Harga Tiket: Rp 7.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Penyengat, Kec. Tanjungpinang Kota, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau; Map: Cek Lokasi

Pulau Penyengat merupakan salah satu pulau yang berada di Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Keberadaan tempatnya menyuguhkan beraneka macam peninggalan bersejarah yang begitu berharga. Seperti Masjid Raya Sultan Riau yang terbuat dengan putih telur, makam raja-raja, makam pahlawan Raja Ali Haji, dan lain sebagainya. Semua itu terjaga, terawat baik oleh para pengelola obyek wisata.

Banyak wisatawan yang datang ke pulau cantik di Tanjungpinang untuk memanfaatkannya sebagai tempat belajar mengenai sejarah peninggalan tersebut. Tidak heran, manakala destinasi wisata ini menjadi salah satu destinasi favorit bagi para sejarawan maupun wisatawan lainnya. Peninggalan bersejarahnya yang cukup banyak membuat penasaran pengunjung.

Bagi anda yang hendak berkunjung ke tempat ini, sarana dan akses menuju ke pulau ini sangatlah mudah karena telah tersedia. Disana anda dapat menikmati berbagai fasilitas yang ditawarkannya, ketika anda berada di Pulau Penyengat. Semua fasilitas yang tersedia tersebut sangat nyaman, bersih dan tentunya dapat menunjang kebutuhan para wisatawan yang datang.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Penyengat

Daya Tarik Pulau Penyengat
Image Credit: Instagram maskursav photoart

Para pengunjung yang datang berasal dari seorang sejarawan maupun masyarakat berbagai daerah hingga mancanegara. Tentunya pulau ini menjadi tempat favorit bagi ahli sejarawan. Wisatawan yang datang guna mengetahui berbagai jenis peninggalan sejarah.

1. Bangunan Masjid Raya Sultan Riau yang Bersejarah

Pulau Penyengat terkenal dengan salah satu peninggalan bersejarahnya yaitu bangunan Masjid Raya Sultan Riau. Tempat ini dibangun tahun 1803 oleh Sultan Mahmud, kemudian direnovasi pada tahun 1832 dengan Raja Abdurrahman. Bangunan ini mempunyai 4 buah tiang penyangga yang terbuat dari beton.

Berdasarkan sejarah Masjid Raya Sultan Riau ini dibuat menggunakan campuran putih telur, pasir, kapur, dan tanah liat. Dengan uniknya cara pembuatan masjid ini serta sejarah pembangunan menjadikan tempat tersebut sebagai salah satu bangunan penting bersejarah dan daya tarik dari pulau cantik ini.

2. Kuliner Melayu dari Pulau Penyengat

Obyek wisata Pulau ini mempunyai menu makanan ciri khas yang sangat enak dan lezat. Makanan tersebut terdiri dari nasi yang diberi bumbu khasnya, dengan lauknya yang berupa daging yang dimasak dengan dipadukan buah kurma, dan dilengkapi dengan acar kuning, pacri nanas, serta ayam manis.

Minuman special pendamping makanan ini yaitu bernama minuman dohot. Minuman ini disajikan untuk menyegarkan tenggorokan sehingga dapat mencegah rasa panas dalam di tenggorokan. Tentunya makanan dan minuman khas obyek wisata satu ini, sangatlah menggoda para pengunjung dan menjadi salah satu daya tarik destinasi di pulau tersebut.

3. Busana Adat Tanjungpinang

Selain terkenal dengan kuliner makanannya yang enak, obyek wisata ini juga menyuguhkan pakaian adatnya yang sangat cantik dan indah. Dengan perpaduan warna yaitu merah, kuning, dan hijau, seakan menambah keindahan pakaian tersebut. Sehingga tak heran jika busana itu dapat menjadi salah satu daya tarik dari destinasi pulau ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pulau Penyengat
Image Credit: Google Maps Witjaksono Thomas

Pulau Penyengat Tanjungpinang menjadi salah satu destinasi wisata yang selalu ramah dikunjungi oleh para wisatawan, maupun sejarawan dari berbagai daerah atau negara. Lokasinya berjarak sekitar 15 menit atau 2 km dari pusat kota Tanjungpinang. Akses menuju lokasi pulau tersebut sangatlah mudah karena telah tersedia alat transportasi air atau dikenal dengan pompong.

