Damaskus merupakan kota tertua di dunia yang memiliki populasi lebih dari 3,5 juta jiwa. Kota ini menjadi ibukota Republik Arab Suriah. Suriah sendiri adalah negara yang terletak di Asia Barat. Damaskus terletak di di sebelah barat daya dan merupakan suatu daratan separuh yang besar yang berbatasan dengan pegunungan Anti Lebanon.

Tempat ini sangat cocok dijadikan tempat sebagai liburan untuk Anda yang ingin mengenal lebih tentang sejarah Islam. Ada banyak peninggalan sejarah serta kebudayaan yang menarik yang dapat Anda kunjungi. Ini beberapa rekomendasi tempat wisata di Damaskus, Suriah yang bisa Anda jadikan acuan.

1. Masjid Agung Umayyah

Masjid Agung Umayyah
Image Credit: Google Maps mohammed jaber

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi di Timur tengah adalah masjid Agung Damaskus atau lebih dikenal dengan sebutan masjid Umayyah. Masjid agung Umayyah atau great most King of Damaskus berlokasi di kota lama Suriah ini. Masjid ini merupakan masjid terbesar dan tertua yang ada di kota itu.

Dibangun pada masa Khalifah Al Walid bin Abdul Malik dari bani Umayyah dan merupakan tempat yang dianggap suci keempat dalam Islam. Masjid agung Umayyah ini dibangun di atas runtuhan tempat beribadatan Romawi yang merupakan tempat menyembah dewa dengan mengadopsi tipe bangunan masjid Nabawi di Madinah.

Ciri khas yang menarik dari masjid ini adalah 3 menara yang merupakan usaha pembuatan menara di daerah Syam dan 4 pintu yang dihiasi dengan mozaik. Pada masa dahulu, masjid ini menyimpan banyak kitab dan manuskrip. Di dalam komplek masjid, di taman kecil sebelah dinding utaranya terdapat makam Salahudin Al Ayyubi yaitu pahlawan terkenal dalam sejarah Islam.

Masjid ini juga menyimpan sebuah kuil kecil yang berisi kepala sang pembaptis Yohanes. Masjid Agung Umayyah ini berdiri di tanah yang dianggap suci selama setidaknya 3000 tahun. Dibangun dengan struktur yang megah yang melibatkan ribuan bekerja, masjid Umayyah merupakan salah satu bangunan yang paling impresif di dunia Islam.

Terdapat menara-menara yang dibangun pada masa Khalifah Al Walid yang masih tetap bertahan hingga kini. Masjid ini layak dikunjungi untuk menjadi tujuan ziarah jika Anda berkunjung ke Suriah.

BACA:  15 Tempat Wisata Menarik di Suriah Buat Liburan
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Damascus, Suriah.

2. Kota Tua Damaskus

Kota Tua Damaskus
Image Credit: Google Maps Frank Engel

Pastinya, jika Anda berkunjung ke Damaskus, pastikan untuk berjalan-jalan di kota Tuanya. Damaskus diyakini sebagai salah satu kota tertua di dunia yang didiami umat manusia dengan berbagai peradaban yang terus berganti. Diantara peradaban yang pernah tumbuh dan berkembang adalah Islam.

Kota tua tidak hanya dikenal dengan wisata sejarahnya, tapi kota ini termasuk kota yang dermawan karena kemakmurannya dan juga pemurah. Ada banyak masyarakat Damaskus yang berlomba-lomba mewakafkan tanahnya untuk sekolah, rumah sakit serta masjid.

Kota ini juga tersohor sebagai salah satu pusat ilmu pengetahuan dan sejarah dalam peradaban Islam. Pada masa kekuasaan khalifah Nur A-Din Zanki berkuasa, kota ini dibangun sekolah. Anda bisa berjalan-jalan menikmati indahnya kota tua sambil mempelajari tentang budaya dan sejarah Suriyah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Old Damascus, Damaskus, Suriah.

