Setelah terjadinya perang saudara Suriah di bawah komando presiden sah Bashar Al Assad dan kelompok oposisi sejak tahun 2011 lalu, kondisi Negeri Syam ini perlahan sudah mulai pulih kembali. Bahkan, saat ini, Suriah diprediksi akan kebanjiran wisatawan jika situasi di negara tersebut benar-benar berangsur membaik.

Suriah menyimpan banyak kekayaan historis yang tidak dapat anda lewatkan. Ibukotanya, Damaskus, merupakan kota tertua di mana beberapa kisah Alkitab yang dikenal sekarang telah terjadi. Jika anda menyukai tempat wisata sejarah di Suriah adalah pilihan yang tepat. Nah, penasaran apa saja wisata menarik di Negeri Syam? Simak ulasan berikut ini!.

1. Bosra

Bosra
Image Credit: Google Maps Alessandro Gafforini

Banyak wisatawan mengunjungi Suriah sebab reruntuhan purbanya. Para wisatawan tampaknya selalu dimagnetisasi oleh sejarah yang diceritakan oleh masing-masing situs yang dibangun berabad-abad yang lalu. Kastil dan menara selalu berhasil membuat orang-orang takjub sehingga wisatawan hampir selalu terpesona pada pandangan pertama.

Di kota Busro, anda bisa menemukan amphitheater yang merupakan peninggalan zaman romawi kuno. Ampiteater ini dibangun pada abad ke-2 SM. Selama masa jayanya, bangunan ini menjadi jantung kota metropolitan yang berfungsi sebagai rumah untuk salah satu legiun Kaisar yang sangat besar. Menariknya bangunan ini telah menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Suriah.

2. Allepo

Allepo
Image Credit: Google Maps Nick Kabawa

Aleppo merupakan tempat wisata di Suriah yang penuh dengan situs sejarah, budaya, hingga agama. Aleppo merupakan kota terbesar kedua di negara ini, dan termasuk kota paling sibuk. Di sana, infrastruktur modern telah tersebar di berbagai tempat, pemerintah telah berhasil melestarikan banyak situs kuno yang sudah ada berabad-abad yang lalu.

Salah satu reruntuhan kuno yang ditemukan adalah St. Simeon. Di tengah-tengah salib yaitu pilar Stylite yang digunakan St George untuk berdiri setiap kali dia berbicara kepada orang banyak. Selain itu, ketika mengunjungi Allepo ini anda juga dapat menemukan situs luar biasa lainnya yaitu Benteng.

Kota kecil yang dijaga oleh tembok besar ini dulunya merupakan benteng yang melindungi warganya dari Mogul. Di kota ini, Anda masih bisa menemukan toko dan fasilitas lain seperti penyimpanan biji-bijian dan juga tangki air yang dimaksudkan untuk menjaga orang-orang berkembang di dalam tembok kota.

BACA:  10 Tempat Wisata Menarik di Damaskus Buat Liburan
Harga Tiket: -; Map: Cek Lkasi
Alamat: Suriah.

3. Arcade Byzantine

Arcade Byzantine
Image Credit: Google Maps mohammed jaber

Ketika sedang jalan-jalan di area ini anda akan merasakan seperti berjalan-jalan di Romawi kuno, mengapa demikian? Sebab anda akan melihat berbagai reruntuhan selama jalan-jalan ke Suriah. Termasuk juga ketika anda singgah ke Arcade Byzantine ini.

Tempat wisata ini memiliki ikon penting yaitu berupa kuil Jupiter yang dibangun selama Kekaisaran Romawi. Kuil Jupiter ini seperti alun-alun, yang oleh penduduk lokal dimanfaatkan sebagai pasar. Apabila anda ingin melihat seni, kerajinan, dan kuliner mereka, anda dapat melihat keseluruhannya dari sini. Di tempat inilah yang sering menjadi tempat pilihan paling tepat untuk membeli oleh-oleh di Suriah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Damascus, Syria.