Rute menuju lokasi dari Jakarta menuju Tanjungpinang dapat ditempuh dengan menggunakan pesawat dari Bandara Soekarno Hatta ke Bandara Raja Haji Fisabillah dengan waktu tempuh sekitar 1.5 jam. Sedangkan dari Batam menuju Tanjungpinang anda dapat memakai kapal dari Telaga Punggur ke Sri Bintan Pura berjarak sekitar 1 jam.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau

Biaya Wisata ke Pulau Penyengat
Image Credit: Instagram Feddri Bonco

Bagi anda yang ingin memasuki destinasi wisata ini, anda akan dikenakan biaya untuk menyebrang ke Pulau Penyengat Tanjungpinang anda hanya dikenakan biaya untuk sarana transportasi menuju destinasi wisata pulau tersebut. Harga untuk perjalanan tempuh tersebut ditentukan dengan besaran yang telah disepakati oleh para pemilik kapal dengan pengunjung.

Sehingga bagi anda yang ingin menyewa, anda dapat melakukan negosiasi terlebih dahulu. Jadi para pengunjung tetap dapat berwisata atau berlibur sesuai dengan budget anda.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Penyengat

Aktivitas di Pulau Penyengat
Image Credit: Instagram Lily Khanna

1. Mengeksplor Masjid Raya Sultan Riau

Wisata bahari ini mempunyai bangunan peninggalan bersejarah dengan salah satunya yaitu Masjid Raya Sultan Riau. Bangunan ini didirikan tahun 1803 oleh Sultan Mahmud, kemudian direnovasi tahun 1832 dengan Raja Abdurrahman. Ketika anda berada di masjid ini anda dapat mengeksplor atau berkeliling melihat isi didalamnya.

Bagi para wisatawan yang datang ke Pulau Penyengat diwajibkan untuk memakai pakaian dengan sopan. Untuk wanita diharuskan untuk menggunakan selendang yang dapat menutupi bagian rambut. Bangunan masjid ini mempunyai peraturan bagi para pengunjung yang isinya yaitu tidak diperbolehkan untuk mengambil gambar di dalam ruangan.

Hal itu dibuat oleh pengelola dengan tujuan supaya orang yang beribadah disana tidak terganggu. Kegiatan ekplor atau berkeliling masjid ini juga dapat menjadi salah satu kegiatan menarik yang dapat dilakukan wisatawan ketika berada di bangunan ini. Sehingga tak khayal jika tempat ini selalu ramai dipadati oleh para pengunjung yang penasaran akan peninggalan sejarah.

2. Berswa Foto Ria

Kegiatan yang tidak boleh terlewatkan saat mengunjungi obyek wisata ini adalah berfoto-foto. Disana anda dapat mengabadikan moment anda dengan berfoto di berbagai peninggalan bersejarah yang cukup unik dan khas. Tentunya dari hasil foto tersebut dapat memberikan kesan dan mengingatkan anda bahwa dulu anda pernah mengunjungi tempat wisata tersebut.

Tak hanya berfoto-foto di dengan peninggalan bersejarahnya saja, anda juga dapat mengabadikan moment anda dengan pemandangan laut lepasnya pulau ini. Latar belakang yang eksotis tersebut menambah obyek foto yang diambil menjadi lebih bagus dan terlihat menarik.

Sehingga sangat sayang apabila tak mengabadikannya, serta tidak memiliki kenangan berharga akan suatu tempat yang telah dikunjunginya. Oleh karena itu, banyak orang memanfaatkannya untuk bersua foto ria ketika berada di obyek wisata Pulau Penyengat.

