Kesejukan udara yang ditawarkan pada malam hari menjadikan banyak orang memilih untuk berlibur pada malam hari. Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, wisatawan cukup datang saja ke Kota Magelang. Daerah yang terkenal dengan candinya ini juga memiliki beragam wisata malam yang akan memanjakan wisatawan dengan beragam daya tarik yang dimilikinya.

Keindahan malam dari Kota Magelang ini tidak perlu ditanya lagi. Udara sejuk dengan kerlap-kerlip lampu serta suara deru kendaraan dan klakson mobil dan motor yang menghiasi suasana malam menciptakan aura tersendiri yang menjadi daya tarik oleh sebagian wisatawan. Sehingga bukan suatu hal yang mengherankan kalau terkadang puncak kunjungan tempat wisata disini berada pada saat malam hari.

Wisatawan bisa menyambangi beragam objek wisata malam di kota ini untuk menghabiskan sisa akhir pekan bersama keluarga. Selain ramah keluarga, sebagian destinasi malam yang akan dijabarkan juga memiliki kesan romantis yang sangat cocok jika disambangi bersama kekasih. Berikut rekomendasi tempat wisata malam hits di Magelang yang wajib anda kunjungi.

1. Alun-Alun Kota

Alun-Alun Kota
Image Credit: Google Maps Cahyo Oasis

Untuk anda yang tertarik berlibur pada malam hari namun terkendala budget maka alun-alun kota ini menjadi pilihan yang sangat tepat. Dekorasi cantik yang disajikan akan menghiasi waktu berlibur malam hari para wisatawan. Pancuran air yang berada di sekitar alun-alun kota ini dihiasi dengan lampu yang akan menciptakan pesona cantik. Tak hanya itu saja, beragam dekorasinya pun patut diacungi jempol.

Wisatawan bisa juga merasakan beragam jenis makanan yang dijajakan di sekitar alun-alun ini. Wisatawan juga tidak perlu khawatir mengenai harganya karena sudah pasti hemat. Cita rasa yang disuguhkan dari jajanan ini juga tidak perlu diragukan lagi kelezatannya. Jadi, wisatawan akan mendapatkan pengalaman liburan malam dari dekorasi cantik lengkap dengan wisata hematnya. Mantap!

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.

2. Kuliner Kartika Sari

Kuliner Kartika Sari
Image Credit: Google Maps Aria

Tertarik untuk menjelajah beragam jenis kuliner? Atau diserang rasa lapar pada saat malam hari? Maka Kuliner Kartika Sari menjadi tempat yang wajib anda sambangi saat berada di Magelang. Tempat ini termasuk tempat hits yang sering dikunjungi oleh anak muda. Karena sajian makanan yang disajikan begitu menggugah selera dan sangat sayang untuk dilewatkan ketika anda melancong ke kota ini.

Kuliner Kartika Sari yang juga sering menjadi spot nongkrong anak muda ini buka setiap harinya dari jam enam pagi sampai jam sebelas malam. Merupakan jangka waktu yang cukup lama, sehingga pantas saja kalau Kuliner Kartika Sari tidak pernah sepi pengunjung. Jadi untuk anda yang tertarik untuk menjelajah beragam jenis kuliner malam ataupun merasa lapar pada saat malam hari, anda harus datang kesini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tidar, Kemirirejo, Magersari, Kec. Magelang Selatan, Kota Magelang, Jawa Tengah.

3. Gunung Andong

Gunung Andong
Image Credit: Google Maps Hajar Prasetyo

Tempat wisata selanjutnya tergolong berat jika dijadikan sebagai tempat wisata untuk menghabiskan waktu akhir pekan. Pasalnya, wisatawan harus melakukan perjalanan yang cukup berat untuk dapat menikmati suasana malam. Wisatawan yang tertarik bisa melakukan perjalanan malam menuju puncak Gunung Andong ditemani dengan pemandangan kerlap-kerlip lampu dari Kota Magelang.

