Jam Gadang, Menara Jam Ikon Kebanggaan Kota Bukittinggi

Jam Gadang Bukittinggi

Jam Gadang merupakan menara jam dan menjadi penanda kota Bukittinggi, Sumatera Barat yang menarik dikunjungi. Menara yang memiliki jam besar di empat sisinya merupakan hadiah dari Ratu Belanda, Wilhelmia.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Benteng Pasar Atas, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat; Map: Cek Lokasi

Jam Gadang ini berupa jam besar yang mengelilingi sebuah bangunan atau menara tinggi. Menara ini memiliki jam besar di keempat sisinya. Jam Gadang berarti jam besar dengan atap bentuk Gonjong yang menjadi khas rumah adat Minangkabau.

Dimana Jam Gadang tersebut dijadikan sebagai ikon untuk keberadaan Kota. Lokasinya juga sangat pas di tengah-tengah pusat kota Bukittinggi. Jam raksasa itu sudah berdiri di Kota Bukittinggi sejak tahun 1926 lalu. Bangun tersebut menjadi hadiah dari seorang Ratu Belanda untuk sekretaris yang ada di Kota Bukittinggi pada zaman penjajahan.

Bangunan yang masih berdiri kokoh ini menjadi saksi bersejarah yang ada di kota itu. Adanya Jam Gadang tersebut sekarang menjadi tempat wisata yang selalu disinggahi oleh para wisatawan saat datang ke kota indah ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Jam Gadang

Daya Tarik Jam Gadang

Image Credit: Twitter.com @chucksedwin1

1. Bangunan Jam Gadang yang Megah

Bangunan menara jam tersebut terbuat dari bahan dan alat tradisional pada masanya. Sampai saat ini bangunan tempat menempel Jam Gadang itu masih kokoh dan kuat meski digoncang gempa beberapa kali pada tahun-tahun lalu.

Menariknya dari jam raksasa tersebut angka romawi yang seharusnya bertuliskan IV tidak demikian penulisannya. Namun bertuliskan IIII pada jam tersebut.

Selain itu, keunikan lainnya berada pada mesin yang ada pada jam tersebut. Menurut beberapa ahli menyatakan bahwa hanya ada dua di dunia. Pertama di Big Ben London dan kedua yaitu Jam Gadang di Bukittinggi. Dimana mesin jam tersebut dibuat oleh seorang masinis yang bernama Vortmann Recklinghausen.

2. Ikon Kota Bukittinggi

Jam besar yang menempel di empat sisi bangunan tersebut memiliki diameter sekitar 80 cm. Penggerak jam tersebut berupa mesin yang hanya berasal dari Rotterdam dan diproduksi di Jerman. Jam tersebut terdapat di tingkat ke tiga bangunan yang menjadi ikon kota Bukittinggi.

Sehingga setiap wisatawan yang datang ke kota ini pastilah mampir dan singgah ke lokasi wisata. Meski hanya untuk melihat-lihat dan mengambil beberapa gambar. Dimana gambar tersebut dapat menjadi bukti bahwa Anda pernah berkunjung ke kota Bukittinggi.

3. Banyak Kisah Bersejarah

Selain berwisata Anda bisa menggali kisah bersejarah dari terbentuknya Jam Gadang di Bukittinggi ini. Anda juga bisa mendapatkan banyak informasi dan pengetahuan yang luas jika berkunjung ke lokasi wisata tersebut.

BACA:  35 Tempat Wisata di Padang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Kisah dari terbentuknya ikon Kota Bukittinggi menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung. Wisatawan pecinta kisah sejarah tentunya akan menggali lebih dalam kisah yang tersimpan di balik jam raksasa tersebut.

Ratu Belanda bernama Wilhelmina membuatkan bangunan itu sebagai hadiah untuk Hendrik Roelof Rookmaaker. Dimana Rookmaaker yang saat itu menjabat sebagai sekretaris Kota.

Bangunan Jam Gadang dibangun oleh Haji Moran Asli dari Bukittinggi bersama mandornya St. Gigi Ameh. Perancang dari bangunan cantik ini yaitu Yazid Rajo Mangkuto arsitek hebat yang berasal dari Kota Gadang. Pembangunan menara jam ini selesai pada tahun 1931 dan menghabiskan sekitar 3.000 gulden ada masa itu.

Daya Tarik dari Jam Gadang

Image Credit: Google Maps (Evi Nurliza)

4. Banyak Spot Foto yang Menarik

Di kawasan wisata bersejarah sepanjang abad tersebut kini memiliki banyak lokasi berfoto yang cantik. Setiap sudut dari tempat wisata ini telah dibuat indah dan menarik. Sehingga para wisatawan tidak perlu bingung mencari tempat berfoto.

