Tak banyak yang tahu tentang negara Azerbaijan yang treletak di wilayah Kaukus ini. Azerbaijan adalah negara yang berbatasan dengan Eropa Timur dan Asia Barat. Sehingga budaya yang ada di negera ini akan cukup unik untuk diulik. Peleburan budaya akan terjadi di negara ini sehingga anda tidak akan bosan bila mengunjunginya.

Azerbaijan juga bisa menjadi rekomendasi tujuan negara wisata yang menyenangkan. Akan banyak objek wisata menarik yang jarang anda temukan di lokasi lainnya. Inilah rekomendasi tempat wisata menarik di Azerbaijan yang dijamin anda akan menyukainya. Anda akan mengenal negara ini lebih dekat disini.

1. Taman Nasional Absheron

Taman Nasional Absheron
Image Credit: Google Maps Orkhan Mustafayev

Salah satu tempat menarik di Azerbaijan yang bisa anda kunjungi adalah Azizbeyov yang terletak di di kota Baku. Tempat wisata ini bernama Taman Nasional Absheron yang mempunyai lahan sekitar 783 hektar. Di lokasi wisata ini anda akan menyaksikan banyak flora dan fauna khas Azerbaijan yang menakjubkan.

Beberapa jenis satwa liar lokal yang bisa anda temukan antara lain seperti serigala, musang, rusa, burung, dan anjing laut Kaspia. Tanah di lokasi ini sebagian besar adalah padang rumput kering, ditambah dengan adanya bukit pasir yang menggulung dan alang-alang seperti rumput. Perairan di lokasi ini juga dikenal jernih.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: The Caspian region, Bakı, Azerbaijan.

2. Gunung Garasu

Gunung Garasu
Image Credit: Google Maps Julio E Ernst

Azerbaijan juga dikenal sebagai negara yang mempunyai banyak Gunung tertinggi di dunia. Bahkan tercatat terdapat 350 gunung di negara ini. Salah satu gunung yang paling terkenal adalah Gunung Garasu. Gunung ini dikenal karena kemampuannya yang pernah memuntahkan lumpur lebih dari seribu meter ke udara.

Bahkan Gunung berapi lumpur pertama di Azerbaijan ini dikatakan pernah meletus pada 25 juta tahun yang lalu. Banyak pengunjung yang datang ke Garasu sering mengatakan bahwa gunung tersebut seperti bulan. Tempat ini akan menjadi objek wisata pilihan yang menarik untuk anda kunjungi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Garasu, Azerbaijan.
BACA:  10 Makanan Khas Azerbaijan yang Terkenal dan Wajib Dicoba

3. Baku

Baku
Image Credit: Google Maps Guido Douven

Baku adalah nama ibu kota Azerbaijan yang terletak di sepanjang Laut Kaspia. Kota ini memiliki perpaduan yang unik yaitu dari kota tua berdinding Icheri Seher, dan bangunan modern seperti bangunan pencakar langit. Namun yang paling menarik dari kota ini adalah adanya Menara Api yang sayang untuk anda lewatkan.

Terdapat tiga menara yang dibangun yang mirip dengan api dan menghasilkan cahaya berwarna perunggu. Pemandangan tiga menara ini akan sangat cantik bila dipandang dari atas kota pada malam hari. Di kota ini juga terdapat Museum Seni Kontemporer yang mempunyai lebih dari 900 karya seni yang dipamerkan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Baku, Bakı, Azerbaijan.

4. Icheri Seher

Icheri Seher
Image Credit: Google Maps Greg O

Salah satu objek wisata yang terkenal di Azerbaijan adalah Icheri Seher yang masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Disini anda akan menemukan banyak arsitektur bangunan yang luar biasa. Bangunan dengan arsitektur unik dan menarik ini akan mengelilingi seluruh kota termasuk adanya Menara Maiden yang dibangun pada abad ke-12.

Ada juga Istana Shirvanshah yang dibangun pada abad ke-13 yang terletak tak jauh dari Icheri Seher. Bila anda berkunjung ke lokasi ini maka jangan lupa untuk membeli beberapa kerajinan tangan seperti keramik, karpet dan pakaian tradisional. Warisan Dunia ini wajib masuk dalam list perjalanan anda.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Baku, Azerbaijan.

5. Nabran

Nabran
Image Credit: Google Maps Алик Кочнев

Lokasi objek wisata berikutnya adalah Nabran yang merupakan desa yang telah diubah menjadi lokasi pusat peristirahatan di Azerbaijan. Lokasi wisata Nabran ini terletak di tepi Laut Kaspia, sehingga disini akan banyak sinar matahari khususnya di bulan musim panas. Kota ini juga mempunyai banyak kegiatan menarik yang bisa anda ikuti.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nabran, Azerbaijan.

6. Kota Sheki

Kota Sheki
Image Credit: Google Maps İlkin Məmmədov

Lokasi wisata pilihan lainnya adalah Kota Sheki. Kota ini cukup menarik karena dikenal sebagai salah satu pemukiman manusia tertua di Kaukasus. Bahkan menurut penelitian, kota ini sudah dibentuk sejak 2500 tahun yang lalu. Kota Sheki adalah lokasi pemberhentian Jalur Sutra sehingga terkenal dengan sutra-sutra indah dan berbagai macam tekstil lainnya.

Bila anda berkunjung ke lokasi ini maka akan banyak menemukan bordir hiasan dan kerajinan lokal yang cantik dijadikan sebagai oleh oleh. Di kota ini anda juga akan menemukan banyak bangunan kastil, masjid, pemandian kuno, serta Istana Seki Khans yang sudah berdiri sejak abad ke-18.

BACA:  10 Tempat Wisata Menarik di Baku Buat Liburan
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Shaki, Azerbaijan.

