10 Tempat Wisata di Tebing Tinggi Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Wisata Tebing Tinggi

Tebing Tinggi merupakan salah satu kota tua yang memiliki sejarah panjang. Daerah ini termasuk dalam wilayah Kerajaan Padang. Sisa-sisa masa kerajaan tempo dulu tersebut masih bisa dilihat di beberapa tempat wisata di Tebing Tinggi seperti museum atau bangunan bersejarah lainnya yang dialih fungsi menjadi objek wisata.

Wilayah Tebing Tinggi yang dekat dengan objek wisata terkenal yaitu Danau Toba juga memiliki banyak tempat wisata alam yang tidak kalah menarik. Jika Anda sedang menuju Medan atau sedang melintas jalur Lintas Tengah Sumatera, Anda bisa singgah sebentar di Kota Tebing Tinggi. Ada banyak destinasi wisata alam yang populer untuk dikunjungi.

Walaupun bukan kota pariwisata, Tebing Tinggi sudah memiliki banyak fasilitas yang dapat meningkatkan sektor pariwisata di kota ini. Sarana seperti tempat rekreasi, hotel, restoran, pusat jajanan, hingga pusat souvenir sudah tersedia. Berikut 10 rekomendasi tempat wisata di Tebing Tinggi yang bisa menjadi destinasi liburan Anda bersama keluarga.

1. Waterpark Gundaling Paya Pasir

Waterpark Gundaling Paya Pasir

Image Credit: Wartawisata.id

Waterpark Gundaling merupakan tempat wisata favorit bagi masyarakat Tebing Tinggi dan sekitarnya. Fasilitas kolam renang yang ada tersedia dengan kedalaman yang berbeda-beda. Kolam renang di tempat ini sudah dilengkapi dengan waterboom dan papan seluncur untuk para pengunjung.

Taman rekreasi ini berada di Kota Tebing Tinggi dan buka setiap hari mulai jam 8 pagi hingga 5 sore. Jumlah pengunjung yang datang biasanya lebih banyak pada akhir pekan atau di hari libur. Fasilitas parkir yang luas disediakan untuk sepeda motor dan mobil para pengunjung.

Lokasi: Jl. Soekarno Hatta LK III, Tambangan, Padang Hilir, Kec. Tebing Tinggi, Kota Tebing Tinggi.

2. Bah Bolon Arung Jeram

Bah Bolon Arung Jeram

Image Credit: Mylittletrace.wordpress.com

Wisata air seperti rafting atau arung jeram masih menakutkan bagi beberapa orang. Jika Anda masih pemula dan ingin mencoba sensasi arung jeram, wisata di Bah Bolon bisa menjadi pilihannya. Arung jeram di Sei Bah Bolon tergolong aman untuk para rafter pemula.

Sepanjang aliran sungai akan dijumpai pemandangan eksotis dari bebatuan unik yang terbentuk secara alami dan tertutup oleh lumut. Wisatawan bisa mencoba rafting dengan rute sepanjang 12 km menyusuri aliran sungai Bah Bolon. Wisatawan juga bisa mampir mengisi perut di warung-warung sekitar tempat ini.

Lokasi: Buluh Duri, Kec. Sipispis, Kab. Serdang Bedagai.

3. Masjid Air Hangat

Masjid Air Hangat

Image Credit: Medanwisata.com

Selain untuk rumah ibadah, masjid yang berada di Kota Tebing Tinggi ini menjadi salah satu destinasi wisata religi yang menarik untuk dikunjungi. Bangunan Masjid Air Hangat tidak jauh berbeda dari masjid-masjid pada umumnya. Hal unik yang ditemui di tempat ini adalah air yang ada di tempat wudhu.

Bagi yang baru pertama datang mungkin akan kaget karena air wudhu yang ada di masjid ini bersuhu hangat. Sumber airnya sendiri berasal dari mata air panas yang dibangun pada zaman Belanda. Sumber air panas di dekat masjid ini pun unik karena lebih jernih seperti air sumur dan tidak berbau belerang.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso, Paya Bagas, Kec. Tebing Tinggi, Kab. Serdai Bedagai.

4. Makam Tuan Syech Baringin

Makam Tuan Syech Baringin

Image Credit: Dispora.tebingtinggikota.go.id

Syech Baringin merupakan toko ulama terkenal di Tebing Tinggi  yang turut berjuang melawan Jepang. Semasa hidup beliau banyak santri yang belajar dan mengikuti thariqatnya. Salah satu ulama karismatik dari Tebing Tinggi ini juga mengajarkan pencak silat kepada murid-muridnya.

Makam Tuan Syech Baringin kini menjadi salah satu destinasi wisata religi di Tebing Tinggi. Sebelah makam terdapat sebuah mushola dan rumah tua yang dulu menjadi tempat tinggal Syech Baringin. Rumah bersejarah tersebut sudah ada sejak tahun 1940an, sayangnya kondisi rumah tidak begitu terawat.

Lokasi: JL. Syech Baringin, Sei Sigiling, Kec. Padang Hilir, Kota Tebing Tinggi.

5. Taman Revolusi Mental

Taman Revolusi Mental

Image Credit: Liputan6.com

Taman ini dibangun pada tahun 2017 dan berdekatan dengan Taman Sri Mersing. Tempat wisata di Tebing tinggi ini selalu ramai pengunjung yang ingin bersantai atau berfoto. Pengunjung yang datang tidak hanya dari Tebing tinggi tetapi dari daerah lain, mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa.

