33 Tempat Wisata di Kebumen Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

16 Tempat Wisata di Kebumen

Jika Anda sering pergi ke kota-kota yang ada di Jawa Tengah pasti tidak akan merasa asing dengan Kabupaten Kebumen. Kebumen merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Tengah yang memiliki potensi alam untuk dikembangkan sebagai objek wisata. Banyak jenis wisata yang tersedia di kabupaten ini.

Banyak wisatawan yang berkunjung ke Kebumen karena pesonanya yang indah. Apalagi di Kebumen banyak pantai yang sudah terkenal namanya hingga ke luar kota. Jika Anda berkunjung ke Kebumen dengan teman atau keluarga, pastikan tidak lupa mengunjungi beberapa destinasi wisata yang hanya ada di tempat ini.

Dengan banyaknya ragam destinasi wisata, pengunjung bisa memilih mana tempat wisata yang ingin dikunjungi. Dengan melakukan perjalanan wisata, Anda secara tidak langsung melakukan eksplorasi sehingga lebih mengenal seluk beluk Kabupaten Kebumen. Dibawah ini beberapa Tempat Wisata di Kebumen yang bisa menjadi referensi untuk didatangi.

1. Pantai Logending

Pantai Logending

Image Credit: Google Maps (Setiyo D Nugroho)

Terkenal dengan julukan “Pantai Ayah”, pantai ini terletak di perbatasan Kabupaten Cilacap. Pantai ini termasuk pantai memiliki akses mudah dicapai. Dari Jogjakarta pilih jalur selatan menuju Gombong jalan terus sampai bertemu bukit dan pantai.

Hari libur maupun hari biasa tempat ini selalu ramai wisatawan. Dari pantai ini wisatawan dapat melihat pemandangan Samudera Hindia dengan jelas. Terdapat fasilitas perahu dapat disewa dengan harga tertentu. Fasilitas perahu ini dikelola oleh warga setempat.

Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Argopeni, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

2. Pantai Pecaron

Pantai Pecaron

Image Credit: Traveltodayindonesia.com

Pantai Pecaron merupakan salah satu destinasi wisata yang bagus untuk dikunjungi. Walaupun keadaan pantai tidak terlalu luas dan lebih kecil dibandingkan dengan pantai lainnya, namun pesona alam yang disajikan tidak kalah bagusnya.

Namun, tidak banyak pengunjung yang datang ke tempat ini sehingga pantai Pecaron masih alami, asri, dan bersih. Mengunjungi pantai ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menenangkan diri dan pikiran. Destinasi wisata ini juga cocok dikunjungi dengan teman dan keluarga. Dengan biaya masuk Rp 2.500, Anda dapat menikmati panorama alam yang indah dan masih terjaga keasriannya.

Harga Tiket: Rp 2.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Srati, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

3. Pantai Menganti

Pantai Menganti

Image Credit: Google Maps (AUFALMAROM CHANEL)

Selandia barunya Indonesia ini berjarak 30 km dari kota Kebumen. Pantai ini diapit oleh tebing Keteb Widadari yang menjulang tinggi. Pantai ini memiliki pasir berwarna putih dengan karang berbagai ukuran. Keindahan pantai ini membuat para wisatawan ingin berfoto mengabadikan momen.

Untuk anak-anak pantai ini sangat cocok sebagai tempat bermain pasir dan ombak. Pengurus pantai menyediakan spot menarik yaitu jembatan merah. Untuk datang ke spot jembatan merah dapat menaiki shuttle bus secara gratis.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Karangduwur, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

4. Pantai Karang Agung

Pantai Karang Agung

Image Credit: Explorekebumen.com

Destinasi wisata yang terdapat di Kebumen selanjutnya adalah Pantai Karang Agung. Pantai ini cukup populer dikalangan masyarakat lokal karena keunikan pantai yang dimilikinya. Pada umumnya pantai yang ada di Indonesia memiliki pasir yang berbatasan dengan air pantai. Namun di Pantai Karang Agung sedikit berbeda, disini ombak air akan langsung bertemu bebatuan di sekitar pantai.