Semua tempat disulap menjadi tempat yang indah dan cantik. Contohnya yaitu taman dekat Jam Gadang yang dibuat indah. Bahkan bangunan pasar sekalipun sangat cantik dijadikan spot berfoto yang bagus dan wah.

Saat malam, bangunan unik tersebut akan memancarkan cahaya warna-warni. Hal ini menjadi salah satu daya tarik dan alasan kenapa wisatawan lebih senang datang saat malam hari ke lokasi. Pancaran cahayanya memberikan nuansa indah dan mengagumkan bagi orang-orang yang berdatangan.

5. Surga Oleh-Oleh di Bukittinggi

Selain menjadi tempat wisata yang fenomenal dan menjadi ikon Kota Bukittinggi. Lokasi wisata ini juga menjadi tempat mencari oleh-oleh terlengkap dan teramai. Berbagai macam oleh-oleh disediakan di kota itu untuk Anda.

Dimana lokasi wisata Jam Gadang ini juga dekat dengan keberadaan Pasar Atas. Sehingga para wisatawan juga dapat mengakses oleh-oleh dengan mudah dan cepat. Anda akan disajikan dengan banyaknya pilihan cenderamata yang indah, cantik dan unik-unik.

Selain barang, makanan ringan dan makanan khas yang dibuat menjadi frozen food juga menjadi salah satu incaran dari wisatawan. Selain lezat, frozen food ini juga dapat dibawa bepergian jauh dan bisa bertahan lama. Sehingga sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Jam Gadang

Alamat Jam Gadang

Image Credit: Instagram.com @naquinaldi

Lokasi Jam Gadang dari bandara menempuh jarak sekitar 72 km. Dimana jarak tersebut dapat ditempuh kurang lebih sekitar 2 jam. Alamat wisata tersebut yaitu di jalan raya bukittinggi, Payakumbuh Kota Bukittinggi.

Rute yang bisa dilalui yaitu dari bandara Mingakabau Anda bisa menggunakan transportasi umum atau menyewa kendaraan di sekitar lokasi. Kemudian dari bandara menuju ke Simpang Duku.

BACA:  10 Tempat Makan di Sawahlunto Favorit Wisatawan

Setelah itu, Anda bisa naik bus jika menggunakan transportasi umum. Kemudian lanjutkan dengan naik bus yang menuju ke Bukittinggi. Setelah itu Anda bisa turun di teriminal Aur Kuningan. Dari terminal Anda bisa menaiki angkot yang mengarah ke menara jam ini atau cari angkot dengan nomor 13.

Jika Anda menggunakan kendaraan sendiri Anda bisa langsung lurus saja tanpa transit seperti kendaraan umum. Anda bisa mengikuti petunjuk jalan di pinggir jalan atau mengikuti jalur kendaraan umum.

Kendaraan yang bisa Anda gunakan yaitu travel dengan tarif berkisar Rp 35.000 saja. Anda juga bisa menggunakan Taksi dengan tarif sekitar Rp 250.000. Pilihan lainnya yaitu Anda bisa menyewa kendaraan dan berkendara sendiri menuju lokasi wisata tersebut.

Tidak ada biaya tiket masuk untuk menikmati keindahan Jam Gadang tersebut. Anda bisa menikmatinya secara bebas. Anda hanya perlu menyediakan budget untuk membeli oleh-oleh dan makanan yang berjejer di dekat tempat wisata ini. Para wisatawan bisa berfoto ria di dekat bangunan bersejarah tersebut tanpa membayar.

Lokasi wisata ini melayani Anda untuk berkunjung selama 24 jam tanpa henti. Selain itu lokasi wisata tersebut juga buka full day untuk setiap hari.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Menara Jam

Aktivitas di Menara Jam

Image Credit: Twitter.com @naufalnov

1. Belajar Sejarah di Museum

Kawasan wisata bersejarah tersebut dibarengi dengan adanya beberapa museum. Di dekat museum terdapat sebuah monumen Bung Hatta yang juga menjadi kunjungan bagi beberapa wisatawan.

Di museum tersebut Anda dapat banyak mempelajari sejarah dan informasi tentang sejarah Negara tercinta ini. Selain itu di museum itu juga terdapat banyak gambar dan benda bersejarah yang menjadi sasaran tempat berfoto bagi beberapa pengunjung.

