Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Masjid Al Alam, Lalolara, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara; Map: Cek Lokasi

Indonesia mempunyai spot tujuan wisata religi terbaru yang diberi nama sebagai Masjid Al-Alam Kendari. Kecantikan yang dimiliki oleh masjid yang satu ini mampu membuat siapa saja betah serta adem. Julukan lain yang diberikan oleh masyarakat setempat untuk wisata religi ini yaitu masjid terapung. Untuk Anda yang mendatangi Sulawesi Tenggara, maka tidak lengkap bila tidak berkunjung ke sana.

Bukan hanya masyarakat setempat saja yang mengunjungi spot wisata tersebut. Melainkan juga ada pengunjung yang berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia dan bahkan luar negeri juga. Hal ini tentu saja merupakan suatu kebanggaan tersendiri untuk provinsi Sulawesi Tenggara. Dijamin Anda akan sangat terpukau dengan segala keunikan yang disuguhkan oleh tempat tersebut.

Selain itu, wisata yang satu ini juga cocok sekali bagi Anda yang ingin mencari ketenangan hati maupun pikiran, terutama yang umat muslim. Oleh sebab itu, ada banyak sekali orang merasa penasaran dengan berbagai macam hal mengenai masjid ini. Nah, di bawah ini terdapat berbagai macam hal yang ada kaitannya dengan Masjid Al-Alam Kendari yang tidak boleh Anda lewatkan.

Sejarah Masjid Al-Alam Kendari

Sejarah Masjid Al-Alam Kendari
Image Credit: Twitter Alvin Lie

1. Dibangun Sejak Tahun 2010

Wisata religi yang dijuluki sebagai masjid terapung ini digagas idenya serta mulai dibangun dari tahun 2010 silam. Lebih tepat lagi pada masa kepemimpinan dari Gubernur Sultra Nur Alam. Sementara, untuk peresmian dari masjid ini yaitu pada tahun 2018. Sehingga, kurang lebih masjid tersebut sudah berdiri selama 4 tahunan.

2. Masjid Terapung Ketiga di Dunia

Saat ini, Masjid Al-Alam Kendari merupakan salah satu dari ketiga masjid yang terletak di tengah lautan sedunia. Untuk kedua masjid terapung yang lainnya berada di Jeddah dan juga Maroko. Tentu saja ini menjadi salah satu hal yang cukup menarik dan patut sekali untuk dibanggakan.

Sejarah Masjid Al-Alam
Image Credit: Google Maps shanty anggrahini

3. Ikon Wisata Religi di Sulawesi Tenggara

Sejak awal, masjid ini memang dibangun dengan tujuan sebagai tempat untuk melakukan ibadah sekaligus sebagai tujuan wisata religi. Tidak heran apabila pembangunan dari masjid tersebut dibuat cukup unik. Hal itu bertujuan agar masjid ini mampu menarik minat banyak orang untuk melakukan wisata di sana. Nyatanya hal itu berhasil hingga Masjid Al-Alam Kendari menjadi ikon wisata religi di sana.

4. Dirancang Oleh Arsitek Hebat

Masjid tersebut dirancang oleh seorang arsitek hebat yang asli berasal dari Sulawesi Selatan. Arsitek hebat yang dimaksud tidak lain bernama Mursyid Mustafa. Untuk total biaya yang dikeluarkan untuk pembangunan masjid ini kurang lebih sebesar 200 miliar. Ketika awal pembangunan masjid, banyak sekali menuai kontra dan pro tetapi sekarang ini justru menjadi buah bibir bagi masyarakat Sultra sana.

Alamat & Rute Menuju Lokasi

Alamat Masjid Al-Alam Kendari
Image Credit: Twitter SBR

Alamat lengkap dari Masjid Al-Alam Kendari berada di Desa Lalolara, Kecamatan Kambu, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara. Untuk lokasi tepatnya sendiri sudah Anda ketahui yaitu di Teluk Kendari. Supaya dapat menuju ke masjid ini, maka setiap pengunjung harus melalui hutan tembakau terlebih dahulu. Pemerintah setempat sudah mereklamasi serta membuat jalan keluar dan jalan masuk.

Jika nantinya selama perjalanan Anda mengalami kendala seperti tersesat, maka jangan sampai malu untuk bertanya kepada masyarakat setempat. Selain itu, tentu alangkah lebih baik lagi jika Anda menyiapkan peta navigasi yang ada di smartphone terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan menuju ke masjid tersebut.

Desain Masjid Al-Alam Kendari

Desain Masjid Al-Alam
Image Credit: Instagram MASJID AL-ALAM KENDARI

1. Berdiri Di Atas Air

Desain utama yang sangat menarik yaitu karena masjid ini berdiri di atas air. Letaknya juga jauh dari ramai dan kebisingan kota. Ada di tempat tersebut terbukti bisa menambah rasa khusyuk saat ibadah. Sebetulnya masjid tersebut tidak serta merta mengapung dengan pelampung. Melainkan pondasinya tertancap di dasar Teluk Kendari. Hal itu membuat masjid seolah melayang di atas permukaan air.

Formasinya sendiri berbentuk seperti angka 8 dan berlatarkan gemerlapnya cahaya lampu dari Kota Kendari. Menikmati senja sembari menunggu azan di halaman masjid merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh pengunjung.

2. Plaza Terbuka dan Plaza Tertutup

Masjid terapung tersebut terbagi atas bangunan utama yaitu plaza terbuka dan plaza tertutup. Sehingga, Anda yang ingin melakukan ibadah bisa memilih plaza mana yang akan sesuai dengan keinginan. Tentu saja plaza yang terbuka akan lebih sejuk bila digunakan untuk beribadah. Di sisi lain, pengunjung bisa memilih untuk melakukan ibadah di plaza tertutup jika ingin bisa lebih khusyuk lagi.

