Museum Ullen Sentalu Sleman, Destinasi Terbaik Bagi Pecinta Sejarah & Budaya Jawa

Museum Ullen Sentalu salah satu destinasi wisata edukasi di Sleman, Jogja untuk belajar sejarah dan budaya Jawa. Museum ini memiliki koleksi artefak seni peninggalan sejarah kerajaan Mataram.

Harga Tiket: Rp 50.000, Jam Operasional: 08.00 – 14.00, Alamat: Jl. Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Selain dengan keanekaragaman alamnya yang begitu indah, nyatanya Indonesia juga kaya akan sejarah yang menarik untuk ditilik lebih lanjut. Seperti adanya sebuah tempat yang menyimpan peninggalan kuno masa lampau yaitu Museum Ullen Sentalu. Museum merupakan tempat tersimpannya benda sejarah yang biasanya juga dijadikan sebagai tempat wisata.

Sehingga Anda tidak hanya berlibur, tapi juga dapat mempelajari asal-usul suatu peristiwa melalui benda peninggalan yang ada di Museum. Bahkan, Ullen Sentalu juga dinobatkan sebagai museum terbaik kedua oleh para traveler. Dengan adanya Museum Ullen tersebut, memberikan harapan baru untuk para generasi muda agar tetap mengetahui perkembangan peradaban.

Nama Ullen Sentalu sendiri ternyata salah sebuah ungkapan Bahasa Jawa. Ulating Blencong sejatine tataraning lumaku, yang mana jika diartikan akan mengandung sebuah petuah bahwa “Lampu dapat menjadi petunjuk manusia dalam mengarungi kehidupan”.

Daya Tarik yang Dimiliki Museum Ullen Sentalu

Daya Tarik Museum Ullen Sentalu
Image Credit: Google Maps (Andra Pradana)

1. Museum Penuh Cerita dengan 9 Ruangan

Bangunan yang katanya memiliki aura mistis ini nyatnya dibangun dengan Sembilan ruangan berbeda. Di mana tiap ruangannya memiliki fungsi tersendiri. Mulai dari ruangan yang dinamai Ruang Selamat Datang, di mana ruangan tersebut memang digunakan untuk menyambut wisatawan yang datang berkunjung ke museum.

Selanjutnya ada ruang seni tari yang menyimpan koleksi dari Kesultanan Yogyakarta. Koleksi tersebut merupakan sebuah seperangkat alat gamelan yang memang dihibahkan. Ada pula ruang Guwa Sela Giri, yaitu untuk pameran foto para petinggi Dinasti Mataram. Jadi, Anda pasti akan diajak mengenal system pemerintahan jaman kerajaan.

Selain ketiga ruangan tersebut ada pula Ruang Syair, tempat dipamerkannya syair-syair indah mengenai percintaan seorang Tineke. Royal Room Ratu Mas, sebuah ruangan yang memang dibangun khusus untuk mendiang istri dari Sunan Paku Buanayang ke sepuluh. Ruang Batik Vorstendladen, seperti namanya ruangan tersebut adalah tempat menyimpan berbagai batik Indonesia.

2. Tempat Mengenal Peninggalan Kerajaan Mataram

Daya Tarik selanjutnya yang dimiliki oleh Museum Ullen Sentalu adalah sebuah tempat yang menyimpan banyak benda dari Kerajaan Mataram. Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa dulunya Indonesia juga dipenuhi oleh sistem kerajaan sebelum menjadi Republik. Museum Sentalu mulai diresmikan pada tahun 1997 yang banyak dari ruangan tersebut memang peninggalan dari kerajaan Matarm Kuno.

BACA:  50 Tempat Wisata di Jogja Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Selain itu, pendapat ini juga dibuktikan dengan adanya foto raja Mataram yang berada di ruangan Sasana Sekar. Bahkan terdapat pula lukisan atau potret dari pembesar dinasti Mataram. Tentunya foto tersebut ada di ruangan yang berbeda yaitu Ruang Guwa Sela Giri. Tidak hanyafoto tokoh jaman dulu saja, tapi pengunjung juga dapat menyaksikan arsip surat, alat music tradisional dan lain-lain.

3. Mitos di Museum Ullen Sentalu

Selain dikenal sebagai tempat wisata sejarah ada beberapa kepercayaan yang beredar di kalangan pengunjung Ullen Sentalu, salah satunya adalah larangan berfoto. Namun tenang saja larangan ini tidak berlaku untuk semua spot. Tapi memang ada beberapa tempat yang sebaiknya tidak dijadikan area pengambilan gambar.