Pemandangan cantik dari Kota Magelang ini sangatlah sayang untuk dilewatkan. Selain pemandangan malamnya yang cantik, gunung ini pun menyimpan kecantikan yang tak kalah pada saat matahari terbit. Luasnya pemandangan kota dari atas ketinggian dengan tambahan pepohonan hijau menciptakan pemandangan asri yang begitu lekat terasa. Kabut pun akan menemani waktu sunrise.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Girirejo, Kec. Ngablak, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

4. Candi Borobudur

Candi Borobudur
Image Credit: Google Maps M¡hiN_M¡ndula•

Magelang memang tidak bisa jauh-jauh dari yang namanya candi. Keindahan Candi Borobudur ini dilirik oleh para wisatawan yang hendak menghabiskan waktu malamnya. Setiap malam datang, banyak wisatawan yang nongkrong sembari mengobrol di luar pagar Candi Borobudur. Hal ini terjadi sejak dipasangnya lampu-lampu hias di luar pagar candi. Selain itu fasilitas trotoar juga menjadi pendukung.

Sejak dipasangnya lampu hias dan fasilitas trotoar menjadi ladang bisnis baru sehingga banyak terdapat warung-warung di sekitar kawasan luar pagar candi. Warung-warung ini menyediakan tikar sebagai tempat lesehan bagi pengunjungnya agar wisatawan bisa bercengkrama sembari merasakan suasana malam kota ini. Tercatat, jumlah kunjungan terbanyak terjadi pada setiap malam minggu.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Badrawati, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

5. Taman Ramadanu

Taman Ramadanu
Image Credit: Google Maps Jin Kurniawan

Taman yang menyajikan dekorasi ala-ala Belanda ini ternyata juga aktif pada malam hari. Obyek wisata alam yang menyuguhkan bunga-bunga warna-warni ini dipoles sedemikian rupa dengan tambahan lampu-lampu kecil dan lampion untuk menciptakan wisata malam. Sehingga sangat cantik jika dipandang. Wisatawan bisa mengabadikan sejumlah momen ketika berkunjung pada malam hari disini.

Walaupun lokasinya berada di pinggiran kota, pengunjung yang datang ke Taman Ramadanu juga banyak yang berasal dari luar Kota Magelang, bahkan luar Pulau Jawa. Hal inilah yang juga menjadi alasan lain mengapa Taman Ramadanu buka hingga malam hari. Wisatawan yang berkunjung akan mendapatkan lampu kerlap-kerlip dengan tambahan lampion yang menghiasi kincir angin disini. Tertarik?

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Danurojo, Sambi Roro, Jamuskauman, Kec. Ngluwar, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

6. Taman Wisata Kopeng

Taman Wisata Kopeng
Image Credit: Google Maps Yohanes Bara

Taman wisata ini begitu diminati oleh pengunjung sebab menawarkan waterpark yang bernuansa alami dengan pepohonan tinggi yang menjulang di tepiannya. Taman Wisata Kopeng juga hits dijadikan sebagai spot destinasi pada malam hari sebab tempat wisata ini juga difasilitasi dengan camping ground yang akan meramaikan suasana malam. Camping ground ini menjadi area favorit wisatawan pecinta alam.

Menikmati keindahan malam hari bersama keluarga ataupun teman dekat disini merupakan kegiatan yang wajib wisatawan coba saat berada di Magelang. Wisatawan akan mendapatkan pemandangan Desa Kopeng dari atas ketinggian Taman Wisata Kopeng. Lokasinya pun sudah diberi dekorasi menarik seperti halnya lampu-lampu kecil yang akan membangkitkan panorama cantik dari taman wisata satu ini.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Magelang – Salatiga No.KM. 15, Dukuh, Kopeng, Kec. Getasan, Kab. Semarang, Jawa Tengah.

7. Bukit Gondropurowangi

Bukit Gondropurowangi
Image Credit: Google Maps Toni Hermanto

Bukit satu ini hits karena pemandangan sunrise yang disajikannya begitu memesona. Tapi, keindahan yang disajikan tak kalah memesona pada saat malam hari. Sebab, wisatawan yang berkunjung akan ditemani pemandangan kerlap-kerlip dari lampu perkotaan yang sayang untuk dilewatkan. Wisatawan yang beruntung pun bisa menyaksikan jutaan bintang dengan jelas yang tersebar di langit malamnya.

