Nepal, negara kecil dengan gugusan gunung ini juga memiliki atraksi wisata yang luar biasa, sehingga banyak dijadikan sebagai tujuan wisata. Anda bisa menikmati wisata alam sampai wisata sejarah yang luar biasa. Menjadi rumah bagi Pegunungan Himalaya, anda bisa mengunjungi tempat wisata di Nepal yang paling populer ini.

Memang Pegunungan Himalaya menjadi surga bagi anda yang suka petualangan di alam serta pada pendaki. Tetapi juga ada kota kota kecil nan terpencil yang tidak kalah menarik untuk anda kunjungi. Berpetualang di negara ini akan memberikan petualangan yang tidak terlupakan. Anda yang akan singgah di Nepal, jangan sampai melewatkan destinasi wisata berikut ini.

1. Museum Patan

Museum Patan
Image Credit: Google Maps Rex Pan

Museum tidak selamanya membosankan, ada banyak hal menarik yang bisa digali di museum. Jika sedang liburan di Nepal, anda bisa menjadikan Museum Patan sebagai tujuan. Museum yang berada di daerah Patan Durbar ini sebelumnya merupakan istana kerajaan yang sudah tua. Perlu anda ketahui jika museum ini masuk dalam museum terbaik di Asia Selatan.

Sehingga sangat sayang jika anda tidak sekalian singgah di sini. Anda akan mengetahui alasan mengapa museum Patan dikenal sebagai museum terbaik. Mendapatkan suntikan dana dari Austria membuat interiornya begitu ciamik. Belum lagi anda juga bisa menemukan banyak koleksi di tempat bersejarah ini, seperti pajangan yang menjadi warisan Hindu dan juga Buddha.

Harga Tiket: NPR 1.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lalitpur, Nepal.

2. Kuil Pashupatinath

Kuil Pashupatinath
Image Credit: Facebook Worldwide Hindu Temples ॐ

Menjadi kuil paling tua, Kuil Pashupatinath juga kan menjadi tujuan yang menarik. Lokasinya berada di daerah pinggiran Kathmandu yang merupakan ibu kota Nepal. Tepatnya dekat dengan Sungai Bagmati yang mengalir, menjadikan pesonanya semakin berbeda. Kehadiran kuil yang cantik ini ditujukan untuk dewa Nepal yang paling dihormati, yakni Dewa Pashupatinath.

Atau yang dikenal dengan Dewa Siwa, banyak pengikut Hindu yang menjadikan kuil ini sebagai favorit. Wisata religi yang ikonik ini juga masuk dalam situs warisan dunia oleh UNESCO, bahkan terdaftar sejak 1979. Suasana di tempat religi ini semakin semarak ketika perayaan Festival Maha Shivaratri pengunjungnya bisa sampai satu juta.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kathmandu, Nepal.

3. Bhaktapur Durbar Square

Bhaktapur Durbar Square
Image Credit: Google Maps Bibek Acharya

Berada di pusat kota Bhaktapur, anda juga harus mengunjungi wisata hits berikut. Bhaktapur Durbar Square merupakan tempat yang begitu unik. Dikelilingi dengan pagoda dan juga kuil, sehingga mendapatkan julukan sebagai museum terbuka. Bhaktapur sendiri merupakan kota tua yang memiliki artistik megah di abad ke 12.

Di zaman dahulu juga dikenal dengan Bhadgaon yang artinya Kota Orang Saleh atau Kota Beras. Kehidupan abad pertengahan terasa kental saat anda singgah di kota ini. Di masa kejayaannya tercatat ada sekitar 172 kuil. Dan Bhaktapur Durbar Square sendiri seperti alun alun yang menjadi pusat segala aktivitas. Hanya saja banyak yang rusak pasca gempa di tahun 2015.

