Bali merupakan salah satu pulau di Indonesia yang dikenal memiliki beragam tempat wisata menarik untuk wisatawan domestik dan mancanegara mulai dari anak-anak sampai dengan lansia. Tidak heran jika Bali selalu ramai dipadati wisatawan terutama ketika weekend dan hari libur nasional tiba. Salah satu tempat wisata yang menarik di Bali adalah waterpark.

Waterpark sendiri tidak hanya bisa menjadi hiburan seru untuk anak-anak saja, namun orang dewasa juga bisa merasakan keseruannya. Bagi wisatawan yang ingin mencoba tempat wisata dengan nuansa berbeda dan tidak melulu ke tempat wisata bernuansa sejarah maupun alam seperti pantai, berlibur ke waterpark merupakan pilihan yang tepat.

Di Bali ada beberapa waterpark dengan keunggulannya masing-masing. Sesuai namanya, waterpark dimaknai sebagai taman air dimana di dalamnya banyak terdapat wahana permainan air yang seru dan menantang. Bali bisa dibilang seperti magnet pariwisatanya Indonesia karena memiliki banyak tempat wisata yang bisa mengundang minat wisatawan.

1. New Kuta Green Park

New Kuta Green Park
Image Credit: Google Maps Endi Teguh Syah

Bagi wisatawan yang bosan berwisata ke pantai ketika sedang menikmati liburan di kawasan Bali, New Kuta Green Park adalah pilihan destinasi yang tepat. Waterpark yang berdiri di atas lahan seluas 5 hektar ini berlokasi di daerah Kuta Selatan, tepatnya di Pecatu. Lokasinya berada di kawasan Resort Pecatu Indah.

Letaknya sangat strategis karena berada tepat di samping pantai Dreamland. Sehingga keunggulan waterpark yang ada di Pecatu, Bali ini menyuguhkan suasana khas pantai. Meski suasana yang disuguhkan adalah suasana pantai, namun pemandangan yang dilihat wisatawan berbeda dari pemandangan pantai.

Yang membedakan antara New Kuta Green Park dengan waterpark lainnya yang ada di Bali adalah adanya wave pool. Adapun wave pool tersebut adalah kolam ombak dimana ombaknya merupakan gelombang buatan. Sehingga wisatawan akan menikmati sensasi berenang dengan terombang-ambing oleh ombak lautan buatan.

Wisatawan yang ingin berlibur di waterpark ramah keluarga ini bisa datang mulai pukul 9.00 sampai 17.30 WIB. Biaya tiket masuknya adalah Rp 65ribu untuk anak-anak dan Rp 90ribu untuk dewasa. Segala informasi terkait New Kuta Green Park bisa melalui email [email protected] atau telp di nomor +623618484777.

Harga Tiket: Rp 90.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Uluwatu-Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali.

2. Waterbom Bali Kuta

Waterbom Bali Kuta
Image Credit: Google Maps FlowRider INC

Masih berada di kawasan Kuta, ada lagi waterpark seru yang bisa dimasukkan dalam destinasi wisata yakni Waterbom Bali Kuta. Tempat wisata air ini merupakan pioneer waterpark pertama yang ada di daerah Kuta, Bali. Lokasinya tepat di kawasan jantung desa wisata wilayah Kuta, tidak jauh dari lokasi pantai Kuta yang populer.

Wisatawan bisa dengan mudah menemukan waterpark ini karena letaknya strategis, ada di daerah Kecamatan Kuta yakni Jl. Kartika Plaza Tuban. Menariknya, Waterbom Bali telah banyak mendapatkan penghargaan taraf internasional termasuk predikat “Asia’s Number 1 Water Park in Tripadvisor’s 2017 Travellers’ Choice Awards”.

Predikat tersebut diraih dalam dua tahun belakangan. Waterpark yang berdiri di atas lahan seluas 3,8 hektar ini menyajikan beragam wahana terbaik dan cukup lengkap di dunia. Ada sekitar 16 atraksi dan wahana yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan baik anak-anak maupun orang dewasa.

