Inilah Rekomendasi Wisata Pantai Terindah di Lamongan, Jawa Timur. Objek Wisata Bahari yang Eksotis, Populer dan Paling Hits yang Menarik Anda Jelajahi Saat Berlibur ke Lamongan.

Lamongan terletak pada Provinsi Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Lokasi yang strategis tersebut menjadikan Lamongan memiliki banyak pantai yang indah dan menakjubkan dengan ombak yang cenderung kecil, aman, dan tenang.

Pantai di daerah ini telah dijadikan sebagai objek wisata yang tentunya dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan bagi masyarakat sekitar. Para masyarakat bersama-sama membangun fasilitas untuk menunjang segala kebutuhan para pengunjung. Baik dari area parkir, gazebo atau gubuk, jembatan, ataupun fasilitas lainnya.

Banyaknya fasilitas dengan bentangan alami dari pantai inilah yang menyebabkan wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Berikut beberapa wisata pantai dengan panorama alam yang luar biasa di Lamongan yang wajib Anda datangi.

1. Pantai Maldives Kemantren

Pantai Maldives Kemantren
Image Credit: Google Maps (Sobat Pakchoy)

Pantai di Kabupaten Lamongan satu ini memiliki banyak gubuk atau biasa disebut dengan branjang yang berjejer di tepi pantai. Satu gubuk dengan gubuk lainnya dihubungkan dengan jembatan kayu yang kokoh dan kuat seperti di Maldives. Hal inilah yang menjadikan pantai ini dinamai dengan Pantai Maldives Kemantren.

Gubuk atau branjang ini berada pada pesisir pantai sampai dengan perairan yang dangkal. Anda dapat menikmati pemandangan hamparan laut yang biru sambil bersantai di dalam saung ini. Anda juga dapat membeli hidangan yang dijual di sekitar pantai sambil menghirup segarnya udara.

Pantai Maldives Kemantren memiliki pasir yang ditumbuhi banyak vegetasi. Mulai dari rerumputan, ilalang, sampai dengan vegetasi dengan ukuran yang besar. Pengelola pantai ini membuat beberapa spot untuk menarik minat para pelancong. Spot tersebut dibuat dengan sedemikian rupa agar dapat terlihat unik dan tentunya menarik. Bagi Anda yang memiliki hobi swafoto, Anda akan mendapatkan foto instagenic saat berada di pantai ini.

Lokasi: Kemantren, Kec. Paciran, Kab. Lamongan.

2. Pantai Lagoen Camporjo

Pantai Lagoen Camporjo
Image Credit: Google Maps (Reovany Muhammad)

Seperti dengan namanya, pantai ini merupakan suatu lagoon yang dibuka untuk para wisatawan selama 24 jam. Pantai Lagoen Camporjo terletak dekat dengan sungai dan memiliki aliran yang lumayan panjang. Aliran panjang ini nantinya akan bermuara ke wilayah pantai. Hal itulah yang kemungkinan menyebabkan pantai ini ramai dibicarakan oleh para wisatawan.

Pantai Lagoen Camporjo memiliki jenis pasir yang bercampur dengan batu kerikil. Oleh sebab itu, Anda harus menyiapkan alas kaki agar tidak melukai kaki Anda saat menjelajah di tepi pantai. Selain itu, ombak di pantai lagoon ini relatif kecil dan tenang. Sehingga para orangtua tidak perlu khawatir saat sang buah hati bermain air di sekitar pantai.

Lokasi: Klayar, Sidokelar, Kec. Paciran, Kab. Lamongan.

3. Pantai Klayar

Pantai Klayar
Image Credit: Flickcr.com

Bagi Anda yang ingin berlibur ke Kabupaten Lamongan dengan persiapan budget yang minim, Anda wajib mengunjungi wisata Pantai Klayar. Pantai ini terletak pada lokasi yang tersembunyi dan hanya masyarakat sekitar yang sering mengunjunginya. Pantai ini sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin merasakan suasana yang sepi. Sebab pantai ini masih jarang dijadikan sebagai tujuan wisata.

