Berlibur di luar negeri adalah aktivitas yang banyak didambakan oleh semua orang. Tempat ini adalah salah satu destinasi di Nepal paling hits bagi para pelancong. Sesampainya di sana, anda akan melihat banyak sekali barang unik dan menarik. Anda bisa membawanya sebagai oleh-oleh di kampung halaman. Jenis produknya pun beragam, sehingga anda bisa memilih yang sesuai selera.

Nepal merupakan bela negara yang letaknya ada di Asia Selatan, dekat dengan India dan RRC. Jika dilihat secara astronomis, Nepal masuk dalam kawasan pegunungan tertinggi di dunia, yaitu Himalaya. Tak heran jika banyak sekali orang yang berkunjung ke negara untuk merasakan sensasi dan panorama alam Gunung Himalaya. Perjalanan anda di sana semakin lengkap jika ditutup dengan belanja oleh-oleh khas Nepal berikut ini.

1. Lukisan Thangka

Lukisan Thangka
Image Credit: Facebook J&J Mineral & Crystal & Jewelry

Buah tangan yang pertama adalah lukisan thangka. Produk tersebut tidak boleh anda lewatkan, karena sangat identik dengan Nepal. Lukisan thangka adalah lukisan yang nuansanya merupakan perpaduan budaya antara agama hindu dan budha. Kedua agama tersebut adalah dua agama mayoritas di Nepal, yang artinya memiliki jumlah penganut yang besar.

Lukisan thangka dibuat secara manual diatas kanvas oleh pelukisnya. Jenis gambarnya pun beragam, sehingga anda bisa memilih item yang sesuai dengan selera. Namun sejauh ini, gambar dengan tema keagamaanlah yang paling banyak dicari. pilihan ukurannya beragam, sehingga anda boleh memilih item, yang sesuai dengan kebutuhan.

2. Pisau Khukuri

Pisau Khukuri
Image Credit: Facebook Mustaza Mohd Said

Cinderamata yang perlu dibeli saat berada di Nepal adalah pisau khukuri. Pisau tersebut, bukan sembarang pisau karena bentuknya yang unik. Produk tersebut sangat cocok anda gunakan sebagai pajangan, karena tampilannya yang luar biasa. Ukuran yang disediakan oleh penjual juga bermacam macam. Anda bisa pilih yang mini untuk souvenir bagi keluarga di rumah.

Umumnya semakin banyak oleh-oleh khas Nepal yang anda beli, maka harganya bisa jadi lebih murah karena diskon. Namun kembali lagi, itu semua tergantung kebijakan masing masing pemilik toko. Anda bisa berkeliling dan membandingkan harga sebelum deal, untuk memuaskan rasa penasaran seputar oleh-oleh ini.

BACA:  10 Makanan Khas Nepal yang Terkenal & Wajib Dicoba

Melihat banyaknya pajangan menarik, mencicipi makanan khas atau belanja barang di Nepal adalah aktivitas yang menyenangkan bagi pecinta seni. Kebanyakan diantara mereka mendapat inspirasi terkait dengan karyanya setelah melihat benda benda tersebut. Namun perlu diingat cideramata ini adalah pisau sehingga untuk ukuran normalnya cukup tajam.

3. Mangkuk Bernyanyi

Mangkuk Bernyanyi
Image Credit: Facebook Onieka Yadnya

Produk selanjutnya yang bisa anda bawa pulang adalah Mangkok Berbunyi. Mendengar namanya saja, sudah banyak orang yang merasa penasaran. Oleh karena itu mereka cocok dijadikan hadiah untuk sanak saudara. Mangkuk bernyanyi bukanlah alat makan, melainkan sebuah alat musik. Cara menggunakan adalah dengan memukul permukaan dlaam mangkuk dengan pemukul.

Suara yang dihasilkan mangkok unik ini ini terdengar tenang dan halus. Alasan itulah yang membuat mangkuk ini banyak diguanakn untuk tujuan relkasasi dan menenangkan pikiran. Karena barangnya yang unik, tidak ada salahnya jika anda beli satu dan menunjukkannya bagi keluarga. Kebanyakan dinatara mereka pasti banyak yang bekum mengenal mangkuk bernyanyi.

