Nuvasa Bay salah satu destinasi wisata yang menawan di Kota Batam, Kepulauan Riau yang terkenal dengan fasilitasnya yang lengkap. Tempat rekreasi dalam kawasan Pantai Nongsa ini juga menawarkan beragam wahana permainan menarik.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 09.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Hang Lekiu, Sambau, Kec. Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau; Map: Cek Lokasi

Batam memang telah dikenal oleh banyak orang sebagai salah satu area di nusantara yang mempunyai taraf hidup yang cukup tinggi dibandingkan dengan daerah lainnya. Hal tersebut tidak mengherankan karena tempat ini berdekatan dengan berbagai negara yaitu Singapura dan Malaysia.

Hampir sama seperti Singapura, Batam mempunyai infrastruktur yang mumpuni layaknya kota-kota canggih di dunia, salah satunya Teluk Nuvasa. Salah satu destinasi populer daerah tersebut memang terletak di sebuah bagian pulau yang menjorok ke dalam.

Dengan begitu, siapapun yang datang ke Nuvasa Bay akan dibuat takjub oleh bentangan alam yang membentuknya. Hamparan pasir yang begitu lembut menyentuh kulit juga memberikan pengalaman luar biasa berkunjung ke bagian Kepulauan Riau tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Nuvasa Bay Batam

Daya Tarik Dimiliki Nuvasa Bay
Image Credit: Google Maps (Andreas Simarmata)

1. Bentangan Alam Unik yang Mempesona

Bentukan alam di sana memang akan membuat pengunjung yang datang menjadi takjub akan keindahannya. Jika dilihat dari atas, cekungan tempat ini yang menjorok ke dalam pulau hampir seperti bulan sabit sempurna. Bidang geometris tersebut seolah menjadi pembentuk teluk yang sangat cocok untuk tempat tersebut.

Garis pantai di Nuvasa Bay cukup memanjang ke penjuru pulau sehingga bisa membuat wisatawan dengan bebas melakukan berbagai hal untuk menikmati setiap detik waktu yang dihabiskan di sana. Selain itu, terdapat pulau beragam vegetasi hijau yang tumbuh mempercantik pemandangan yang ditampilkan di sana.

Banyak tanaman tumbuh tidak jauh dari tepi pantai teluk tersebut. Hal tersebut berpadu dengan mesra bersama beragam bangunan yang didirikan sebagai penunjang sarana bagi para wisatawan. Bangunan-bangunan tersebut tidak lain adalah resort dan berbagai fasilitas yang akan membuat pengunjung menjadi lebih semangat untuk berekreasi di sana.

Selain itu, lautan yang mengelilingi teluk yang cantik tersebut juga terlihat sangat indah serasi dengan pasir serta pepohonan di sana. Berkunjung ke sana akan membuat wisatawan memiliki pengalaman ke sebuah tempat yang elok seperti hal kebanyakan latar yang ada dalam cerita-cerita fiksi belaka. Perairan yang biru tersebut semakin membuat destinasi internasional itu nampak anggun.

2. Ombak yang Tenang

Kawasan Nuvasa Bay memiliki ombak yang tidak terlalu besar sehingga aman bagi keselamatan semua kalangan masyarakat yang ada di sana. Tidak perlu khawatir jika buah hati yang bermain di hamparan pantainya berjalan mendekati tepi laut. Ombak di sana relatif kecil sehingga membuat keunikan tersendiri.

Banyak kapal lalu lalang di area perairannya dan membuat pemandangan yang tak kalah menarik untuk diamati. Tidak sedikit orang yang memanfaatkan transportasi tersebut sebagai latar belakang unik dari potret gambar yang diambilnya. Pengunjung juga dapat dengan bebas menikmati air lautnya yang sejuk nan jernih tanpa perlu khawatir.

