16 Tempat Wisata di Kebumen

Jika Anda sering pergi ke kota-kota yang ada di Jawa Tengah pasti tidak akan merasa asing dengan Kabupaten Kebumen. Kebumen merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Tengah yang memiliki potensi alam untuk dikembangkan sebagai objek wisata. Banyak jenis wisata yang tersedia di kabupaten ini.

Banyak wisatawan yang berkunjung ke Kebumen karena pesonanya yang indah. Apalagi di Kebumen banyak pantai yang sudah terkenal namanya hingga ke luar kota. Jika Anda berkunjung ke Kebumen dengan teman atau keluarga, pastikan tidak lupa mengunjungi beberapa destinasi wisata yang hanya ada di tempat ini.

Dengan banyaknya ragam destinasi wisata, pengunjung bisa memilih mana tempat wisata yang ingin dikunjungi. Dengan melakukan perjalanan wisata, Anda secara tidak langsung melakukan eksplorasi sehingga lebih mengenal seluk beluk Kabupaten Kebumen. Dibawah ini beberapa Tempat Wisata di Kebumen yang bisa menjadi referensi untuk didatangi.

1. Pantai Pecaron

Pantai Pecaron

Lokasi: Desa Srati, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah. – Image Credit by Traveltodayindonesia.com

Pantai Pecaron merupakan salah satu destinasi wisata yang bagus untuk dikunjungi. Walaupun keadaan pantai tidak terlalu luas dan lebih kecil dibandingkan dengan pantai lainnya, namun pesona alam yang disajikan tidak kalah bagusnya.

Namun, tidak banyak pengunjung yang datang ke tempat ini sehingga pantai Pecaron masih alami, asri, dan bersih. Mengunjungi pantai ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menenangkan diri dan pikiran. Destinasi wisata ini juga cocok dikunjungi dengan teman dan keluarga. Dengan biaya masuk Rp 2.500, Anda dapat menikmati panorama alam yang indah dan masih terjaga keasriannya.

2. Pantai Karang Agung

Pantai Karang Agung

Lokasi: Argopeni, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah. – Image Credit by Explorekebumen.com

Destinasi wisata yang terdapat di Kebumen selanjutnya adalah Pantai Karang Agung. Pantai ini cukup populer dikalangan masyarakat lokal karena keunikan pantai yang dimilikinya. Pada umumnya pantai yang ada di Indonesia memiliki pasir yang berbatasan dengan air pantai. Namun di Pantai Karang Agung sedikit berbeda, disini ombak air akan langsung bertemu bebatuan di sekitar pantai.

Bebatuan yang ada di Pantai Karang Agung dilindungi warga sekitar hingga saat ini masih terjaga kelestariannya. Banyak wisatawan yang datang ke destinasi wisata ini untuk liburan dan tidak jarang mengabadikan momen dengan kamera yang dibawa.

3. Goa Jatijajar

Goa Jatijajar

Lokasi: Jl. Jatijajar, Palamarta, Jatijajar, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah. – Image Credit by Travelspromo.com

Banyak penduduk lokal yang tidak asing dengan destinasi wisata Goa Jatijajar. Goa ini merupakan salah satu destinasi populer yang ada di Kebumen karena menawarkan pesona alam yang masih alami dan natural. Goa Jatijajar terletak di Desa Jatijajar dan berjarak sekitar 42 km dari pusat kota Kebumen.

Disini telah dibangun jalan setapak untuk memudahkan pengunjung saat masuk ke dalam Goa Jatijajar. Banyak bebatuan tinggi dan ornamen alam di dalam goa tersebut. Selain itu, terdapat pagar pembatas sehingga wisatawan tidak perlu takut dan cemas jika salah jalan. Wisatawan dapat menikmati waktu istirahat mereka dengan menikmati keindahan alam yang ada di dalam goa tersebut sambil menikmati keasrian dan kesejukan udara yang ada di sana.

