Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Pabean, Kec. Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.; Map: Cek Lokasi

Sekarang ini Pantai Ampenan merupakan salah satu tujuan wisata yang sangat populer di Mataram. Oleh karena itu, wajar apabila banyak orang yang berminat untuk menghabiskan waktu liburan di sana. Setiap hari, pantai yang satu ini tidak pernah sepi dikunjungi oleh wisatawan, terutama domestik. Sehingga, pemerintah pun menjadikan pantai tersebut sebagai salah satu wisata andalan di sana.

Saat berkunjung ke tempat wisata ini maka dijamin hati akan lebih terasa bahagia dan damai. Hal itu karena wisata tersebut mempunyai keindahan alam yang memukau dan hampir bisa dengan mudah ditemukan pada setiap sudut dari pantai tersebut. Apalagi, tentu akan terasa lebih seru apabila berlibur ke sini bersama dengan pasangan, keluarga, maupun teman tercinta.

Anda juga dapat mampir pula ke Pantai Senggigi karena destinasi wisata tersebut ternyata ada di sebelahnya Pantai Ampenan. Pastinya wisatawan akan dibuat betah dan ingin berlama-lama menghabiskan waktu di pantai ini. Supaya tidak semakin penasaran lagi, berikut ini ada beberapa hal yang berkaitan dengan pantai cantik di Mataram yang wajib Anda ketahui.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ampenan

Daya Tarik Pantai Ampenan
Imgae Credit: Instagram Dede Walter

1. Panorama Sunset

Sama halnya seperti wisata pantai yang lainnya, di sini juga mempunyai penaorama alam yang sangat indah khususnya ketika ada moment sunset. Pesona dari sinar surya saat senja tersebut seolah telah menjadi magnet yang mampu menarik hati seluruh wisatawan. Setiap sore akan banyak wisatawan yang mulai berdatangan karena sengaja ingin menyaksikan pemandangan sunset.

2. Berada Dekat Kota

Mungkin untuk pengunjung yang baru pertama kali mendengar tentang wisata ini tentu akan berpikir kalau kondisinya kotor dan kurang menarik. Padahal bila sudah menginjakkan kakinya secara langsung di sana, maka siapa pun akan terpesona oleh kecantikannya. Pantai tersebut begitu tertata secara rapi dan kerap kali dijadikan tempat favorit oleh banyak orang untuk bersenang-senang.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Ampenan
Imgae Credit: Google Maps Bu Guru Yuki

3. Penduduk

Di sekitaran Pantai Ampenan ini, terdapat berbagai macam suku bangsa yang tinggal di kawasan itu, misalnya saja seperti Kampung Tionghoa, Kampung Melayu, Kampung Jawa, dan banyak lagi yang lainnya. Walaupun penduduk di sana bersifat heterogen, tetapi tetap hidup dengan rukun dan damai.

Di sepanjang jalanan memasuki kawasan pantai, ada banyak masyarakat Tionghoa yang memiliki ciri bangunan berupa ruang tamu yang sempit, altar kecil yang dipenuhi dengan foto anggota keluarga yang sudah meninggal, guci berisi abu jenazah, dupa, dan lilin merah. Selain itu, ada banyak pula yang mendirikan tempat usaha.

Di sana sendiri memang masih ada Wihara Bodhi Dharma yang telah ada dari tahun 1804 silam. Hal ini juga bisa menjadi bukti nyata kalau beraneka ragam suku bangsa yang ada di Ampenan sudah hidup damai dan rukun sejak dahulu sampai saat ini. Selain itu, di kawasan pesisir juga banyak orang berprofesi menjadi nelayan dan berasal dari Komunitas Bugis.

4. Air Laut yang Jernih

Air laut yang disuguhkan oleh pantai tersebut juga tidak kalah menarik. Pasalnya, airnya begitu jernih dan bersih. Apabila dilihat dari kejauhan, maka air lautnya akan menampilkan warna tosca yang tampak sangat segar.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Ampenan
Imgae Credit: Google Maps herdi kurniawan

Alamat lengkap wisata pantai ini yaitu di Jalan Pabean, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram, Provinsi Tenggara Barat. Perjalanan menuju ke pantai yang eksotis ini bisa ditempuh menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi dari Kota Mataram.

Jika Anda telah tiba di Kota Mataram ataupun sampai di Bandar Udara Selaparang Mataram, maka perjalanan menuju ke lokasi pantai akan membutuhkan waktu kurang lebih 30-50 menit saja. Apabila tidak mengendarai kendaraan pribadi, Anda bisa memakai jasa sewa beberapa pilihan kendaraan yang ada di Lombok seperti mobil, motor, angkutan umum, maupun naik taksi.

Apabila berniat naik angkutan umum mulai dari Mataram, maka harus memilih angkutan yang rutenya Sweta-Ampenan. Ketika tiba di Ampenan, masih perlu naik angkutan kembali yang rutenya Ampenan-Pantai Ampenan. Ketika hampir memasuki di pantai tersebut, maka Anda hanya harus jalan kaki sebentar untuk tiba di sana.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Ampenan
Image Credit: Google Maps Oget ID

Biasanya, untuk harga tiket masuk dari sebuah destinasi wisata akan berbeda antara hari biasa dan hari libur. Akan tetapi, ternyata hal tersebut tidak berlaku apabila Anda ingin menghabiskan waktu berlibur ke Pantai Ampenan. Pasalnya, saat hari biasa maupun hari libur maka setiap pengunjung yang datang ke sana hanya akan dikenakan tiket masuk sebesar 15 ribu rupiah saja.