3. Belajar Peninggalan Sejarah

Destinasi wisata yang indah ini terkenal dengan berbagai macam peninggalan bersejarah yang cukup banyak, dan lengkap. Selain berwisata, disini juga bisa dijadikan sarana edukasi yang menarik.

Sehingga tak heran jika banyak pengunjung atau wisatawan dan sejarawan datang untuk belajar dan mengenal peninggalan bersejarah tersebut. Hal itu juga dapat menjadi salah satu kegiatan menarik yang dapat anda lakukan ketika disana.

Penginapan Murah di Sekitar Pulau

Penginapan di Sekitar Pulau Penyengat
Image Credit: Google Maps Zadin M

1. Hotel Panorama

Lokasi penginapan ini menyuguhkan kamar penginapan yang cukup luas, mewah, bersih, dan tentunya nyaman digunakan. Fasilitas yang ditawarkannya beraneka macam, seperti wifi, tempat parkir, AC, resepsionis selama 24 jam, dan restoran, Serta harga yang cukup terjangkau bagi wisatawan. Tempatnya terletak di daerah Tanjungpinang barat, Provinsi Kepulauan Riau.

2. Panorama Hotel Tanjungpinang

Tempat penginapan yang kedua ini bernama Panorama Hotel Tanjungpinang, yang letaknya tidak jauh dari tempat penginapan yang pertama. Lokasi ini juga memberikan fasilitas dengan cukup lengkap, bersih dan nyaman. Sehingga bagi anda yang ingin menginap disini anda dapat menikmatinya dengan lebih menyenangkan.

3. Hotel Futuria

Tempat penginapan selanjutnya yang berada di sekitar destinasi wisata pulau ini yaitu Hotel Futuria. Lokasi ini menawarkan berbagai fasilitas yang dimilikinya seperti AC, lift, restoran, resepsionis selama 24 jam, dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, harga sewa hotel ini cukup terjangkau di kalangan para wisatawan. Sehingga anda dapat menikmatinya dengan nyaman.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Pulau Penyengat
Image Credit: Google Maps Effendi Tokbond

Sebagai salah satu destinasi wisata yang cukup terkenal dan bersejarah di Kepulauan Riau atau tepatnya berada di sekitar kota Tanjungpinang, tentunya keberadaan akan fasilitas bagi para wisatawan sangatlah penting dan dibutuhkannya. Oleh karena itu, pengelola dan masyarakat dari Pulau Penyengat menyediakan berbagai fasilitasnya dengan cukup lengkap dan dapat dipakai untuk para pengunjung.

Fasilitas penunjang kebutuhan yang diberikannya terdiri dari penyewaan kapal dan masih banyak lagi. Semua fasilitas yang tersedia, disediakan dengan keamanan dan kenyamanan, serta terawat oleh para pengelola. Sehingga para pengunjung tak perlu khawatir apabila terjadi kerusakan sewaktu-waktu. Harga yang ditawarkannya pun cukup terjangkau di kantong.

Fasilitas pendukung, tempat beribadah, tempat makan, sarana transportasi air untuk mengantar wisatawan, tempat penginapan yang dapat mudah ditemukan di sekitar kawasan destinasi wisata ini. Membuat para pengunjung dapat menikmati perjalanan wisata menuju obyek wisata tersebut dengan lebih nyaman dan berkesan menyenangkan.

Itulah beberapa daya tarik, fasilitas, dan rute menuju kawasan wisata Pulau Penyengat Tanjungpinang. Sarana dan prasarana di objek wisata ini tentu sudah sangat lengkap sehingga para wisatawan yang datang dapat berlibur dan menikmati pulau tersebut dengan asyik, seru dan lebih menyenangkan. Tentunya dapat menjadikan moment berlibur atau berwisata anda berkesan sepanjang masa.