Mengunjungi negara lain untuk berlibur merupakan kesempatan yang sulit dilakukan, terlebih bagi anda yang selalu sibuk dengan pekerjaan. Alasan inilah yang membuat pemilihan tempat perlu dipertimbangkan dengan baik. Langkah tersebut dilakukan, agar liburan anda terasa spesial dan mampu memberikan kesan yang mendalam.

Salah satu negara yang membuka banyak destinasi wisata adalah Azerbaijan. Ibukotanya yaitu Baku siap menjadi kota dimana anda menghabiskan waktu bersama dengan keluarga. Lantas apa sajakah tempat wisata menarik di Baku buat liburan? Yuk intip daftar nya beserta sekilas informasi seputar mereka di sini!

1. Flame Towers

Flame Towers
Image Credit: Google Maps Manafov TV

Destinasi wisata pertama yang tidak boleh sampai anda lewatkan adalah Flame Towers. Dalam Bahasa Indonesia, bangunan ini diartikan sebagai Menara Api. Sejatinya bangunan ini terdiri dari tiga tower yang menjadi landmark Azerbaijan. Landmark itu terletak di Baku, yang merupakan ibu kota dari negara tersebut. Jika diperhatikan, bangunan ini menyerupai bentuk api yang menyala.

Spot ini populer karena banyak turis atau wisatawan yang menggunakan bangunan tadi sebagai background foto. Bentuknya yang unik mengundang rasa penasaran orang sehingga membuat mereka ingin melihat bangunan tersebut secara langsung. Selain unik, destinasi wisata menarik di Baku ini juga dikenal sebagai gedung tertinggi yang ada di Azerbaijan.

Anda bisa menyewa kamar hotel di Flame Towers untuk menikmati pemandangan kota Baku dari atas. Anda bisa melihat bagaimana padatnya gedung perkantoran dan pemukiman yang berada di sekitar tower. Pemandangan di malam hari juga terlihat indah dan menawan karena banyak lampu yang menyala. Namun untuk menginap di sana, anda perlu budget yang besar.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Baku, Azerbaijan.

2. Maiden Tower

Maiden Tower
Image Credit: Google Maps Aytac Sanılı

Objek wisata kedua yang bisa anda kunjungi ketika berada di Baku adalah Maiden Tower. Bangunan tersebut merupakan sebuah menara batu yang berbentuk silinder. Ketinggiannya mencapai 28 meter dengan diameter sekitar 16 meter. Spot wisata menarik di Baku ini dipercaya sebagai bangunan yang sudah ada sejak tahun 600 SM sehingga memegang gelar bangunan tertua di Baku.

BACA:  15 Tempat Wisata Menarik di Azerbaijan Buat Liburan

Menurut sejarah, sebelum datangnya Islam di Azerbaijan, maka bangunan tersebut digunakan sebagai lokasi ibadah bagi penganut Zoroastrian. Selain itu, menara tersebut juga dipakai sebagai lokasi untuk melakukan pengamatan astronomi. Tinggi bangunan yang mencapai 28 meter membuatnya tidak terhalang dengan bangunaan lain di era tersebut.

Harga Tiket: 8 Manat; Map: Cek Lokasi
Alamat: Maiden Tower, Baku, Azerbaijan.

3. Heydar Aliyev Center

Heydar Aliyev Center
Image Credit: Google Maps Burak Beceren

Perjalanan anda di Baku akan terasa lebih spesial jika sempat mengunjungi Heydar Aliyev Center. Destinasi wisata tersebut merupakan bangunan balai pertemuan sekaligus museum yang menyimpan berbagai catatan sejarah terkait dengan Azerbaijan. Desain bangunannya sangat cantik sehingga tidak heran jika mereka menjadi salah satu destinasi menarik di Baku.