Akan tetapi, harga tiket masuk yang telah disebutkan tersebut bisa saja mengalami perubahan secara mendadak dan tanpa ada informasi yang resmi. Oleh sebab itu, akan lebih baik lagi jika Anda melakukan konfirmasi mengenai harga tiket masuk terlebih dahulu kepada pihak pengelola wisata dengan melalui call center yang telah disediakan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Ampenan

Aktivitas Menarik di Pantai Ampenan
Imgae Credit: Google Maps Juli Radiansyah

1. Foto Narsis

Setelah mengalami banyak peningkatan pembangunan di pantai tersebut, maka sekarang ini terdapat tulisan nama dari Pantai Ampenan yang berukuran besar dan berwarna berwarna merah di sebelah pojok kanan dari tempat wisata ini. Tulisan tersebut memiliki model yang hampir mirip dengan yang dimiliki oleh Pantai Losari Makassar.

Sejak saat itu juga, spot tersebut kerap dijadikan untuk berfoto narsis supaya bisa digunakan sebagai kenang-kenang dan bukti bahwa sudah pernah berkunjung ke sana. supaya fotonya semakin greget lagi, maka Anda dapat mengambil foto dari bangunan perpustakaan yang ada di atas tulisan itu.

2. Surfing

Surfing merupakan kegiatan yang sangat cocok dilakukan saat berlibur di destinasi wisata ini. Pasalnya, ombak yang ada di pantai tersebut terbilang cukup besar. Namun tidak setiap hari, melainkan hanya pada bulan-bulan tertentu saja.

Aktivitas di Pantai Ampenan
Imgae Credit: Google Maps Haris Zamroni

3. Berburu Kuliner

Anda tidak perlu khawatir jika merasa lapar ketika ada di Pantai Ampenan, sebab di sepanjang pantai tersebut ada banyak kios pedagang minuman dan makanan. Kuliner yang bisa Anda cicipi di sana antara lain seperti jagung rebus atau bakar, es kelapa, mie rebus, mihun, urap, plecing, sate ikan, hingga seafood juga. Tentu saja warung seafood yang ada di sana begitu hits dan digemari oleh wisatawan.

4. Bermain Pasir

Ketika sore hari, maka akan terlihat banyak anak kecil yang bermain pasir di pantai ini. Mereka akan membuat beraneka bentuk lucu menggunakan media pasir tersebut. Akan tetapi, jangan sampai Anda membiarkan anak kecil bermain pasir sendirian, melainkan harus didampingi oleh orang dewasa supaya keselamatannya selalu terjaga.

Penginapan Murah Dekat Pantai

Penginapan Dekat Pantai Ampenan
Imgae Credit: Google Maps Fizz Hotel Lombok

1. Fizz Hotel

Fizz Hotel menawarkan fasilitas dan pelayanan yang cukup tinggi dalam memenuhi seluruh kebutuhan pelanggan yang datang. Karyawan yang siap melayani juga akan memandu dan menyambut pelanggan dengan baik. Beberapa kamar di sana dirancang secara bagus serta dilengkapi oleh TV layar datar, rak pakaian, lantai karpet, linen, dan snack gratis. Suasana yang disuguhkan di sana pun sangat tenang.

2. Mataram Square Hotel

Hotel yang satu ini telah menjanjikan pengalaman kunjungan yang nyaman dan santai. Seluruh kamar yang ditawarkan oleh Mataram Square Hotel didekorasi dan dirancang agar pelanggan merasa betah dengan dilengkapi AC, telepon, meja tulis, TV layar datar, dan kamar yang bebas asap rokok. Beberapa fasilitas pendukung lainnya seperti taman, spa, pusat kebugaran, wifi, dan lahan parkir.

3. Griya Asri Hotel

Griya Asri Hotel menawarkan banyak fasilitas guna memastikan bahwa pelanggan memperoleh pengalaman yang tidak biasa. Berbagai fasilitas tersebut antara lain yaitu penyimpanan barang, resepsionis 24 jam, wifi gratis di seluruh area, kolam renang, area taman, dan lahan parkir kendaraan yang luas. Sehingga, Anda akan merasakan sensasi nyaman seperti sedang ada di rumah sendiri.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Kawasan Wisata
Imgae Credit: Google Maps Nanang Sadikin

Pantai Ampenan sendiri mempunyai fasilitas yang sangat memadai sebagai destinasi pariwisata. Hal ini merupakan upaya pengelola untuk memanjakan wisatawan yang berniat menikmati indahnya pantai tersebut.

Salah satu fasilitas yang dibutuhkan dan harus ada di destinasi pariwisata yaitu toilet. Di pantai ini pun sudah menyediakan toilet yang dibuat dari kontainer dan sanggup menampung dua hingga tiga orang. Tentu saja toilet perempuan dan toilet laki-laki juga dipisahkan. Menariknya, toilet ini telah dilengkapi oleh cermin, wastafel, dan fasilitas air.

Mengingat bahwa pantai tersebut memiliki banyak wisatawan, maka sudah disediakan lahan parkir kendaraan yang luas. Lahan parkir tersebut juga diawasi dan dijaga oleh petugas parkir yang kebanyakan berasal dari masyarakat setempat. Sehingga, keamanan kendaraan yang terparkir sudah terjamin.

Nah, itulah beberapa hal menarik mengenai Pantai Ampenan yang indah di Mataram. Segera rencanakan kegiatan rekreasi yang menyenangkan dan tidak terlupakan dengan mendatangi pantai tersebut.