Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Alahan Panjang, Kec. Lembah Gumanti, Kab. Solok, Sumatera Barat; Map: Cek Lokasi

Sumatera Barat yang dijuluki sebagai Ranah Minang ini memang tidak ada habisnya kalau membahas destinasi wisata. Kontur tanahnya yang khusus menjadikan beragam jenis keindahan alam dapat ditemukan disini, entah itu pegunungan, pantai bahkan danau. Salah satu danau yang menjadi daftar utama destinasi wisata di Sumatera Barat ini adalah Danau Kembar.

Ibarat kata pepatah “serupa namun tak sama’’, begitu pula yang terjadi dengan kedua danau ini. Danau kembar yang berada di Solok ini hanya dibatasi oleh sebuah bukit yang lebarnya hanya sekitar 300 meter. Keindahan alam yang disuguhkan oleh danau ini mampu memanjakan mata siapa saja yang melihatnya. Hawa sejuk pun lekat terasa di sekitar area danau.

Pemandangan yang disuguhkan di sekitar danau ini tidak kalah dengan danau-danau yang berada di Eropa sana. Danau ini menghadirkan pemandangan luasnya perairan danau yang dapat dinikmati dari pinggiran danau. Di sepanjang pinggiran danau pun berjejer pepohonan dan rerumputan hijau yang menimbulkan kesan natural. Sehingga, sangat cocok dijadikan area rekreasi keluarga.

Daya Tarik yang Dimiliki Danau Kembar

Daya Tarik Danau Kembar
Image Credit: Twitter.com @indtravel

Sesuai namanya, danau cantik ini berlokasi di Solok tepatnya di Kecamatan Danau Kembar. Pengunjung yang datang tidak hanya berasal dari dalam Solok saja, tetapi banyak juga pengunjung yang berasal dari luar daerah. Mulai dari pemandangan yang indah serta suasana yang sejuk menjadikan daya tariknya. Pantas saja kalau danau ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

1. Terdapat Kebun Teh

Seakan ingin tampil berbeda dari danau-danau kebanyakan. Danau Kembar juga menyajikan pemandangan kebun teh yang tentunya sangat asri. Lokasinya yang berada di perbukitan dengan suhu sekitar 14 sampai 16 derajat celcius menjadikan teh dapat tumbuh subur disini. Cocok sekali dikunjungi untuk wisatawan yang menyukai kesejukan.

Tumbuhan teh yang terhampar sejauh mata memandang ini turut memberikan udara yang sejuk. Tak jarang pengunjung merasa betah berlama-lama disini. Panorama luasnya hamparan kebun teh dapat disaksikan oleh pengunjung danau. Sehingga, pengunjung tidak hanya dapat merasakan keindahan dari danau, tetapi juga keindahan kebun teh bak bentangan beludru berwarna hijau cerah.

2. Pepohonan Asri di Sepinggir Danau

Daya tarik selanjutnya dari obyek wisata danau ini adalah adanya pepohonan asri di sepinggir danau. Lokasi danaunya yang berada dekat dengan perbukitan, merupakan hal yang wajar jika di sepinggir danau ini terdapat pepohonan. Pepohonan yang tumbuh subur disini menciptakan udara yang sejuk. Sehingga banyak wisatawan yang betah berlama-lama berada di danau ini.

Keberadaan pepohonan yang berada dipinggir Danau Kembar turut menjadi lahan ekonomi yang menjanjikan bagi masyarakat di sekitar. Banyak masyarakat yang memanfaatkan kesejukan dari pepohonan disini dengan mendirikan berbagai warung makan. Wisatawan pun bisa menikmati sajian makanan khas Solok dibawah sejuknya pepohonan di sepinggir danau.

3. Pesona Danaunya yang Cantik

Daya tarik lainnya ialah pesona danaunya yang cantik. Wisatawan yang hendak berkunjung tidak perlu khawatir dengan pemandangan danau yang disajikan. Di setiap sudut dari danau ini memancarkan keindahan yang seakan tiada bandingannya. Untuk anda yang berada di Solok, wajib mengunjungi danau satu ini.

Danau ini merupakan dua danau yang dipisahkan oleh bukit. Danau pertama diberi nama Danau Di Atas sedangkan danau kedua kedua diberi nama Danau Di Bawah. Pada Danau Di Atas memiliki kedalaman 44 meter sedangkan Danau Di Bawah memiliki kedalaman sekitar 800 meter. Namun, kalau alasan keindahan panorama. Kedua danau ini tidak bisa dibandingkan, sama sama memiliki panorama indah.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Danau KEmbar
Image Credit: Google Maps (Faza Noor)

Danau Kembar merupakan salah satu destinasi wisata alam berbentuk danau cantik yang terletak di Solok tepatnya di Alahan Panjang. Danau ini berjarak sekitar 60 km jika dihitung dari pusat Kota Padang. Akses jalan menuju destinasi wisata alam ini juga tergolong mudah dilalui. Mengingat danau ini merupakan wisata alam favorit, sehingga kebutuhan akan akses jalan tentunya bisa terfasilitasi.

Waktu tempuh yang diperlukan untuk menyambangi danau dengan panorama indah satu ini ialah kurang lebih sekitar 1,5 jam jika dimulai dari pusat Kota Padang. Wisatawan tidak perlu khawatir, dalam perjalanan menuju lokasi, wisatawan akan ditemani oleh beragam pemandangan yang tidak kalah cantiknya dari panorama danau. Sehingga, wisatawan tidak akan merasakan bosan.

