Wisata Alam Posong salah satu tempat liburan hits dan kekinian di Temanggung yang menawarkan pemandangan khas pegunungan, golden sunset dan beragam wahana permainan menarik.

Harga Tiket: Rp 7.000, Jam Operasional: 04.00-17.00 WIB, Alamat: Tlahap, Kec. Kledung, Kab. Temanggung, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Wisata Alam Posong Kledung Temanggung, adalah salah satu tempat wisata alam di Temanggung yang terkenal semenjak tahun 2020 lalu. Wisata ini menyajikan keindahan istimewa berkenaan dengan alam pegunungan yang dapat memanjakan mata. Sebab letaknya yang sangat strategis yakni di Padang Safana Kledung.

Padang safana kledung sendiri terletak diantara Gunung Sindoro dan gunung sumbing yang tampak indah. Terutama bila di lihat dari area wisata alam Posong. Bagaimana tertarik kan dengan tempat hits di Temanggung ini?

Kata Posong dalam penamaan tempat wisata ini mempunyai arti Pos Kosong yang didirikan di zaman penjajahan Belanda oleh pangeran Diponegoro. Dibangunnya Pos tersebut memiliki tujuan untuk memancing musuh supaya ia melakukan serangan ke pos yang kenyataannya kosong.

Daya Tarik yang Dimiliki Wisata Alam Posong

Daya Tarik Wisata Alam Posong
Image credit: Twitter.com @cassarudi

1. Beragam Spot Foto

Berfoto, tentu telah menjadi kewajiban dasar untuk para wisatawan lokasi wisata saat ini. Wisata alam Posong, memiliki berbagai spot untuk memperoleh foto-foto yang cantik. wisatawan bisa berfoto dengan memakai latar tulisan posong dan gunung Sindoro.

Kemudian, wisatawan juga bisa mencoba spot foto dengan bentuk sayap kupu-kupu. Tempat foto satu ini akan membuat hasil potretan terlihat lebih segar dan ceria. Oleh sebab itu, tidak kaget lagi jika spot ini ramai dikunjungi, sebagian besar oleh anak-anak.

Selain itu, pengunjung bisa berfoto di gardu pandang yang latar belakangnya adalah gunung Sumbing dan panorama kota Temanggung. Sebagai catatan spot foto ini adalah spot yang paling diminati oleh wisatawan yang berada di tempat ini.

2. Golden Sunrise

Jam buka wisata Posong yaitu buka pada pukul 04.00 hingga pukul 17.00. Jam buka yang sangat pagi tersebut bertujuan, untuk memberikan wisatawan sebuah pemandangan yang indah yakni bisa menikmati golden sunrise. Sebab  jarak tempuh dari gerbang hingga ke spot sunset dan sunrise yaitu kurang lebihnya adalah satu jam.

Waktu paling pas dalam menikmati sunrise adalah pukul 06.00. Berarti wisatawan sudah diharuskan masuk gerbang, minimal pada jam 04.30. Upayakan membawa bekal berupa minuman hangat dan makanan sendiri dari rumah sembari menunggu golden sunrise muncul.

Pada pukul 06.00 wisatawan akan menikmati dan merasakan indahnya Golden sunrise. Jika keberuntungan ada di pihaknya, ia akan melihat keindahan samudera awan dan pada siang hari melihat pemandangan alam bersih tanpa adanya awan.

Dari atas puncak Posong, wisatawan secara gamblang akan melihat keindahan tujuh pesona puncak sekaligus, yakni Ungaran, Merapi, Telomoyo, Merbabu, Sumbing, Muria dan Sumbing.

Siapa yang menyangka bila pada saat cuacanya cerah, wisatawan bisa menyaksikan fenomena samudra awan dengan ketujuh puncak gunung yang terlihat indah. Namun,  cuacanya agak mendung wisatawan masih akan dimanjakan oleh kabut yang bisa membuat nuansa semakin tenang serta udara yang sangat sejuk.

Bukan itu saja, di kawasan ini juga terdapat 3 gardu besar yang mana ada satu gardu kecil yang dapat dimanfaatkan oleh wisatawan untuk duduk-duduk, bersantai serta menikmati keindahan alam yang diciptakan sang kuasa.

Tak hanya terbitnya matahari saja yang menjadi momen ditunggu-tunggu wisatawan. Di sore hari, pengunjung akan disajikan panorama indahnya matahari terbenam. Sinar matahari yang memancar serta menyoroti bumi, seakan membelah Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Wisata Alam Posong

Alamat Wisata Alam Posong
Image credit: Google Maps (Yusril Khairudin)

Lokasi wisata alam hits ini terletak di Raya Parakan Wonosobo kilometer sembilan, tepatnya di Kecamatan Temanggung provinsi Jawa Tengah dengan kode pos nya yaitu 56264. tempat ini juga terkenal dengan letaknya yang berada di kaki gunung Sindoro. Sedangkan untuk rutenya ada 3 rute jika berangkat dari salah satu kota di Jawa Tengah berikut ini:

Jika kamu berangkat dari Yogyakarta, maka kota yang seharusnya kamu lewati adalah Magelang, setelah kamu sampai di Magelang, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke arah kabupaten Temanggung. kemudian saat kamu sampai di Temanggung lanjutkan lagi perjalanan ke arah kecamatan Parakan.

Jalan ke arah kecamatan tersebut sama seperti arah jalan ke Wonosobo. yang menjadi kota tujuan wisata di Jawa Tengah. Saat kamu sampai di Parakan, ikuti jalan ke arah Wonosobo sekitar 5sampai 7 kilometer dan kamu telah sampai di depan gerbang wisata alam Posong yang terletak di kanan jalan.