4. Air Terjun Superman’s Big Sister

Air Terjun Superman Big Sister

Lokasi: Desa Jatijajar, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah. – Image Credit by Ceritaanggar.blogspot.com

Destinasi wisata ini cukup ikonik dan unik yang ada di Kebumen. Banyak orang yang penasaran sehingga mengunjungi tempat wisata ini. Destinasi wisata ini bernama Air Terjun Superman’s Big Sister. Merupakan salah satu air terjun yang letaknya di dalam goa yang tidak jauh dari lokasi goa Jatijajar.

Tempat ini sangat indah karena pengunjung dapat bisa menikmati dua pemandangan alam sekaligus di lokasi yang sama, yaitu Goa Jajar dan Air Terjun. Biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa melihat pemandangan alam tersebut sebesar Rp 180.000 per rombongan. Walaupun cukup mahal, namun pesona alam yang disuguhkan tidak akan membuat menyesal dan rugi untuk membayar.

5. Pantai Lampon

Pantai Lampon

Lokasi: Desa Pasir, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah. – Image Credit by Bantenshare.com

Pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata alam yang jarang didengar oleh wisatawan. Meskipun begitu, pantai ini menawarkan panorama alam yang sangat indah dan asri. Wisatawan dapat bersantai sambil menikmati keindahan alam yang sudah tersedia di sana.

Karena masih sepi pengunjung, saat wisatawan mendatangi Pantai Lampon akan terasa seperti memiliki pantai sendiri. Di sana juga terdapat spot foto yang bagus dan cantik untuk di coba. Untuk bisa menikmati keindahan alam ini, wisatawan tidak perlu mengeluarkan biaya sepersen pun alias gratis.

6. Bukit Pranji

Bukit Pranji

Lokasi: Watulawang, Pengaringan, Kec. Pejagoan, Kab. Kebumen, Jawa Tengah. – Image Credit by Tokoilmukita.blogspot.com

Bukit Pranji merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Bukit ini terletak di Desa Pengaringan yang berbatasan langsung dengan Desa Watuwalang. Disini, wisatawan akan disuguhkan pemandangan alam dari atas bukit. Bahkan wisatawan dapat menikmati sunrise atau matahari terbit di sini.

Selain menikmati sunrise, momen yang paling ditunggu saat liburan ke Bukit Pranji adalah pada saat malam hari. Pada saat itu, akan terlihat banyaknya gemerlap lampu rumah warga sekitar yang terlihat dari atas bukit. Apalagi jika di langit terdapat bintang sehingga pemandangan semakin indah sehingga banyak wisatawan yang menginap dan bermalam di Bukit Pranji.

7. Arung Jeram Padegolan

Arung Jeram Padegolan

Lokasi: Desa Prembun, Kab. Kebumen, Jawa Tengah. – Image Credit by Mhs.stmikayani.ac.id

Jika ingin mengunjungi destinasi wisata yang membutuhkan nyali dan keberanian, maka Arung Jeram Padegolan menjadi pilihan yang tepat untuk didatangi. Destinasi wisata ini banyak melibatkan kekuatan fisik dan metal karena wisatawan harus bisa menahan perahu karet mereka dari arus sungai. Walaupun begitu, aktivitas tersebut seru dilakukan sehingga bisa dijadikan pengalaman.

Arung Jeram Padegolan memiliki dua rute, yaitu landai dan menantang. Wisatawan dapat memilih variasi tersebut sesuai dengan kemampuan mereka. Bermain arung jeram sangat cocok dilakukan ketika cuaca panas karena air sungai sangat jernih dan menyegarkan. Terdapat pepohonan yang mengelilingi sungai sehingga panorama alam yang dihasilkan sangat indah.

8. Bukit Pentulu Indah

Bukit Pentulu Indah

Lokasi: Jl. Karangsambung, Kaligending, Karangsambung, Kab. Kebumen, Jawa Tengah. – Image Credit by Xtravelers.blogspot.com

Bukit ini merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup hits dan populer yang ada di Kebumen. Wisatawan dapat secara langsung menikmati keindahan alam yang sudah tersedia di depan mata. Jika wisatawan naik ke puncak Bukit Pentulu Indah, wisatawan akan dengan jelas melihat pemandangan alam Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro yang sangat cantik.

