Suriah, adalah Negara yang sedang dilanda peperangan hingga kini ini masih menyimpan banyak keindahan alam yang tersembunyi. Walaupun sedang dilanda konflik yang berkepanjangan, namun negara ini juga masih menyisakan beragam objek wisata yang dahulu sering dikunjungi wisatawan dan bahkan hingga kini.

Situasi yang belum kondusif dan aman saat ini memang akan membuat wisatawan enggan untuk berkunjung. Namun kali ini anda akan diajak untuk mengenal Suriah lebih dekat. Mengenal keindahan negara ini tak hanya melalui objek wisata alamnya yang indah namun juga dari Makanan Khas Suriah yang menawarkan rasa yang berbeda.

1. Baklava

Baklava suriah
Image Credit: Facebook Beyadel Youmna

Suriah sebagai salah satu negara di Timur Tengah ini memang dukunya mempunyai objek wisata yang indah. Namun negara yang masih terus berkonflik saat ini menjadikannya sebagai negara yang tak ramah dikunjungi wisatawan. Namun bila anda sempat berkunjung ke Suriah tentu tidak akan asing dengan banyaknya pilihan makanan khas yang lezat.

Salah satu makanan khas Suriah yang bisa anda temukan dan bercitarasa lezat adalah Baklava. Makan satu ini adalah saah satu hidangan penutup yang terkenal. Teksturnya yang cenderung renyah ini memang akan disukai masyarakat di Negara Arab. Sehingga makanan ini juga populer di kalangan wisatawan asing sekalipun.

Makanan penutup Baklava ini terbuat dari lapisan filo atau sering disebut dengan kulit pastry. Filo ini kemudian akan dicampur dengan mentega dan juga bahan kacang pistachio. Makanan ini lau akan direndam dalam sirup gula dengan ditambah aroma bunga mawar. Makanan ini bisa anda temukan saat ada acara besar di Suriah.

2. Qatayef

Qatayef
Image Credit: Twitter Թագուհի

Satu lagi kuliner khas Suriah yang wajib dicoba adalah Qatayef. Makanan ini mempunyai bentuk seperti bantal. Bahan yang digunakan adalah adonan keju yang dipadukan dengan bahan kacang yang lezat. Makanan ini bisa anda temukan dengan mudah di berbagai sudut negara ini.

BACA:  10 Tempat Wisata Menarik di Damaskus Buat Liburan

Makanan ini bahkan menjadi sajian yang populer dan selalu ada bila diselenggarakan jamuan makan. Kuliner khas Suriah ini juga banyak dijual di pedagang kaki lima. Sehingga bila anda tertarik untuk mencobanya, maka anda bisa menemukan sajian khas Suraiah ini dengan cukup mudah.

Tak hanya di Suriah, namun makanan ini juga terkenal di negara sekitarnya seperti Levant dan Mesir. Makanan satu ini adalah salah satu yang paling banyak ditemukan di rumah rumah penduduk. Hal ini karena cara pembuatannya yang mudah dan menjadi sajian khas saat bulan Ramadahn tiba.

3. Tabbouleh

Tabbouleh
Image Credit: Twitter Ron Mael’s Alphabet Diet

Tabbouleh adalah makanan lain yang mirip dengan sejenis Salad. Bahan yang digunakan makanan ini adalah gandum bulgur, tomat, bawang putih dengan tambahan daun mint, dan parsley. Tak hanya itu, namun makanan ini akan nikmat disajikan dengan siraman air lemon dan olive oil sebagai pelengkapnya.

Makanan unik ini memang mempunyai citarasa yang lezat, dan juga coock bagi anda penyuka makanan sehat yang tidak berat. Bahan dasarnya yang menggunakan gandum yang kaya akan serat dan protein ini akan mempunyai kadar kalium, zat besi dan indeks glikemik yang rendah.

Tercatat dalam satu porsi cangkir tabbouleh anda akan dapat memenuhi sekitar 10 persen kebutuhan serat tubuh. Kebutuhan serat ini akan sesuai dalam memenuhi tubuh pria dan 12 persen bagi wanita. Sehingga makan makanan ini akan membuat hari anda lebih segar dan bersemangat, tertarik untuk mencoba?

4. Hummus

Hummus
Image Credit: Instagram Tom Foteinos

Jenis makanan khas Suriah lainnya adalah Hummus. Makanan satu ini juga tergolong makanan sehat dengan penggunaan bahan yang bergizi. Bahkan makanan ini juga saat ini sudah banyak dikonsumsi oleh orang Amerika Serikat. Bagi anda penyuka makanan sehat yang rendah karbo maka makanan ini akan cocok disantap setiap hari.

Makanan ini terbuat dari bahan campuran buncis, biji wijen atau dikenal dengan tahini atau pasta biji wijen. Selain itu, makanan ini akan diberi campuran minyak zaitun, lemon dan bawang putih yang sudah dihaluskan. Bawang putih ini biasanya akan dibuat seperti pasta terlebih dahulu sehingga mudah disimpan.

