Azerbaijan atau Republik Azerbaijan adalah sebuah negara di Kaukasus tepatnya di persimpangan Eropa dan Asia Barat. Negara ini berbatasan dengan Rusia di sebelah utara dan Georgea serta Armenia di bagian barat. Mungkin nama Azerbaijan masih terdengar asing di telinga kebanyakan orang. Namun negara satu ini cocok dijadikan pilihan tempat liburan.

Kota ini merupakan pemukiman yang dihuni oleh lebih dari 3.000 orang di atas jaringan pelantar minyak. Dalam sejarah, wilayah ini disebut Tanah Api oleh orang Rusia. Selain penuh dengan tempat menarik dan unik yang bisa dijadikan tujuan liburan, kuliner khas Azerbaijan juga tidak kalah menarik. Jika Anda menginjakkan kaki di Azerbaijan, inilah daftar makanan khas yang wajib dicoba.

1. Dolma

Dolma
Image Credit: Twitter Azerbaijan

Masakan Azerbaijan pada dasarnya memiliki banyak kesamaan dengan masakan Iran dan Turki. Ada banyak makanan negara ini yang dapat ditemui dalam masakan negara tetangga. Kuliner pertama, yang juga merupakan hidangan utama yang sering disajikan di Azerbaijan adalah Dolma. Dolma ini berupa hidangan daging yang dibungkus sayur.

Hidangan satu ini merupakan keluarga hidangan isian sayur yang umum di wilayah Timur Tengah. Resep tradisional dari dolma adalah daging domba yang dicincang kemudian dicampur dengan nasi dan dibumbui mint, adas dan kayu manis. Isian ini lalu dibungkus dengan daun anggur atau daun kubis.

Sayuran umum yang biasa digunakan isian biasanya meliputi tomat paprika, bawang bombay, terong, sujini dan bawang putih. Dolma biasanya diisi dengan daging atau bisa tanpa daging. Biasanya hidangan dolma daging disajikan ketika masih hangat, dilengkapi dengan tahini, yaitu pasta wijen kemudian telur lemon atau saus yogurt bawang putih.

2. Lyulya Kebab

Lyulya Kebab
Image Credit: Twitter Phil

Lyulya kebab adalah sejenis kebab yang dimasak dengan tusuk satu. Kebab ini terbuat dari daging kambing cincang, bumbu dan rempah-rempah khusus khas Azerbaijan. Bagian daging kambing ini digiling dengan bawang bombay. Setelah itu disimpan dalam lemari es selama kurang lebih satu jam.

BACA:  15 Tempat Wisata Menarik di Azerbaijan Buat Liburan

Yang membuat kebab ini berbeda dengan kebab kebanyakan adalah, cara memasaknya yang menggunakan tusuk sate. Jadi, daging yang sudah giling tadi dililitkan pada tusuk sate kemudian dipanggang dengan batu bara dan dimasak selama kurang lebih 10-15 menit. Biasanya, lyulya kebab ini disajikan dengan lavash atau ditaburi dengan sumac di atasnya.

3. Plov

Plov
Image Credit: Twitter Azerbaijan Tourism

Pilaf, pulao atau plov merupakan hidangan yang terbuat dari beras atau bulgor yang ditumis bersamaan dengan rempah-rempah dalam minyak atau mentega hingga kekuningan dan ditanak dengan air kaldu. Hidangan satu ini sangat umum ditemukan dalam masakan Timur Tengah.

Plov atau pilaf biasanya berisi sayuran yang bercampur daging ayam, domba atau daging kambing, makanan laut atau hanya berisi sayuran. Ada berbagai jenis resep plov kurang lebih 40 resep berbeda. Makanan ini juga populer di beberapa negara sepakat Turki, Punjab, India dan kawasan Timur Tengah lainnya.

Di Azerbaijan, hidangan ini dapat ditemukan di banyak restoran. Plov juga biasanya dihidangkan ketika umat muslim di Azerbaijan merayakan hari besar seperti hari raya idul Fitri serta hari besar lainnya. Plov juga memiliki nama yang berbeda tergantung pada bahan utama yang mendampingi nasi.

4. Piti

Piti
Image Credit: Twitter Azerbaijan Cuisine

Piti adalah sup nasional Azerbaijan yang terbuat dari potongan-potongan daging domba. Piti merupakan masakan Kaukasus yang disiapkan dalam oven. Hidangan satu ini dibuat dengan daging kambing dan sayuran berupa tomat kentang atau buncis kemudian diresapi dengan air kunyit untuk menambah rasa dan warna.

Piti merupakan makanan berlemak yang dimasak dalam tempayan tertutup. Tempayan sendiri adalah wadah yang dibuat dari tanah liat yang biasanya digunakan untuk menyimpan bahan masakan dan berbentuk seperti kendi.

Piti disajikan dalam tempayan, biasanya disertai dengan piring tambahan untuk membongkar daging dan bagian cair dengan sayuran. Hidangan ini dapat dimakan secara terpisah. Piti juga merupakan makanan yang paling terkenal di Azerbaijan dan Iran.

5. Sup Ovdukh

Sup Ovdukh
Image Credit: Twitter Fuad Alakbarov

Sup ovdukh adalah sub dingin berbahan campuran air matsori yang dituang di atas irisan mentimun, daging rebus cincang, telur rebus dan sayuran. Sup ovdukh ini biasanya sering dinikmati pada musim panas di Azerbaijan. Biasanya diisi dengan daging sapi rebus, kefir, mentimun dan sayur lainnya. Daging sapi ditumis terlebih dahulu dan dimasak sampai empuk sekitar 90 menit.