3. Menara yang Menjulang Tinggi

Desain eksterior dari Masjid Al-Alam Kendari benar-benar memukau, terutama dengan adanya menara yang indah. Menara masjid yang menjulang tinggi menyerupai menara Burj Dubai yang ada di Uni Emirat Arab. Posisi menara tersebut ada di sebelah Timur dan mempunyai ketinggian sekitar 321 meter. Sementara dua menara di sebelah Barat agak lebih rendah.

Desain dari keseluruhan menaranya didominasi oleh warna biru serta diselingi dengan cat putih. Untuk bentuknya pun cukup unik yaitu meruncing ke atas dan lebar di bawah. Sementara, menara yang pendek memiliki bagian tengah yang melembung dan meruncing ke atas.

Desain Masjid Al-Alam Kendari
Image Credit: Instagram MASJID AL-ALAM KENDARI

4. Tembok Luar

Tembok di luar Masjid Al-Alam Kendari dihiasi oleh ornament dengan nuansa kelopak bunga. Keempat sudut dari masjid ini dikelilingi oleh hiasan yang terbuat dari bahan GRC. Hal itu menjadikan penampilan masjid tampak sangat elegan. Selain itu, disekat oleh 9 pilar pada setiap sisi masjidnya yang menjadikan konstruksinya sangat kokoh.

Di bagian atas tembok kiri dan kanan akan terpampang nama dari masjid tersebut dengan warna putih. Nah, papan nama tersebut akan menyala ketika senja telah tiba serta akan mempercantik pesona dari masjid yang satu ini.

5. Kubah Emas

Apabila memalingkan pandangan Anda ke atap masjid maka akan semakin menambah nuansa indahnya. Pasalnya ada kubah warna emas yang hampir menutupi atapnya.

Di ujung kubahnya terdapat simbol berbentuk bulan bintang yang menjadi simbol pada kebanyakan masjid lainnya. Berdasarkan penjelasan dari pemerintah terkait, mengatakan bahwa konstruksi dari kubah ini didatangkan langsung dari Jerman.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Masjid

Fasilitas di Kawasan Masjid Al-Alam Kendari
Image Credit: Google Maps Deni Anggoleta

Fasilitas yang dimiliki oleh Masjid Al-Alam Kendari ini terbilang lengkap dan juga memadai. Bahkan, untuk lahan parkirnya saja memiliki dua kali lebih luas dari bangunan masjid. Hal itu karena kebanyakan pengunjung yang datang ke sana membawa kendaraan seperti motor, mobil, maupun bus pariwisata. Tenang saja karena keamanan parkiran yang ada di sana sangat dijaga oleh beberapa tukang parkir.

Selain itu, ada pula fasilitas yang berupa toilet, kamar mandi, dan tempat wudhu yang bersih dan sangat terawat. Tak ketinggalan pula fasilitas seperti, warung atau toko yang menjual berbagai makanan, minuman, hingga souvenir yang cantik. Untuk harga yang ditawarkan juga terbilang sangat bervariasi. Sehingga, Anda bisa membeli sesuatu yang memang sesuai dengan dana yang Anda miliki atau siapkan.

Dengan adanya berbagai macam fasilitas tersebut, maka sangat wajar jika kenyamanan dan juga keamanan seluruh pengunjung yang ada di sana akan sangat terjamin. Sehingga, Anda tidak akan merasa rugi walaupun harus menempuh perjalanan yang jauh untuk tiba di masjid tersebut. Selain itu, pastinya kegiatan wisata religi semakin terasa seru dan menarik karena didukung oleh fasilitas lengkap.

Penginapan Murah Terdekat

Penginapan Terdekat Masjid Al-Alam Kendari
Image Credit: Google Maps Claro Hotel Kendari

1. Claro Hotel Kendari

Fasilitas yang ada di hotel tersebut mampu memanjakan setiap pelanggan. Misalnya saja seperti wifi gratis, laundry, restoran, bar, sarapan gratis, kolam renang outdoor, kolam renang khusus dewasa, spa, pusat kebugaran, AC, lahan parkir, akses bandara, dan lain sebagainya. Selain itu, salah satu penginapan yang dekat dengan Masjid Al-Alam Kendari ini juga terbilang cukup ramah untuk anak kecil.

2. Radja Homestay

Radja Homestay merupakan salah satu penginapan yang cukup murah serta terjangkau secara ekonomis. Walaupun tergolong murah, tetapi penginapan tersebut cukup bersih, layak, dan sopan. Paling penting adalah karyawan di sana senantiasa melayani setiap pelanggannya dengan baik dan sopan. Harga untuk dapat menginap di sana mulai dari sekitar 89 ribu sampai 123 ribu rupiah untuk satu malam.

3. Hotel Mulia Kendari

Hotel Mulia Kendari memiliki harga yang terbilang murah meriah. Untuk dapat menginap selama satu malam di hotel ini, maka Anda hanya akan dikenakan biaya mulai dari 105 ribu rupiah saja. Sedangkan, untuk pilihan kamar yang ditawarkan di sini ada tiga yaitu Economy Double Room, Standard Double Room, dan Twin Room. Setiap kamar tersebut menawarkan berbagai fasilitas menarik yang beda-beda.

Nah, itu tadi adalah berbagai macam hal yang berkaitan dengan wisata religi Masjid Al-Alam Kendari yang ada di Sulawesi Tenggara. Oleh karena itu, segera rencanakan untuk mengunjungi tempat wisata tersebut bersama dengan teman, pasangan, maupun saudari.