Yang menarik dari Waterbom Bali Kuta adalah adanya water slide dengan standar kualitas kelas dunia. Selain itu, terdapat juga wahana seru lainnya seperti boogie ride, smash down, boomerang, pipe line, climax, lazy river, dan lain-lain. Ada juga fasilitas seperti gazebo, water blaster dan sewa loker dengan biaya tambahan.

Tidak mengherankan jika tiket masuknya tergolong cukup mahal karena adanya waterslide berstandar internasional dan didukung dengan beragam fasilitas memadai. Tiket masuknya adalah Rp 265ribu untuk anak-anak berusia di bawah 11 tahun dan Rp 310ribu untuk orang dewasa, buka setiap hari pukul 09.00-18.00 WITA.

Harga Tiket: Rp 310.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kartika Plaza, Tuban, Kec. Kuta, Kab. Badung, Bali.

3. Citraland Waterpark Denpasar

Citraland Waterpark Denpasar
Image Credit: Google Maps CitraLand Waterpark

Di Kota Denpasar tepatnya Denpasar Utara, ada Citraland Waterpark yang tidak kalah menariknya dibandingkan waterpark di kawasan Bali lainnya. Tempat wisata yang dibangun di atas lahan seluas 6000 meter persegi ini sama seperti Waterbom Bali Kuta yang juga merupakan pioneer waterpark namun kali ini di Denpasar.

Lokasinya ada di Ruko Crystal Square GG/08 tepatnya di area perumahan Citraland Denpasar. Daya tarik waterpark tersebut adalah tersedianya beragam wahana air yang seru, salah satunya yakni waterslide. Suasana disana cenderung tenang sehingga cocok untuk wisatawan yang ingin menghindar sejenak dari keramaian.

Selain waterslide, ada juga wahana permainan air lainnya seperti tube slide, racer slide, the sea legs hingga adventure gallery. Tempat wisata ini dibuka setiap hari Selasa sampai Jumat mulai pukul 14.00-18.00 WITA. Khusus untuk weekend dan hari libur nasional buka mulai pukul 09.00-18.00 WITA.

Terkait tiket masuknya, wisatawan sebaiknya menyediakan budget mulai dari Rp 35ribu ketika weekday dan Rp 50ribu ketika weekend maupun hari libur nasional. Harga tiket masuk bisa saja berubah sewaktu-waktu sehingga wisatawan bisa menghubungi contact person di nomor 0361-4714830.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cargo Permai, Ubung Kaja, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali.

4. Splash Waterpark

Splash Waterpark
Image Credit: Google Maps Sendy Filemon

Kawasan Kuta Bali memang memiliki beberapa waterpark dengan daya tariknya masing-masing. Berlokasi di daerah Kuta Utara, Splash Waterpark berada di kawasan Fins Recreation Club Bali. Dari lokasi Pantai Seminyak menuju ke waterpark ini berjarak sekitar 5km dengan menggunakan kendaraan.

Terdapat berbagai wahana permainan air premium bertaraf kelas dunia di tempat wisata tersebut. Salah satunya adalah wahana seluncuran dengan lima tingkatan dan lintasan berukuran lebih dari 90 meter sejumlah 4 jalur. Sisi menarik dari Splash Waterpark adalah terintegrasi dengan Kid Club House, Bowling, hingga Trampolin.

Selain itu, wisatawan juga bisa mencoba permainan racing slide yang menantang setinggi 90 meter. Wahana permainan disana sangat variatif, sehingga wisatawan juga akan menemukan permainan lain seperti crazy creek, super bowl, splash playground, speed racer, dan big red. Karena itulah tiket masuknya tergolong mahal.

