Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00-17.00WIB, Alamat: Jl. Raya Bukittinggi Payakumbuh No.23, Lambah, Kec. Ampek Angkek, Kab. Agam, Sumatera Barat; Map: Cek Lokasi

Green House Lezatta merupakan tempat pembibitan anggrek di Kabupaten Agam. Ada lebih dari seratus jenis bunga anggrek yang dibibit di kawasan ini. Oleh karena itu, destinasi wisata ini menjadi salah satu tempat yang sangat cocok bagi para pecinta anggrek. Tidak hanya itu, ada juga berbagai kaktus dan bunga jenggot musa yang menggunakan media udara tanpa media tanam.

Destinasi wisata ini kini semakin populer. Pengelola semakin mengembangkan kawasan ini dengan berbagai spot-spot foto instragramable yang menarik perhatian, terutama kalangan anak-anak muda. Dengan memadukan taman-taman dan berbagai macam bunga, ornamen-ornamen ditambahkan dengan berbagai warna sehingga memanjakan mata.

Meski demikian, pengelola masih tetap mempertahankan tujuan awalnya. Pembibitan berbagai macam tanaman masih dilakukan, terutama pembibitan anggrek yang banyak menarik perhatian pengunjung. Selain ada juga pembibitan sayur, buat, tapak dara, dan vinca. Pengembangan kawasan ini dilakukan agar pengunjung lebih tertarik untuk mengetahui cara membibit tanaman-tanaman ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Green House Lezatta

Daya Tarik Green House Lezatta Agam
Image Credit: Google Maps Green House Lezatta Agam

Green House Lezatta merupakan destinasi wisata baru yang memiliki cukup banyak daya tarik. Karena itu, destinasi wisata ini mulai populer terutama di kalangan anak-anak muda. Semakin dikembangkannya tempat wisata ini, tidak hanya menambah pengunjung dari para pecinta tanaman namun juga dari pecinta fotografi.

1. Pembibitan Anggrek

Destinasi wisata ini memang terkenal dengan pembibitan anggrek. Sebelum menjadi kawasan wisata yang menarik pengunjung, kawasan ini memang tempat untuk membibit ratusan jenis anggrek. Karena itu, tempat wisata ini menjadi surga bagi para pecinta anggrek yang ingin mengetahui cara membibit atau merawat bunga cantik ini.

Saat ini, pembibitan anggrek dilakukan di dua gedung khusus. Sayangnya gedung ini hanya dapat dimasuki oleh pengunjung dengan izin pengelola dan akan didampingi petugas. Jumlah pengunjung yang boleh masuk juga terbatas. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir adanya pengunjung yang merusak bibit-bibit anggrek baik sengaja ataupun tidak.

Dengan didampingi petugas, pengunjung juga dapat leluasa bertanya tentang perawatan tanaman anggrek. Selain mencari ilmu baru, pengunjung juga dapat membeli bibit-bibit anggrek ini untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh setelah mengunjungi Green House Lezatta.

2. Spot Foto

Selain anggrek, daya tarik dari tempat wisata ini adalah dengan adanya banyak spot-spot foto yang unik. Ornamen-ornamen seperti payung, lampion, dan aksesoris lainnya digantung dan ditata dengan ekstetik. Uniknya, banyak ornamen-ornamen ini yang dibuat menggunakan barang-barang bekas yang dikreasikan dengan bentuk yang cantik dan warna-warni sehingga memikat mata yang memandang.

Spot-spot foto ini juga dilengkapi dengan bangku-bangku taman, ayunan gantung, juga taman-taman dengan beragam bunga. Ada juga sepeda dan burung-burung hias yang dapat digunakan sebagai media berpose. Tidak heran jika pengunjung rela mengantri untuk mendapatkan spot foto terbaik jika jumlah pengunjung sedang membludak.

Daya Tarik Dimiliki Green House Lezatta Agam
Image Credit: Google Maps muhammad afdhal

3. Bangunan Unik

Tidak hanya berbentuk ornamen, spot foto yang tersedia di taman wisata ini juga ada dalam bentuk bangunan-bangunan unik dengan berbagai warna cerah yang tampak cantik. Ada rumah hobbit yang menjadi favorit pengunjung, juga ada rumah pohon di mana pengunjung bisa melihat taman dari ketinggian, serta bangunan khas gaya Eropa.

Untuk lebih menambah daya tariknya, pengelola juga sudah menyediakan kostum yang dapat disewa oleh pengunjung. Dengan membayar Rp50.000 saja, pengunjung dapat berfoto dengan kostum khas wanita Eropa di depan bangunan yang juga khas Eropa.

4. Café

Café yang ada di Green House Lezatta juga tidak kalah menjadi daya tarik. Konsepnya yang menyatu dengan alam membuat pengunjung betah menghabiskan waktu berlama-lama di café ini. Karena memang disediakan sebagai tempat untuk beristirahat pengunjung, café ini memang didesain senyaman dan secantik mungkin.

Tidak hanya konsepnya saja, café ini juga menyediakan berbagai macam menu makanan yang dapat dipesan dengan harga yang cukup terjangkau. Dengan hidangan yang lezat, pengunjung dapat mengisi perut sambil menikmati keindahan taman di sekitarnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Green House Lezatta Agam
Image Credit: Google Maps Green House Lezatta Agam

Green House yang menawan ini berada Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Untuk lebih tepatnya di Jl. Raya Bukittinggi – Payakumbuh Km 9,5 yang dapat diakses menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun rida empat. Selain kendaraan pribadi, Anda juga dapat menggunakan angkot karena kawasan ini memang terdapat banyak kendaraan umum yang dapat dimanfaatkan.

