Napal, salah satu negara yang terletak di Pegunungan Himalaya ini mempunyai banyak daya tarik. Salah satunya adalah kulinernya. Letak negaranya yang berbatasan dengan India dan Tiongkok di bagian barat, selatan dan timur ini menjadikan makanan khasnya mempunyai citarasa yang unik perpaduan budaya ketiganya.

Walaupun banyak yang beranggapan bahwa Nepal adalah bagian dari India, ternyata hal ini adalah salah. Negara kecil ini memang masih menggunakan bahasa India dalam kesehariaannya. Selain menawarkan tempat wisata Nepal yang menarik, ternyata kota ini juga menyimpan beragam makanan khas yang harus anda coba bila berkunjung kesana.

1. Mutton Curry

Mutton Curry
Image Credit: Twitter 菜飯

Masakan Nepal adalah makanan yang masih kental menggunakan berbagai macam rempah rempah khas Asia. Sehingga bila anda berkunjung ke negara ini, anda akan menemukan citarasa nikmat dan lezat namun unik. Cara pengolahan dan bahan dasar yang digunakan pun beberapa tidak pernah anda temukan sebelumnya.

Mutton Curry adalah kuliner khas Nepal yang identik dimakan di malam hari. Makanan khas ini sebenarnya diadaptasi dari India, negara tetangganya. Mutton Curry biasanya akan disajikan dengan chapati dan akan menghasilkan kombinasi yang lezat. Makanan ini harus anda coba bila berkunjung ke Nepal.

Makanan berkuah dengan aroma rempah rempah yang khas akan membuat anda tertarik dan ketagihan mencobanya. Makanan khas satu ini sangat populer, sehingga anda bisa dengan mudah mendapatkannya di berbagai jenis restoran yang terdapat di Nepal. Untuk kisaran harganya juga bervariasi tergantung dengan cara penyajiannya dan restorannya.

2. Dal Bhat

Dal Bhat
Image Credit: Twitter Sita India

Makanan yang wajib anda coba selanjutnya adalah Dal Bhat. Makanan ini sangat dikenal di Nepal karena makanan ini sering dijadikan sebagai makanan pokok oleh penduduk lokal disana. Bila anda menyukai nasi Rames dengan potongan sayur dan daging khas Indonesia, maka rasa Dal Bhat hampir mirip dengan itu.

Sehingga tentu menjadikan makanan satu ini akan ramah untuk lidah orang Indonesia yang berkunjung kesana. Penyajian Dal Bhat cukup beragam, ada yang disajikan dengan sop kacang, ada juga yang menyajikannya dengan kari. Dal Bhat yang original saja sudah enak apalagi bila ditambah dengan makanan lain yang tak kalah lezat.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Nepal yang Paling Diburu Wisatawan

Ada jenis Dal Bhat tarkari yang merupakan sajian berupa nasi steam yang kemudian disuguhkan bersama kari dan kacang kacangan. Makanan ini akan membuat anda kenyang namun mempunyai porsi gizi yang cukup. Sehingga makanan ini juga cocok digunakan sebagai makanan diet karena komposisi daging dan sayur yang seimbang.

3. Momo

Momo
Image Credit: Twitter प्रतिक

Nama makanan ini cukup lucu, yaitu Momo. Makanan ini adalah makanan dengan citarasa yang lezat dan tak kalah dengan sajian khas Nepal lainnya. Momo akan mudah anda temukan di berbagai jenis restoran yang ada di negara ini. Makanan ini tak hanya digemari masyarakat asli Nepal namun juga menarik para wisatawan.

Momo adalah makanan yang mirip dengan pangsit rebus di Indonesia. Makanan khas ini akan disajikan bersama dengan kari. Bahan dasar membuat Momo adalah sayuran dan juga daging yang dicincang. Daging yang dipilih adalah daging kerbau, namun ada juga yang menggunakan daging sapi dan juga daging ayam.

4. Sel Roti

Sel Roti
Image Credit: Twitter Eliters Base

Makanan satu ini memang cukup unik namun tidak bisa anda temukan dengan mudah. Sel roti adalah makanan khas Nepal yang hanya muncul pada saat adanya festival yang sedang berlangsung. Festival atau karnaval khas masyarakat yang dimaksud adalah Tihar. Pada saat Tihar berlangsung, sel roti akan menjadi makanan wajib dihidangkan.

Bahan dasar makanan satu ini adalah terbuat dari tepung nasi. tepung nasi ini kemudian akan diolah dengan krim pisang, gula, cardamon dan juga mentega yang diaduk menjadi satu. Bila anda penyuka makanan manis, maka anda wajib mencoba makanan ini karena rasanya yang manis namun lezat.

Ta heran bila makanan ini menjadi salah satu incaran para wisatawan. Wisatawan yang berkunjung ke Nepal biasanya akan mencari tahu terlebih dahulu tentang karnaval Tihar dan jadwal pelaksanaannya. Sehingga selain menikmati keriuhan karnaval khas yang unik, wisatawan juga bisa sekalian mencoba makanan unik tak tidak bisa ditemukan dengan mudah.

5. Noodle Soup

Noodle Soup
Image Credit: Twitter A Dash & A Splash

Siapa yang tidak suka mie dengan berbagai macam jenis olahannya?. Banyak olahan mie yang selalu menjadi populer. Mie bisa diolah menjadi makanan apa saja dengan citarasa lezat yang menggugah selera. Begitu juga dengan Nepal, negara yang ada di Asia Selatan ini juga punya resep rahasia dalam mengolah mie menjadi makanan lezat.