Bebatuan yang ada di Pantai Karang Agung dilindungi warga sekitar hingga saat ini masih terjaga kelestariannya. Banyak wisatawan yang datang ke destinasi wisata ini untuk liburan dan tidak jarang mengabadikan momen dengan kamera yang dibawa.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Argopeni, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

5. Curug Silancur

Curug Silancur

Image Credit: Google Maps (Temen Sharing)

Daya pikat curug Silancur mampu membius para pecinta alam untuk berkunjung. Curug ini merupakan bagian dari kawasan Cagar Alam Nasional. Berada di ketinggian 25 meter air terjun ini memiliki jalan berbatu dipenuhi rumput liar. Jalan yang hanya bisa dilewati satu orang memerlukan perhatian ekstra agar tidak tergelincir.

Curug ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan yang lain. Jika air terjun lain memiliki penampung air, curug ini airnya jatuh menghantam batu besar sampai menghasilkan percikan-percikan air. Apabila matahari bersinar cerah akan terlihat warna-warni pelangi pada percikan air yang terbawa angin. Sumber mata air hangat disini juga tidak pernah kering sekalipun musim kemarau.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pujegan, Wadasmalang, Kec. Karangsambung, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

6. Goa Jatijajar

Goa Jatijajar

Image Credit: Travelspromo.com

Banyak penduduk lokal yang tidak asing dengan destinasi wisata Goa Jatijajar. Goa ini merupakan salah satu destinasi populer yang ada di Kebumen karena menawarkan pesona alam yang masih alami dan natural. Goa Jatijajar terletak di Desa Jatijajar dan berjarak sekitar 42 km dari pusat kota Kebumen.

Disini telah dibangun jalan setapak untuk memudahkan pengunjung saat masuk ke dalam Goa Jatijajar. Banyak bebatuan tinggi dan ornamen alam di dalam goa tersebut. Selain itu, terdapat pagar pembatas sehingga wisatawan tidak perlu takut dan cemas jika salah jalan. Wisatawan dapat menikmati waktu istirahat mereka dengan menikmati keindahan alam yang ada di dalam goa tersebut sambil menikmati keasrian dan kesejukan udara yang ada di sana.

Harga Tiket: Rp 12.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jatijajar, Palamarta, Jatijajar, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

7. Puncak Gunung Duwur

Puncak Gunung Duwur

Image Credit: Instagram.com @ariss_ig

Nama yang berasal dari bahasa jawa artinya tinggi ini menjadi incaran para pendaki. Lokasi di Desa Watukelir dengan ketinggian 500 mdpl cocok untuk olahraga trekking. Dibutuhkan waktu 1 jam untuk sampai di puncak gunung setelah melewati jalan berbatu. Dari puncak gunung dapat melihat pemandangan menarik.

Dari arah timur terdapat pemandangan rangkaian perbukitan karst dan dataran rendah. Dataran rendah tersebut dipenuhi oleh sawah yang luas. Di bagian selatan terdapat garis pantai selatan yang berbatasan dengan samudera Hindia. Terdapat juga bukit Arjuna dikerumuni pohon kelapa dan jati.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Watukelir, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

8. Air Terjun Superman’s Big Sister

Air Terjun Superman Big Sister

Image Credit: Ceritaanggar.blogspot.com

Destinasi wisata ini cukup ikonik dan unik yang ada di Kebumen. Banyak orang yang penasaran sehingga mengunjungi tempat wisata ini. Destinasi wisata ini bernama Air Terjun Superman’s Big Sister. Merupakan salah satu air terjun yang letaknya di dalam goa yang tidak jauh dari lokasi goa Jatijajar.

BACA:  15 Tempat Wisata di Batang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat ini sangat indah karena pengunjung dapat bisa menikmati dua pemandangan alam sekaligus di lokasi yang sama, yaitu Goa Jajar dan Air Terjun. Biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa melihat pemandangan alam tersebut sebesar Rp 180.000 per rombongan. Walaupun cukup mahal, namun pesona alam yang disuguhkan tidak akan membuat menyesal dan rugi untuk membayar.

Harga Tiket: Rp 180.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Jatijajar, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

9. Cagar Alam Geologi Karangsambung

Cagar Alam Geologi Karangsambung

Image Credit: Google Maps (Ain Mushalin)

Cagar alam ini dikelola oleh Balai Informasi dan Konservasi Kebumian LIPI. Fungsi utama sebagai pelindung kelestarian geologi dan manfaat lain di bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan. Mahasiswa dari perguruan tinggi swasta maupun negeri datang kesini untuk penelitian ataupun kuliah lapangan.