Jika kamu dari Semarang, pertama kamu harus melewati kota Magelang. Jika memang kamu telah sampai di Magelang, maka perlu mengikuti panduan sama seperti penjelasan yang telah di sampaikan di atas yakni perjalanan menggunakan rute dari Yogyakarta.

Jarak mulai pintu gerbang hingga ke area wisata relatif jauh, sekedar saran saja jika Anda tidak mengendarai kendaraan pribadi kamu dapat menggunakan jasa ojek yang ada di sekitar pintu gerbang. Kondisi jalan ke arah wisata ini pun juga belum di aspal dengan kontur jalan yang naik.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Posong Temanggung

Harga Tiket Wisata Posong
Image credit: Google Maps (Vemi)

Retribusi serta tiket masuk tempat wisata alam Posong lokasinya ada di TPR. Biaya tiketnya sangat terjangkau oleh semua kalangan masyarakat yaitu hanya membayar Rp. 7.000 per orang, biaya sudah termasuk ongkos tiket dan parkir wisata.

Tempat wisata ini memiliki jam operational yaitu buka pukul 04.00 dan tutup pada pukul 17.00 WIB. Jadi harus pagi-pagi sekali ke tempat ini agar puas berliburnya.

Selain itu, pengunjung yang ingin masuk ke area taman yang terletak di dalam akan terkena biaya tambahan yakni Rp 10,000. Di taman tersebut ada wahana bermain yang dapat dinikmati oleh wisatawan seperti flying fox.

Terlepas dari hal tersebut, semua biaya tiket masuk maupun parkir dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pengelola wisata setempat. Hal tersebut juga berlaku untuk jam operasional apalagi di keadaan seperti saat ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Posong Temanggung

Kegiatan di Posong Temanggung
Image credit: Instagram.com @khilldaaaaaa_

1. Fotografi dan Videografi

Pesona golden sunset yang indah serta milky way yang menghiasi langit-langit gelap, tentunya kamu harus siapkan kamera terbaikmu untuk mengabadikan momen ini. Sehingga hal ini akan menjadi momen bersejarah dalam hidupmu.

Apalagi dengan maraknya media sosial saat ini, yang begitu eksis dan dengan mudahnya bisa viral. pokoknya sangat cocok untuk kamu para conten creator. Terutama di bidang editing yang kebanyakan menyukai panorama yang aestetik.

Dengan demikian, sosial mediamu akan berwarna karena memiliki foto dan video pemandangan di Posong Temanggung ini. Apalagi kamu yang memiliki konten yang berhubungan dengan wisata.

2. Melakukan Hiking Ringan

Setelah wisatawan membeli tiket, wisatawan akan diajak untuk melakukan pendakian ringan  menuju ke arah Taman Posong. Dari loket tiket tersebut wisatawan menempuh perjalanan dengan waktu sekitar satu jam. Namun di sepanjang perjalanan wisatawan  akan disuguhi dengan suasana panorama yang indah.

Sepanjang perjalanan mengesankan ini, wisatawan di wisata alam Posong Temanggung dapat melihat sangat jelas puncak Gunung Sindoro. Tanahnya bercampur hamparan kebun sayur serta buah yang ditanam mengikuti kontur lereng gunung. Panorama di tempat ini sangat damai, awan-awan dan bukit-bukit yang ada di bawahnya akan membuat pengunjung terpesona.

Kegiatan di Posong
Image credit: Facebook.com @aziezhudayat.hudayat

3. Kegiatan Outdoor yang Menyenangkan

Teruntuk para wisatawan yang hobi akan permainan yang asyik di alam terbuka bisa mengunjungi wisata alam Posong ini. Hal tersebut disebabkan wilayah ini telah menyediakan tempat bermain yang seru yaitu outbond, flying fox, berkemah dan banyak lainnya.

Bukan itu saja, ada pula taman bermain untuk anak-anak. Tempat tersebut dapat menjamin si kecil gembira dan senang.

Posong pun memberikan tempat berkemah terbuka. Wisatawan yang berkeinginan untuk berkemah, dapat menghubungi pihak pengelolanya. Menginap di objek wisata ini membuat wisatawan dapat merasakan udara pegunungan yang sejuk

Pengunjung bisa menikmati keindahan ‘milky way’ di saat malam hari yang cerah. Jutaan bahkan milyaran bintang menghiasi langit-langit malam terletak di atas kepala kita. Bertaburannya ‘Milky Way’ di angkasa Posong akan membuat wisatawan terkagum-kagum. Minimnya polusi membuat Galaxy Bimasakti nampak sangat jelas..

Fasilitas yang Tersedia di Wisata Alam Posong Temanggung

Fasilitas Wisata Alam Posong
Image credit: Google Maps (Nyill 01)

Seperti wisata pada umumnya, pengelola setempat sudah menyiapkan beberapa gazebo untuk dimanfaatkan oleh pengunjung. Hal itu bertujuan untuk wisatawan yang ingin bersantai dan berlama-lama menikmati indahnya pemandangan wisata Posong.

Tidak hanya gazebo saja, adapula beberapa jumlah wahana menarik seperti flying fox yang ada di kawasan sekitar wisata. Dengan demikian, para wisatawan dapat menikmati sejuknya udara pegunungan yang memiliki hiasan hijau di area sekitar yakni perkebunan milik penduduk setempat. Disini pun sudah disediakan toilet umum secara gratis.

Posong Temanggung memberikan keindahan yang khas berupa alam pegunungan. Wisatawan tempat ini bisa melihat samudra awan di pagi hari dan siang hari mendapatkan panorama cantik 7 puncak gunung yang ada di sekitar wisata ini. Oleh karena itu, kita patut bangga dengan wisata alam yang ada di Indonesia ini.