Harga Tiket: NPR 1.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Durbar square, Bhaktapur, Nepal.
BACA:  10 Makanan Khas Nepal yang Terkenal & Wajib Dicoba

4. Taman Nasional Chitwan

Taman Nasional Chitwan
Image Credit: Facebook Backroads

Tempat wisata yang bisa dikunjungi berikutnya yakni Taman Nasional Chitwan. Wisata populer satu ini akan membawa anda untuk melihat kehidupan alam liar. Wisata terbaik di Nepal ini memiliki panorama yang tidak akan membuat anda menyesal. Pemandangannya indah, dan anda juga bisa sekalian melihat bagaimana para satwa liar di alam bebas lebih dekat.

Beberapa diantara daerahnya berada di ketinggian sekitar 100 meter saja. Sehingga iklim yang ada di taman Nasional Chitwan merupakan iklim muson tropis. Menjadi tempat tinggal satwa, jika beruntung anda bisa bertemu dengan badak, kerbau, harimau Bengal, macan tutul dan hewan lainnya. Menariknya anda sungainya juga ditinggali lumba lumba air tawar.

Harga Tiket: NPR 1.695; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sonepur, Nepal.

5. Kumari Ghar

Kumari Ghar
Image Credit: Instagram Suh Zan

Kumari Ghar atau the Temple of Living Goddess merupakan objek wisata di Nepal yang berada di Asia Selatan. Bangunan yang merupakan kuil Buddha ini sangat menarik untuk anda kunjungi. Memang bangunan berlantai tiga ini tidak terlalu cantik, namun sampai saat ini masih menjadi wisata yang terkenal. Beberapa sudutnya menarik untuk mengambil foto yang cantik.

Harga Tiket: NPR 1.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Layaku Marg, Kathmandu, Nepal.

6. Lembah Pokhara

Lembah Pokhara
Image Credit: Twitter Yuktravel

Selain menikmati bangunan bangunan yang unik, anda juga bisa menikmati pesona alam Nepal yang luar biasa. Sebagai buktinya, anda bisa mengunjungi Lembah Pokhara, Lokasinya berada di tengah Pegunungan Himalaya annapurna. Lembah terbesar nomor dua ini juga menjadi destinasi wisata terbaik. Pemandangan hijau menjadi daya tarik utamanya yang menyejukkan mata.

Selain itu Lembah Pokhara juga menjadi surga bagi anda yang gemar beraktivitas di luar ruangan. Mulai dari arung jeram, berperahu, trekking sampai olahraga ekstrim bisa anda coba. Udaranya yang sejuk juga akan menambah daya tarik tersendiri. Banyak yang berkunjung ke tempat ini untuk menyaksikan megahnya gunung Himalaya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pokhara, Nepal.

7. Danau Phewa

Danau Phewa
Image Credit: Twitter Jaya Prima Tours

Berada di Pokhara, anda juga jangan sampai melewatkan indahnya Danau Phewa. Danau Phewa sampai saat ini masih menjadi tujuan favorit wisatawan dari berbagai daerah. Kota Pokhara sendiri adalah resor kerajaan yang begitu kondang di Nepal. Dengan Danau Phewa menjadi puncak Annapurna yang luar biasa cantik dan sayang dilewatkan.

Di tepi danau persis anda bisa menemukan istana kerajaan. Banyak tenda tenda yang berjajar menambah warna panorama yang disuguhkan. Di tepi danau juga banyak anda temukan restoran, hotel sampai dengan pusat perbelanjaan. Pesonanya semakin megah ketika senja datang, dengan airnya yang tenang dan langit orange yang membuat jatuh cinta.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pokhara, Nepal.
BACA:  11 Tempat Wisata Menarik di Kathmandu Nepal Buat Liburan

8. Stupa Boudhanath

Stupa Boudhanath
Image Credit: Twitter @SandraMila3

Melanjutkan perjalanan menjelajah pesona wisata Nepal, anda bisa mengunjungi Stupa Boudhanath. Stupa Buddha satu ini termasuk yang paling besar di dunia juga masuk dalam warisan budaya. Dibangun pertama kali pada masa Songtsen Gampo dan sampai saat ini menjadi tujuan yang kondang.

