22 Tempat Wisata di Tanjung Pinang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Tanjung Pinang

Tanjung Pinang merupakan daerah yang terkenal karena wisata pesisirnya yang indah. Bersama dengan Pulau Bintan, keduanya menawarkan lanskap pantai eksotis dengan varian harga yang bermacam-macam, mulai dari resort bintang lima hingga pondokan yang bisa Anda pakai secara percuma.

Sebagai ibu kota provinsi Kepulauan Riau, Tanjung Pinang memiliki sejarah yang panjang, ia pernah menjadi menjadi pusat kerajaan Riau-Lingga, Kabupaten di Kepulauan Riau, hingga sekarang beralih status menjadi ibu kota provinsi.

Dengan sejarah tersebut, tentunya terdapat banyak objek wisata sejarah yang bisa Anda kunjungi selain wisata alamnya yang menarik. Berniat mengunjungi Tanjung Pinang? Berikut merupakan rekomendasi tempat wisata di Tanjung Pinang yang wajib Anda kunjungi.

1. Pulau Penyengat

Pulau Penyengat

Image Credit: Pesona.travel

Masuk dalam jajaran calon situs warisan oleh UNESCO, Pulau Penyengat juga menjadi objek wisata andalah Tanjung Pinang. Terletak di tengah laut, Anda harus menyewa perahu ataupun mengikuti paket tur untuk bisa sampai ke Pulau Penyengat.

Disana Anda akan menemukan banyak peninggalan yang berasal dari berbagai pemerintahan yang dulunya berkuasa di Pulau Penyengat, diantaranya Kesultanan Johor, Siak, Lingga, Pahang, hingga Kesultann Riau itu sendiri.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Penyengat, Kec. Tanjungpinang Kota, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

2. Pulau Dompak

Pulau Dompak

Image Credit: Trepelin.com

Pulau ini merupakan wisata menarik yang memiliki kisah sejarah begitu beragam. Dinamakan pulau Dompak yang berarti perampok. Mereka bersembunyi disini dulunya pada saat sebelum Kemerdekaan RI. Versi lainnya mengatakan pulau Dompak dulunya telah dihuni oleh etnis Tionghoa lalu menjadi tempat peristirahatan para perompak sehingga dijuluki Pulau Dompak.

Pulau Dompak lalu dijadikan kunjungan wisata baik lokal maupun luar kota. Pulau ini juga dijadikan pusat pemerintahan. Pembangunan kota di pulau ini amat pesat. Telah dilakukan pembangunan GOR sehingga warga kini bisa melakukan aktivitas berolahraga.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dompak, Kec. Bukit Bestari, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

3. Vihara Seribu Wajah

Vihara Seribu Wajah

Image Credit: Kumparan.com

Jika mengunjungi Tanjung Pinang, jangan lupa sempatkan untuk mengunjungi vihara ini. Tak perlu khawatir, vihara ini dibuka untuk umum dan bisa di datangi oleh pemeluk agama lain. Arsitekturnya menarik dengan bentuk bangunan yang menyerupai tempat ibadah China.

Yang menarik dari objek wisata ini adalah adanya 500 patung batu yang ditampilkan di halaman vihara. Patung-patung tersebut merupakan hibah dari pengusaha China yang namanya dipahat dalam bagian keterangan patung.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Batu IX, Kec. Tanjungpinang Timur, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

4. Pulau Senggarang

Pulau Senggarang

Image Credit: Putrymurda.blogspot.com

Pulau ini merupakan pulau kecil di Bintan, Riau. Menariknya banyak bangunan rumah diatas air. Disini juga terdapat banyak situs-situs kelenteng yang konon didirikan 300 tahun lalu.

Perjalanan menuju Pulau Senggarang hanya 30 menit dari kota Tanjung Pinang. Penduduk pulau ini mayoritas Tionghoa. Disini banyak patung dewa yang biasanya dijadikan sebagai lokasi berziarah para pengunjung.

Dulunya, lokasi ini menjadi tempat singgah pertama kali imigran asal China. Maka dari itu, nuansa China begitu kental terasa. Wisata di Pulau Senggareng juga sudah terkenal hingga ke manca negara.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Senggarang, Kec. Tanjungpinang Kota, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

5. Pantai Impian

Pantai Impian

Image Credit: Tempatwisata.pro

Pantai ini sering disebut sebagai Pantai Bandar Pinang dan memiliki lanskap alam yang indah dan alami. Udaranya sejuk dengan ombak laut yang berdebur lembut, cocok jika Anda menghabiskan sore hari di tempat ini.