Mie khas Nepal disebut juga dengan nama Tukhpa. Mie olahan ini termasuk makanan khas Nepal yang mudah untuk dibuat, karena bahan bahan yang dibutuhkan cukup mudah ditemukan. Mie Tukhpa ini berbahan dasar jahe dan ayam. Sehingga bila menyantapnya dalam cuaca dingin tentu akan menjadi hidangan yang tepat menghangatkan badan.

BACA:  11 Tempat Wisata Menarik di Kathmandu Nepal Buat Liburan

6. Gundruk Dhido

Gundruk Dhido
Image Credit: Twitter dipendra thebe

Makanan khas negara di Pegunungan Himalaya ini lainnya adalah Gundruk Dhido. Makanan satu ini dikenal sebagai salah satu makanan sehat namun juga mempunyai rasa yang lezat. Gundruk Dhido akan cocok untuk menu makanan diet karena tidak mengandung gula. Makanan ini juga baik dikonsumsi dengan kandungan gizi yang cukup.

Gundruk Dhido adalah makanan yang diolah seperti bubur yang terbuat dari jagung. Bahan yang dibutuhkan antara lain seperti jagung, tepung jagung dan juga jewawut. Kemudian, setelah bubur matang akan disajikan dengan Gundruk. Gundruk adalah jenis sayur sayuran khas negara ini yang dikeringkan kemudian di fermentasi.

7. Veggie Rice

Veggie Rice
Image Credit: Facebook Charlette Norman

Walaupun terbuat dari nasi, namun makanan ini tidak membuat anda terlalu kenyang bila memakannya. Bernama unik yaitu veggie rice, makanan ini juga dikenal dengan nama veg pulao. Makanan ini sudah dikenal dan populer dimakan oleh masyarakat Nepal sejak dulu. Bahkan makanan ini seringkali dimakan pada malam hari.

Bahan dasar membuat veggie rice adalah beras basmati yang kemudian dicampur dengan sayur sayuran segar khas Nepal lainnya. Menu makanan ini juga dengan mudah anda temukan bila berkunjung ke berbagai restoran. Walaupun rasanya yang lezat, namun harga yang ditawarkan juga tidak mahal dan tergolong sangat terjangkau lho.

Walaupun berbahan dasar nasi, namun jangan salah. Masyarakat Nepal menggolongkan makanan veggie rice ini emnjadi cemilan atau makanan ringan. Hal ini karena menu makanan ini tidak membuat anda terlalu kenyang. Makan veggie rice sambil menikmati pemandangan Nepal dan berkumpul bersama orang tersayang pasti menjadi momen yang menyenangkan.

8. Beans Stew

Beans Stew
Image Credit: Facebook Food Eatery

Kuliner khas Nepal lainnya yang tentu masih mempunyai citarasa lezat namun juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh adalah Beans stew. Walaupun bahan bahan dasarnya sulit didapatkan, namun jenis makanan ini cukup populer dimakan oleh masyarakat setempat karena memang lezat dan unik.

Beans stew terbuat dari 9 bahan dasar yang berbeda. 9 bahan tersebut antara lain adalah green garam, kedelai, buncis, black garam, field pie, beras kacang dan garden pea. Kesembilan bahan tersebut terasa asing bukan karena jarang diguankan dan didengar untuk bahan makanan sehari hari. Sehingga kesan makanan khas yang unik akan membuat anda tertarik mencobanya.

BACA:  20 Tempat Wisata Menarik di Nepal Buat Liburan

9. Aalu Tama

Aalu Tama
Image Credit: Facebook Facts of NEPAL

Nepal mempunyai beberapa daerah dengan perbedaan budaya juga. Sama halnya seperti Indonesia yang juga mempunyai budaya khas di tiap tiap daerahnya. Ada salah satu bagian di daerah tempat wisata terkenal di negara ini yang penduduknya gemar memasak makanan Aalu tama. Makanan ini kemudian menjadi makanan khas pegunungan Nepal hingga kini.

Bahan dasar pembuat makanan Aalu tama ini adalah seperti kentang, rebung dan juga black eyed bean. Perpaduan antara ketiga bahan tersebut akan menghasilkan rasa yang sedikit asam. Namun rasa sedikit asam ini malah yang membuat daya tarik makanan khas satu ini. Bahkan cara makannya pun unik karena akan disajikan bersama dengan yoghurt.

10. Lamb Bhutuwa

Lamb Bhutuwa
Image Credit: Facebook Royal Nepal Restaurante

Rekomendasi makanan unik selanjutnya adalah Lamb Bhutuwa. Seperti nama makanannya, dapat ditebak bahwa bahan dasar makanan satu ini adalah daging domba. Olahan daging domba ini akan dipanggang secara sempurna sehingga menghasilkan tekstur daging yang lembut dan berbumbu lezat.

Setelag daging domba masak dan dipanggang dengan baik, maka akan disajikan dengan nasi hangat dan juga acar tomat dan dilengkapi dengan berbagai sayur segar. Makanan ini sangat menarik dan wajib untuk anda coba. Kuliner khas ini tak kalah dengan steak berharga mahal karena citarasa daging domba yang dipanggang akan lebih lezat dirasakan.

Itulah daftar rekomendasi Nepal yang terkenal. Makanan tersebut harus anda coba karena mempunyai citarasa unik dan juga lezat. Bagi orang Indonesia menggunakan rempah rempah adalah hal biasa untuk makanan. Oleh karena itu, mencoba kuliner khas yang kaya rempah rempah akan membuat anda ketagihan.