3. Kawasan yang Bersih

Teluk Nuvasa telah dikenal sebagai salah satu tujuan wisata yang terjamin kebersihannya. Tidak hanya bersih dari segala sampah yang dihasilkan manusia saja, namun daerah pasir pada pantai di sana banyak juga tidak akan ditemui karang ataupun batuan yang dapat mengganggu aktivitas turis yang sedang menikmatinya.

Hal ini membuatnya aman untuk dijelajahi dengan kaki telanjang. Berjalan di atas lembutnya pasir pantai sepanjang lebih dari satu kilometer secara langsung dengan kulit-kulit kaki memang memberikan sensasi tersendiri yang wajib untuk dicoba.

Daya Tarik Nuvasa Bay Batam
Image Credit: Google Maps (Andreas Simarmata)

4. Letaknya yang Berhadapan Singapura

Tempat menakjubkan tersebut memang secara langsung menghadap ke negara tetangga yang mempunyai simbol kebanggaan berupa Singa Merlion itu. Dengan begitu, pengunjung yang menikmati daerah laut di sekelilingnya tidak hanya dapat melihat keindahan perairan ataupun penampakan sang surya saja.

Berada di sana, maka turis bisa melihat aktivitas negara terdekat dengan mata telanjang. Hal tersebut akan memberikan sebuah lanskap unik yang bisa menjadi background menarik dari foto yang akan diambil. Pemandangan negara Singapura dari sana menjadi tak ubahnya seperti negeri kayangan tatkala momen terbenamnya sang mentari.

4. Kawasan Elit di Batam

Sudah lazim diketahui bahwa Batam merupakan salah satu kota paling mahal di Indonesia. Itulah sebabnya, destinasi yang satu ini juga bagian dari seperangkat kemewahan daerah tersebut. Pengunjung akan merasakan berbagai fasilitas kelas atas yang akan memberikan pengalaman tak terlupakan dari sebuah kunjungan ke pulau seluas lebih dari 700 km2 tersebut.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Nuvasa Bay

Alamat Nuvasa Bay
Image Credit: Google Maps (Nova Saputra)

Destinasi wisata ini berada pada sebuah daerah bernama Nongsa. Pada pulau tersebut memang mempunyai beberapa titik tujuan berwisata salah satunya teluk cantik ini. Lokasi tepatnya ada di Kelurahan Sambau jalur Hang Lekiu.

Untuk mencapai lokasinya maka pengunjung bisa melakukan trip kecil dari beberapa lokasi yang ada di sekitarnya. Pengunjung dapat memakai kapal dari Pulau Pinang atau sekitarnya. Bahkan, perjalanan menuju ke sana juga dapat diambil jalur dari Negara terdekat yakni Singapura.

Agar dapat mengakses lebih dalam lagi tempat tersebut, pengunjung perlu mengeluarkan biaya maksimal 40.000 rupiah. Harga tiket masuk menuju tempat tersebut sangat tergantung hari yang diambil. Pada hari-hari biasa maka pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya lebih murah dari itu, yakni terpaut 10.000.

Namun, jika hendak menikmati wahana-wahana di sana maka harus mengeluarkan biaya ekstra tentunya. Salah satu wahana yang dapat dicoba adalah Banana Boat dengan tarif kurang lebih 80.000 setiap seperempat jamnya.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Nuvasa Bay

Kegiatan Menarik di Nuvasa Bay
Image Credit: Google Maps (Zaki A)

1. Menikmati Lembutnya Pasir Pantai

Ini merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan ketika berkunjung ke destinasi Nuvasa Bay. Hamparan pasir yang ada di sana akan terasa lembut menyapa para pengunjung. Di tempat tersebut wisatawan yang datang juga bisa melakukan bermacam hal seperti misalnya bermain-main air hingga berenang.

Menikmati pemandangan negeri sebelah juga dapat dilakukan pada tempat tersebut. Pantai di sana akan menyambut hangat turis yang datang. Putihnya pasir tersebut juga membuatnya menjadi sebuah kombinasi apik dengan lautan biru serta pepohonan di sana.

