroaminoto, jarak tempuh sekitar 8,7 km, sedangkan waktu yang dibutuhkan selama 21 menit.

Kawasan berlibur yang asyik dan seru ini terletak di lokasi yang strategis, sehingga mudah di akses oleh kendaraan umum maupun pribadi. Bisa diakses dengan menggunakan sepeda motor atau mobil. Jalan menuju area wisata relatif aman dan nyaman, serta tidak ada aral melintang. Terdapat papan penunjuk, silahkan dimanfaatkan sebaik-baiknya supaya tidak tersesat.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Gembok Cinta
Image Credit: Google Maps Petrus Winarto

Piknik ke Gembok Cinta Probolinggo tidak harus menyiapkan banyak uang untuk tiket masuk. Hanya Rp. 20.000 pada saat hari Senin hingga Jumat, pengunjung sudah dapat menikmati berbagai fasilitas yang ada. Akan tetapi jika berkunjung pada hari Sabtu dan Minggu, tarif masuk menjadi Rp. 40.000 atau dua kali lipat lebih mahal.

Pihak pengelola akan memberikan harga khusus kepada para pengunjung, namun dengan syarat menyerahkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk. Kawasan rekreasi ini buka setiap hari Senin sampai dengan Minggu, tidak berlaku hari libur. Adapun jam operasional destinasi wisata ini di buka mulai jam 08.00 WIB hingga jam 22.00.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Gembok Cinta

Aktivitas Menarik Gembok Cinta
Image Credit: Google Maps Kiki Maulana

Ketika berlibur ke Gembok Cinta, kegiatan di lokasi tidak ada yang ekstrem dan menegangkan. Karena kawasan tersebut hanya untuk wisatawan yang ingin meluapkan kebahagiaan sambil melihat keindahan alam hutan bakau. Selain itu, ada beragam aktivitas menarik lain, berikut sebagian diantaranya!

1. Menyisipkan Gembok Cinta

Sebagaimana nama objek wisatanya, aktivitas menarik yang populer di daerah tersebut adalah menyisipkan gembok cinta. Jangan kaget saat tiba di lokasi wisata unik ini, karena di sana sudah banyak gembok yang menempel dan terkunci dengan berbagai nama pria dan perempuan. Berbagai tulisan pun jelas terbaca, sebagian besar berupa harapan.

Akan tetapi, masih banyak tempat bagi wisatawan yang ingin meletakkan gembok baru di sana dan diberi nama bersama pasangan. Itulah yang dilakukan semua orang ketika berada di zona tersebut. Bagi pengunjung yang tidak membawa gembok dari rumah, maka pihak pengelola menyediakan gembok yang di jual di lokasi tersebut.

2. Mengabadikan Momen Indah di Gembok Cinta

Bukan hanya menyisipkan gembok yang menjadi kegiatan asyik di destinasi wisata Gembok Cinta. Namun, aksi menarik tersebut akan terbuang percuma dan tidak dapat dikenang jika tanpa terdokumentasi dengan baik. Oleh karena itu, aktivitas menarik berikutnya yaitu mengabadikan momen indah di tempat ini dengan mengambil gambar.

Maka, siapkan kamera atau handphone beresolusi tinggi untuk menyimpan foto maupun video saat momen tersebut. Selain itu, banyak kenangan indah yang lain, seperti melihat pemandangan hutan bakau di atas patung kuda troya raksasa bersama dengan pasangan.

3. Memancing Ikan di Hutan Bakau

Jika keharmonisan keluarga sudah di bangun saat mengunjungi Gembok Cinta, saatnya melatih kesabaran keluarga dengan cara memancing ikan di hutan bakau. Karena kawasan wisata ini awalnya adalah hutan bakau yang di sulap menjadi tempat wisata yang indah menawan. Sehingga bisa dipastikan bahwa lokasi ini terdapat banyak ikan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Gembok Cinta
Image Credit: Google Maps Tjandra Setiadi

Wisatawan tidak perlu risau dan galau saat berada di Gembok Cinta, sebab area piknik tersebut memiliki sarana penunjang yang lengkap, aman dan nyaman. Adapun fasilitas yang tersedia yaitu lahan parkir kendaraan sepeda motor dan mobil yang luas. Selain itu, ada juga warung makan, Mushollah, toilet umum, dan berbagai fasilitas lainnya.

Datang sendiri, bersama teman, atau bahkan bersama keluarga, selalu punya banyak cerita indah dan momen yang tidak bisa di lupakan. Karena Gembok Cinta di Probolinggo memiliki beragam daya tarik dan aktivitas menarik yang menambah hubungan dengan pasangan menjadi romantic dan harmonis.