Jungleland Adventure Theme Park termasuk tempat wisata yang lumayan lengkap di Sentul, Bogor dengan berbagai wahana permainan seru dan menantang. Memiliki wahana klasik, seperti bianglala & bom bom car.

Harga Tiket: Rp 165.000, Jam Operasional: 10.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Jungle Land No.1, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kota Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Kawasan taman hiburan yang lengkap dengan wahana permainan anak-anak hingga dewasa ini berlokasi di daerah Sentul Nirwana, Bogor. Jungleland Adventure Theme Park adalah nama dari wisata terkenal yang menjadi favorit para wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan.

Banyaknya jumlah wahana permainan, menjadi daya tarik utama dari kawasan wisata yang telah berdiri sejak 2013 tersebut. Wisatawan yang didominasi oleh anak-anak, merasa sangat senang dan ingin kembali mencoba beberapa wahana yang ada di tempat wisata ini.

Kelebihan lain yang dimiliki wisata ini adalah kelengkapan fasilitas yang diberikan untuk para wisatawan. Dengan ketersediaan fasilitas tersebut, wisatawan akan merasa lebih nyaman dan betah berlama-lama di tempat tersebut. Berikut ini ada informasi terkait tempat wisata tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Jungleland Adventure Theme Park

Daya Tarik Jungleland
Image Credit: Google Maps (Rian Handayani)

1. Taman HIburan Terbesar di Indonesia

Memiliki luas total kurang lebih 35 hektar, membuat nama Jungleland Adventure Theme Park meraih predikat sebagai taman bermain terluas di Indonesia. Karena sampai saat ini, tempat tersebut belum pernah tersaingi oleh taman bermain lain yang ada di berbagai daerah.

Taman bermain ini terbagi menjadi dua wilayah, yakni kawasan outdoor yang menyajikan beragam wahana permainan ekstrem. Lalu disalah satu sisinya, terdapat kawasan indoor yang menjadi tempat wisata edukasi mengenai banyak hal yang ditujukan untuk anak-anak.

Kawasan yang luas tersebut, menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berdatangan. Oleh karena itu, suasana kawasan tersebut menjadi lebih nyaman dan lebih bebas bergerak. Keadaan ini sangat kontras jika dibandingkan dengan wilayah Bogor yang identik dengan kemacetan.

Anak-anak yang bersemangat tinggi, bebas berlarian kesana-kemari tanpa harus khawatir bertabrakan dengan pengunjung lain. Saat berjalan mengelilingi tempat tersebut, pikiran dan mood Anda akan lebih rileks karena tidak terlalu banyak orang yang berlalu-lalang.

2. Latar Belakang Gunung Pancar

Sebuah gunung yang dikelilingi oleh perbukitan hijau disekitarnya, menjadi latar belakang dari tempat bermain Jungleland ini. Kabupaten Bogor memang berada di kawasan dataran tinggi, maka tak jarang banyak pemandangan indah yang akan disuguhkan.

Saat bermain wahana permainan outdoor, Anda akan ditemani oleh pesona keindahan dari Gunung Pancar yang berlokasi tepat di belakang tempat tersebut. Hamparan dataran rendah yang ditumbuhi oleh pepohonan dan rumput hijau ini, akan membuat suasana lebih sejuk.

Gunung yang berada di ketinggian 300-800 mdpl tersebut, banyak didominasi oleh semak belukar dan tanaman hutan lainnya. Udara di sekitaran taman bermain ini juga lebih segar, karena masih banyak ditemukan pepohonan hijau penghasil oksigen alami.

Keindahan pemandangan ini dapat Anda abadikan melalui sebuah foto, yakni dengan mengambil pesona Gunung Pancar sebagai latar belakang. Supaya hasil foto lebih maksimal, Anda dapat menggunakan lensa kamera agar kualitas foto lebih jernih dan jelas.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Wisata Jungleland

Alamat Jungleland
Image Credit: Google Maps (Ate Furian)

Lokasi Jungleland berada di kawasan Sentul Nirwana, distrik Babakan Madang. Karena letaknya yang berada di pusat kota, maka wisatawan akan dengan mudah mencapai lokasinya. Sehingga akan banyak rute perjalanan yang dapat Anda ambil.

Rute pertama yang akan Anda ambil jika menggunakan kendaraan pribadi roda dua, Anda akan mengambil jalur Jalan Raya Bogor dari arah Jakarta. Lalu mengikuti arah petunjuk untuk sampai di wilayah Sirkuit Sentul. 10 menit perjalanan dari arah sirkuit tersebut, sampailah Anda pada tujuan awal.

Atau rute lain melalui daerah Cimahpar yang menuju jalan ke arah Air Terjun Sentul. Setelah itu, kendaraan Anda akan diarahkan pada sebuah pertigaan besar yang menuju kawasan Sentul City. Lalu setelahnya, kendaraan Anda menuju perbukitan Gunung Pancar yang lokasinya dekat dengan Jungleland Adventure Theme Park.