BACA:  35 Tempat Wisata di Batam Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Fasilitas yang tersedia di tempat ini juga sudah cukup lengkap. Banyak wisatawan yang menghabiskan liburan di Pantai Impian, baik mereka yang berasal dari warga lokal, luar daerah, hingga wisatawan mancanegara.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Impian, Kampung Baru, Kec. Tanjungpinang Barat, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

6. Klenteng Sun Tekong

Klenteng Sun Tekong

Image Credit: Pesona.travel

Klenteng ini menjadi tempat peringatan kegiatan besar umat Tionghoa. Letaknya dekat tepi pantai Senggarang dimana banyak ornamen khas Tionghoa yang menghiasi.

Bangunan megah ini memiliki tiga atap menjulang dan menjadi klenteng terbesar di Senggareng. Klenteng Sun Tekong bermakna dewa bagi langit. Masih sering dijadikan pusat ibadah.

Klenteng ini diperkirakan telah berdiri sejak 1880. Selain Klenteng Sun Tekong, terdapat 2 klenteng lainnya. Jika maknanya disatukan, ketiga klenteng bermakna bumi, laut, dan langit. Klenteng ini juga dijadikan tempat perayaan hari raya Imlek.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Senggarang, Kec. Tanjungpinang Kota, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

7. Tepi Laut

Tepi Laut

Image Credit: Passgal.blogspot.com

Tempat wisata ini merupakan daerah pesisir Tanjung Pinang yang berada di pinggir laut. Jika Anda mengunjungi tempat ini, Anda bisa langsung berhadapan dengan ombak laut Samudera Hindia.

Selain menikmati deburan ombak, Anda bisa menikmati matahari terbenam yang indah. Sambil melihat panorama, jangan lupa mencicipi kuliner di pinggiran pantainya. Terdapat berbagai spot foto menarik untuk Anda pecinta fotografi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Hang Tuah, Kec. Tanjungpinang Kota, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

8. Vihara Terbesar

Vihara Terbesar

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Vihara ini bernuansa kisah kasih dan cinta. Vihara terbesar di Indonesia ini menjadi tempat beribadah umat Buddha. Bagian-bagian bangunan ada Balai Pertemuan, Baktisala Umum, dan Baktisala Maitreya.

Vihara yang diresmikan pada tahun 2009 ini memiliki patung dewi berlapis emas 22 karat dengan tinggi 4 meter. Tidak heran jika dinobatkan sebagai patung dewi terbesar di Indonesia.

Selain megah, vihara ini juga memiliki kebun buah naga yang menarik wisatawan. Selain itu, lokasinya yang mudah diakses sehingga menjadi destinasi wajib Anda untuk berkunjung ke Tanjung Pinang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tanjung Unggat, Kec. Bukit Bestari, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

9. Areca Waterpack

Areca Waterpack

Image Credit: Tempatwisata.pro

Bagi Anda yang ingin berwisata bersama keluarga tapi enggan pergi ke pantai, Anda bisa mengunjungi Areca Waterpack sebagai alternatif. Disana Anda bisa bermain air sepuasnya dan mencobai beragam permainan yang disediakan.

Areca Waterpack selalu ramai di akhir pekan dan hari libur nasional. Tempat wisata ini juga cukup populer di Tanjung Pinang.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Batu IX, Kec. Tanjungpinang Timur, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

10. Monumen Gonggong Raksasa

Monumen Gonggong Raksasa

Image Credit: Pegipegi.com

Letak monumen Gonggong Raksasa sangat dekat pantai. Birunya laut menjadi pemandangan menarik destinasi ini. Bentuk bangunan menyerupai siput, dimana kota Tanjung Pinang terkenal dengan sajian siputnya.

Beberapa hal unik dari tempat wisata ini yakni memiliki corak warna kuning pada cangkangnya. Disini, Anda bisa menemukan taman untuk bersantai serta permainan lampu yang asik. Lokasi ini tepat digunakan sebagai tempat swafoto.

Bangunan monumen ini terdiri dari 2 lantai. Pada lantai bawah, Anda dapat membeli oleh-oleh khas Tanjung Pinang. Jika berminat, Anda dapat mengujungi monumen ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Hang Tuah, Kec. Tanjungpinang Kota, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

11. Masjid Raya Sultan Riau

Masjid Raya Sultan Riau

Image Credit: Ksmtour.com

Masjid ini telah masuk sebagai bangunan cagar alam yang ditetapkan oleh provinsi Kepulauan Riau. Ini karena masjid tersebut merupakan bangunan bersejarah yang telah berdiri sejak masa pemerintahan Kesultanan Islam di pulau Penyengat.