Selain itu, di bukit ini juga terdapat gardu pandang yang dibangun di atas pohon sehingga sangat cocok dijadikan spot foto sehingga hasil jepretan akan terlihat lebih cantik dan menarik. Untuk bisa berkunjung ke Objek Wisata di Kebumen ini, wisatawan hanya perlu menempuh jarak sekitar 21 km dari arah pusat kota menuju bagian utara.

9. Benteng Van Der Wijck

Benteng Van Der Wijck

Lokasi: Jl. Sapta Marga No. 100, Sidayu, Kec. Gombong, Kab. Kebumen, Jawa Tengah. – Image Credit by Wikipedia.org

Selain wisata alam, ada juga wisata edukasi yang dihadirkan di Kebumen. Salah satu destinasi wisata tersebut adalah Benteng Van Der Wijck. Benteng ini merupakan salah satu tempat wisata bersejarah yang menyimpan banyak cerita di dalamnya. Banyak yang mengatakan jika benteng ini dulunya berfungsi untuk pertahanan.

Destinasi wisata bersejarah ini dilengkapi dengan fasilitas berupa kereta mini sehingga wisatawan dapat berkeliling menjelajah area benteng sambil menikmati pemandangan dan mempelajari sejarah dengan menaiki kereta tersebut. Mengunjungi Benteng Van Der Wijck sangat cocok dilakukan bersama keluarga maupun rombongan.

10. Pantai Suwuk

Pantai Suwuk

Lokasi: Desa Tambakmulyo, Kec. Puring, Kab. Kebumen, Jawa Tengah. – Image Credit by Atmosferku.com

Salah satu pantai yang terkenal di Kebumen adalah Pantai Suwuk. Pantai ini menawarkan pesona alamnya yang sangat indah. Pantai Suwuk banyak dikunjungi oleh wisatawan dan tidak pernah sepi pengunjung. Setiap akhir pekan atau liburan, banyak wisatawan yang datang ke sini untuk bisa menikmati keindahan pantai.

Terdapat fasilitas yang disediakan di Pantai Suwuk yaitu waterboom. Selain itu, ada juga pesawat Garuda yang sangat diunggulkan di pantai ini. Biaya masuk untuk bisa pergi ke destinasi wisata ini berbeda-beda. Untuk anak-anak hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 2.000. Sementara untuk orang dewasa biaya masuknya adalah Rp 3.000.

11. Alian Butterfly Park

Alian Butterfly Park

Lokasi: Alian, Krakal, Kec. Kebumen, Kab. Kebumen, Jawa Tengah. – Image Credit by Lionmag.net

Wisata edukasi yang ada di Kebumen selanjutnya adalah Alia Butterfly Park. Destinasi wisata ini menawarkan ragam jenis dan banyaknya kupu-kupu yang terbang bebas di sepanjang area. Selain itu, banyak keragaman jenis bunga yang terdapat di sana. Bahkan Alian Butterfly Park diklaim memiliki bunga dan kupu-kupu terlengkap di Pulau Jawa.

Jika ingin berlibur sambil melihat banyak kupu-kupu terbang, ada baiknya jika mengunjungi destinasi wisata ini pada pagi hari untuk bisa mendapatkan pemandangan tersebut. Karena pada pagi hari kebanyakan kupu-kupu dan serangga mengambil nektar dari bunga-bunga yang ada di Alian Butterfly Park.

12. Masjid Saka Tunggal

Masjid Saka Tunggal

Lokasi: Cikakak, Kec. Wangon, Kab. Banyumas, Jawa Tengah. – Image Credit by Wikipedia.org

Selain menawarkan wisata alam dan edukasi, Kebumen juga menghadirkan wisata religi yaitu Masjid Saka Tunggal. Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua yang ada di Kebumen, Jawa Tengah. Masjid Saka Tunggal terletak di Desa Pakuncen.

