Nepal terkenal sebagai negara pemeluk Hindu terbesar yang ada di dunia. Yang mana negara ini terletak di kawasan Himalaya, dengan mempunyai bagian utama dari pegunungan tertinggi di dunia tersebut. Memiliki sederet fakta menarik seperti itu, objek wisata Nepal tercatat sebagai negara kelima yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.

Terlebih Nepal menyimpan pemandangan yang menakjubkan, danau danau memukau, dan gunung gunung megah yang menjadi daya tarik di sektor pariwisata. Anda bisa menemukan beragam hal menarik tersebut di daerah yang merupakan ibu kota Nepal. Berikut sejumlah tempat wisata menarik di Kathmandu Nepal yang sebaiknya anda kunjungi saat liburan.

1. Boudhanath

Boudhanath
Image Credit: Google Maps Ramesh Smile

Terletak kurang lebih 7 kilometer dari arah selatan pusat Kathmandu, Boudhanath menjadi destinasi yang tidak boleh anda lewatkan saat berjalan jalan di Nepal. Dimana destinasi ini merupakan pusat dari Buddhisme Tibet sejak beberapa dekade terakhir di Nepal. Menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO pada tahun 1979, Boudhanath merupakan stupa paling besar yang ada di Nepal.

Bahkan Boudhanath termasuk sebagai stupa paling besar yang ada di kawasan Asia, sehingga sangat sayang sekali apabila anda berkunjung ke Nepal tanpa sempat menyambangi destinasi ini. Apalagi ketika anda menginjakkan kaki di area stupa, maka nuansa spiritual akan langsung terasa begitu kental.

Pasalnya para pengunjung bisa menemukan banyak biksu yang berasal dari Tibet tengah berkeliling di stupa sambil melakukan tawaf atau membaca mantra. Selain menikmati nuansa spiritual yang begitu kental, anda juga dapat bersantai di sebuah rumah makan di kompleks tersebut. Rumah makan di sini memiliki gaya rooftop, sehingga sangat nyaman sebagai tempat mencicipi teh masala.

Harga Tiket: NPR 250; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kathmandu, Nepal.

2. Swayambhunath

Swayambhunath
Image Credit: Google Maps bhupesh dawadi

Tempat menarik di Kathmandu lainnya yang juga tidak boleh dilewatkan yaitu Swayambhunath. Arsitektur kuno yang dinamakan Swayambhunath ini bisa ditemukan oleh wisatawan dengan cara menyusuri kuil pada sisi timur dari pusat Kota Kathmandu. Namun untuk melihatnya dari dekat, anda mungkin membutuhkan sedikit usaha.

Sebab anda akan dihadapkan dengan 365 buah anak tangga yang curam. Dimana anda perlu menempa fisik dengan menaiki tangga tersebut terlebih dahulu untuk mencapai Swayambhunath. Namun jika ingin yang lebih mudah, sebenarnya anda juga dapat menggunakan taksi dan dilanjutkan dengan berjalan kaki ke puncak melewati sisi barat kuil.

BACA:  10 Makanan Khas Nepal yang Terkenal & Wajib Dicoba

Akan tetapi, cara mudah tersebut akan membuat anda melewatkan pemandangan banyak batu dengan mantra Tibet yang dapat ditemukan sepanjang tangga menuju puncak. Apalagi di setiap area stupa ada segerombolan kera liar yang melompat dan berjalan kesana kemari, yang pastinya langsung menangkap perhatian secara otomatis. Namun yang paling spesial tentunya pemandangan Kathmandu dari stupa.

Harga Tiket: NPR 200; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kathmandu, Nepal.

3. Taman Nasional Chitwan

Taman Nasional Chitwan
Image Credit: Google Maps divakaran pk

Taman Nasional Chitwan merupakan taman nasional yang pertama kali dibangun di Nepal pada tahun 1973. Taman nasional tersebut didirikan di atas lahan dengan luas sekitar 932 kilometer persegi, dan dapat dijangkau dengan mengendarai bus selama kurang lebih 4 sampai 6 jam dari pusat Kota Kathmandu.

Bisa dibilang bahwa Taman Nasional Chitwan merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Nepal. Sehingga taman nasional ini tentunya tidak boleh anda lewatkan. Apalagi beragam aktivitas dan atraksi dapat dinikmati selama anda berjalan jalan di taman nasional tersebut.