BACA:  22 Tempat Wisata di Bintan Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Dibangun selama 40 tahun, Masjid Raya Sultan Riau di dominasi warna kuning dan hijau, dan menjadi bangunan yang mencolok. Jika cuaca sedang cerah, Anda bisa melihat siluetnya dari pantai Pulau Penyengat.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Penyengat, Kec. Tanjungpinang Kota, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

12. Pantai Tanjung Siambang

Pantai Tanjung Siambang

Image Credit: Trepelin.com

Pantai yang berada di Riau ini memiliki air yang jernih dan sejuk. Pepohonan rindang menghiasi pantai serta pasir putih yang indah sangat cocok untuk dijadikan lokasi berlibur. Suasana pantai ini juga masih sepi karena belum banyak yang tahu lokasi pantai ini.

Beberapa fasilitas yang ada di pantai ini diantaranya ayunan di dekat pantai, dermaga yang berfungsi sebagai penghubung, restoran serta ada juga penyewaan pondok.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dompak, Kec. Bukit Bestari, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

13. Tugu Pensil

Tugu Pensil

Image Credit: Batamnews.co.id

Objek wisata di Tanjung Pinang ini terlihat unik, karena bentuk pensilnya dengan warna hijau yang cerah. Tugu pensil dibangun sebagai tanda keberhasilan pemerintah memberantas buta huruf di daerah tersebut.

Dari Tugu Pensil ini, Anda masih bisa menikmati matahari terbenam yang terlihat dari pantai Pulau Penyengat.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Agus Salim, Kec. Tanjungpinang Barat, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

14. Tugu Proklamasi Riau

Tugu Proklamasi Riau

Image Credit: Google Maps (Khairunsah Danil)

Berdiri tahun 1949, tugu ini merupakan tempat pengibaran bendera kabangsaan Indonesia pertama kali. Lokasi tugu yang strategis menjadi daya tarik wisatawan.

Tugu ini juga dibangun guna memperingati perjuangan Mochtar Husein dalam perjuangannya menjadikan Riau sebagai bagian NKRI. Hingga akhirnya Riau bersatu dengan NKRI pada tahun 1949.

Dulunya Riau berniat bergabung dengan Singapura. Alasannya karena dianggap masih serumpun. Sedangkan Indonesia masih berbentuk Nusantara. Hingga pada akhirnya berkat perjuangan beliaulah Riau bergabung dengan NKRI.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Merdeka, Kec. Tanjungpinang Kota, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

15. Bukit Panglong

Bukit Panglong

Image Credit: Wisatalengkap.com

Bukit ini merupakan bekas tambang galian granit yang dilakukan secara terus-menerus selama 50 tahun. Sehingga menghasilkan kawah yang dalam dan makin lama diisi oleh air hujan, menghasilkan dominasi warna biru yang cantik.

Pemerintah setempat berencana untuk mengembangkan Bukit Panglong sebagai objek wisata komersil dan mengolahnya sebagai sumber utama air bersih. Namun hingga saat ini, Anda masih bisa mengunjungi dan menikmati pemandangan indahnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kijang Kota, Kec. Bintan Timur, Kab. Bintan, Kepulauan Riau.

16. Istana Kantor (Kerajaan Melayu)

Istana Kantor (Kerajaan Melayu)

Image Credit: Wikipedia.org

Istana ini merupakan salah satu bangunan sejarah di Tanjung Pinang yang dibangun untuk memperingati sultan muda Raja Ali Haji. Dulunya istana megah ini digunakan tempat persinggahan.

Bangunan berusia sekitar 100 tahun ini memiliki menara untuk pengintaian serta terdapat gapura dulunya sebagai penjagaan. Sayangnya, banyak sekali bagian bangunan yang sudah hancur. Selain itu, bagi Anda yang berkunjung tidak diperkenankan masuk kedalam. Hal ini dikarenakan faktor keselamatan pengunjung.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Penyengat, Kec. Tanjungpinang Kota, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

17. Masjid Raya Dompak

Masjid Raya Dompak

Image Credit: Robbihafzan.wordpress.com

Masjid Raya Dompak terkenal sebagai objek wisata religi di Tanjung Pinang. Nama lainnya adalah Masjid Biru dan Masjid Kepulauan Riau. Dibangun di dataran tinggi, Anda bisa melihatnya dari pesisir pantai.