4. Patung Kayu

Patung Kayu
Image Credit: Facebook Nicholas Breeze Wood

Patung kayu adalah kerajinan khas Nepal yang bisa menjadi pilihan alternatif buah tangan untuk keluarga. Kerajinan tersebut dibuat langsung oleh pemahat kayu atau seniman yang ada di Nepal. Bentuk yang dihasilkan sangat beragam, sehingga anda bisa pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan. Saking bagus dan uniknya kerajinan tersebut, banyak wisatawan yang kembali ke negara ini hanya untuk membelinya saja.

Lantas berapa harga yang dibanderol untuk patung kayu tersebut? Sejatinya belum banyak info seputar harga, karena setiap pengrajin bisa mematok harga yang berbeda beda. Akan lebih baik jika anda berkeliling dan cari satu yang paling murah. Tentu trik tersebut patut anda gunakan, apalagi jika jumlah patung kayu yang dibeli sangat banyak.

Anda juga bisa mencampur hadiah patung kayu ini dengan produk lain agar lebih bervariasi. Umumnya, gerai yang menjual patung kayu juga menjual kerajinan pahat lain seperti topeng. Ada bebas memilih mana yang sesuai dengan selera. Apabila kebanyakan penerimanya adalah anak kecil, maka patung kayu adalah pilihan yang tepat.

5. Tas Khas

Tas Khas Nepal
Image Credit: Facebook Cahaya Alam Outdoors

Tas termasuk oleh-oleh yang kualitasnya lebih tinggi dibandingkan dengan tas biasa. Namun uniknya, siapapun yang melihat tas tersebut akan mengenal jika produk tersebut adalah produksi dari Asia Selatan. Karena tampilannya yang menarik, tidak ada salahnya jika anda menghadiahkan produk tersebut untuk keluarga di rumah.

Harga yang ditawarkan untuk tas ini sangat beragam, karena tergantung ukuran dan motif. Semakin tebal tas yang hendak dibeli, maka harga tas tersebut juga akan semakin mahal. Sebaliknya, jika tas tersebut kurang berkualitas, maka bahannya menajid lebih lembek. Tentu daging tersebut terasa kurang nyaman di perut.

BACA:  20 Tempat Wisata Menarik di Nepal Buat Liburan

6. Topeng Tradisional Nepal

Topeng Tradisional Nepal
Image Credit: Facebook China Xinhua News

Nepal selalu dikenal atas karya seninya yang memukau. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya produk seni yang mereka jual. Salah satu item yang menarik perhatian adalah topeng tradisional Nepal. Karya tersebut umumnya dijadikan pajangan di rumah karena terlihat menarik. Ruangan anda akan terlihat lebih artistik setelah menggunakan item tersebut.

Peletakkan topengnya juga perlu diperhatikan untuk menghindari kerusakan yang mungkin terjadi selama perjalanan. Sangat disayangkan jika produk yang anda beli untuk oleh-oleh malah rusak begitu saja sebelum sampai ditempat tujuan. Minta tolong saja agar mereka membungkuskan produk agar aman di dalam koper.

Harga yangdiwariskan untuk produk ini sebenarnya lumayan tinggi. Namun anda bisa menawar harga tersebut agar mendapat diskon. Meskipun tidak besar, namun potongan tersebut bisa membuat belanjaan anda menjadi lebih hemat. Tentu hal tersebut penting bagi wisatawan seperti anda agar bisa menjelajah lebih banyak tempat di kota Nepal.

7. Wayang

Wayang
Image Credit: Facebook Isara Narathip

Siapa sangka jika ternyata Nepal juga memiliki kerajinan dan kesenian berupa wayang. Namun wujud dari wayang yang berasal dari negara ini cukup berbeda dengan yang ada di Indonesia. Harga yang dipatok oleh pengrajin juga jauh lebih tinggi dibandingkan dengan topeng tradisional. Alasan mengapa hal tersebut terjadi adalah bentuknya yang unik dan hanya bisa ditemukan di Nepal saja.