Bagian atap museum terlihat futuristic karena didesain secara melengkung menyerupai ombak dan aliran air. Selain bagian luarnya, bagian dalam gedung juga sangat cantik. Setiap sudutnya ditatap dengan baik sehingga terlihat mewah. Kondisi bangunan di malam hari terlihat semakin megah karena lampu yang menyala dan menerangi setiap sisi museum.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Heydar Aliyev Ave, Baku, Azerbaijan.

4. Azerbaijan Carpet Museum

Azerbaijan Carpet Museum
Image Credit: Google Maps J Subramanyam

Azerbaijan merupakan sebuah negara yang memproduksi berbagai model karpet. Anda bisa melihat bagaimana koleksi karpet dari Azerbaijan dan berbagai negara lain di dalam Azerbaijan Carpet Museum. Koleksi yang terpajang di sana cukup lengkap dan indah. Bahkan anda bisa melihat bagaimana proses pembuatan karpet di dalam museum secara langsung.

Destinasi ini sangat populer dan menjadi rute tour yang menyenangkan bagi wisatawan. Selain koleksinya, lokasi wisata ini semakin spesial karena desian bangunan yang tidka biasa. Bagian atap berbentuk karpet yang dilipat berwarna oranye. Bangunan tersebut juga berukuran besar sehingga sudah terlihat dari jauh.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mikayil Useynov, Boulevard, Baku, Azerbaijan.

5. Deniz Mall

Deniz Mall
Image Credit: Google Maps Adnan Javed

Mungkin sebagian dari anda banyak yang bertanya, mengapa Deniz Mall wajib dikunjungi saat datang ke Baku. Bukankah bagian dalamnya sama saja seperti mall pada umumnya? Jawabannya tentu saja tidak. Mall yang satu ini memiliki bentuk bangunan yang unik dan futuristik. Atapnya dibuat menyerupai bintang bersegi delapan. Selain itu, ada menara di tengah yang menyerupai api.

Bangunan yang menarik menyebabkan penataan bagian dalam mall terasa berbeda. Mall ini sangat luas dan terdiri dari lima lantai. Anda bisa menemukan berbagai macam toko yang menjual barang seperti sepatu, baju, buku, tas, dan masih banyak lagi. Destinasi wisata ini juga menyediakan banyak pilihan kuliner yang tentunya wajib anda.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Neftchilar Ave, Baku, Azerbaijan.
BACA:  10 Makanan Khas Azerbaijan yang Terkenal dan Wajib Dicoba

6. Palace of The Shirvanshahs

Palace of The Shirvanshahs
Image Credit: Google Maps Zaira Rahman

Setiap negara past memiliki bangunan tua yang menjadi bagian dari peninggalan sejarah, begitu pula dengan Azerbaijan. Ketika sampai di Baku, jangan lupa untuk mampir ke Palace of The Shirvanshahs. Bangunan ini merupakan sebuah kompleks bangunan yang terdiri dari istana, pemakaman, masjid, minaret, dan pemandian. Menurut sejarah, kompleks ini dibuat pada abad ke 12.

bangunan tersebut didirikan saat masa kekuasaan Negara Shirvan. Di era tersebut, bangunan megah ini dibangun dengan bahan berupa batu sehingga memiliki bentuk geometri yang unik. Ajaibnya, bangunan ini masih berdiri dengan kokoh dan menjadi pusat kegiatan turis. Untuk masuk ke tempat menarik di Baku ini, anda perlu mengeluarkan biaya tiket sebesar 5 dolar amerika.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Baku, Azerbaijan.

7. Atashgah Zoroastrian Fire Temple

Atashgah Zoroastrian Fire Temple
Image Credit: Google Maps Karol W.

Atashgah Zoroastrian Fire Temple merupakan sebuah candi yang dibangun sebagai tempat untuk melakukan penyembahan api atau Zoroastrian. Di dalam sana, terdapat sebuah altar yang dijadikan sebagai tempat api berdiam. Api tersebut dipakai saat ada kegiatan peribadatan, di sekitar sana juga banyak sekali ruangan yang dipakai untuk menampung penganut Zoroastrian dan peziarah.