BACA:  35 Tempat Wisata di Batam Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Dengan menaranya yang tinggi, Anda bisa naik hingga ke puncaknya dan menyaksikan seluruh Pulau Dombak dan Kota Tanjung Pinang yang dihubungkan dengan sebuah jembatan yang cantik.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dompak, Kec. Bukit Bestari, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

18. Balai Indra Perkasa

Balai Indra Perkasa

Image Credit: Allindonesiatourism.com

Lokasinya sangat dekat dengan pantai sehingga Anda dapat melihat pemandangan pantai yang elok. Akses menuju ke tempat wisata ini juga cukup mudah.

Banyak sekali spot yang bisa dikunjungi seperti panggung resepsi adat khas Tanjung Pinang, sumur air tawar di sekitar Balai, replika adat khas Melayu dan masih banyak lainnya. Konstruksi bangunan terdiri dari kayu. Coraknya merah bata dan kuning khas Tanjung Pinang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Penyengat, Kec. Tanjungpinang Kota, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

19. Masjid Pink

Masjid Pink

Image Credit: Pesona.travel

Sebagai daerah yang dulunya merupakan wilayah Kesultanan Islam, Tanjung Pinang memiliki banyak masjid yang tersebar di wilayahnya. Salah satunya yang cukup terkenal adalah masjid unik yang berwarna pink.

Secara administratif, masjid ini sebenarnya masuk dalam Kabupaten Bintan, namun Anda bisa mengunjunginya dari Tanjung Pinang. Dengan arsitektur dan warna yang menarik, akan sayang untuk melewatkan objek wisata religi yang satu ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Kawal, Kawal, Kec. Gunung Kijang, Kab. Bintan, Kepulauan Riau.

20. Pantai Trikora

Pantai Trikora

Image Credit: Pesona.travel

Pantai yang terkenal karena keindahan alamnya yang eksotis ini juga merupakan objek wisata yang cukup populer di Tanjung Pinang. Seperti umumnya pantai di Belitung, Pantai Trikora memilik pasir putih yang cantik dan sebaran batu-batu granit di pesisirnya.

Jangan khawatir tentang fasilitas, Anda bisa menemukan beragam hiburan menarik di pantai ini. Jika ingin menginap atau beristirahat, Anda bisa mampir ke resort maupun pondokkan kecil yang tersebar di sepanjang garis pantai.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Trikora, Kawal, Kec. Gunung Kijang, Kab. Bintan, Kepulauan Riau.

21. Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah

Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah

Image Credit: Benankmerah.co

Pemerintah Kepulauan Riau memberikan fasilitas berupa museum untuk wisatawan yang berkunjung ke Tanjung Pinang dan ingin mengetahui bagaimana sejarah berdirinya kota tersebut, sekaligus melihat berbagai peninggalan Kesultanan Riau sebelumnya.

Selain berwisata secara edukasional, Anda juga akan mengetahui sejarah singkat bagaimana pengaruh Kesultanan tersebut dan perkembangannya, dari berbagai benda koleksi yang ditampilkan oleh Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ketapang No.2, Kemboja, Kec. Tanjungpinang Barat, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

22. Danau Biru

Danau Biru

Image Credit: Arrezamp.com

Kembali ke wilaya tetangga Tanjung Pinang, yakni Bintan, Anda bisa mengunjungi Danau Biru yang seringkali malah menjadi ikon wisata Tanjung Pinang. Disana Anda akan menemui pemandangan yang cantik berupa danau luas yang berwarna biru cerah.

Anda bisa mengunjungi Danau Biru dengan berkendara sekitar setengah jam dari Tanjung Pinang. Karena bukan objek wisata yang komersil, Anda tidak perlu membayar tiket masuk atau retribusi apapun untuk mengunjungi danau ini. Selain masih sepi pengunjung, daerah di sekitar Danau Biru masih mernjadi pertambangan yang aktif hingga sekarang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Busung, Busung, Kec. Seri Kuala Lobam, Kab. Bintan, Kepulauan Riau.

Itulah 22 rekomendasi objek wisata yang bisa Anda kunjungi ketika menyambangi Tanjung Pinang. Dengan panorama yang menarik dan masih alami, tak ada ruginya bagi Anda untuk menjadikan Tanjung Pinang sebagai pilihan tempat destinasi untuk menghabiskan masa liburan Anda. Beberapa lokasi memiliki  fasilitas penunjang wisata yang lengkap, sehingga Anda tak perlu merasa bosan atau ragu untuk mengunjungi tempat ini.