Bukan hanya itu saja, cagar alam ini juga dikunjungi masyarakat umum untuk berwisata. Cagar alam ini memiliki 32 situs geologi di dalamnya. Situs geologi ini didapat berdasarkan letak geografisnya 120 juta tahun lalu.

Letak geografis berupa dasar laut dan titik pertemuan lempeng samudera dan benua. Batu rijang adalah bukti kuat cagar alam ini dahulu dasar samudera yang terangkat dari proses geologi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Karangsambung No.KM 19, Kec. Karangsambung, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

10. Pantai Lampon

Pantai Lampon

Image Credit: Bantenshare.com

Pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata alam yang jarang didengar oleh wisatawan. Meskipun begitu, pantai ini menawarkan panorama alam yang sangat indah dan asri. Wisatawan dapat bersantai sambil menikmati keindahan alam yang sudah tersedia di sana.

Karena masih sepi pengunjung, saat wisatawan mendatangi Pantai Lampon akan terasa seperti memiliki pantai sendiri. Di sana juga terdapat spot foto yang bagus dan cantik untuk di coba.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Pasir, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

11. Pantai Petanahan

Pantai Petanahan

Image Credit: Google Maps (Kang Mamad)

Bagi Anda yang bingung memilih liburan ke pantai atau menjelajahi hutan? Pantai Petanahan jawabannya. Perpaduan antara hutan dengan pantai menambah nilai keunikan wisata ini. Bibir pantai berupa lekukan membuat hempasan ombak berbeda di setiap lokasi. Kawasan hutannya ditumbuhi pohon berjenis cemara udang memikat hati wisatawan.

Konon pantai Petanahan adalah primadona di Kebumen. Keindahan air laut yang jernih membuat pantai ini mendapat julukan primadona. Lokasi pantai berada di kecamatan Petanahan menyimpan cerita legenda. Cerita legenda mengenai Raden Sujono menyelamatkan istrinya bernama Dewi Sulastri dari penculikan.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karanggadung, Kec. Petanahan, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

12. Bukit Pranji

Bukit Pranji

Image Credit: Tokoilmukita.blogspot.com

Bukit Pranji merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Bukit ini terletak di Desa Pengaringan yang berbatasan langsung dengan Desa Watuwalang. Disini, wisatawan akan disuguhkan pemandangan alam dari atas bukit. Bahkan wisatawan dapat menikmati sunrise atau matahari terbit di sini.

Selain menikmati sunrise, momen yang paling ditunggu saat liburan ke Bukit Pranji adalah pada saat malam hari. Pada saat itu, akan terlihat banyaknya gemerlap lampu rumah warga sekitar yang terlihat dari atas bukit. Apalagi jika di langit terdapat bintang sehingga pemandangan semakin indah sehingga banyak wisatawan yang menginap dan bermalam di Bukit Pranji.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Watulawang, Pengaringan, Kec. Pejagoan, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

13. Pemandian Air Panas Krakal

Pemandian Air Panas Krakal

Image Credit: Google Maps (zizan cv)

Salah satu wisata pemandian air panas terkenal di Kebumen, Terbentuk secara alami, sumber mata air panas ini muncul secara tiba-tiba. Warga setempat memanfaatkannya dan mengolah menjadi tempat wisata. Terkenal dengan sumber air panasnya yang tidak pernah kering sepanjang tahun.

Hal tersebut membuat wisatawan dapat berkunjung kapan pun untuk berendam. Cocok dinikmati bersama keluarga dan teman terdekat. Pemandian ini memiliki banyak sumber mata air, tetapi hanya dua saja yang digunakan. Terdapat kandungan garam mineral bermanfaat bagi tubuh menjadi segar.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Krakal, Kec. Alian, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

14. Arung Jeram Padegolan

Arung Jeram Padegolan

Image Credit: Mhs.stmikayani.ac.id

Jika ingin mengunjungi destinasi wisata yang membutuhkan nyali dan keberanian, maka Arung Jeram Padegolan menjadi pilihan yang tepat untuk didatangi. Destinasi wisata ini banyak melibatkan kekuatan fisik dan metal karena wisatawan harus bisa menahan perahu karet mereka dari arus sungai. Walaupun begitu, aktivitas tersebut seru dilakukan sehingga bisa dijadikan pengalaman.