Misalnya jeep tour ke hutan, trekking, naik kano dan boat, naik gajah, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk harga tiket masuknya sendiri dikenakan seharga 1,500 rps atau setara dengan Rp. 294 ribu. Dimana harga ini belum termasuk segala tur dan atraksi yang ditawarkan di dalam area taman nasional.

Harga Tiket: NPR 1.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sonepur, Nepal.

4. Durbar Square

Durbar Square
Image Credit: Google Maps Jibran Khan

Durbar Square dianggap sebagai ikon kota Kathmandu, sehingga para wisatawan umumnya selalu memasukkan destinasi ini ke dalam daftar list kunjungan selama berada di Nepal. Salah satu keunikan yang akan ditemukan saat bertandang ke Durbar Square antara lain banyaknya gedung megah dan keren yang akan menghiasi pemandangan.

Panorama tersebut seolah menunjukkan bagaimana kejayaan dari kerajaan Kathmandu di masa lampau. Tidak heran apabila banyak wisatawan yang sengaja datang berkunjung ke tempat ini untuk melihat segala keunikan yang disajikan di sana. Apalagi di area ini anda bisa menemukan kuil, patung dewa dan dewi, sampai berbagai air mancur.

Harga Tiket: NPR 750; Map: Cek Lokasi
Alamat: Digha Paheleja, JP Marg, Kathmandu, Nepal.

5. Pashupatinath

Pashupatinath
Image Credit: Google Maps Alain Sibenaler

Apabila belum puas berwisata kuil selama berada di Kathmandu, jangan sampai melewatkan untuk berkunjung ke Pashupatinath. Destinasi yang ada di Asia Selatan ini merupakan kuil yang mempunyai pagoda dengan dua atap dihiasi simbol tinta emas di setiap sisinya. Kemegahan kuil tersebut membuatnya menjadi tempat wisata hits di Kathmandu yang wajib dikunjungi.

BACA:  20 Tempat Wisata Menarik di Nepal Buat Liburan

Di dalam Pashupatinath sendiri terdapat jalan sempit yang mengarah ke tempat suci. Dimana anda bia melihat lebih dekat Shivalinga. Dan pada dua sisi setiap pintu kuilnya ada hiasan artistik yang menggambarkan Ashtha Bhairava, Apsaras, serta dewa dewi lainnya yang dilukis menggunakan tinta emas. Di antara semua kuil Shiva yang ada di Nepal, Pashupatinath memang merupakan kuil paling sakral.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kathmandu, Nepal.

6. Garden of Dreams

Garden of Dreams
Image Credit: Google Maps divakaran pk

Taman super indah yang di dalamnya terdapat sebuah ansambel paviliun ini akan sangat memanjakan mata, sehingga anda sebaiknya memasukkannya ke dalam list kunjungan. Apalagi paviliun taman dilengkapi dengan air mancur di bagian tengahnya yang menambah kecantikan area sekitar.

Garden of Dreams sendiri adalah bagian dari istana Kaiser Mahal yang telah dibangun sejak tahun 1895. Di tangan para keturunan Kaiser, Garden of Dreams kemudian menjelma menjadi taman indah yang sekarang dijadikan sebagai destinasi favorit wisatawan. Serunya lagi, anda dapat mencicipi makanan lezat di restoran bergaya Eropa yang ada di kompleks taman.

Harga Tiket: NPR 400; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tridevi Sadak, Kathmandu, Nepal.

7. Changu Narayan

Changu Narayan Nepal
Image Credit: Instagram holidaypasal.com

Changu Narayan menjadi salah satu tempat wisata menarik berikutnya yang wajib untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Yang mana Changu Narayan ini merupakan sebuah candi umat Hindu, yang didapuk menjadi bangunan tertua di antara bangunan bangunan lainnya di kawasan Lembah Kathmandu.

Candi Narayan tersebut dibuat untuk Dewa Wisnu, dan ajaibnya tidak mengalami kerusakan yang berarti ketika gempa bumi terjadi pada tahun 1702 dan tahun 2015 di daerah tersebut. Ketika mengunjungi cagar budaya UNESCO ini, anda akan menemukan berbagai ukuran dan patung yang begitu megah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Changunarayan, Nepal.