7. Gobustan

Gobustan
Image Credit: Google Maps worefo

Tempat menarik di Azerbaijan lainnya adalah Gobustan. Wilayah Gobustan sering disebut sebagai Stonehenge ala Azerbaijan. Lokasi ini cukup unik karena mempunyai bekas peninggalan sejarah berupa lingkaran batu yang diposisikan vertikal atau dikenal dengan nama cromlech prasejarah.

Lokasi ini juga dijadikan sebagai cagar arkeologis yang terletak di daerah selatan Baku. Bila berkunjung ke lokasi ini maka anda akan diajak melihat peninggalan peradaban kuno dengan adanya lebih dari 6.000 gambar batu yang membentang seluas 537 hektar. Peninggalan ini adalah sebagai bukti adanya peradaban sejak Zaman Batu.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Qobustan, Azerbaijan.

8. Laut Kaspia

Laut Kaspia
Image Credit: Google Maps Gholamreza Hekmatfar

Destinasi wisata lainnya yang dapat memanjakan mata pengunjung adalah Laut Kaspia. Tak banyak yang tahu bahwa Laut Kaspia ini sebenarnya bukanlah lautan namun adalah danau yang terbesar di dunia. Sangking besarnya ukuran danau ini sehingga banyak orang keliru memandangnya sebagai lautan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kaspia Azerbaijan.

9. Taman Nasional Shirvan

Taman Nasional Shirvan
Image Credit: Google Maps Elvin Akhmed

Destinasi selanjutnya adalah Taman Nasional Shirvan. Taman nasional ini merupakan kawasan lindung yang dibangun pada tahun 2003. Lokasinya hampir 54.000 hektar di daerah selatan Baku. Kawasan lindung ini mempunyai lanskap semi-gurun.

Akan banyak rusa yang bisa ditemukan di sini. Tak hanya itu, anda juga bisa menemukan spesies lain termasuk landak, kucing hutan, kura-kura, serigala dan masih banyak lagi hewan lainnya. Terdapat juga Gunung berapi lumpur juga ditemukan di lokasi taman, yaitu Gunung Bandovan. Anda juga bisa lho berkemah disini, namun harus dengan ijin pihak pengelola ya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Salyan, Azerbaijan.

10. Naftalan Oil Resort

Naftalan Oil Resort
Image Credit: Google Maps Farid B.

Naftalan Oil Resort atau Resor Naftalan juga bisa masuk ke dalam daftar objek wisata selanjutnya. Lokasi ini terkenal karena memiliki minyak mentah Naftalan yang yang memiliki sifat penyembuhan. Sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk mencobanya dan berkunjung ke lokasi ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Shixali qurbanov, Naftalan, Azerbaijan.
BACA:  10 Makanan Khas Azerbaijan yang Terkenal dan Wajib Dicoba

11. Ateshgah

Ateshgah
Image Credit: Google Maps Karol W.

Tanah Azerbaijan memang dikenal sebagai Tanah Api. Hal ini karena pembakaran minyak dan gas alam di bawah bumi yang cukup banyak. Bahkan, dikatakan lokasi negara ini telah menjadi inspirasi para penyembah api iman Zoroaster. Salah satu kuil api terkenal adalah Ateshgah, yang terletak di daerah pinggiran kota Surakhany.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Baku, Azerbaijan.

12. Yanar Bulag

Yanar Bulag
Image Credit: Google Maps Prannay Ghosh

Salah satu destinasi unik di Azerbaijan adalah Yanar Bulag. Lokasi wisata ini sangat unik karena terdapat air yang terbakar. Fenomena alam aneh ini terletak di jalan seoanjang antara kota Astara dan Lankaran. Air akan dipompa keluar dari pipa dan kemudian dapat dinyalakan karena tingkat metana alami yang tinggi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Yanar Dag, Azerbaijan.

 

13. Astara

Astara
Image Credit: Google Maps Jay Noorzad

Objek wisata lainnya adalah Kota Astara, di daerah Astara Rayon Azerbaijan. Loaksi ini terletak di perbatasan negara tetangga Iran. Tempat ini terkenal sebagai salah satu daerah paling indah di Azerbaijan. Tempat yang dikelilingi oleh hutan dan pegunungan, anda bisa menikmati keindahan kotanya dengan bersantai di kafe dan restoran lokalnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Astara, Azerbaijan.

14. Yanardag

Yanardag
Image Credit: Google Maps Tanveer Yusuf

Lokasi wisata Yanardag ini mempunyai arti “gunung yang terbakar”. Wilayah bukit di sini tampak seperti terbakar secara permanen karena adanya gas di bawah permukaan batu pasir. Daerah ini juga dipenuhi dengan café teh kuno sehingga anda bisa duduk dengan nyaman dan bersantai menikmati pemandangan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Yanar Dag, Azerbaijan.

15. Taman Tepi Laut Baku

Taman Tepi Laut Baku
Image Credit: Google Maps Marcos Figueres Nuñez

Taman Tepi Laut Baku membentang lebih dari 5 kilometer di sepanjang garis pantai. Tempat menarik ini menjadi salah satu destinasi yang tepat untuk menikmati atraksi pantai khas Azerbaijan. Anda juga bisa menemukan Baku Crystal Hall, yang dikenal sebagai Kontes Lagu Eurovision 2012.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Baku, Bakı, Azerbaijan.

Itulah rekomendasi objek wisata di Azerbaijan yang bisa menjadi list perjalanan seru yang tak terlupakan. Pilihan objek wisata yang seru dan menarik ini akan membuat anda betah berlama lama disana. Tak hanya objek wisatanya yang seru, namun anda juga bisa mencoba berbagai macam pilihan kulinernya yang khas.