Menggunakan kendaraan pribadi, akan jauh lebih mudah jika Anda menggunakan aplikasi GoogleMap dengan tujuan SPBU Baso. Aplikasi ini akan memberikan rute terbaik dan yang paling dekat untuk menuju lokasi.

Green House Lezatta sendiri berada kurang lebih 100 meter saja dari SPBU. Jika menggunakan angkot, pilih saja yang berwarna biru muda atau kuning dengan tujuan Lezatta.

Sementara itu, jika Anda merupakan pengunjung dari luar Sumatra, maka Anda dapat menuju Kota Padang menggunakan pesawat. Setelah sampai di Kota Padang, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Bukittinggi untuk mencapai lokasi.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Green House Lezatta Agam
Image Credit: Google Maps Rafki Zainil

Green House Lezatta mulai beroperasi dari jam 08.00 hingga 17.00. Destinasi wisata ini dapat dibilang murah meriah sebagai tempat untuk liburan bersama keluarga. Tiket masuk hanya Rp 10.000 saja per orang, sementara anak-anak hanya membayar tiket Rp 5.000 saja. Untuk parkir kendaraan sebesar Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Destinasi wisata ini akan mulai ramai dikunjungi pada siang hari. Biasanya pengunjung datang dari luar kota. Jika Anda ingin datang saat kawasan ini masih sepi, waktu terbaik adalah pagi hari. Waktu-waktu ini juga tidak terlalu panas karena matahari masih belum terlalu tinggi.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Green House

Aktivitas Green House Lezatta Agam
Image Credit: Google Maps Green House Lezatta Agam

Ada beragam aktivitas yang menyenangkan jika Anda mengunjungi Green House Lezatta. Apalagi setelah dikembangkannya destinasi wisata ini sehingga tidak hanya menambah daya tarik, namun juga membuat pengunjung tidak akan merasa bosan. Berikut beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan untuk mengisi liburan di kawasan ini.

1. Belajar Membibit Anggrek

Jika Anda memang tertarik dengan tanaman anggrek, maka Green House ini merupakan tempat yang harus yang Anda kunjungi. Anda hanya tinggal meminta izin pada pengelola untuk memasuki gedung pembibitan anggrek. Dengan didampingi oleh petugas, Anda dapat menggali ilmu sebanyak-banyaknya tentang pembibitan dan perawatan berbagai jenis anggrek.

Selain bibit anggrek, Anda juga dapat melihat bibit-bibit lainnya seperti sayuran dan buah-buahan. Tidak hanya dapat bertanya saja, Anda juga dapat membeli bibit-bibit ini untuk dibawa pulang. Banyak para pecinta anggrek yang juga mencari berbagai jenis bibit anggrek unggul di tempat ini. Jika Anda ingin menanam anggrek, Anda juga dapat mencari bibitnya di green house ini.

2. Berfoto

Dengan adanya berbagai spot foto cantik dan menarik, maka kegiatan berfoto tidak boleh dilewatkan begitu saja. Menjadi salah satu destinasi wisata dengan spot foto yang banyak diburu kalangan anak muda, Anda juga dapat mengambil foto sepuasnya untuk diunggah di sosial media. Untuk menambah kesan unik, Anda juga dapat menyewa kostum yang memang sudah disediakan oleh pengelola.

Aktivitas Seru Green House Lezatta Agam
Image Credit: Google Maps Baim Wong

3. Rekreasi Keluarga

Destinasi wisata ini juga sangat cocok sebagai tempat untuk rekreasi dengan keluarga. Warna-warna ornamen yang cantik berwarna-warni pasti akan membuat anak-anak betah bermain berlama-lama di kawasan ini. Apalagi, tempat wisata ini tergolong murah meriah dengan berbagai fasilitas seru dan menyenangkan untuk menghabiskan waktu liburan.

4. Bersantai

Taman ini juga cocok untuk bersantai saja. Anda dapat mengelilingi taman menikmati bangunan-bangunan yang unik, lalu duduk santai di bangku-bangku taman yang memang sudah disediakan. Jika tidak, Anda juga dapat menghabiskan waktu di café yang ada. Sambil menikmati suasana alam dan taman di sekitarnya, Anda juga dapat mengisi perut dengan menu-menu makanan lezat dan terjangkau.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Green House Lezatta Agam
Image Credit: Google Maps Han’s Productions

Green House memiliki fasilitas umum yang cukup memadai sehingga dapat menunjang kenyamanan pengunjung. Seperti destinasi wisata lainnya, fasilitas-fasilitas umum sudah tersedia. Lahan parkir cukup luas sehingga dapat digunakan untuk memarkirkan kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Spot-spot foto yang tersedia juga sangat menarik. Didesain dengan ornamen-ornamen yang unik, spot foto ini tampak kekinian dan instragramable. Setiap spot foto juga terdapat taman dengan beragam bunga berwarna-warna.

Selain bangku biasa, juga ada ayunan yang dapat digunakan untuk beristirahat atau berfoto. Selain spot foto, tersedia juga penyewaan atribut seperti topi dan yang lainya.

Café juga tersedia di destinasi wisata keluarga ini. Ada berbagai menu yang ditawarkan untuk menemani pengunjung beristirahat. Fasilitas yang lain seperti kebersihan yang terjaga agar pengunjung lebih nyaman dan tidak ada sampah yang merusak pemandangan. Salah satu upaya pengelola menjaga kebersihan kawasan ini dengan menyediakan tempat sampah di beberapa sudut.

Green House Lezatta kini menjadi semakin populer dengan beragam spot foto yang unik dan instagramable. Sangat cocok untuk kalangan anak-anak muda. Selain itu, destinasi wisata ini juga cocok untuk rekreasi keluarga. Bukan hanya untuk tempat berlibur namun juga mendapatkan pengetahuan baru tentang pembibitan serta perawatan beragam jenis anggrek.