Selain sebagai ruang terbuka untuk publik, Taman Revolusi Mental digunakan sebagai lokasi pagelaran berbagai acara. Pertunjukan seni, pertemuan, pameran budaya, dan lain sebagainya sering diadakan di taman ini. Taman revolusi mental ini juga sering dijadikan titik lokasi untuk aksi-aksi masa.

Lokasi: Rambung, Kec. Tebing Tinggi Kota, Kota Tebing Tinggi.

6. Bayu Lagoon Tebing Tinggi

Bayu Lagoon Tebing Tinggi

Image Credit: Facebook.com @Bayulagoonresto.tebingtinggi

Jika Anda ingin berlibur bersama sahabat atau kerabat, Bayu Lagoon Tebing Tinggi dapat menjadi destinasi yang tepat untuk Anda kunjungi. Tempat ini sebenarnya merupakan sebuah restoran tetapi juga menyediakan taman rekreasi untuk pengunjung.

Tempat wisata di Tebing Tinggi ini memiliki kolam renang dengan kedalaman yang dibedakan menjadi 3 kedalaman. Pengunjung yang membawa anak-anak bisa mengajak buah hati berenang dan bermain di papan seluncur yang ada di salah satu kolam.

Lokasi: Jl. yos sudarso Tanjung Marulak, Rambutan, Kec. Sri Padang, Kota Tebing Tinggi,

7. Taman Kota Tebing Tinggi

Taman Kota Tebing Tinggi

Image Credit: Tebingtinggikota.go.id

Taman kota menjadi salah satu ruang publik yang gratis untuk digunakan masyarakat bersantai atau bermain bersama anak-anak. Masyarakat Tebing Tinggi juga memiliki taman kota yang bagus dan cocok untuk bersantai atau menikmati berbagai kuliner pinggir jalan.

Ada banyak jajanan yang bisa ditemui di sekitar taman kota ini, mulai dari bakso, siomay, burger, dan berbagai minuman dingin. Fasilitas di taman seperti perosotan dan ayunan dapat menjadi tempat bermain yang bagus untuk melatih motorik anak. Pepohonan di sekeliling taman membuat  tempat ini lebih sejuk.

Lokasi: Rambung, Kec. Tebing Tinggi Kota, Kota Tebing Tinggi.

8. Istana Negeri Padang

Istana Negeri Padang

Image Credit: Detik.com

Kerajaan Negeri Padang meninggalkan bangunan sejarah yang kini masih bisa dinikmati generasi muda yakni Istana Negeri Padang. Berdasarkan sejarah, istana ini dibangun pada tahun 1800an pada masa kepemimpinan H Muhammad Nurdin. Arsitektur aslinya masih terawat hingga kini.

Bangunan istana sudah direnovasi tetapi tetap mempertahankan arsitektur aslinya. Warna kuning yang khas Melayu sangat dominan di Istana Negeri Padang ini. Lokasi istana juga menjadi tempat pemakaman untuk raja Negeri Padang yang ke delapan, ke sembilan, dan ke sepuluh.

Lokasi: Bandar Utama, Kec. Tebing Tinggi Kota, Kota Tebing Tinggi.

9. Museum Kota Tebing Tinggi

Museum Kota Tebing Tinggi

Image Credit: Lintangnews.com

Museum yang berada di Kota Tebing Tinggi memiliki banyak koleksi benda-benda sejarah. Peninggalan seperti koin lama, keris, gerabah, tongkat, telephone zaman Belanda, hingga foto-foto kerajaan menjadi benda koleksi museum. Berbagai senjata yang digunakan pada zaman penjajahan dulu juga ada.

Pengunjung bisa melihat senjata laras panjang milik tentara Belanda dan Jepang, pistol, hingga pedang China. Selain untuk belajar sejarah, museum ini juga menjadi simbol keberagaman masyarakat dan budaya yang ada di Tebing tinggi. Benda sejarah dari suku Batak dan Jawa dapat ditemui di Museum.

Lokasi: Jl. Kotamadya, Tebing Tinggi Lama, Kec. Tebing Tinggi Kota, Kota Tebing Tinggi.

10. Bendungan Sei Padang

Bendungan Sei Padang

Image Credit:Kominfo.go.id

Pembangunan bendungan ini bertujuan untuk menjamin suplai air di tiga daerah yaitu Langgau, Bajayu, dan Langgau. Irigasi dari bendungan akan mengairi sawah masyarakat yang diharapkan mampu meningkatkan hasil dari kesejahteraan masyarakat dari sektor pertanian.

Selain untuk irigasi, Bendungan Sei Padang difungsikan sebagai salah satu objek wisata baru di Tebing Tinggi. Bangunan yang ada di sekitar bendungan tertata apik dengan arsitektur khas Tebing tinggi. Bendung gerak Sei Padang ini bisa menjadi alternatif wisata murah meriah bagi masyarakat lokal.

Lokasi: Kuta Baru, Kec. Tebing Tinggi, Kab. Serdang Bedagai.

Itulah 10 tempat wisata di Tebing Tinggi yang bisa menjadi rekomendasi terbaik untuk liburan Anda bersama teman dan keluarga. Anda tentunya bisa menjelajah lebih banyak tempat menarik yang tersebar di wilayah Tebing Tinggi.