Disini terdapat banyak bunga dengan warna yang bervariasi. Sehingga menciptakan suasana romantis tersendiri bagi Anda yang berlibur bersama pasangan. Terkadang, terdapat beberapa hewan teripang di tepi pantai yang terbawa oleh arus laut. Anda dapat bermain dengan hewan tersebut kemudian mengembalikannya ke dalam perairan pantai.

Lokasi: Desa Klayarmas, Kec. Paciran, Kab. Lamongan.

4. Pantai Kutang Lamongan

Pantai Kutang Lamongan
Image Credit: Google Maps (Wahyudi Dwy Purwanto)

Pantai ini memiliki nama yang unik dan pastinya membuat Anda terheran saat mendengarnya. Pantai yang hits di Lamongan ini memiliki nama Pantai Kutang. Nama ini diberikan dengan alasan karena dulunya banyak para wisatawan yang meninggalkan pakaian dalam mereka saat berlibur di pantai ini. Meskipun namanya terasa janggal, akan tetapi pantai ini memiliki pesona yang luar biasa.

Pantai kutang memiliki fasilitas berupa jembatan kayu panjang yang membentang dari area parkir sampai ke arah pantai. Anda dapat menjadikan jembatan ini sebagai spot foto karena jembatan ini memiliki warna bak pelangi. Pantai ini juga memiliki air biru yang jernih dan menyegarkan dengan ombak yang tenang. Sehingga aman untuk Anda yang ingin melakukan kegiatan berenang.

Disini Anda juga dapat menyaksikan hutan mangrove yang lebat dan cocok dijadikan sebagai background foto. Untuk semakin menarik minat para wisatawan, pengelola pantai memberikan fasilitas berupa gazebo yang di tarif dengan harga Rp 20.000 untuk tiap 30 menit. Disini juga disediakan 2 ayunan gratis yang dapat menunjang properti foto Anda.

Lokasi: Kentong, Labuhan, Kec. Brondong, Kab. Lamongan.

5. Pantai Paloh

Pantai Paloh
Image Credit: Facebook.com @reza.rahadian

Pantai Paloh yang berlokasi di Paciran Lamongan terletak pada kampung nelayan yang padat penduduk. Hal pertama yang akan Anda lihat saat berada di pantai ini adalah dermaga dengan jejeran perahu nelayan yang berbaris rapi. Terdapat pula perahu-perahu khusus berlayar yang dapat Anda sewa untuk menyusuri perairan Pantai Paloh Paciran.

Pada area sekitar pantai Anda akan menjumpai rumah maupun kedai yang menyajikan berbagai hidangan laut yang tentunya dibuat dengan ikan segar. Menu seafood menjadi salah satu menu yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke pantai. Disini, Anda juga dapat membeli ikan hasil tangkap dengan harga yang murah.

Lokasi: Paloh, Kec. Paciran, Kab. Lamongan.

6. Pantai Moersodo

Pantai Moersodo
Image Credit: Google Maps (Steven Carik Lisa)

Pantai yang terkenal dengan surganya sunset ini terletak di bagian ujung utara Kabupaten Lamongan. Pantai Moersodo akan sangat ramai dikunjungi saat menjelang sore hari. Sebab, banyak para wisatawan yang penasaran akan keindahan matahari terbenam di pantai ini. Selain itu, Pantai Moersodo juga ramai dikunjungi saat pagi hari untuk sekedar bermain air dan menghilangkan penat.

Pantai Moersodo memiliki ombak dan arus yang tenang sehingga aman bagi Anda yang ingin mengajak si kecil. Pasir yang memiliki ukuran yang kecil dan lembut dapat membuat si kecil nyaman saat bermain. Hal yang menjadi daya tarik pada pantai ini yaitu memiliki beberapa batuan kapur di tepi pantai. selain itu terdapat banyak pohon gundul yang aesthetic untuk dijadikan properti foto.

Lokasi: Lohgung, Kec. Brondong, Kab. Lamongan.