Pengunjung dapat memulai perjalanan dari Kota Padang dengan cara menaiki bus menuju Alahan Panjang. Setelah bus berhenti di Pasar Simpang, pengunjung bisa melanjutkan perjalanan menaiki ojek dengan menyebutkan lokasi wisata yang dituju. Jika wisatawan berada di jalur kanan, maka danau yang dituju ialah Danau Di Atas, sedangkan jika berada di jalur kiri, danau yang dituju ialah Danau Di Bawah.

Dengan waktu selama 1,5 jam dan jarak yang ditempuh sejauh 60 km, tidak pernah sekalipun menyurutkan niat wisatawan untuk menyambangi indahnya danau satu ini. Karena wisatawan banyak yang tertarik untuk melihat pesona indahnya danau ini. Perjalanan yang tidak membosankan karena ditemani oleh pemandangan indah pun menjadi faktor mengapa banyak wisatawan rela ke danau ini.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Danau Kembar
Image Credit: Google Maps (Indra Cahaya)

Danau Kembar Solok merupakan sebuah danau yang berlokasi 60 km dari pusat Kota Padang, jarak ini terbilang cukup jauh untuk sebuah obyek wisata. Waktu yang ditempuh pun lumayan lama. Tetapi pernahkan anda pikirkan berapa harga tiket masuk obyek wisata berbentuk danau ini? Mungkin sebagian orang akan berpikir harga yang fantastis mengingat panorama alamnya yang mengagumkan.

Ternyata obyek wisata yang berlokasi di Solok ini tidak sekalipun memasang tarif masuk bagi siapa saja yang ingin menyambanginya. Pemandangan danaunya yang cantik, dilengkapi dengan pepohonan asri, serta obyek wisata tambahan berupa kebun teh ditambah dengan tarif masuk yang gratis merupakan alasan mengapa obyek wisata ini sangat dipuja-puja. Tunngu apalagi, ayo berlibur disini!

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Danau Kembar

Aktivitas di Danau Kembar
Image Credit: Google Maps (Romanika Rnk)

1. Merasakan Kesejukan Kebun Teh

Keberadaan kebun teh di dekat lokasi danau ini merupakan suatu hal yang spesial. Sebelumnya, pemberian nama untuk kebun teh ini pernah mengalami kontroversi. Ada yang mengatakan bahwa namanya ialah Kebun Teh Alahan Panjang karena lokasinya berada di Alahan Panjang. Ada juga yang mengatakan Kebun Teh Danau Kembar karena lokasinya berada dekat dengan lokasi danau.

Terlepas dari kontroversi itu, kesejukan yang disuguhkan dari kebun teh ini dapat wisatawan nikmati dengan bersantai. Selain bersantai, wisatawan juga bisa menyusuri jalan setapak yang dihimpit oleh tumbuhan teh yang terhampar luas disini. Tak hanya itu, jika beruntung, wisatawan bisa melihat sendiri bagaimana proses pembuatan teh mulai dari fase pemetikannya.

2. Tracking di Bukit yang Memisahkan Danau

Aktivitas tracking juga merupakan aktivitas yang termasuk dalam jenis olahraga. Jenis olahraga tracking ini sanagat cocok dilakukan di Indonesia, mengingat kontur tanah dan banyaknya gunung serta perbukitan di Indonesia menjadikan aktivitas tracking pas untuk dilakukan di negeri kita. Seperti halnya aktivitas tracking yang bisa wisatawan lakukan di bukit yang memisahkan danau ini.

Wisatawan bisa merasakan kesejukan pepohonan di bukit danau ini dengan cara tracking. Jika biasanya aktivitas tracking akan mengeluarkan keringat serta melelahkan karena kegiatannya yang membosankan. Berbeda halnya disini, lokasinya yang sejuk serta pemandangan yang sangat indah membuat siapa saja yang melakukan tracking disini akan merasa puas. Perlengkapan tracking pun tersedia disini.

3. Menyusuri Danau dengan Perahu Kecil

Panorama indah yang disajikan oleh Danau Kembar tentunya menjadi daya tarik bagi wisatawan yang hendak mengunjunginya. Wisatawan bisa duduk-duduk di pinggir area danau sembari dinaungi oleh pepohonan asri. Menyantap makanan khas Solok pun menjadi suatu kegiatan yang patut wisatawan coba disini. Dengan view danau yang cantik akan semakin menambah betah untuk berlama-lama disini.

Tak hanya itu saja, wisatawan juga bisa menikmati indahnya danau dengan cara menyusurinya menggunakan perahu kecil. Tidak perlu susah payah mendayung, karena disini akan ada petugas yang membawa wisatawan pergi ke tengah-tengah danau untuk melihat indahnya danau dalam angle yang lain. Dijamin, wisatawan akan merasa terkagum kagum karena indahnya!

Fasilitas yang Tersedia di Danau Kembar

Fasilitas di Danau Kembar
Image Credit: Google Maps (Masril Rustam)

Fasilitas yang tersedia di danau cantik ini sudah tergolong lengkap dan memadai, walaupun lokasinya berada sedikit jauh dari pusat Kota Padang.

Fasilitas seperti halnya warung makan dengan sajian makanan khas Solok perlengkapan tracking untuk menyusuri bukit tersedia disini. Toilet sebagai fasilitas umum juga tentu tersedia disini.

Demikianlah beberapa hal menarik terkait Danau Kembar di Kabupaten Solok. Seakan tidak ada ujungnya jika membahas daya tarik dan semua segi keindahannya. Untuk anda yang berada di Sumatera Barat tidak ada salahnya mengunjungi obyek wisata ini. Selain dapat melihat keindahan alamnya, fasilitas, wahana, dan harga tiket yang gratis dinilai bagus sebagai spot rekreasi bagi keluarga.