Namun jika Anda berangkat menggunakan mobil dari ibu kota, jalur bebas hambatan akan menjadi rute perjalanan Anda. Setelah melewati Tol Jagorawi, kendaraan Anda diarahkan untuk memasuki Tol Sentul City. Baru kemudian keluar dari jalan tol, dan berbelok kiri menuju Sirkuit Sentul.

Berbagai rute perjalanan tersebut dapat Anda pilih, tergantung dengan kendaraan apa yang akan digunakan. Kondisi jalan yang akan dilewati selama perjalanan menuju taman bermain ini sudah layak. Dimana kebanyakan merupakan jalan utama penghubung antar daerah lain.

Harga Tiket Masuk Jungleland Adventure Theme Park

Harga Tiket Jungleland
Image Credit: Google Maps (Sawidji Kurniawan)

Untuk dapat memasuki kawasan taman hiburan Jungleland, wisatawan diharuskan membayar tiket masuk dengan harga yang sudah ditentukan. Bagi wisatawan lokal yang berencana mendatangi taman bermain ini, tiket seharga Rp 165.000 diberlakukan pada hari senin hingga jum’at.

Kemudian tiket senilai Rp 220.000 diberlakukan pada hari sabtu dan minggu, dimana pada hari tersebut wisatawan yang datang akan lebih banyak. Karena destinasi wisata tersebut telah dikenal luas oleh masyarakat hingga luar negri, terdapat harga tiket khusus wisatawan mancanegara.

Saat hari-hari biasa, tiket dengan kisaran Rp 180.000 akan diberlakukan bagi wisatawan asing yang tertarik untuk mengunjungi taman bermain ini. Berbeda lagi jika wisatawan asing tersebut datang saat weekend, harga tiket yang akan dijual Rp 240.000 per orangnya.

Harga tiket tersebut sudah termasuk biaya untuk menaiki berbagai wahana yang tersedia di Jungleland. Namun, ada beberapa wahana yang tidak termasuk pada satu tiket masuk ini. Beberapa wahana permainan tersebut meliputi Green Screen, Water Wars, Midway Games, dan Kuda Poni.

Wahana Menarik di Jungleland Adventure Theme Park

Wahana di Jungleland Adventure
Image Credit: Google Maps (Tiani Harfianti)

1. Mencoba Wahana Air Race

Permainan yang mengangkat konsep pesawat terbang ini, akan diputar secara 360º secara bertahap. Pada putaran pertama, wahana ini akan berputar perlahan dengan kecepatan rata-rata 20 km/jam, wisatawan masih merasa biasa saja pada tahap ini.

Namun setelah beberapa putaran dengan kecepatan yang semakin bertambah, rasa mual dan pusing akan menghampiri para wisatawan. Saat kecepatan maksimal, jarak antar pesawat akan semakin melebar, karena terhempas dengan kecepatan yang tinggi.

Wisatawan akan diajak terbang, memutar dengan cepat, hingga melambung seperti akan terjatuh namun nyatanya tidak sama sekali. Karena ketegangan yang ditawarkan tersebut, wahana ini tidak diperuntukan bagi penderita asma dan riwayat penyakit lemah jantung.

Wahana Air Race ini menjadi yang terfavorit dari sekian banyak wahana lain, mungkin karena permainan tersebut hanya ada satu di Indonesia. Jadi wisatawan yang mendatangi kawasan Jungleland Adventure Theme Park, tidak akan lupa mencoba wahana permainan satu ini.

2. Menantang Adrenalin di Mega Drop

Berdiri dengan ketinggian mencapai 38 meter, wahana ini bisa membuat jantung siapa saja berdegup dua kali lebih cepat. Wisatawan akan dibawa naik hingga batas ketinggian dari permainan, dari atas ketinggian ini, Anda akan melihat keindahan kawasan alam sekitar.

Namun jangan cepat senang begitu saja, beberapa detik kemudian Anda akan dijatuhkan dengan kecepatan tinggi. Momen yang Anda rasakan pada saat itu, seperti jatuh dari pesawat terbang. Bahkan jika mental Anda tidak kuat, kemungkinan besar Anda akan pingsan.

Wahana ini dilarang bagi penderita penyakit dalam, seperti jantung atau tekanan darah rendah atau tinggi. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Dan juga demi keselamatan wisatawan itu sendiri.

3. Menjelajahi Dunia Dino

Di dalam taman hiburan Jungleland, terdapat wahana edukasi bagi anak-anak dimana mengangkat tema pra-sejarah zaman dinosaurus. Wisatawan akan diajak memasuki kawasan mirip hutan, lengkap dengan pohon dan suasana alam pada zaman Jurrasic.

Di beberapa titiknya, terdapat robot dino berukuran besar yang dibuat sedemikian rupa sehingga sangat mirip dengan yang aslinya. Suara dan gerakan juga ditambahkan pada robot dino tersebut, agar wisatawan merasakan seolah bertemu langsung dengan dinosaurus.