Sebuah kepercayaan mistis mengatakan bahwa larangan foto hanya diberlakukan di area tertentu. Pengunjung hanya boleh mengambil foto di bagian Borobudur relief. Banyak yang mengatakan bahwa larangan foto tersebut dikarenakan kepercayaan mengenai makhluk gaib yang menjaga sebuah benda. Kepercayaan ini biasanya diistilahkan dengan animisme.

Bahkan ada pula yang mengatakan di kesembilan ruangan museum Ullen Sentalu dihuni oleh roh dari putri-putri di jaman dulu. Sehingga takutnya akan mengganggu keberadaan dari makhluk tersebut. Meski mengandung unsur mistis yang cukup membuat bulu kuduk merinding, museum ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Ada pula kepercayaan lain mengapa pengunjung dilarang foto di dalam musem. Ini karena museum ini menerapkan sebuah sistem Living Museum. Dimana hal ini membuat tiap beberapa waktu pengelola museum akan merubah susunan artefak yang ada. Sehingga boleh jadi kunjungan kedua Anda ke museum akan menemukan sensasi yang berbeda.

Hal ini berarti setiap yang tertarik harus berkunjung sendiri ke sana. Sebab pengalaman yang didapat pasti tidak akan bisa digambarkan hanya dengan melihat sebuah foto.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Museum Ullen Sentalu

Alamat Museum Ullen Sentalu
Image Credit: Google Maps (Jusup Sukatendel)

Untuk Anda yang ingin berkunjung ke Museum Sentalu ada beberapa rute yang bisa ditempuh. Sebelum itu, tempat ini berada di Kecamatan Kaliurang barat, Sleman, Yogyakarta. Tempatnya dekat dengan wisata Telogo Putri dan gereja. Untuk bisa sampai Anda bisa memilih dua opsi. Yaitu dengan kendaraan pribadi atau menggunakan fasilitas umum.

Untuk yang memakai kendaraan pribadi langsung saja menuju rute Jalan Kaliurang. Ikuti saja jalan utama hingga Anda menemukan Gerbang Kecamatan Kaliurang. Jaraknya sekitar 18 KM sehingga lama perjalanan tentu tidak sampai satu jam. Selanjutnya, ikuti saja alurnya dengan melewati jalan lurus menuju pertigaan Patung Udang. Ambil arah utara agar bisa sampai ke pertigaan selanjutnya. Belok kanan dan ikuti jalan maka Anda akan sampai di Museum Ullen Sentalu.

BACA:  Pasar Beringharjo Jogja, Menikmati Berwisata Sekaligus Berbelanja Oleh-Oleh

Sedangkan untuk yang mengambil opsi kedua yaitu menaiki kendaraan umum, bisa dimulai dari pemberhentian bus yaitu Terminal Jombor. Naiki kendaraan dengan jalur TransJogja 2B dan turunlah di Shelter Ring Road Utara. Perjalanan dilanjutkan dengan menaiki angkot dengan tujuan pemberhentian TK Kaliurang. Dari sinilah pengunjung diharuskan untuk berjalan sejauh 300 meter agar sampai ke lokasi museum.

Jarak tersebut bisa ditempuh dalam waktu 8 menit saja. Namun ada himbauan untuk Anda yang ingin menaiki kendaraan umum. Bahwa angkot hanya beroperasi di waktu tertentu saja yaitu sekitar pukul 08.00 – 14.00.

Pengunjung yang ingin masuk ke lokasi benda sejarah berada, akan dikenakan biaya masuk. Ada perbedaan tarif untuk pengunjung dalam dan luar negeri. Bagi wisatawan domestik akan dikenakan tarif sebesar Rp 50.000 saja.

Sedangkan untuk wisatawan mancanegara harga tiket bisa mencapai Rp 100.000. Museum Ullen Sentalu tutup di hari Senin dan buka pada hari Selasa hingga Minggu. Jam buka mulai pukul 08.30 – 16.00

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Ullen Sentalu

Aktivitas di Ullen Sentalu
Image Credit: Google Maps (Bernadeta Heni)

1. Menjelajahi Artefak dan Berbagai Peninggalan yang Ada

Hal pertama yang tentunya bisa dilakukan saat berada di Museum Ullen Sentalu adalah menjelajahi setiap artefak yang ada. Sehingga pengunjung pun dapat semakin tahu akan kisah dari Kerajaan Mataram. Di mana kerajaan tersebut juga pernah jaya pada masanya. Setiap peninggalan juga memiliki cerita tersendiri yang bisa dijadikan pelajaran.