Arung Jeram Padegolan memiliki dua rute, yaitu landai dan menantang. Wisatawan dapat memilih variasi tersebut sesuai dengan kemampuan mereka. Bermain arung jeram sangat cocok dilakukan ketika cuaca panas karena air sungai sangat jernih dan menyegarkan. Terdapat pepohonan yang mengelilingi sungai sehingga panorama alam yang dihasilkan sangat indah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Prembun, Kec. Prembun, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

15. Bukit Langit Kebumen

Bukit Langit Kebumen

Image Credit: Google Maps (AWan Motovlog)

Tempat wisata yang memiliki julukan istana di atas awan terletak di desa Giripurno. enyajikan perpaduan cakrawala langit dan bukit yang menawan. Ketinggian wisata ini masuk dalam kategori cukup tinggi, tetapi puncaknya cenderung datar. Hal tersebut dapat membuat para wisatawan menjadi nyaman.

Setiap sudut di wisata ini menawarkan pesona alam yang menawan. Di bagian utara terdapat pemandangan karangganyam yang menakjubkan. Di bagian timur dapat menikmati kota Kebumen layaknya puzzle dari kejauhan. Untuk di bagian barat terdapat hamparan pemandangan hijau dari kota Karang Anyar.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Karanganyar, Giripurno, Karanganyar, Silumut, Giripurno, Kec. Kebumen, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

16. Bukit Pentulu Indah

Bukit Pentulu Indah

Image Credit: Xtravelers.blogspot.com

Bukit ini merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup hits dan populer yang ada di Kebumen. Wisatawan dapat secara langsung menikmati keindahan alam yang sudah tersedia di depan mata. Jika wisatawan naik ke puncak Bukit Pentulu Indah, wisatawan akan dengan jelas melihat pemandangan alam Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro yang sangat cantik.

BACA:  5 Air Terjun (Curug) di Karawang Paling Hits Dikunjungi

Selain itu, di bukit ini juga terdapat gardu pandang yang dibangun di atas pohon sehingga sangat cocok dijadikan spot foto sehingga hasil jepretan akan terlihat lebih cantik dan menarik. Untuk bisa berkunjung ke Objek Wisata di Kebumen ini, wisatawan hanya perlu menempuh jarak sekitar 21 km dari arah pusat kota menuju bagian utara.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Karangsambung, Kaligending, Kec. Karangsambung, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

17. Waduk Sempor

Waduk Sempor

Image Credit: Google Maps (Ferry Yulianto)

Lokasi wisata ini terletak di salah satu pedesaan Kebumen. Cocok untuk beristirahat sejenak, melepas penat dari pekerjaan. Lokasinya berjarak 8 km dan tidak jauh dari kota Gombong. Waduk ini memiliki ketinggian 30 meter di atas permukaan air laut.

Waduk ini adalah bendungan dari sungai Sempor. Aliran air sungai ini berasal dari kaki gunung Serayu Selatan dan bermuara pada samudera Hindia. Fungsi utama sebagai pengairan sawah untuk Banyumas, Cilacap dan Kebumen. Waduk ini juga dibuka untuk tempat wisata dengan menyewakan perahu motor berkapasitas 10 orang untuk waktu 30 menit.

Harga Tiket: Rp 4.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gombong, Waduk Sempor, Kec. Sempor, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

18. Benteng Van Der Wijck

Benteng Van Der Wijck

Image Credit: Wikipedia.org

Selain wisata alam, ada juga wisata edukasi yang dihadirkan di Kebumen. Salah satu destinasi wisata tersebut adalah Benteng Van Der Wijck. Benteng ini merupakan salah satu tempat wisata bersejarah yang menyimpan banyak cerita di dalamnya. Banyak yang mengatakan jika benteng ini dulunya berfungsi untuk pertahanan.

Destinasi wisata bersejarah ini dilengkapi dengan fasilitas berupa kereta mini sehingga wisatawan dapat berkeliling menjelajah area benteng sambil menikmati pemandangan dan mempelajari sejarah dengan menaiki kereta tersebut. Mengunjungi Benteng Van Der Wijck sangat cocok dilakukan bersama keluarga maupun rombongan.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sapta Marga No. 100, Sidayu, Kec. Gombong, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

19. Bukit Hood

Bukit Hood

Image Credit: Google Maps (Sudo Danu)

Bukit yang terletak di pantai Karangbolong tak kalah indahnya dengan bukit yang lain. Bagaikan mercusuar di pantai Karangbolong, bukit ini memiliki ketinggian 150 meter. Berwisata di bukit ini Anda dapat melihat sunrise dan sunset dengan latar laut dipadukan daratan hijaunya. Spot foto berbentuk kupu-kupu ini menjadi spot paling favorit bagi wisatawan.