8. Toothache Tree

Toothache Tree
Image Credit: Twitter BarkTwice

Ketika berjalan jalan di Kathmandu, ada satu jalan unik yang mempunyai sebuah tumpukan koin bernama Toothache Tree. Nama tersebut disematkan lantaran banyaknya penduduk Kota Kathmandu yang percaya jika mereka meletakkan koin di pohon keramat, maka dewa akan menyembuhkan gigi mereka yang sakit.

Karena banyaknya orang yang percaya akan hal tersebut, kini Toothache Tree bahkan sudah tidak tampak daun maupun batangnya, melainkan hanya terlihat tumpukan koin menjulang. Karena keunikannya ini, tentu anda tidak boleh melewatkan tempat wisata menarik di Nepal tersebut. Kalau bisa, sebaiknya anda juga menyempatkan diri untuk mengabadikan momen di sana.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kathmandu, Nepal.
BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Nepal yang Paling Diburu Wisatawan

9. Alun Alun Hanuman Dhoka

Alun Alun Hanuman Dhoka
Image Credit: Google Maps Krish Lamichhane

Alun Alun Hanuman Dhoka termasuk ke dalam komplek Durbar Square yang ada di ibu Kota Kathmandu. Di kawasan alun alun, anda bisa menemukan Kuil Hanuman Dhoka yang menjadi tempat pemujaan bagi warga Nepal untuk dewa kera legendaris atau jika dalam cerita Ramayana di Indonesia dikenal sebagai Hanoman.

Pada pintu masuk kawasan Durbar tersebut, setiap pengunjung akan disambut oleh patung Hanoman ukuran raksasa yang telah dibangun sejak tahun 1670. Selain kuil dengan patung Hanoman berukuran raksasa, anda juga bisa menemukan istana raja Kumari Ghar yang dibangun sejak abad ke-18 dan masih berdiri dengan tegak di area alun alun.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hanuman Dhoka Sadak, Kathmandu, Nepal.

10. Akash Bhairav

Akash Bhairav
Image Credit: Google Maps Samir Maharjan

Akash Bhairav merupakan kuil yang menjadi tempat wisata religi di Kathmandu, yang tidak boleh dilewatkan oleh para wisatawan. Kuil ini diyakini telah dibangun sejak abad ke-12, dengan bentuk setinggi tiga lantai. Kuil yang didirikan untuk menyembah Dewa Siwa tersebut mempunyai balkon gantung serta jendela berlapis emas, sehingga begitu menarik untuk disaksikan.

Terlebih bagian pintunya tampak sangat artistik, sehingga langsung menyita perhatian siapapun yang melintas di depannya. Letak pintu masuk Akash Bhairav sendiri ada di jalan pasar utama yang disebut dengan nama Indra Chowk. Jadi anda dapat menemukannya dengan mudah saat berada di pusat Kota Kathmandu.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kathmandu, Nepal.

11. Asan Tole Market

Asan Tole Market
Image Credit: Google Maps Indra Giri

Asan Tole Market atau Pasar Asan terletak di tengah garis khayal yang menghubungkan antara Durbar Marg dengan Durbar Square. Tempat ini adalah pusat perbelanjaan yang menjadi salah satu area tersibuk di Kathmandu. Dimana anda bisa menemukan berbagai toko yang menjual segala jenis kebutuhan dapur, rempah rempah, hingga pakaian.

Tidak heran jika Asan Tole Market selalu masuk ke dalam daftar destinasi favorit para wisatawan. Para turis mancanegara pun banyak terlihat tengah menjelajah area ini. Biasanya banyak pula yang belanja oleh oleh di sana, mengingat bahwa banyaknya toko yang dapat ditemukan di Pasar Asan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Chittadhar Marg, Kathmandu, Nepal.

Apabila anda berencana berlibur ke Nepal, tepatnya ke ibu kotanya di Kathmandu, maka deretan objek wisata di atas sebaiknya jangan dilewatkan. Karena ada banyak keseruan yang menanti anda ketika bertandang ke sejumlah destinasi tersebut. Selain itu, Nepal sebenarnya juga memiliki banyak kesenangan lainnya yang bisa anda dapatkan ketika menjelajah lebih jauh.