Dengan luas museum yang mencapai 1 hektare lebih, pengunjung tidak akan berdesakan. Sehingga Anda pun bisa bergerak bebas untuk mengenal museum tersebut. Suasananya begitu asri, apalagi dengan istilah Rumah Surga yang dipakai untuk menggambarkan keadaan dari tempat itu. Selain itu, di Ullen Sentalu pengunjung juga dapat mengunjungi kesembilan ruangan yang ada.

2. Mengikuti Kegiatan Klub di Museum

Perlu Anda ketahui bahwa di Museum Ullen ada sebuah klub Diskusi yang diadakan dalam kurun waktu tertentu. Sehingga Anda dapat saling bertukar pikiran mengenai benda sejarah yang ada di sana. Berbagai tema budaya akan dibahas bersama dengan jumlah anggota maksimal 10 orang. Dengan jumlah yang terbilang ideal tersebut, peserta jadi lebih fokus dan terkendali.

Tema yang akan didiskusikan tentunya ditentukan oleh ketua klub. Namun tenang saja, sebab temanya tidak akan jauh dari yang namanya budaya Indonesia. Peserta akan diajak mengamati berbagai perkembangan budaya yang terjadi. Serta bagaimana keterkaitannya dengan masa yang telah lalu.

3. Melihat Pemutaran Film Dokumenter

Selain menjelajah artefak dan mengikuti kegiatan klub, ada hal lain yang bisa Anda lakukan di sini yaitu melihat pemutaran film. Tentunya akan sangat keren bukan ketika Anda dapat melihat adegan yang berhubungan dengan sejarah kota Jogja. Karena termasuk dalam film dokumenter, di jamin akan menambah pengetahuan Anda.

BACA:  Candi Prambanan, Candi Megah & Terbesar di Asia Tenggara yang Melegenda

Oleh karenanya Museum Ullen Sentalu juga cocok sebagai wisata keluarga. Tidak hanya sekedar liburan tapi juga sebagai sarana edukasi. Bahkan ada pula sebuah film dokumenter yang mengisahkan tentang terbentuknya Keraton.

Fasilitas yang Tersedia di Museum Ullen Sentalu

Fasilitas di Museum Ullen Sentalu
Image Credit: Google Maps (Jusup Sukatendel)

1. Restoran

Fasilitas yang seharusnya tidak boleh ketinggalan di sebuah tempat wisata adalah adanya tempat makan pengunjung. Nah, di Museum ini sudah tersedia restoran yang biasa dikunjungi saat perut sedang lapar. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menjadikannya tempat istirahat yang epik.

Menikmati hidangan sambil melihat pemandangan museum Ullen yang megah. Restoran ini terletak tidak jauh dari wilayah museum. Sehingga hanya dengan berjalan sedikit saja, tempat makan yang menyediakan makanan enak sudah tersaji di depan mata.

2. Taman

Fasilitas yang ada di Museum Ullen selanjutnya adalah Taman. Di mana taman tersebut khusus dibangun untuk menggambarkan keagungan dari kepemimpinan raja jaman dulu. Setidaknya Anda bisa menikmati keindahan taman di museum tersebut dengan leluasa. Taman ada di wilayah museum setelah pengunjung melewati undakan dan kelokan yang ada.

3. Toko

Selain restoran dan taman, di wilayah museum juga terdapat toko untuk pengunjung mengadakan transaksi jual beli. Bahkan jika beruntung Anda dapat melihat pagelaran budaya yang ada.

Dengan adanya toko di area museum pengunjung jadi bebas untuk membeli buah tangan bagi orang tercinta di rumah. Jadi Anda pun tidak perlu bingung lagi dengan diberikannya fasilitas berupa toko di Museum Ullen Sentalu.

4. Pemandu Wisata

Di Ullen Sentalu kini juga sudah tersedia sebuah fasilitas menguntungkan yaitu dengan adanya pemandu wisata untuk pengunjung. Sehingga Anda pun akan dapat lebih dalam mengenal tiap benda dari zaman kuno tersebut. Selain itu pengalaman berlibur pun akan semakin mengesankan, apalagi pemandu tersebut memang mahir dalam beberapa Bahasa.

Pemandu akan standby di gerbang pembuka untuk menunggu pengunjung yang datang. Sehingga ketika memasuki museum sudah otomatis Anda akan memiliki pemandu wisata pribadi. Untuk biayanya sendiri tour guide ini sudah masuk dalam biaya masuk. Sehingga Anda tidak perlu biaya tambahan untuk menggunakan fasilitas yang ada.

Berbagai hal mengenai Museum Ullen Sentalu Sleman di atas tentunya dapat menambah ketertarikan Anda untuk segera berkunjung kesana. Ajak pula teman serta keluarga untuk berwisata sejarah.