Stupa ikonik ini memiliki warna putih dengan bentuk mangkuk tertutup. Pada setiap sisinya memiliki mata Buddha yang mengartikan Dharma ada dimana mana dan tidak terbatas. Banyak yang datang untuk melihat kemegahannya dan juga mengambil foto dengan latar belakang stupa indah ini. Kemegahannya memang menjadi daya tarik tersendiri.

Harga Tiket: NPR 400; Map: Cek Lokasi
Alamat: Stupa, Boudhanath Sadak, Kathmandu, Nepal.

9. Taman Nasional Sagarmatha

Taman Nasional Sagarmatha
Image Credit: Google Maps Srsly Brah

Taman Nasional Sagarmatha menjadi puncak gunung paling tinggi yang ada di dunia. Menjadikan Sagarmatha menjadi tujuan trekking yang paling ideal. Pemandangan Everest dan juga Himalaya siap membuat anda terkagum kagum. Fauna dan floranya juga sangat beragam, sehingga Taman Nasional satu ini menjadi tujuan favorit wisatawan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Khumjung, Nepal.

10. Gunung Everest

Gunung Everest
Image Credit: Google Maps kazu

Jika membahas Nepal, maka anda tidak boleh melewatkan Gunung Everest. Apalagi anda memang suka dengan kegiatan treking ataupun mendaki. daya pikat pendakiannya memang luar biasa besar, dan anda juga bisa mencoba beberapa rute. Apabila anda tidak berencana mendaki, anda juga bisa datang ke base camp. Dari bawah saja pesonanya sudah tidak main main.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Himalayas, Solukhumbu District, Nepal.

11. Nagarkot

Nagarkot
Image Credit: Google Maps Pushpa Jsiswal

Keindahan Gunung Himalaya bisa anda nikmati secara leluasa jika singgah di tempat wisata Nepal. Nagarkot memang kota yang memiliki pesona Gunung Himalaya tanpa harus aktivitas berat. Berada di atas perbukitan, anda juga bisa menikmati lembah Kathmandu yang juga tidak kalah indah. Memiliki penduduk sekitar 4500, Nagarkot adalah tujuan yang jangan sampai diabaikan.

Harga Tiket: NPR 339; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bhaktapur District, Bagmati Province, Nepal.

12. Lumbini

Lumbini
Image Credit: Google Maps Hotel Sauraha Homestay Nepal

Lumbini juga tidak boleh absen dalam daftar liburan anda di Nepal. Karena Lumbini tidak hanya menjadi tempat ziarah umat Buddha. Tetapi anda juga bisa menemukan banyak bangunan bangunan yang unik. Selain itu anda juga bisa sekalian menenangkan pikiran juga hati. Kebanyakan yang singgah yakni peziarah Buddha yang berasal dari banyak negara.

Harga Tiket: NPR 500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lumbini Province, Nepal.

13. Janakpur

Janakpur
Image Credit: Google Maps Hari Adhikari

Perjalanan anda di Nepal masih belum akan berakhir, karena anda harus singgah di Janakpur. Janakpur juga menjadi ibu kota kerajaan India di ribuan tahun yang lalu atau dikenal Mithila. Banyak yang percaya jika Janakpur merupakan tempat Dewa Ram menikahi Sita. Anda bisa menemukan kuil kuil yang cantik untuk dikunjungi, terutama di Janaki Mandir yang selalu ramai.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dhanusa District, Madhesh Province, Nepal.

14. Annapurna Circuit

Annapurna Circuit
Image Credit: Google Maps suwich nonthabut

Sebenarnya, Nepal memang menjadi surga untuk anda yang suka dengan kegiatan pendakian. Destinasi wisata berikutnya, Annapurna Circuit akan memberikan pengalaman yang begitu menakjubkan. Bagaimana tidak, anda akan langsung disuguhkan lanskap indah dan langsung mengarah pada Himalaya. Dataran tinggi, lembah sampai gurun pasir semuanya lengkap.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Nepal yang Paling Diburu Wisatawan
Harga Tiket: NPR 3,587; Map: Cek Lokasi
Alamat: Muktinath 33100, Nepal.