Obyek wisata ini juga tidak ketinggalan dalam menyajikan spot foto menarik. Salah satu spot foto yang menjadi favorit wisatawan adalah spot foto berbentuk bulan sabit yang berada di ujung bukit. Ornamen berbentuk bulan sabit ini bisa wisatawan memanfaatkan sebagai latar belakang foto untuk menghasilkan foto dengan kesan suasana malam yang begitu terasa.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karang Baur, Kenalan, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

8. Bukit Punthuk Setumbu

Bukit Punthuk Setumbu
Image Credit: Google Maps yofan indriyanto

Sunrise yang ditawarkan oleh Bukit Punthuk Setumbu memang tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Banyak wisatawan yang mendaki bukit pada malam hari untuk merasakan sunrise keesokan harinya. Wisatawan pun tidak perlu khawatir dengan sajian pemandangan malam hari, karena bukit ini akan menyajikan pemandangan kerlap-kerlip Kota Magelang yang terlihat begitu cantik dari atas ketinggian.

Paginya, wisatawan akan mendapatkan pemandangan sunrise dengan kabut tipis yang menyelimuti. Lampu kerlap-kerlip yang menghiasi Kota Magelang pada malam hari itu, pelan-pelan akan mati satu persatu dan digantikan dengan penampakan lampu besar nan megah. Matahari yang terlihat indah ini akan menjadi pemandangan pagi yang bisa wisatawan dapatkan ketika berada di Punthuk Setumbu.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karangrejo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

9. Bukit Tidar

Bukit Tidar
Image Credit: Google Maps Sies Project

Keindahan dari Bukit Tidar tidak hanya bisa dinikmati pada saat siang hari saja. Pasalnya bukit ini juga menyajikan suasana malam yang begitu memikat pengunjung. Hal ini bisa dibuktikan dengan jumlah kunjungan wisatawannya yang kebanyakan memilih malam hari. Pepohonan rindang yang menghiasi bukit akan menjadi dekorasi cantik jika disambangi pada saat malam hari. Tiket masuknya pun murah.

Bukit Tidar yang berada persis di tengah-tengah hiruk-pikuk pemukiman warga ini memang memiliki pemandangan indah entah itu pada pagi, siang, sore, maupun malam hari. Bukit hijau ini menyajikan pemandangan Kota Magelang lengkap dengan lampu-lampunya. Suasana malam akan lebih terasa ketika anda menghabiskan waktu malam di Bukit Tidar.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Magersari, Kec. Magelang Selatan, Kota Magelang, Jawa Tengah.

10. Ketep Pass

Ketep Pass
Image Credit: Google Maps Ketep pass

Ketep Pass yang menyuguhkan pemandangan Gunung Merapi ini terlihat sangat cantik. Berdiri diatas ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut ini menyajikan pemandangan ratusan lampu-lampu Kota Magelang yang terlihat syahdu pada saat malam hari. Wisatawan yang berkunjung bisa merasakan hunting saat sunset sekaligus merasakan kesejukan malam harinya. Tertarik datang ke Ketep Pass?

Harga Tiket: Rp 7.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ketep Pas, Ketep, Kec. Sawangan, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

11. Taman Badaan

Taman Badaan
Image Credit: Twitter Kabar Pemalang

Taman ini menjadi destinasi malam yang patut Anda kunjungi. Dengan banyaknya wahana permainan yang berada di taman ini menjadikannya cocok sebagai tempat bermain si kecil. Obyek wisata ini juga unggul pada saat malam hari bagi anda yang ingin menikmati sejuknya udara malam. Taman ini juga bisa dijadikan sebagai wisata gratis untuk anda yang tidak punya budget lebih.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Potrobangsan, Kec. Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Itulah beberapa objek wisata malam favorit di Magelang yang menarik untuk Anda sambangi. Destinasi ini sangat cocok jika dijadikan sebagai spot rekreasi malam untuk anda dan keluarga. Pernak-pernik lampu dari Kota Magelang menciptakan suasana nyaman yang akan dengan mudah wisatawan rasakan. Kesyahduan malam dari kota ini memang perlu diacungi jempol. Tertarik?