4. Masjid Umayyad

Masjid Umayyad
Image Credit: Instagram iam_n.a

Selanjutnya, tempat wisata ini mungkin akan mengingatkan anda pada kemegahan masjid-masjid yang ada di dunia termasuk masjid sultan omar ali saifuddin, di Brunei Darussalam. Masjid Umayyad merupakan salah satu objek wisata religi di Suriah yang sangat dihormati oleh penduduk lokal.

Tempat wisata ini juga dikenal dengan sebutan Masjid Agung Damaskus, arsitektur tempat wisata ini memiliki struktur bangunan kuno yang dulunya dibangun oleh Kaisar Romawi -Konstantinopel I sebagai bentuk penghormatan Santo Yohanes Pembaptis – seorang tokoh agama yang penting bagi Islam dan Kristen.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Damascus, Syria.

5. Damaskus

Damaskus
Image Credit: Google Maps Xavier Cañas

Damaskus telah dikenal di seluruh dunia sebagai ibukota Suriah, dan bagi penduduk lokal, Damaskus bukan hanya sekedar sebagai ibu kota, melainkan juga sebagai jantung ekonomi, kehidupan dan lain sebagainya. Seperti halnya tempat wisata di Paris yang merupakan ibukota Perancis. Di mana di dalamnya ada berbagai wisata dan kota tersebut juga menjadi jantung kota dunia.

Damaskus bukan hanya sekedar kota dengan budaya metropolis yang berkembang, tetapi juga memiliki latar belakang yang istimewa, yakni kaya akan sejarah, dan budaya. Di Damaskus, terdapat banyak sekali reruntuhan yang bisa dilihat menjadi salah satu daya tarik wisata suriah. Sehingga tidak akan rugi apabila anda mengunjungi kota ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Syria.
BACA:  8 Makanan Khas Suriah yang Terkenal & Wajib Dicoba

6. Site of Palmyra

Site of Palmyra
Image Credit: Google Maps Peter Lo

Destinasi wisata menarik selanjutnya yang dapat anda kunjungi adalah Palmyra. Palmyra adalah situs arkeologi kuno yang terletak di Suriah modern. Keunikan arsitektur Palmyra menggabungkan gaya Yunani-Romawi dengan gaya Persia dan Arab, dan reruntuhan yang tersisa memiliki signifikansi budaya dan sejarah yang signifikan. Anda dapat berfoto disini untuk mengabadikan momen liburan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Syria.

7. Istana Al Azem

Istana Al Azem
Image Credit: Google Maps A Stranger

Tak lengkap rasanya apabila singgah di negara Suriah tidak mengunjungi Istana Al Azem. Perlu anda ketahui bahwa istana ini dibangun pada tahun 1749 oleh gubernur Ottoman dari Damaskus As’ad al-Azem. Istana ini saat ini menjadi museum seni rupa yang dapat anda kunjungi.

Bangunan di Asia Barat ini memiliki arsitektur bangunan yang menarik mata anda. Salah satu contoh paling mewah dari istana ini adalah, jendela-jendelanya dihiasi dengan hiasan kisi-kisi batu, lengkungan dan kolom yang dihias berjajar di halaman dan halaman mengelilingi air mancur pusat dari mana marmer beraspal dan desain ubin batu memancar menuju struktur yang dibangun.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Azm Palace, Damascus, Syria.

8. The National Museum of Damascus

The National Museum of Damascus
Image Credit: Google Maps Abdullah Al-Atassi

Anda ingin liburan sambil belajar sejarah? Nah, mengunjungi the national museum of Damascus adalah pilihan yang tepat untuk mengisi liburan anda. Di museum ini anda dapat belajar mengenai sejarah Suriah. Pasalnya di museum ini terdapat banyak artefak, relik, dan lain sebagainya yang merupakan jejak sejarah bagi negara ini. Nah, seru bukan? Selain liburan anda juga dapat belajar sejarah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Shoukry Al-Qouwatly, Damascus, Syria.