Inilah penampakan yang tidak ada duanya di tempat lain. Pengunjung bisa saja menyusuri dengan ditemani hembusan angin dari laut yang terasa begitu lembut menyentuh tubuh. Momen ketika angin tersebut menyentuh dedaunan di sana juga menjadi saat-saat paling ditunggu.

2. Menikmati Eloknya Pemandangan Bawah Air

Salah satu keunggulan Nuvasa Bay yaitu adanya hutan laut yang akan sangat rugi jika tidak dikunjungi oleh khalayak yang singgah menyegarkan pikiran di sana. Bentangan alam di dasar lautnya menjadi salah satu ikon tersendiri yang membuatnya menarik berbagai wisatawan.

Terumbu karang di sana tumbuh cukup subur menghiasi lautan yang ada. Hal inilah yang wajib dieksplor lebih dalam oleh turis yang datang. Menikmati perairan tidak hanya bisa dilakukan dengan sekadar bermain-main airnya yang jernih saja namun juga dapat secara langsung menyelami dan melihat-lihat pemandangan yang akan membuat mata yang memandang menjadi takjub.

Kegiatan di Nuvasa Bay
Image Credit: Google Maps (Aisyah Dewi)

3. Mencoba Wahana Permainan

Beragam wahana bisa dicoba oleh para pengunjung sehingga bermain-main di sana menjadi lebih menyenangkan. Selain itu, kondisi alam yang sangat mendukung membuatnya begitu cocok untuk dihabiskan dengan permainan yang disediakan pengelola tersebut.

4. Mengambil Potret Indah

Bentangan alam yang bergabung dengan rapi oleh bangunan-bangunan yang ada juga dapat dinikmati dengan menjadikannya background eksotik dari gambar yang diambil. Jepretan kamera pribadi akan menghasilkan foto yang sangat bagus jika menjadikannya salah satu latar sehingga momen liburan dapat dinikmati selamanya melalui gambar-gambar tersebut.

Penginapan Murah di Sekitar Nuvasa Bay

Penginapan di Sekitar Nuvasa Bay
Image Credit: Booking.com

1. Parkside Sovrano Hotel Batam

Dengan tarif inap per malamnya yang tidak mencapai Rp 500.000, tempat ini sangat cocok dipilih karena menawarkan beberapa fasilitas seperti wifi, AC, hingga restoran yang siap melayani para tamu yang hadir.

2. Batam View Beach Resort

Penginapan kelas atas ini menawarkan begitu banyak sarana seperti wifi, AC, hingga kolam renang terbuka yang menampilkan pemandangan indah Batam. Selain itu, pengunjung juga mendapatkan sarapan gratis dan dapat membeli makanan di restoran yang ada di tempat yang sama.

3. Jakson Homestay 2 Starfish Batam

Dengan harga yang terbilang sangat murah, tempat ini memberikan fasilitas yang mumpuni. Terdapat AC, jaringan internet pribadi, hingga layanan jemput di bandara bagi tamu yang memesan tambahan layanan tersebut.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Nuvasa Bay Batam

Fasilitas di Nuvasa Bay Batam
Image Credit: Google Maps (Heryadi)

Berkunjung ke tempat ini maka wisatawan bisa menikmati segenap fasilitas yang tersedia seperti wahana bermain, restoran, toilet, dan tempat untuk beribadah yang ada di mall terdekat. Teluk tersebut juga dekat dengan berbagai fasilitas publik seperti rumah sakit, lapangan golf, dan lainnya sehingga tidak perlu khawatir jika terjadi suatu hal serta ingin berpindah ke tempat lain.

Berkunjung ke Provinsi Kepulauan Riau maka tidak akan lengkap jika tidak singgah ke Batam terutama Teluk Nuvasa yang begitu cantik tersebut. Berada di sana maka akan membuat liburan menjadi semakin menyenangkan dan memperoleh tujuan dari rekreasi yang diambil. Lengkapnya sarana yang tersedia juga menjamin perjalanan akan bebas dari hal-hal yang tidak diinginkan.