Terdapat spot ayunan dapat Anda manfaatkan untuk mengambil foto dengan latar pemandangan laut biru. Ketika berjalan di bukit Hood harus hati-hati agar tidak tergelincir. Terbentuk dari batuan karst ala pegunungan inilah penyebab jalan di bukit ini licin. Harga tiketnya relatif murah membuatnya dipadati wisatawan dari berbagi kalangan.

Harga Tiket: Rp 4.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karangtengah, Karangbolong, Kec. Buayan, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

20. Pantai Suwuk

Pantai Suwuk

Image Credit: Atmosferku.com

Salah satu pantai yang terkenal di Kebumen adalah Pantai Suwuk. Pantai ini menawarkan pesona alamnya yang sangat indah. Pantai Suwuk banyak dikunjungi oleh wisatawan dan tidak pernah sepi pengunjung. Setiap akhir pekan atau liburan, banyak wisatawan yang datang ke sini untuk bisa menikmati keindahan pantai.

Terdapat fasilitas yang disediakan di Pantai Suwuk yaitu waterboom. Selain itu, ada juga pesawat Garuda yang sangat diunggulkan di pantai ini. Biaya masuk untuk bisa pergi ke destinasi wisata ini berbeda-beda. Untuk anak-anak hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 2.500. Sementara untuk orang dewasa biaya masuknya adalah Rp 4.500.

Harga Tiket: Rp 4.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Tambakmulyo, Kec. Puring, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

21. Brujul Adventure Park

Brujul Adventure Park

Image Credit: Google Maps (AR WI)

Wisata yang dirintis oleh warga setempat ini berlokasi di desa Peniron. Bulan April 2017 resmi dibuka dan berjarak 12 km dari kota Kebumen. Area lahan ini merupakan milik negara yang dimanfaatkan warga sekitar untuk bercocok tanam. Awalnya tempat ini dimanfaatkan oleh warga setempat untuk menanam singkong dan palawijaya lalu ditanami pohon pinus oleh Perhutani.

Dahulu sebagian luas lahan dimanfaatkan untuk bercocok tanam dan sebagiannya lagi hutan belukar dengan pohon-pohon besar. Pohon-pohon besar di hutan belukar ini seperti pohon sengon, jati dan albasia. Sekitar tahun 1980-an warga setempat sempat menanam padi gaga. Padi gaga adalah jenis padi yang dapat tumbuh saat tanah kering.

Harga Tiket: Rp 6.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Peniron, Ladang, Peniron, Kec. Pejagoan, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

22. Alian Butterfly Park

Alian Butterfly Park

Image Credit: Lionmag.net

Wisata edukasi yang ada di Kebumen selanjutnya adalah Alia Butterfly Park. Destinasi wisata ini menawarkan ragam jenis dan banyaknya kupu-kupu yang terbang bebas di sepanjang area. Selain itu, banyak keragaman jenis bunga yang terdapat di sana. Bahkan Alian Butterfly Park diklaim memiliki bunga dan kupu-kupu terlengkap di Pulau Jawa.

Jika ingin berlibur sambil melihat banyak kupu-kupu terbang, ada baiknya jika mengunjungi destinasi wisata ini pada pagi hari untuk bisa mendapatkan pemandangan tersebut. Karena pada pagi hari kebanyakan kupu-kupu dan serangga mengambil nektar dari bunga-bunga yang ada di Alian Butterfly Park.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Alian, Krakal, Kec. Kebumen, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

23. Kebun Bunga Ambal

Kebun Bunga Ambal

Image Credit: Google Maps (Nur Alif Iskandar)

Wisata yang menjadi magnet untuk anak-anak muda datang berkunjung. Kebun bunga ini memiliki julukan sebagai “Taman Asmara”. Julukan tersebut didapat karena ada spot foto berbentuk hati dipenuhi bunga berwarna-warni dilengkapi tulisan “asmara”. Lokasinya berada di kawasan area persawahan tepatnya di desa Ambal.