Membawa pulang oleh-oleh khas Nepal ini akan membuat keluarga di rumah merasa merasa bahagia. Mereka pasti tidak pernah melihat wayang khas Nepal sebelumnya. Perhatian pula cara packing agar tidak ada produk yang bermasalah. Jika perlu, sendirikan saja tas untuk oleh-oleh agar tidak masuk ke bagasi.

8. Bendera Doa Dari Tibet

Bendera Doa Dari Tibet
Image Credit: Facebook Elrumi Cartenzia Riyono

Istilah bendera doa pasti masih asing di telinga masyarakat indonesia. Ternyata masyarakat tibet memiliki kepercayaan bahwa bendera tersebut akan memberikan energi baik bagi keluarga. Seluruh tulisan yang ada di dalam sana akan terbawa oleh angin dan menjadi kenyataan. Meskipun hanya kepercayaan masyarakat Nepal, namun tidak ada salahnya jika anda ikut mencobanya.

BACA:  20 Tempat Wisata Menarik di Nepal Buat Liburan

Tidak terasa puas jika hanya berkunjung ke tempat wisatanya kalau tidak mempelajari adat dan tradisi tempat baru adalah aktivitas yang menyenangkan. Demi merasakan euforia tersebut, tidak ada salahnya jika anda mengambil bendera doa. Meskipun lembarannya kecil dan terkesan sederhana, namun tetap ada nilai yang terkandung didalamnya. Tidak heran jika oleh-oleh yang satu ini sangat spesial.

9. Kertas Lokta

Kertas Lokta
Image Credit: Facebook Inegaleri

Kertas adalah produk yang dibutuhkan oleh semua orang di dunia. Ternyata dulunya, masyarakat Nepal menggunakan sekam padi sebagai bahan kertas. Namun fungsi dari kertas itu bukan hanya untuk menulis, melainkan juga untuk diubah menjadi dompet dan tas. Oleh karena itu, anda bisa membagikan barang unik tersebut untuk keluarga di rumah.

Jika dibandingkan dengan kertas yang ada di indonesia, harga kerta Nepal pasti jauh lebih mahal. Namun memang kualitasnya cukup baik dan tebal. Namun anda bisa menawar harga tersebut demi mendapat yang lebih murah. Para penjual oleh-oleh ini cukup baik dan ramah. Namun anda sebagai pembeli juga harus menawarnya dengan baik dan sopan.

10. Teh

Teh
Image Credit: Twitter UK Tea Academy

Selama ini anda pasti tahu jika a lebih identik dengan jepang dan china. Ternyata Nepal juga memiliki jensi te yang unik dan khas. Anda bisa membawa pulang teh tersebut sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara. Mereka pasti penasaran, bagaimana rasanya teh yang diproduksi dari pegunungan Nepal. Demi menjawab rasa penasaran tersebut, cobalah untuk beli beberapa gram.

Jika dilihat dari daftar yang ada di sini, dapat diketahui bahwa Nepal tidak hanya terkenal dengan objek wisatanya yang cantik tetapi juga memiliki lebih banyak oleh-oleh berupa barang kerajinan dibandingkan dengan makanan atau minuman. Tidak heran jika kebanyakan wisatawan yang datang kesana selalu membawa barang yang banyak saat kembali. Demi mengatasi masalah itu, tidak ada salahnya jika anda membawa satu koper kosong untuk sengaja diisi oleh-oleh.

Dari beberapa produk yang dijelaskan tadi, mana menurut anda yang terlihat unik dan menarik? Setiap produk tadi memiliki daya tariknya masing masing sehingga sulit untuk dilewatkan. Tidak ada salahnya jika anda membeli lebih dari satu oleh-oleh khas Nepal untuk keluarga di rumah. Dengan begitu, keluarga bisa merasakan nuansa Nepal tanpa perlu berangkat secara langsung.