Hummus memang diketahui mengandung banyak zat besi, fosfor folat,dan juga vitamin B yang cukup sehingga sangat cocok untuk anda yang vegetarian. Hummus juga kaya akan kandungan serat, tercatat setiap 3,5 onsnya dapat memenuhi 16 persen serat untuk pria dan 24 persen serat untuk wanita.

BACA:  15 Tempat Wisata Menarik di Suriah Buat Liburan

5. Freekeh

Freekeh
Image Credit: Instagram Tazah Foods

Kuliner khas selanjutnya adalah Freekeh. Makanan ini terbuat dari bahan gandum yang masih muda. Gandum yang memang dipilih saat muda sebelum dipanen ini kemudian dipanggang lalu dikeringkan terlebih dahulu. Setelah itu, gandum akan digosok-gosok hingga menjadi biji-bijian kecil.

Cara makan Freekeh hampir sama seperti makan nasi. Sehingga sebelum menyantapnya, Freekeh akan dimasak dahulu dengan rasio freekeh dan air adalah 1 banding 2. Freekeh juga bisa dibuat sebagai makanan olahan lainnya. Anda bisa mencampurkan Freekeh ke dalam makanan seperti tumis kentang goreng, tabouli, risotto, atau sup.

Freekeh merupakan makanan yang kaya serat dan mengadung potasium , selenium, dan magnesium yang cukup untuk kebutuhan tubuh. Dalam 1,5 cup freekeh akan mengandung sekitar 130 kalori, kemudian 1 gram lemak dan juga 8 gram protein yang akan memenuhi energi hari anda.

6. Musakhan

Musakhan
Image Credit: Instagram Amigos da Palestina

Makanan unik dari Suriah selanjutnya adalah Mushakhan. Hidangan makanan inia dalah satu dari hidangan tradisional yang masih dipertahankan hingga saat ini. Makanan ini mempunyai citarasa yang unik dan dijamin anda tidak akan menemunkannya di tempat lain, sehingga wajib untuk dicoba.

Menu makanan satu ini biasanya akan muncul saat masyarakat sedang melakukan perayaan pada musim panen zaitun. Makanan tradisional ini akan dibuat dengan menggunakan ayam berbumbu sumac yang lezat kemudian akan dipadukan dengan sejenis roti pipih yang dikenal dengan nama tabun.

Makanan tradisional ini kemudian sudah dikembangkan dan menjadi lebih modern saat ini. Sehingga Musakhan bisa anda temukan dengan bentuk gulungan yang akan dijual di pasaran. Bentuk yang sudah dimodifikasi menjadikan makanan ini mudah ditemukan dan didapatkan wisatawan saat berkunjung.

7. Fattoush

Fattoush
Image Credit: Twitter Expresso Show

Fattoush adalah makanan seperti salad namun penyajiannya cukup sederhana. Bahan yang dignunakan adalah terdiri dari mentimun, tomat, daun krokot atau lebih dikenal dengan nama selada. Tak hanya itu, Fattoush juga biasanya akan diisi dengan lobak, bawang hijau kemudian ditambah dengan parsley atau mint dan Vinaigrette zesty yang sederhana.

Tak lupa sejumput bumbu sumac saat akan dihidangkan. Makanan ini dikenal mengandung banyak vitamin A, vitamin C dan juga kandungannya rendah lemak. Selain itu mengkonsumsi makanan ini akan mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk tubuh.

BACA:  10 Tempat Wisata Menarik di Damaskus Buat Liburan

8. Fatayer

Fatayer
Image Credit: Instagram Mr_Pie

Makanan khas ini dikenal banyak wisatawan. Tak hanya di Suriah, namun makanan Fatayer bisa juga anda temukan di negara lain di dekatnya seperti Irak, Yordania, Mesir, dan Palestina. Makanan khas ini mempunyai bentuk dan kombinasi yang cukup berbeda di setiap negaranya.

Misalnya bila anda berkunjung ke Lebanon, maka Fatayer akan disajikan dalam bentuk segitiga. Ukurannya bisa besar atau kecil tergantung kebutuhan. Fatayer akan disajikan dengan kue yang akan membungkus isiannya sehingga akan lebih mudah memakannya. Makanan ini cukup populer dikalangan masyarakat Lebanon.

Namun, bila anda menemukan makanan ini di Suriah, bentuknya akan lebih kecil dan berbentuk unik seperti perahu. Kue yang terlipat di bagain isiannya akan membuat isi dalamnya sedikit muncul. Makanan tradisional ini bisa anda temukan di berbagai toko kue pada pagi hari.

Itulah beberapa makanan khas Suriah yang bisa anda coba. Mengunjungi negara ini memang cukup beresiko. Sehingga pilihan makanan tersebut bisa anda simpan untuk dijadikan rekomendasi wisata kuliner lainnya. Negara yang menyimpan konflik hingga kini ini menyimpan masih banyak keindahannya.