Masjid ini sering dikunjungi oleh wisatawan, khususnya wisatawan yang beragama islam. Menurut informasi, masjid ini dibangun pada tahun 1722 sehingga umur Masjid Saka Tunggal bisa dibilang sangat tua. Walaupun begitu, masjid ini ramai dikunjungi oleh wisatawan karena keindahannya.

13. Taman Kota Jenderal HM Sarbini

Taman Kota Jenderal HM Sarbini

Lokasi: Jl. Ahmad Yani, Indrakila, Kec. Kebumen, Kab. Kebumen, Jawa Tengah. – Image Credit by Delltoursblog.blogspot.com

Jika berkunjung ke Kebumen, pastikan untuk tidak melewatkan pergi ke Taman Kota Jenderal HM Sarbini. Tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh orang khususnya anak muda karena bisa dijadikan sebagai tempat nongkrong. Taman ini juga banyak dikunjungi oleh keluarga untuk sekedar jalan-jalan sambil menikmati kuliner khas Kebumen.

Taman Kota Jenderal HM Sarbini baru dibuka pada tahun 2012 sehingga termasuk destinasi yang cukup baru di Kebumen. Walaupun begitu, pemandangan alam yang disajikan juga tidak kalah cantik dan indah dibandingkan dengan destinasi wisata lain.

14. Wisata Alam Jembangan

Wisata Alam Jembangan

Lokasi: Sukadana, Jembangan, Poncowarno, Kab. Kebumen, Jawa Tengah. – Image Credit by Kebumenkab.go.id

Destinasi wisata alam yang terdapat di Kebumen berikutnya adalah Wisata Alam Jembangan. Tempat wisata ini terletak di Desa Jembangan yang berjarak 20 km dari Kota Kebumen. Banyak pemandangan alam yang asri dan indah yang disajikan saat berkunjung ke tempat wisata ini.

Terdapat 3 bagian utama yang bisa dinikmati oleh wisatawan yang datang ke sana, yaitu Jembatan Gantung, Telaga Hijau, dan Waduk Pejengkolan. Tersedia fasilitas perahu air untuk bisa berkeliling sambil menikmati keindahan alam dan tersedia fasilitas lainnya yang tidak kalah kerennya.

15. Taman Reptil

Taman Reptil

Lokasi: Jl. Kaleng No. 11, Gebang, Adiluhur, Adimulyo, Kab. Kebumen, Jawa Tengah. – Image Credit by Sggrentalmobil.com

Tempat wisata asal Kebumen yang bisa dikunjungi selanjutnya adalah Taman Reptil. Walaupun belum terlalu terkenal, taman ini sangat cocok dikunjungi bagi wisatawan yang suka dan tertarik dengan reptil. Tempat wisata ini banyak memberikan edukasi mengenai reptil sehingga dapat menambah ilmu pengetahuan.

Banyak reptil yang ada di taman tersebut seperti ular, kura-kura, biawak, dan masih banyak lagi. Selain dapat menambah ilmu pengetahuan, wisatawan tersebut juga turut membantu mempromosikan destinasi wisata tersebut hingga banyak orang yang tahu akan tempat wisata tersebut.

16. Curug Silangit

Curug Silangit

Lokasi: Igirwates, Sidoagung, Kec. Sruweng, Kab. Kebumen, Jawa Tengah. – Image Credit by Tribunnews.com

Curug Silangit menawarkan keindahan alam yang sangat cantik dan menawan. Terdapat kolam air yang segar di destinasi wisata ini. Curug Silangit terletak di Desa Sidoagung.

Untuk bisa sampai ke destinasi wisata ini, wisatawan harus trekking selama 30-40 menit. Walaupun lelah, namun hasil yang didapat dari wisatawan trekking tadi akan membuahkan hasil.

Itulah beberapa Destinasi Wisata di Kebumen. Anda dapat mengunjungi tempat wisata itu selagi berada di Kebumen. Anda tidak perlu takut untuk rugi jika datang ke destinasi wisata yang disediakan karena dijamin tempatnya sangat bagus dan menarik.