Tidak perlu khawatir lelah saat berkeliling wahana edukasi tersebut, karena sebuah mobil jeep siap mengantar wisatawan berkeliling sepuasnya di Dunia Dino ini. Wisatawan cukup duduk dan menikmati setiap suasana keseruan yang disajikan wahana tersebut.

Wahana di Jungleland
Image Credit: Instagram.com @wendi_chen880

4. Menikmati Keindahan Pemandangan dari Ketinggian Ferrish Wheel

Permainan berbentuk mirip dengan bianglala ini, memiliki tinggi wahana sekitar 45 meter. Dari ketinggian tersebut, pemandangan sekitar Jungleland Adventure Theme Park akan terlihat. Gunung Pancar juga terlihat jelas saat berada di ketinggian tersebut.

Namun, ada beberapa persyaratan tertentu bagi wisatawan yang ingin mencoba permainan tersebut. Salah satunya adalah peraturan mengenai tinggi badan, wisatawan dengan tinggi badan kurang dari 110 cm tidak diperbolehkan menaiki permainan ini.

Terdapat juga kapasitas maksimal 4 orang dewasa pada setiap tempat duduknya, atau yang sering disebut gondola. Jika wisatawan mengajak anak-anak, maka kapasitas tersebut akan berubah dengan maksimal 3 anak-anak dan 2 orang dewasa.

Permainan satu ini juga menjadi spot terbaik untuk mengambil gambar pemandangan perbukitan hijau yang mengelilingi Gunung Pancar. Tak jarang banyak wisatawan yang rela antre berjam-jam untuk dapat mengambil sebuah foto dari spot terbaik dari atas ketinggian.

5. Menerbangkan Pesawat di Flight Academy

Di Jungleland sendiri, terdapat banyak wahana edukasi yang bisa menjadi sumber ilmu pengetahuan baru bagi para wisatawan. Seperti contohnya Flight Academy ini, wahana tersebut mengusung tema edukasi mengenai dunia penerbangan.

Simulasi menerbangkan sebuah pesawat menjadi hal utama yang disuguhkan, dan dapat dicoba oleh para wisatawan. Tidak hanya pesawat berpenumpang saja yang bisa Anda terbangkan, namun juga sebuah helikopter dapat Anda pilih sebagai tema simulasi penerbangan.

Pada simulasi ini, wisatawan akan didampingi oleh seorang instruktur yang sudah ahli. Jadi Anda bisa bertanya lebih mengenai cara mengemudikan pesawat atau helikopter tersebut. Setelah puas menerbangkan pesawat, Anda bisa mencoba hal lain yang ditawarkan.

Misal saja menonton film dokumenter mengenai dunia penerbangan yang tersedia di salah satu wahana di Jungleland ini. Cara tersebut dapat menambah wawasan Anda tentang sejarah dan perkembangan dunia penerbangan Indonesia.

Fasilitas yang Tersedia di Jungleland Adventure Theme Park

Fasilitas di Jungleland
Image Credit: Google Maps (Camping Ceria)

Fasilitas yang tersedia di taman bermain ini terbilang lengkap, dimana terdapat beberapa toilet dengan ruangan yang bersih dan lahan parkir kendaraan yang luas. Cakupan luas lahan parkir ini memiliki daya tampung mobil dengan jumlah yang banyak, bahkan hingga bus pariwisata.

Terdapat juga fasilitas berupa restoran yang akan menyajikan beragam menu makanan khas Nusantara dan menu berkelas internasional. Harga yang dibandrol pun tidak terlalu mahal, mulai dari Rp 10.000 saja, Anda sudah mendapatkan camilan enak dan mengenyangkan.

Jika Anda ingin membeli oleh-oleh, terdapat toko souvenir dengan menjual beberapa boneka hewan seperti dinosaurus atau ikon lainnya. Anda bisa membeli souvenir cantik ini untuk buah tangan setelah mengunjungi taman hiburan Jungleland ini.

Bagi Anda yang tidak membawa uang cash untuk membayar tiket masuk atau membeli makan dan minum, tenang saja. Karena di salah satu sudut dari taman bermain ini terdapat sebuah ATM, yang dapat Anda gunakan untuk tarik tunai uang.

Lalu jika ada wisatawan yang membawa anak dibawah umur 3 tahun, ruangan khusus untuk ibu menyusui telah tersedia. Sebuah ruangan tertutup dengan kursi yang nyaman dan privasi yang lebih, bisa digunakan saat sang kecil ingin meminum ASI dari ibunya.

Semua fasilitas ini akan membuat para wisatawan semakin nyaman dan betah saat mengunjungi taman bermain ini. Dan juga karena taman bermain tersebut telah memenuhi standar internasional.

Itulah beberapa informasi terkait taman bermain yang bernama Jungleland Adventure Theme Park yang berlokasi di Bogor, Jawa Barat. Jika Anda sedang mencari tempat untuk menghabiskan waktu liburan, taman bermain yang memiliki wahana lengkap ini bisa menjadi pilihan.