3. Gerbang Damaskus

Gerbang Damaskus
Image Credit: Google Maps Mohammad badareen

Gerbang Damaskus adalah salah satu dari pintu masuk utama yang melalui tembok menuju kota lama, Yerusalem. Gerbang ini berada di sisi Barat Daya kota dan di sisi jalan menuju ke Nablus, dari sini, terhubung dengan ibukota Suriah. Tembok besar ini merupakan peninggalan sejarah di Yerusalem.

Corak dari tembok tersebut cenderung bergaya arsitektur ceracenic. Orang Arab menyebutnya Baab al-Amoud atau gerbang pilar, sebab dibangun di atas sisa-sisa reruntuhan gerbang yang dibangun pada masa Romawi kuno. Tembok kota tersebut dibangun di atas tembok lain yang lebih kuno.

Pembangunan serta rehat terbaru dari tembok sepanjang 4 kilometer ini dilakukan pada masa Utsmani oleh Sultan Sulaiman Al Qanuni pada tahun 948 Hijriyah. Meski begitu, dibalik kemegahan tembok ini, ada banyak kisah pilu yang tersimpan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Damascus Gate, Jerusalem.

4. Apamea

Apamea
Image Credit: Facebook مدينة أفاميا Afamia City

Apamea merupakan situs arkeologi yang dibangun pada masa pemerintahan kerajaan Seleucid. Tempat wisata di Damaskus ini mencakup Great Colonnade yang terkenal, merupakan salah satu yang terpanjang di dunia dengan hampir 2 km. Situs ini terjadi akibat dari perang saudara yang sedang berlangsung di Suriah yang dimulai pada tahun 2011.

Reruntuhan Apamea telah rusak san sempat dijarah oleh para pemburu harta karun. Situs Apamea ini juga merupakan salah satu teater terbesar di Kekaisaran Romawi yang dapat menampung lebih dari 20.000 orang.

BACA:  8 Makanan Khas Suriah yang Terkenal & Wajib Dicoba
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cardo Maximus, Suriah.

5. Mausoleum of Saladin

Mausoleum of Saladin
Image Credit: Google Maps mohammed jaber

Mausoleum Saladin adalah tempat beristirahat dan kuburan muslim yang dibangun pada abad pertengahan ayyubiyah Sultan Saladin. Letaknya bersebelahan dengan masjid Umayyah di Damaskus. Bangunan ini dibangun pada tahun 1996 yaitu 3 tahun setelah kematian Saladin. Awalnya, kompleks makan yang tersisa, termasuk makam Salah al-Din ini tersisa sedikit.

Mausoleum saat ini menampung dua sarkofagus, satu terbuat dari kayu yang dikatakan berisi sisa-sisa Aladin serta satu lagi terbuat dari marmer yang dibangun untuk menghormati Saladin pada akhir abad ke-19. Bersamaan dengan sarkofagus marmer, terdapat karangan bunga perunggu berhias emas yang juga diletakkan di sarkofagus marmer.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Damascus, Suriah.

6. St Ananias Chapel

St Ananias Chapel
Image Credit: Google Maps Jad Moussalli

Rumah Saint Ananias atau St Ananias Chapel adalah sebuah bangunan di bawah tanah kuno yang ada di Damaskus. Wisata Asia Barat ini konon merupakan sisa-sisa rumah Ananias dari Damaskus, tempat ananias membaptis Saulus. Bangunannya terletak di ujung jalan yang lurus dengan Sharqi. Pada tahun 2010, bangunan ini sempat digunakan sebagai gereja.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Damascus, Suriah.

6. Takkiya Sulaimaniah

Takkiya Sulaimaniah
Image Credit: Google Maps Jesús A. Serrano Redondo

Tempat ini terletak di tepi sungai Barada dan dibangun di atas reruntuhan Qasr al-Ablaq oleh Sultan Utsmaniyah Suleyman I atau Sulaiman al-Qanuni pada tahun 1520-1566. Kompleks Takkiya besar ini terdiri dari masjid yang berada di sisi Barat Daya halaman dan diapit oleh satu barisan melengkung dan dapur umum di seberang halaman yang diapit oleh bangunan rumah sakit.