Untuk tiket masuk pengunjung dewasa adalah Rp 300ribu, sementara itu tiket masuk pengunjung anak-anak mulai dari 3-17 tahun adalah Rp 180ribu. Splash waterpark buka setiap hari mulai pukul 09.00-18.00 WITA. Informasi lainnya terkait tempat wisata ini bisa melalui email [email protected] atau CP 0361-848-3939.

Harga Tiket: Rp 300.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Berawa, Tibubeneng, Kec. Kuta Utara, Kab. Badung, Bali.

5. Taman Segara Madu Canggu

Taman Segara Madu Canggu
Image Credit: Google Maps Manx Jay

Waterpark lainnya di wilayah Kuta, Bali adalah Taman Segara Madu Canggu. Daya tarik waterpark yang berlokasi di kawasan Canggu ini adalah pemandangan yang disuguhkan berupa pemandangan sawah dengan lingkungan yang terasa asri. Taman Segara Madu berdiri di lahan seluas 4500 meter persegi.

Ada berbagai wahana dan juga beragam fasilitas memadai di tempat wisata tersebut. Konsep yang diusung di taman air ini adalah prestasi dan rekreasi yang diwujudkan dengan kolam olympic sesuai standar olimpiade. Terdapat juga 3 kolam yang lain dengan beragam wahana untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di tempat wisata ini adalah mandi busa, berenang, bermain seluncuran, bermain outing di kolam, mengapung dan menyelam, hingga bermain di wahana ember tumpah. Lokasinya strategis yakni di Jalan Raya Batu Bolong No.39 Canggu.

Taman Segara Madu buka setiap hari Senin-Jumat mulai pukul 07.00-18.30 WITA. Namun khusus untuk hari Sabtu-Minggu dan hari libur nasional buka lebih lama mulai pukul 07.00-19.30 WITA. Untuk harga tiket masuknya adalah Rp 25ribu untuk pengunjung anak-anak dan Rp 35ribu untuk pengunjung dewasa.

Harga Tiket: Rp 35.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Batu Bolong, Canggu, Kec. Kuta Utara, Kab. Badung, Bali.

6. Surf & Turf Nusa Dua

Surf & Turf Nusa Dua
Image Credit: Google Maps Surf & Turf Nusa Dua Beach

Selain di Kuta dan Denpasar, waterpark juga terdapat di daerah Nusa Dua Bali tepatnya di kawasan wisaa BTDC. Tempat wisata ini merupakan tempat wisata favorit bagi wisatawan domestik maupun mancanegara yang ingin menikmati sensasi surfing layaknya di pantai.

Area taman air Surf & Turf Nusa Dua didirikan di atas lahan seluas 3300 meter persegi. Daya tarik tempat wisata tersebut adalah adanya kolam buatan yang dibuat semirip mungkin seperti ombak di lautan sehingga wisatawan bisa menikmati pengalaman bermain selancar atau surfing disana.

Tidak perlu khawatir, ada instruktur yang akan membantu wisatawan jika sebelumnya belum pernah bermain wahana ini. Oleh karena itu, wisatawan pemula yang ingin mencoba surfing di pantai bisa lebih dulu belajar surfing di kolam buatan yang ada di Surf & Turf Nusa Dua.

Selain kolam buatan untuk surfing, ada juga wahana permainan air lainnya yang bisa dicoba seperti water slider dan cano. Tempat wisata ini dibuka untuk umum mulai pukul 10.00 sampai dengan 18.00 WITA. Untuk informasi lebih lengkap terkait harga tiket masuk dan lain-lain bisa menghubungi CP di nomor +62-361-8499-166.

Harga Tiket: Rp 250.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali.

Itulah beberapa rekomendasi waterpark populer yang berada di Pulau Bali. Kawasan Kuta memang lebih banyak memiliki waterpark dengan keunggulannya yang berbeda satu sama lain. Namun, semua waterpark yang ada di Bali semuanya recommended dan bisa dicoba untuk dikunjungi agar menambah pengalaman liburan yang seru.