Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Udayana, Pejarakan Karya, Kec. Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat; Map: Cek Lokasi

Tempat wisata di Indonesia sangat beragam karena ada yang bertemakan alam, sejarah atau legenda, hingga yang mengikuti jaman atau kekinian. Wisatawan yang berkunjung ke Nusa Tenggara Barat mayoritas mencari tempat wisata alam, padahal di NTB ada banyak pilihan destinasi wisata yang tidak akan mengecewakan seperti Taman Udayana di Kota Mataram.

Taman tersebut menyajikan keindahan alam yang berpadu dengan cerita sejarah di masa lalu. Wisatawan yang datang ke lokasi tidak hanya bisa menikmati keindahan taman saja, namun juga bisa sambil mempelajari sejarahnya. Karena memadukan dua konsep wisata dalam satu tempat sekaligus, tidak heran jika taman ini selalu ramai dipadati pengunjung.

Bahkan, pengunjung yang datang bukan hanya dari kalangan wisatawan domestik saja, namun juga dari kalangan wisatawan mancanegara. Karena berupa taman, banyak pengunjung yang datang bersama dengan pasangan, keluarga, maupun teman-teman. Beragam aktivitas bisa dilakukan disana bersama dengan pasangan atau rombongan.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Udayana

Daya Tarik Taman Udayana
Image Credit: Twitter Jalan Wisata

1. Mempunyai Monumen Peninggalan Bersejarah

Taman Udayana merupakan taman kebanggaan masyarakat yang bertempat tinggal di lingkungan Kota Mataram. Meski sudah diresmikan sejak lama tepatnya di tahun 1984 bulan Agustus, hingga saat ini taman masih berdiri kokoh dan terjaga kelestariannya.

Keberadaan Monumen Bumi Gora menjadi bukti bahwa memang taman ini menyimpan bukti peninggalan bersejarah. Monumen tersebut didirikan di masa pemerintahan Presiden Soeharto pada tahun 1984. Monumen Bumi Gora dapat menggambarkan bagaimana kehidupan masyarakat Mataram.

2. Terdapat Patung yang Bersejarah

Selain keberadaan Monumen Bumi Gora, di taman tersebut juga terdapat patung bersejarah bernama Gendang Beleq. Bentuk patungnya sangat unik yakni seperti orang sedang memukul gendang. Masyarakat setempat menyebut alat musik pukul tersebut dengan sebutan Gendang Beleq.

Patung yang ada di Taman Udayana ini merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Lombok dan kerap dimainkan dengan cara berkelompok. Suara musik dari gendang ini biasanya digunakan untuk pengiring acara adat atau pernikahan. Permukaan gendang dibuat dari kulit sapi yang sudah dijemur.

Daya Tarik Dimiliki Taman Udayana
Image Credit: Google Maps Dimas Aditya

3. Memiliki Tiga Tugu Pesawat TNI AU

Inilah daya tarik taman yang ada di NTB dimana tidak hanya terdapat patung dan monumen bersejarah saja, namun juga terdapat tugu pesawat TNI AU berjumlah tiga buah. Lokasi taman tidak jauh dari lokasi lapang terbang Angkatan Udara sehingga keberadaan ketiga tugu pesawat juga menjadi daya tarik di mata wisatawan.

Bahkan, tugu pesawat yang terletak di area taman ini menjadi landmark yang bisa meningkatkan daya pikat bagi para pengunjung terutama anak-anak. Tugu pesawat tersebut kerap dijadikan sebagai latar belakang untuk wisatawan berfoto. Sehingga tidak heran jika tempat wisata ini tidak pernah sepi pengunjung.

4. Terdapat mini zoo

Daya tarik lainnya adalah adanya mini zoo atau kebun binatang berukuran mini yang terletak di dalam Taman Udayana. Tentu saja wisatawan yang membawa anak-anak bisa berwisata sekaligus mengenalkan kepada anak-anak tentang binatang apa saja yang ada di mini zoo tersebut.

Ada beberapa koleksi binatang di mini zoo yang ada di taman seperti burung, angsa, bebek, monyet, dan lain sebagainya. Anak-anak bisa dikenalkan dengan jenis binatang yang ada disana sekaligus berfoto dengan binatang. Yang terpenting adalah jangan sampai membuat binatang merasa terganggu atau membuat gaduh.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Taman Udayana
Image Credit: Google Maps Yudianto Ab

Lokasi Taman Udayana berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat, tepatnya Kota Mataram. Lokasinya sangat strategis sehingga mudah ditemukan. Taman tersebut terletak di Kecamatan Selaparang, di Jalan Udayana. Wisatawan bisa berkunjung menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil.