Ada sebuah madrasah terpisah yang ditambahkan di sebelah tenggara kompleks takiya oleh Selim II dan dihubungkan ke kompleks takkiya. Masjid ini dibentuk oleh serambi lebar dan ruang salat 16 meter persegi yang ditutupi dengan khutbah Ottoman besar. Terdiri dari tiga sel yang dibungkus dengan atap miring yang dihiasi marmer dan granit.

Harga Tiket: Grtais; Map: Cek Lokasi
Alamat: Shoukry Al-Qouwatly, Damascus, Suriah.

7. Sayyida Ruqayya Mausoleum

Sayyida Ruqayya Mausoleum
Image Credit: Google Maps Mojtaba J

Terletak tidak jauh juga di masjid besar Umayyah, masjid ini menampung makam say Daru kaya yang merupakan putri dari Al Husein cucu Ali dan Fatimah putri nabi Muhammad. Bagian dalam bangunan ini didekorasi dengan penutup keramik dan cermin. Anda bisa berziarah ke makam beliau sambil beribadah dengan tenang.

BACA:  8 Makanan Khas Suriah yang Terkenal & Wajib Dicoba
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Damascus, Suriah.

8. Saladin Statue

Saladin Statue
Image Credit: Google Maps bashar iraq

Saladin Statue atau patung Saladin adalah patung perunggu penunggang kuda besar yang menggambarkan ayyubiyah Sultan Salahuddin yang terletak di depan benteng Damaskus abad ke-11 di kota kuno Suriah.

Patung ini dirancang oleh pematung surya, Abdalah al-Sayed dan diresmikan oleh presiden Suriah Hafez Assad, pada tahun 1993. Tepat pada peringatan 800 tahun kematian Saladin. Patung perunggu ini melambangkan keenam kemenangan Saladin di pertempuran Hittin.

Saladin digambarkan duduk dengan bangga dan penuh kemenangan di atas kudanya dan ditemani oleh dua pendekar pedang Renaud de Chatillon dan Guy de Lusignan yang ditangkap di pertempuran. Keduanya berada di samping, berjalan kaki dengan mahkota kerajaan Yerusalem yang terletak di lantai.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Damascus, Suriah.

9. Khan Asad Basha

Khan Asad Basha
Image Credit: Google Maps Jad Moussalli

Khan Asad Basha adalah karavanserai atau penginapan tempat para musafir. Tempat ini menjadi salah satu terbesar di kota tua. Dengan luasnya yang mencapai 2.500 meter persegi. Terletak di sepanjang Al-Buzurah Souq, dibangun dan dinamai setelah As’ad Pasha al-Azm, gubernur Damaskus.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Damascus, Suriah.

10. The Citadel of Damascus

The Citadel of Damascus
Image Credit: Google Maps Laila Alrez

Istana Damaskus adalah sebuah istana pada abad pertengahan berbenteng besar di Suriah. Tempat ini merupakan bagian dari kota kuno dan juga termasuk dalam situs warisan dunia UNESCO pada tahun 1979.

Benteng ini terletak di sudut barat laut tembok kota, antara Bab al-Faradis dan Bab al-Jabiyah. Terdiri dari dinding persegi panjang yang menutupi area seluas 230×150 meter. Dinding awalnya dilindungi oleh 14 menara besar yang mengelilingi, tapi sekarang hanya tersisa 12 menara.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Damascus, Suriah.

Itulah beberapa daftar tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi di Damaskus, Suriyah. Peninggalan sejarahnya kebanyakan peninggalan sejarah Islam. Kota Damaskus ini bagi para penduduknya tidak hanya sebuah ibukota negara, tetapi juga jantung ekonomi negara Suriah. Di kota tua ini, Ada begitu banyak reruntuhan sejarah yang tertinggal yang bisa dilihat dan juga menjadi daya tarik.