15. Garden of Dreams

Garden of Dreams
Image Credit: Google Maps divakaran pk

Jika ingin bersantai di Nepal, maka Garden of Dreams adalah tujuan yang begitu pas. Berada di Thamel, taman ini merupakan bagian dari Istana Kaiser Mahal. Taman ini juga dilengkapi dengan paviliun ansambel lengkap dengan air mancur yang berada di tengah. Paling tepat berkunjung ketika sore hari, anda bisa sekalian membawa kamera untuk hunting foto.

Harga Tiket: NPR 400; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tridevi Sadak, Kathmandu 44600, Nepal.

16. Swayambhunath

Swayambhunath
Image Credit: Google Maps Bikash Yadav

Lokasinya tidak jauh dari Kathmandu, sangat mudah untuk mengunjunginya. Kuil kuno yang masih berdiri megah ini dikenal dengan Swayambhunath yang juga dikenal kuil kera. Karena anda memang akan menemukan banyak kera. Lokasinya berada di atas bukit membuat tempat wisata Nepal ini juga menawarkan pemandangan yang luar biasa.

Harga Tiket: NPR 200; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bhaganpau, Nepal.

17. Helambu Trek

Helambu Trek
Image Credit: Google Maps Dawa Lama

Helambu Trek merupakan salah satu area trekking yang begitu kondang. Ketinggiannya bisa dikatakan ringan, sehingga bisa dijangkau oleh kalangan pemula. Tetapi tenang saja, trekking di Helambu Trek tidak akan membuat anda kecewa. Begitu tiba di tujuan, anda akan dibuat terkagum kagum dengan keindahannya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Freak St, Kathmand, Nepal.

18. Langtang Region

Langtang Region
Image Credit: Google Maps Rabindra Khadka

Langtang Region juga tidak kalah menarik untuk anda jadikan sebagai tujuan liburan. Lintasan tinggi tersedia beberapa dengan panorama indah yang menakjubkan, belum lagi anda juga akan menemukan biara biara tua. Memang bukan termasuk tempat wisata yang kondang, tetapi pengalaman yang ditawarkan luar biasa.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rasuwa District, Bagmati Zone, Nepal.

19. Hiranya Varna Mahavihar

Hiranya Varna Mahavihar Nepal
Image Credit: Google Maps Sven Krumke

Hiranya Varna Mahavihar bukanlah sebuah kuil, melainkan sebuah biar yang sangat unik. Bangunannya dibuat dari kuningan dan juga perunggu yang begitu ikonk. Bukan hanya dari bahan bangunan saja, anda juga bisa menemukan patung maupun roda doa yang indah. Menyempatkan singgah kemari, anda bisa sekalian hunting foto.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kwalakhu Rd, Lalitpur 44700, Nepal.

20. Asan

Asan
Image Credit: Google Maps yukesh poudel

Asan menjadi tujuan yang akan membuat liburan anda di Nepal semakin lengkap. Pasalnya bazar tua yang lokasinya di pusat kota Kathmandu ini kondang dengan bangunan bangunan tua serta kuil kuilnya. Yang lebih menarik di tempat ini, anda bisa membeli pakaian, pernak pernik sampai rempah rempah dengan harga ramah kantong.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Between Durbar Square and Thamel, Kathmandu, Nepal.

Pesona yang disuguhkan Nepal terkait wisata bukan hanya bangunan bersejarah dan unik saja. Anda juga akan menemukan banyak jalur pendakian yang menantang. Pesona alamnya yang juga luar biasa membuat Nepal masih jadi jujugan traveler. Bagi anda yang akan ke Nepal, pastikan untuk mencari informasi lebih dahulu.