2. Berkeliling Taman Sabai Nan Aluih

Lokasi Jam Gadang raksasa terletak di kawasan Taman Sabai Nan Aluih. Taman indah tersebut di tata dan di dekor mirip dengan taman ala Eropa. Hal itu membuat para pengunjung teralihkan pandangannya untuk singgah dan nongkrong di taman tersebut.

Di sekitar taman banyak penjual yang menjual beberapa jajanan ringan dan makanan khas daerah ini. Lokasi taman akan ramai saat matahari mulai terbenam sampai malam hari.

3. Menikmati Air Mancur Menari

Pemerintah sekitar yang mengelola lokasi bersejarah tersebut turut memoles kawasan wisata itu supaya banyak dikunjungi wisatawan. Sehingga dibangunlah sebuah kolam air mancur yang bergerak seperti menari-nari.

Selain itu, dari pancuran air tersebut diberikan sinaran cahaya berwarna-warni yang sangat indah saat malam tiba. Suasana romantis ini menjadi tempat favorit bagi beberapa pengunjung yang datang bersama pasangannya.

Aktivitas di Menara

Image Credit: Twitter.com @yolandaputri_3

4. Menikmati Kuliner Khas Bukittinggi

Bukittinggi memiliki minuman berkhasiat yang khas. Minuman tersebut hanya dapat Anda temukan di Bukittinggi. Teh Talua, adalah sebuah minuman populer yang menjadi favorit wisatawan yang datang ke kota Bukittinggi.

BACA:  Danau Singkarak, Danau Cantik di Sumatera Barat Terbentuk dari Aktivitas Tektonik

Teh yang dibuat dari campuran rempah-rempah khas daerah ini selalu disajikan di beberapa rumah makan di sekitar kota. Minuman tersebut memiliki kemasan instan sehingga dapat dibawa menjadi oleh-oleh. Selain minuman, ada Lamang Tapai. Makanan ini dapat Anda temukan dijual di warung kuliner di sekitar kota. Makanan khas Kota Bukittinggi juga dapat Anda temukan dijajakan di beberapa warung pinggir jalan di lokasi wisata. Selain Lamang Tapai ada menu bedudal Cafe,  Nasi Kapau Uni Lis, dan ada Gulai Itik Lado Mudo.

5. Berkunjung ke Pasa Ateh

Pasa Ateh atau dengan nama lain yaitu pasar atas adalah sebuah pusat berbelanja di kawasan wisata Jam Gadang. Pasar tersebut merupakan salah satu tujuan utama para pengunjung yang datang ke lokasi wisata.

Para wisatawan yang datang selalu menyempatkan diri datang ke pasar tersebut. Selain oleh-oleh dan aksesoris, Anda bisa mendapatkan beberapa songket atau kain khas Minang. Harga yang diberikan di pasar ini juga sangat terjangkau.

Selain itu, bangunan pasar yang sangat unik dan kreatif menjadi salah satu tempat berfoto dan bersefie bagi para wisatawan yang datang. Terlihat beberapa pengunjung mengunggah fotonya yang berada di depan gedung pasar ini.

6. Jalan-Jalan dan Berkeliling Lokasi Wisata

Untuk Anda yang suka jalan-jalan, di lokasi wisata Jam Gadang memberikan Anda akses untuk jalan-jalan dan menikmati keindahan tempat ini. Berkeliling di sekitar bangunan, atau di sekitar Taman dan Air Mancur menjadi kegiatan banyak orang yang berkunjung.

Jika tidak ingin berjalan kaki, Anda bisa menggunakan sepeda untuk mengelilingi lokasi tersebut. Anda bisa menyewa sepeda dan berkeliling di sekitar taman yang romantis bersama pasangan Anda.

Fasilitas yang Tersedia di Jam Gadang Bukittinggi

Fasilitas di Jam Gadang

Image Credit: Google Maps (Ampoen Sulaiman)

Lokasi wisata yang sangat strategis terletak di Pusat Kota membuat tempat wisata ini juga memiliki banyak fasilitas yang lengkap. Ada warung-warung yang menyediakan makanan khas Bukittinggi.

Ada penginapan di sekitar lokasi wisata. Beberapa hotel terdekat dengan wisata tersebut yaitu ada Bunda Hotel, Grand Malindo Hotel dan Grand Rocky Hotel. Selain itu, ada toko oleh-oleh yang tidak boleh Anda lewatkan.

Ulasang mengenai Jam Gadang, ikon Kota Bukittinggi di atas semoga dapat membantu dan memudahkan Anda jika ingin berkunjung ke tempat wisata bersejarah tersebut. Bagi Anda yang bosan dengan wisata air, tempat ini sangat cocok bagi Anda. Tempat berlibur sekaligus belajar sejarah Tanah Air Tercinta.