Untuk saat ini, bangunan sudah tidak digunakan sebagai tempat ibadah, melainkan digunakan sebagai museum sehingga wisatawan bisa bebas masuk dan bereksplorasi. Setiap sisi temple terlihat menarik sehingga anda patut mengabadikannya dalam sebuah foto. Bagian dalam museum pun tertata dengan rapi sehingga anda bisa mendapatkan informasi dengan baik.

Akan lebih nyaman lagi, jika anda datang ke spot wisata menarik di Baku ini bersama kelompok tour. Akan ada pemandu yang bisa menjelaskan secara detail setiap sisi bangunan. Namun jika anda datang sendiri, maka sempatkan waktu untuk membuka internet agar lebih paham terkait dengan fungsi setiap ruangan yang ada di Atashgah Zoroastrian Fire Temple.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Baku, Azerbaijan.

8. Baku Old City

Baku Old City
Image Credit: Google Maps Greg O

Sebelumnya sudah sempat disinggung bahwa ada beberapa bangunan tua yang berada di Baku. Hal ini menandakan bahwa peninggalan yang ada di kota tersebut masih sangat terawat. Bagi anda yang tertarik dengan sejarah, maka sempatkan waktu untuk mampir ke Baku Old City. Kompleks ini menunjukkan bagaimana Baku berkembang hingga saat ini.

BACA:  15 Tempat Wisata Menarik di Azerbaijan Buat Liburan

Di kawasan tersebut juga ada sebuah taman yang indah dan dihiasi oleh air mancur. Indahnya pemandangan membuat mereka cocok mendapat gelar sebagai tempat wisata populer di Baku. Anda bisa mengambil foto di sana untuk mendunia di postingan di halaman media sosial. Hingga saat ini, kawasan tersebut selalu ramai dikunjungi turis dan warga sekitar.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Baku, Azerbaijan.

9. Highland Park

Highland Park
Image Credit: Google Maps Thomas Kerley

Highland park merupakan sebuah destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi saat anda berlibur di Azerbaijan. Destinasi ini sejatinya merupakan sebuah taman yang lokasinya persis berada di sisi pantai. Anda bisa melihat laut lepas yang berada di sekeliling Azerbaijan. Bagi anda yang belum tahu, negara tersebut sejatinya dikelilingi oleh laut yang indah dan menawan.

Spot tersebut cocok bagi anda yang gemar melihat pemandangan laut. Langit Baku pun sangat cerah sehingga membuat panorama semakin istimewa. Tidak dapat dipungkiri jika mengunjungi kawasan pantai selalu menjadi kegiatan menarik yang perlu dilakukan setiap liburan, terlebih jika negara tersebut dekat dengan kawasan pantai.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Baku, Azerbaijan.

10. Bibi Heybat Mosque

Bibi Heybat Mosque
Image Credit: Google Maps Sayed Hisham

Tempat menarik di Baku yang berikutnya adalah Bibi Heybat Mosque. Masjid yang satu ini memiliki bangunan yang megah dan cantik. Usut punya usut, ternyata Bibi Heybat Mosque dibangun pada tahun 1990 sehingga usianya sudah lebih dari 100 tahun. Destinasi ini cukup ikonik sehingga sangat sayang jika anda lewatkan begitu saja.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bibiheybət məscidi, Baku, Azerbaijan.

Sejatinya masih banyak spot wisata menarik yang bisa anda kunjungi ketika berada di Baku. Namun sepuluh daftar di atas merupakan spot yang paling populer di kalangan turis. Akan lebih baik jika perjalanan anda di Baku ditemani oleh pemandu wisata. Anda bisa meminta mereka untuk mengunjungi spot wisata lokal yang belum terlalu dikenal wisatawan. Dengan begitu, liburan di Baku lebih spesial.