Setelah daging sapi matang, dilanjutkan dengan memasakan telur. Setelah itu kocok dan encerkan kefir dengan air dingin. Kefir sendiri adalah susu asam kental yang difermentasi. Setelah tiga bahan tadi disiapkan, mentimun, daging, telur dan sayuran dipotong dadu kecil. Terakhir, bahan yang sudah dipotong tadi dicampur dengan kefir dan ditambah dengan sedikit garam dan merica.

BACA:  15 Tempat Wisata Menarik di Azerbaijan Buat Liburan

6. Halva

Halva
Image Credit: Twitter Shyam Kodavarthi

Halva merupakan sebuah kue yang dimasak kemudian dipanggang. Kue ini begitu populer di daerah Timur tengah dan Asia Selatan, biasanya juga menjadi sajian saat idul Fitri. Halva dibuat dari adonan kacang, tepung semolina, tepung beras dan tepung maizena bahan lainnya. Bahan lain yang biasanya ditambahkan adalah gula, mentega, kismis kurma dan kacang pistachio.

Di Rusia dan Ukraina, halva biasanya dimasak dari biji bunga matahari. Bahan utama dari makanan manis satu ini adalah gula atau madu, tepung, mentega dan 1 atau 2 jenis kacang mentah. Sebelumnya kacang mentah ini digoreng dalam waktu yang lama di atas wajan untuk mendapatkan rasa dan tekstur.

Meski hidangan manis ini mengandung banyak gula, halfa juga kaya akan vitamin A, B dan E, asam lemak dan antioksidan. Cara pembuatan halva membutuhkan waktu yang lumayan agak lama. Biasanya dibutuhkan 30 sampai 40 menit pengadukan yang dilakukan terus-menerus untuk membuat hidangan satu ini lembut dan homogen.

7. Shekerbura

Shekerbura
Image Credit: Twitter Experience Azerbaijan

Shekerbura adalah makanan penutup selanjutnya yang sering disajikan di Azerbaijan. Hidangan ini berupa kue manis berbentuk bulan sabit, biasanya diisi dengan kaca amor, hazelnut atau kacang kenari dan gula. Nama ini ternyata berasal dari Turki shure burek, yang secara harfiah berarti patty manis atau pai manis.

Adonan shekerbura terbuat dari tepung terigu koman mentega, susu, kuning telur, krim dan ragi. Isinya dibuat dari kacang almond yang sudah dikupas atau kacang goreng yang dicampur dengan gula manis. Adonan kemudian digulung dan dipotong menjadi bulat kecil kemudian diisi dan ditutup dengan membuat pola menggunakan pinset tradisional yang disebut maggash.

8. Roti Tandoor

Roti Tandoor
Image Credit: Twitter Shiffa Z. Yousafzai

Roti tandoor adalah jenis roti yang dipanggang memakai oven tanah liat yang bernama tandoor. Roti ini memiliki tekstur hanya di tepi dan lembut di bagian tengahnya. Biasanya disajikan dengan krim dal dan kari.

Roti tandoor adalah roti pipih yang dibuat dengan gandum utuh dan dimasak secara tradisional di tandur atau oven tanah liat silindris sehingga dinamakan tandoori. Roti ini menjadi hidangan populer yang bisa ditemukan di menu sebagian besar restoran Azerbaijan dan hampir selalu disajikan dengan ghee atau mentega di atasnya.

BACA:  10 Tempat Wisata Menarik di Baku Buat Liburan

9. Ayran

Ayran
Image Credit: Twitter 196 flavors

Beralih dari makanan ke minuman, ayran merupakan hidangan minuman yogurt dingin yang dicampur dengan garam. Azerbaijan memiliki hidangan yang hampir sama dengan negara Timur Tengah lainnya, meski dengan nama yang berbeda. Bagi masyarakatnya, makanan merupakan bagian penting dari budaya dan tradisi mereka.

Salah satu makanan khas Azerbaijan yang wajib untuk dicicipi ketika Anda berkunjung ke negara satu ini adalah Ayran. Minuman ini memiliki tampilan seperti jus dengan buih tebal yang ada pada permukaannya. Ayran menjadi minuman favorit semua kalangan karena minuman ini tergolong mudah pembuatannya. Umumnya disajikan ketika musim panas dalam keadaan dingin.

10. Serbat Azerbaijan

Serbat Azerbaijan
Image Credit: gotravelly.com

Serbat atau serbet adalah minuman dingin manis yang terbuat dari campuran jus buah, biasanya direbus dengan gula atau ditambahkan dengan air mawar untuk pewangi. Meski namanya serbat, jangan terkecoh membayangkan minuman ini seperti es sorbet pada umumnya. Serbat Azerbaijan ini memiliki tekstur yang agak kental dan aroma wangi dari bunga yang kuat.

Masyarakat sekitar masih menjaga resep asli makanan tradisional milik mereka. Selagi berjalan-jalan menikmati indahnya kota di Azerbaijan, sempatkan diri untuk sekedar mencicipi makanan khas tradisionalnya. Anda juga membeli oleh-oleh khas Azerbaijan untuk dibawa pulang.