9. Ampea

Ampea
Image Credit: Google Maps Zappatrouy

Apamea, merupakan situs arkeologi yang dibangun semasa pemerintahan Kerajaan Seleucid, termasuk peninggalan Romawi di tepi Sungai Orontes. Meskipun tempat wisata ini merupakan bangunan kuno namun ketika mengunjungi tempat wisata ini anda dapat berfoto estetik ala selebgram, kemudian menguploadnya ke media social anda.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Qalaat Al Madiq, Syria.

10. Mount Qasioun

Mount Qasioun
Image Credit: Google Maps ammar qassar

Nah, tempat wisata selanjutnya yang bisa dikunjungi ketika singgah di Suriah adalah Mount Qasioun. Perlu anda ketahui bahwa tempat wisata ini memiliki lereng Jabal Qasiun, yang pernah dihuni Nabi Adam lho. Anda juga bisa naik ke atas gunung ini untuk melihat indahnya pemandangan kota Damaskus dari atas.

BACA:  10 Tempat Wisata Menarik di Damaskus Buat Liburan
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Syria.

11. Great Mosque Of Damaskus

Great Mosque Of Damaskus
Image Credit: Twitter Mosque Explorer

Sebagai negara yang berperan dalam sejarah islam tentu saja Suriah memiliki banyak peninggalan masjid dari masa lampau, salah satunya yaitu Great Mosque. Ketika mengunjungi masjid ini anda akan melihat arsitektur bangunan kuno yang unik dan indah pasalnya masjid ini masih menjaga struktur utamanya sejak abad ke-8, menarik bukan?

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Damascus, Syria.

12. The Convent of Our Lady of Saidnaya

The Convent of Our Lady of Saidnaya
Image Credit: Google Maps Matt

The Convent of Our Lady of Saidnaya ini merupakan biara ortodoks Yunani tertua yang berada di Timur Tengah dan Afrika Utara. Meskipun sempat dirusak karena terjadi perang saudara, tempat ini terus diperbaiki, sehingga anda dapat mengunjungi tempat ini meskipun untuk sekedar singgah atau berfoto ala instagramable.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sednayah, Suriah.

13. Krak des Chevaliers

Krak des Chevaliers
Image Credit: Google Maps Light of Syria

Krak des Chevaliers atau Castle of Kurds juga termasuk ke dalam tempat wisata suriah yang cocok untuk liburan anda. Tempat wisata ini pernah dihuni oleh warga turki pada abad ke-11. Desain bangunannya yang berupa benteng yang terletak di atas bukit yang indah ini menjadikan tempat wisata ini menarik untuk dikunjungi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Al-Husn, Syria.

14. Kota Tua

Kota Tua
Image Credit: Google Maps Tarek Naifeh

Seperti namanya, di Kota tua ini Anda dapat menemukan bangunan tua, rumah dan dinding kuno yang dibangun hampir pada saat yang sama ketika kota tersebut lahir. Ketika Anda berjalan melalui jalan-jalan yang kecil, anda akan menemukan bangunan dengan gaya arsitektur gabungan dari gaya Romawi, Muslim, Katolik, dan juga Yahudi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Damascus, Syria.

15. Stasiun Kereta Api Hejaz

Stasiun Kereta Api Hejaz
Image Credit: Instagram Ahmad Anis

Bukan hanya sekedar stasiun kereta api biasa, stasiun kereta ini merupakan salah satu tempat yang paling sering dikunjungi di Damaskus. Di sini Anda bisa menemukan dinding dan langit-langit yang dilukis dengan tema yang sangat kompleks, lukisan-lukisan itu juga menghiasi jendela kaca dan juga pintu.

Harga Tiket: 3.36 SYP; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sa’adalah El-Jabri, Damascus, Syria.

Demikianlah daftar tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi ketika berlibur di Suriah. Tentu saja dengan banyaknya wisata bersejarah di negara ini memiliki daya tarik sendiri yang membuat liburan anda menjadi berkesan.