Luas sekitar 600 m2 ditanami berbagai jenis bunga yaitu maguna, pagoda, turing bunga matahari dan kertas. Kebun bunga ini diresmikan pada tahun 2018 menampilkan grup kuda lumping untuk menyemarakkan. Sejak diresmikan banyak sekali wisatawan datang mengambil foto dan mengunggahnya di media sosial.

BACA:  12 Tempat Kuliner Malam di Semarang Yang Enak & Murah
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ambalresmi, Kec. Ambal, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

24. Masjid Saka Tunggal

Masjid Saka Tunggal

Image Credit: Wikipedia.org

Selain menawarkan wisata alam dan edukasi, Kebumen juga menghadirkan wisata religi yaitu Masjid Saka Tunggal. Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua yang ada di Kebumen, Jawa Tengah. Masjid Saka Tunggal terletak di Desa Pakuncen.

Masjid ini sering dikunjungi oleh wisatawan, khususnya wisatawan yang beragama islam. Menurut informasi, masjid ini dibangun pada tahun 1722 sehingga umur Masjid Saka Tunggal bisa dibilang sangat tua. Walaupun begitu, masjid ini ramai dikunjungi oleh wisatawan karena keindahannya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cikakak, Kec. Wangon, Kab. Banyumas, Jawa Tengah.

25. Gua Petruk

Gua Petruk

Image Credit: Google Maps (Budi rvp)

Lokasi di desa Candirenggo tepatnya dukuh Mandayana membuat wisata ini mudah ditemukan. Gua ini memiliki keunikan pada bentuk bebatuannya. Hal tersebut membuat gua ini menjadi terkenal. Jika dilihat sekilas bentuk bebatuannya menyerupai mayat.

Selain itu bentuknya juga menyerupai lumbung padi dan mendapat julukan batu lumbung. Di dalam gua terdapat air terjun dimana airnya menyerupai busa sabun. Terdapat juga bentuk batu yang menyerupai hidung tokoh pewayangan. Tokoh tersebut bernama Petruk merupakan anak dari Ki Semar.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Goa Petruk, RT.04/RW.01, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

26. Taman Kota Jenderal HM Sarbini

Taman Kota Jenderal HM Sarbini

Image Credit: Delltoursblog.blogspot.com

Jika berkunjung ke Kebumen, pastikan untuk tidak melewatkan pergi ke Taman Kota Jenderal HM Sarbini. Tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh orang khususnya anak muda karena bisa dijadikan sebagai tempat nongkrong. Taman ini juga banyak dikunjungi oleh keluarga untuk sekedar jalan-jalan sambil menikmati kuliner khas Kebumen.

Taman Kota Jenderal HM Sarbini baru dibuka pada tahun 2012 sehingga termasuk destinasi yang cukup baru di Kebumen. Walaupun begitu, pemandangan alam yang disajikan juga tidak kalah cantik dan indah dibandingkan dengan destinasi wisata lain.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ahmad Yani, Indrakila, Kec. Kebumen, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

27. Bukit Jerit

Bukit Jerit

Image Credit: Google Maps (Zainul arifin)

Wisata ini adalah salah satu wisata baru dikembangkan di Kebumen. Tepat berlokasi di desa Ketanggung pasir berdekatan dengan wisata lainnya. Wisata-wisata tersebut seperti Watu pawon petemon dan pantai Watu Bale. Wisata ini dikenal dengan pemandangan laut dri atas bukit.

Akses jalan tergolong belum sempurna tak membuat surut minat wisatawan berdatangan. Warga setempat pun turut andil dalam mengerjakan perbaikan jalan. Spot-spot foto juga dibangun di wisata ini sehingga wisatawan nantinya merasa senang. Spot foto yang dibangun oleh warga seperti bamboo yang dibentuk menyerupai love, bintang, dan yang lainnya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ketanggung, Pasir, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

28. Wisata Alam Jembangan

Wisata Alam Jembangan

Image Credit: Kebumenkab.go.id

Destinasi wisata alam yang terdapat di Kebumen berikutnya adalah Wisata Alam Jembangan. Tempat wisata ini terletak di Desa Jembangan yang berjarak 20 km dari Kota Kebumen. Banyak pemandangan alam yang asri dan indah yang disajikan saat berkunjung ke tempat wisata ini.