Wisatawan bisa berangkat dimulai dari lokasi Bundaran Monumen Lombok Barat Bangkit melalui Jl. Gajah Mada sampai bertemu dengan Monumen Mataram Metro. Mentok sampai di Jl. Gajah Mada, wisatawan kemudian berbelok ke arah kiri menuju ke Jl. Majapahit kemudian dilanjutkan ke Jl. Airlangga-Jl. Udayana. Lokasi taman ada di kiri jalan.

Harga Tiket Masuk Taman Udayana

Harga Tiket Masuk Taman Udayana
Image Credit: Google Maps armi fauzi

Wisatawan yang ingin berkunjung ke taman tersebut tidak perlu berpikir dua kali karena tidak ada tiket masuk yang diberlakukan. Sehingga wisatawan maupun masyarakat setempat yang berkunjung kesana bisa masuk secara gratis karena memang taman ini termasuk salah satu dari beberapa fasilitas kota yang diberikan oleh pemerintah setempat.

Untuk parkir di Taman Udayana hanya tersedia parkir untuk sepeda motor saja. Oleh karena itu, wisatawan yang membawa kendaraan roda empat bisa memarkirkan mobil di area masjid yang ada di dekat gerbang masuk taman sebelah timur. Untuk parkir sepeda motor dikenakan biaya parkir Rp 1.000 per motor.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Taman Udayana

Aktivitas Menarik Taman Udayana
Image Credit: Google Maps Agile Christy

1. CFD atau Car Free Day

Kegiatan CFD atau Car Free Day menjadi kegiatan favorit wisatawan maupun masyarakat setempat ketika berkunjung ke taman cantik ini. Kegiatan ini diselenggarakan setiap hari MInggu mulai jam 6 pagi sampai dengan jam 9 pagi. Selama CFD berlangsung, sepanjang jalan di kawasan Jl. Udayana akan ditutup.

Kegiatan CFD dilaksanakan sebagai upaya pemerintah dalam mengurangi beragam polusi udara di kawasan tengah kota Mataram karena memang selalu padat kendaraan.

2. Berolahraga

Taman Udayana juga cocok dikunjungi untuk sarana berolahraga. Taman hijau yang menyuguhkan udara segar ini bisa menjadi salah satu tempat untuk menjauh sejenak dari aktivitas lalu lintas yang padat. Wisatawan bisa melakukan beragam olahraga di taman tersebut karena tersedia beberapa alat olahraga disana.

Menariknya, ketika meminjam alat olahraga, wisatawan tidak perlu mengeluarkan budget karena bisa digunakan secara gratis. Adapun alat-alat olahraga yang tersedia disana antara lain alat untuk jenis olahraga seperti skipping, yoga, bersepeda, senam, jogging, dan lain sebagainya. Olahraga biasanya dilakukan saat pagi dan sore.

3. Hunting foto

Selain berolahraga dan CFD, wisatawan yang datang berkunjung ke taman tersebut juga kerap melakukan aktivitas hunting foto karena setiap sudut tempat wisatanya bisa menjadi latar belakang berfoto yang bagus. Beberapa tugu dan monumen yang ada di dalamnya bisa menjadi latar belakang untuk berfoto.

Tentu saja spot-spot seperti itu akan sangat jarang ditemukan di taman kota lainnya. Sehingga wisatawan perlu menyiapkan kamera yang memiliki resolusi terbaik ketika mengunjungi Taman Udayana.

4. Berwisata kuliner

Wisatawan yang merasa lapar maupun haus tidak perlu khawatir karena disana banyak terdapat pedagang kaki lima yang berjualan keliling di area taman dan stand-stand yang berjualan beragam jenis makanan maupun minuman. Wisatawan bisa memilih makanan atau minuman apa yang diinginkan tanpa perlu keluar taman.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Taman Udayana
Image Credit: Google Maps armi fauzi

Terkait fasilitas, wisatawan juga tidak perlu khawatir karena fasilitas di Taman Udayana termasuk memadai dan lengkap. Bahkan, kawasan taman juga bersih dari kotoran kuda dikarenakan cidomo atau delman dilarang melewati jalanan Udayana.

Bagi wisatawan yang beragama muslim, disana ada mushola yang bersih dan nyaman. Untuk area parkir motor bisa masuk ke area taman, sedangkan mobil bisa diparkirkan di area masjid yang berada di dekat gerbang masuk taman.

Ada juga fasilitas toilet yang kondisinya bersih. Selain itu, alat-alat olahraga juga tersedia disana yang bisa dipinjam oleh pengunjung secara gratis. Tersedia juga trek jalan setapak yang biasanya digunakan untuk jogging dan berjalan santai.

Taman Udayana di Mataram termasuk salah satu tempat wisata yang direkomendasikan untuk wisatawan yang ingin menikmati pemandangan, bersantai, maupun melakukan kegiatan olahraga.