7. Pantai Lorena

Pantai Lorena
Image Credit: Tripadvisor.com

Pantai Lorena menjadi rekomendasi wisata pantai yang patut dikunjungi saat berada di Kabupaten Lamongan. Untuk memasuki kawasan Pantai Lorena, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya atau gratis. Hal ini menjadi salah satu penyebab pantai ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. pantai ini memiliki daya tarik yang unik yang mampu memikat hati para pelancong.

Pantai Lorena memiliki banyak batu karang dengan tekstur kasar. Batu ini memiliki warna coklat terang dengan ukuran yang lumayan besar. Anda dapat menjelajahi sekitar pantai dengan berjalan di batu karang ini. Selain itu, pantai ini juga ditumbuhi oleh pohon cemara yang cocok dijadikan sebagai tempat berteduh dari sengatan panas matahari.

Lokasi: Jl. Raya Paciran, Kec. Paciran, Kab. Lamongan.

8. Pantai Brondong

Pantai Brondong
Image Credit: Instagram.com @moesafir_cinta

Pantai Brondong merupakan pantai terbersih yang berada di kabupaten Lamongan dengan suasana yang masih asri dan damai. Pantai ini memiliki arus dan ombak yang tenang dengan lebar garis yang pantai yang lumayan luas. Udara di pantai ini cenderung teduh dan sejuk sebab anginnya yang berhembus kencang.

Disini Anda dapat melakukan aktivitas berenang bersama dengan keluarga. Anda juga dapat membawa si kecil untuk berenang maupun sekedar bermain pasir. Dengan ditemani es kelapa muda yang dijual di tepi pantai, akan membuat Anda semakin nyaman sambil menikmati pemandangan yang surgawi dari Pantai Brondong.

Lokasi: Kentong, Kec. Brondong, Kab. Lamongan.

9. Pantai Ya’ang Labuhan

Pantai Ya’ang Labuhan
Image Credit: Google Maps (Fendi Santo)

Bagi Anda yang menginginkan spot foto yang cantik dan natural, wajib untuk berkunjung ke Pantai Ya’ang Labuhan. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih dengan ombak yang cenderung tenang. Disini juga terdapat banyak batu karang dan juga pohon bakau yang semakin menambah keindahan dan kesejukan.

Pantai ini memiliki fasilitas berupa jembatan kayu yang memanjang sampai ke tepi pantai. Banyak dari wisatawan yang melakukan foto di tempat ini karena pemandangannya yang begitu membius. Untuk dapat masuk dalam kawasan pantai, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 2.000 untuk tiap motor.

Lokasi: Labuhan, Kec. Brondong, Kab. Lamongan.

10. Pantai Tanjung Kodok

Pantai Tanjung Kodok
Image Credit: Twitter.com @duniadian

Rekomendasi pantai yang terakhir ini merupakan pantai yang paling terkenal di Kabupaten Lamongan. Pantai ini tidak hanya terkenal di kawasan sekitar Lamongan saja, tetapi pantai ini banyak dibicarakan oleh para pelancong dari berbagai negara maupun luar negeri. Pantai Tanjung Kodok memiliki keunikan berupa batuan karang berbentuk kodok atau katak di ujung pantai.

Selain itu, Pantai Tanjung Kodok juga menyediakan berbagai wahana yang dapat memicu dan menantang tingkat adrenalin Anda. Ekowisata Bahari di Lamongan ini menyediakan permainan berupa banana boat, paus dangdut, halilintar mini, space shuttle, dan masih banyak wahana lainnya. Pantai ini terletak di perbukitan karang yang memiliki ketinggian yang curam dan terjal.

Lokasi: Jl. Raya Paciran, Paciran, Kec. Paciran, Kab. Lamongan.

Itulah daftar wisata pantai terpopuler dan hits di Lamongan yang dapat menjadi referensi Anda dalam memilih tujuan bahari yang harus Anda kunjungi saat liburan. Dengan mengunjungi pantai, Anda akan merasa bebas dan sejenak melupakan masalah yang sedang Anda pikul. Jangan lupa, untuk menyiapkan budget sesuai dengan kebutuhan sebelum mengunjungi objek wisata pantai.