Terdapat 3 bagian utama yang bisa dinikmati oleh wisatawan yang datang ke sana, yaitu Jembatan Gantung, Telaga Hijau, dan Waduk Pejengkolan. Tersedia fasilitas perahu air untuk bisa berkeliling sambil menikmati keindahan alam dan tersedia fasilitas lainnya yang tidak kalah kerennya.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukadana, Jembangan, Poncowarno, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

29. Curug Plumbon

Curug Plumbon

Image Credit: Google Maps (Sarif Haikal Hidayat)

Wisata air terjun ini terletak di bagian utara Kebumen. Curug Plumbon ini juga berdekatan dengan Curug Kali. Kedua wisata curug ini terletak di dusun Grigak dan Plumbon. Jarak kurang lebih 16 km dengan kendaraan dari arah kota Kebumen.

Selain itu berdekatan dengan pemandian air panas Krakal. Air terjun ini memiliki 2 tingkatan dengan total ketinggian 15 meter. Air terjun yang jernih dan segar mengucur deras di atas batuan sedimen bertumpuk. Air terjun ini berada di aliran sungai Grigak.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Plumbon, Kec. Karangsambung, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

30. Taman Reptil

Taman Reptil

Image Credit: Sggrentalmobil.com

Tempat wisata asal Kebumen yang bisa dikunjungi selanjutnya adalah Taman Reptil. Walaupun belum terlalu terkenal, taman ini sangat cocok dikunjungi bagi wisatawan yang suka dan tertarik dengan reptil. Tempat wisata ini banyak memberikan edukasi mengenai reptil sehingga dapat menambah ilmu pengetahuan.

Banyak reptil yang ada di taman tersebut seperti ular, kura-kura, biawak, dan masih banyak lagi. Selain dapat menambah ilmu pengetahuan, wisatawan tersebut juga turut membantu mempromosikan destinasi wisata tersebut hingga banyak orang yang tahu akan tempat wisata tersebut.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kaleng No. 11, Gebang, Adiluhur, Adimulyo, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

31. Pantai Surumanis

Pantai Surumanis

Image Credit: Google Maps (Wagi Saputra)

Pantai tersembunyi ini berlokasi di ujung selatan kota Kebumen. Lokasi yang terpencil membuat pantai ini masih asri dan jarang dikunjungi wisatawan. Medan yang dilalui untuk mencapai lokasi juga terbilang sulit. Namun rasa Lelah menuju perjalanan terbayar dengan panorama pantai surumanis yang indah.

Pemandangan di pantai ini berupa air laut berwarna biru kehijauan yang indah. Lokasi pantai di Kecamatan Ayah ini merupakan perbatasan desa Srati dan Pasir. Selain pantai Surumanis juga terdapat pantai menganti, Karang pengantin, dan pecaron di sekitarnya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Betah, Pasir, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

32. Curug Silangit

Curug Silangit

Image Credit: Tribunnews.com

Curug Silangit menawarkan keindahan alam yang sangat cantik dan menawan. Terdapat kolam air yang segar di destinasi wisata ini. Curug Silangit terletak di Desa Sidoagung.

Untuk bisa sampai ke destinasi wisata ini, wisatawan harus trekking selama 30-40 menit. Walaupun lelah, namun hasil yang didapat dari wisatawan trekking tadi akan membuahkan hasil.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Igirwates, Sidoagung, Kec. Sruweng, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

33. Pantai Gebyuran

Pantai Gebyuran

Image Credit: Google Maps (Arina Wida Imania)

Pantai yang lokasinya bersebelahan dengan tanjung karang penganten. Jarak pantai ini 800 meter dari arah pantai pasir. Pantai yang menyajikan pesona gua, tebing dan batu karang ini patut dicoba. Pantai ini juga memiliki akses mudah untuk mendapatkan penginapan dan hotel.

Selain bermain pasir dan berenang di pantai ini dapat pula bermain ayunan. Terdapat 3 ayunan di pantai ini yaitu 2 ayunan berada dibawah gua dan 1 ayunan di dekat tangga. Keunikan dari pantai ini yaitu terdapat sumber mata air tawar. Karang-karang besar di pantai ini juga cocok dijadikan latar swafoto Anda.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pantai Gebyuran, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

Itulah beberapa Destinasi Wisata di Kebumen. Anda dapat mengunjungi tempat wisata itu selagi berada di Kebumen. Anda tidak perlu takut untuk rugi jika datang ke destinasi wisata yang disediakan karena dijamin tempatnya sangat bagus dan menarik.